7 Perayaan Tahun Baru Paling Unik di Dunia, Ada Indonesia?


Altesa  December 29, 2022  0 Comment

Tahun baru merupakan salah satu momen yang di tunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain libur panjangnya, tahun baru juga menjadi momentum bagi seluruh masyarakat di setiap negara memanjatkan doa dan harapan hepada Tuhan agar tahun yang akan datang menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya, sekaligus berterima kasih kepada sang pencipta atas semua kebaikan di tahun yang akan berlalu. Dalam melewati malam tahun baru, setiap negara memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang hanya memanjatkan doa , ada yang mengadakan pesta kembang api, dan ada pula yang mengadakan konser musik. Namun beberapa negara memiliki cara yang unik dan tidak biasa dalam menyambut  malam pergantian tahun. Negara mana sajakah itu? Yuk kita intip 7 perayaan tahun baru unik di dunia.

Berikut Perayaan Tahun Baru Paling Unik di Dunia:

1. Memakan 12 Anggur , Spanyol

memakan 12 anggur , spanyol
myedisi.com

Untuk menyambut pergantian tahun, masyarakat Spanyol memiliki tradisi yang cukup unik. Dimana disini dipercaya bahwa siapa saja yang dapat memakan 12 buah anggur saat jam pergantian tahun maka hidupnya akan diberkahi keberuntungan. Tradisi ini disebut uvas de la suerte Di Spanyol Akan di bunyikan lonceng sebanyak 12 kali. Setiap kali lonceng berbunyi maka kamu harus memasukkan 1 anggur kedalam mulut kamu satu persatu. Dan hal ini dilakukan sampai anggur habis. Ketika lonceng ke 12 berhenti dan kamu belum menghabiskan anggur di dalam mulut, maka dipercaya bidup kamu akan mengalami ketidak berun  tungan. Anggur yang digunakan dalam perayaan tahun baru unik ini ialah anggur putih Aledo. Perayaan tahun baru unik ini masih bertahan sampai dengan saat ini. Barangkali bisa di coba juga yah saat malam tahun baruan di rumah .

Baca juga :  5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan
Gotravelly

Sumiyoshi Taisha Osaka: Kuil Cantik Dengan Arsitektur Unik

Kalian Suka Unicorn Dan Tempat Yang Gemas? Wajib Banget Ke Kokumi!

2. Melempar Piring Ke Tembok, Denmark

Melempar Piring Ke Tembok, Denmark
wowkeren.com

Perayaan tahun baru unik yang satu ini mungkin sedikit mengagetkan jika dilakukan. Bagaimana tidak, di Denmark, orang-orang akan melemparkan piring-piring tidak terpakai yang sebelumnya sudah mereka kumpulkan kedepan rumah atau  tembok teman dan tetangga. Beberapa orang percaya, bahwa cara ini mampu mengusir roh dan hawa jahat yang ada di sekitar kita.

Selain mengusir roh jahat, salah satu tujuan dari tradisi ini ialah, untuk mengetahui sebanyak apa teman dan orang dekat yang kalian miliki selama menjalani tahun terakhir. Diartikan bahwa semakin banyak piring yang di lemparkan ke rumah seseorang, maka itu berarti semakin banyak pula teman yang mereka miliki. Wahh cukup unik juga yah tradisi perayaan tahun baru yang satu ini. Bagaimana? berani mencobanya di Indonesia? Bukan dianggap banyak teman, tapi justru mungkin kamu akan mendapat omelan dari tetangga.

3. Membunyikan Lonceng Sebanyak 108 Kali, Jepang

membunyikan lonceng sebanyak 108 kali, jepang
travel.tribunnews.com

Perayaan tahun baru unik yang satu ini disebut dengan nama Joya no Kane. Pada saat waktu tahun berganti, setiap kuil yang ada di Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Jumlah ini di ambil dari kepercayaan Budha bahwa di dunia ini ada sebanyak 108 halangan dan rintangan dalam menjalani hidup. Sehingga dengan di bunyikan lonceng tersebut dapt membersihkan diri setiap manusia serta tahun yang akan datang dapat kebahagiaan dan dijauhkan dari kesedihan dan rintangan dalam menjalani hidup ditahun yang akan datang. Dalam membunyikan lonceng ini memiliki aturan tersendiri, dimana jem mendekati pergantian tahun, lonceng dibunyikan sebanyak 107 kali, dan setelah tahun berganti dibunyikan lagi 1 kali.

Baca juga :  Spot Sunrise Terbaik di Dunia, ada di Indonesia Juga loh!

4. Bermalam Di Kuburan, Chili

bermalam di kuburan, chili
cewekbanget.grid.id

Kehilangan orang terkasih adalah hal yang sangat menyakitkan bagi seluruh manusia. Saat seseorang yang telah kehilangan orang terkasihnya, akan merasakan perasaan yang teramat sedih dan rindu akan orang yang telah tiada disaat akan menjalani momen-momen penting dan bahagia. Salah satu momen penting dan bahagia yang ingin kita habiskan dan lewati bