8 Wisata Dekat Stasiun Blitar yang Menyegarkan Liburan Kamu!


Fida  March 16, 2023  0 Comment

Blitar merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju ke Blitar, kamu dapat menggunakan beberapa moda transportasi diantaranya kereta api, bus, dan kendaraan umum lainnya. Jika menggunakan kendaraan kereta api, kamu dapat menuju ke Stasiun Blitar dan mengunjungi wisata di sekitarnya. Terdapat banyak pilihan wisata dekat Stasiun Blitar yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Penasaran apa saja? Inilah daftar 8 rekomendasi wisata dekat Stasiun Blitar yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Wisata Dekat Stasiun Blitar :

1. Alun Alun Kota Blitar

alun alun kota blitar
blitarkota.go.id

Saat sedang mencari wisata dekat Stasiun Blitar, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Alun Alun Kota Blitar. Destinasi wisata yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk bersantai dan menghabiskan waktu berlibur. 

Alun Alun Kota Blitar dapat kamu kunjungi di Jalan Medeka, Kepanjen Lor, Kota Blitar. Dari Stasiun Blitar, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 450 meter saja. Kawasan wisata yang satu ini telah dibangun sejak tahun 1975 dan difungsikan sebagai tempat kegiatan rakyat pada tahun 1880. 

Kamu dapat memilih untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga di tempat ini. Tidak hanya itu, pengunjung juga tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk dan menyusuri kawasan Alun Alun Kota Blitar. Terdapat beberapa spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Asik sekali bukan?

2. Taman Kebon Rojo

taman kebon rojo
lifestyle.sindonews.com

Selain Alun Alun, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata dekat Stasiun Blitar lainnya yakni Taman Kebon Rojo. Taman yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro No. 12, Sananwetan, Kota Blitar. 

Baca juga :  Jelajahi Kearifan Lokal 10 Desa Wisata Jawa Barat

Di taman ini, kamu dapat menjumpai tumbuhan yang beragam hingga beberapa satwa. Pengunjung juga akan dibuat betah karena taman ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan permainan. Pepohonan yang rindang juga menjadikan suasana semakin sejuk dan asri. 

Taman Kebon Rojo juga menjadi sarana edukasi yang tepat dan cocok dikunjungi bersama anak anak. Untuk masuk dan menyusuri taman ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat Blitar, Taman Kebon Rojo juga kerap didatangi wisatawan dari luar daerah. 

3. Sumber Udel Waterpark

sumber udel waterpark
travelspromo.com

Wisata dekat Stasiun Blitar berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu datangi adalah  Sumber Udel Waterpark. Destinasi wisata yang satu ini beralamat di Jalan Kalibrantas No. 31, Bendo, Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Dari Stasiun Blitar, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 1.6 kilometer. 

Di Sumber Udel Waterpark, kamu akan dimanjakan dengan berbagai wahana dan permainan. Area kolam yang luas dengan kedalaman yang beragam tentu menjadi daya tarik tersendiri. Destinasi wisata yang satu ini tentu sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun anak anak. 

Untuk menikmati wisata Sumber Udel Waterpark, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. Selain permainannya yang beragam, Sumber Udel Waterpark juga menyediakan fasilitas lengkap bagi pengunjung. 

4. Agrowisata Belimbing Karangsari

agrowisata belimbing karangsari
jelangwismanrejo-kec-sukorejo.blitarkota.go.id

Agrowisata Belimbing Karangsari juga dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang sedang mencari wisata dekat Stasiun Blitar. Agrowisata yang satu ini memiliki lokasi yang cukup dekat dengan stasiun Blitar, tepatnya berada di Jalan Jeruk, Karangsari, Sukorejo, Kota Blitar. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 7 menit dari stasiun untuk tiba di Agrowisata Belimbing Karangsari. 

Baca juga :  Jelajahi 20 Wisata Terkenal di Honduras Bikin Liburamu Tak Terlupakan!

Sesuai dengan sebutannya, kawasan yang satu ini merupakan agrowisata belimbing. Pengunjung tidak hanya dapat melihat langsung banyaknya pohon belimbing, tetapi juga dapat mencoba berbagai produk olahan belimbing. Saat mengunjungi Agrowisata Belimbing Karangsari, kamu dapat mencoba welcome drink sari buah belimbing yang disiapkan oleh masyarakat setempat. Asik sekali bukan? 

Dengan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,-, kamu dapat menyusuri indahnya tempat rekreasi sekaligus sarana edukasi yang satu ini. Agrowisata Belimbing Karangsari sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak anak. 

5. Makam Bung Karno

makam bung karno
blitarkota.go.id

Saat mendengar sebutan Kota Blitar, beberapa dari kamu tentu akan teringat dengan tempat peristirahatan terakhir bapak presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Makam Bung Karno kerap menjadi tujuan wisata religi bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Tempat yang satu ini juga memiliki lokasi yang strategis dan mudah dikunjungi, tepatnya berada di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar. Karena lokasinya yang tidak jauh dari stasiun, tidak heran jika Makam Bung Karno kerap dituju sebagai wisata dekat Stasiun Blitar. 

Bangunan dan arsitektur khas Jawa menjadi ciri khas dari Makam Bung Karno. Kamu dapat menjumpai bangunan joglo serta Patung Bung Karno yang megah. Jika ingin mengunjungi Makam Bung Karno, kamu dapat datang pada pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. 

6. Istana Gebang 

istana gebang
idntimes.com

Selain Makam Bung Karno, kamu juga dapat mengunjungi Istana Gebang yang dulunya merupakan tempat tinggal Presiden Ir. Soekarno. Tempat yang satu ini juga kerap didatangi oleh wisatawan sebagai wisata dekat Stasiun Blitar. Lokasi tepat dari Istana Gebang berada di Jalan Sultan Agung No. 59, Sananwetan, Kota Blitar.

Baca juga :  Jelajahi 8 Istana di Yaman Yang Menawan

Dulunya, Presiden Ir. Soekarno tinggal di Istana Gebang bersama dengan kedua orang tuanya yakni Raden Soekarni Sosrodihardjo dan Ida Ajoe Njoman Rai. Kini, Istana Gebang dikenal sebagai tempat bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan. 

Setiap tanggal 6 Juni yang bertepatan dengan ulang tahun Soekarno, kamu dapat menikmati berbagai pertunjukan yang diadakan di kawasan Istana Gebang. Saat berada di Blitar, menyusuri tempat bersejarah yang satu ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

7. Monumen PETA

monumen peta
jelajahblitar.com

Monumen PETA merupakan salah satu bangunan bersejarah di Blitar. Lokasinya yang tidak jauh dari stasiun juga menjadikan wisata ini cocok dikunjungi bagi kamu yang sedang mencari wisata dekat Stasiun Blitar. 

Sesuai dengan sebutannya, monumen ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang kejadian bersejarah yakni pemberontakan tentara PETA melawan tentara Jepang. Menarik bukan? 

8. Masjid Agung Kota Blitar

masjid agung kota blitar
kebudayaan.kemdikbud,go.id

Satu lagi rekomendasi wisata dekat Stasiun Blitar yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Masjid Agung Kota Blitar. Selain sebagai tempat ibadah. masjid yang satu ini kerap dikunjungi sebagai wisata religi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Megahnya bangunan masjid menjadi daya tarik tersendiri.

Telah dibangun sejak tahun 1820, Masjid Agung Kota Blitar dikenal dengan ciri khas bangunannya yakni didominasi oleh kayu jati berikuran besar serta arsitektur kunonya yang kental. Untuk mengunjungi Masjid Agung Kota Blitar, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Masjid No. 13, Kauman, Kepanjenkidul, Kota Blitar. 

Itulah daftar 8 wisata dekat Stasiun Blitar yang bisa kamu datangi. Jika berkesempatan datang ke Blitar, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply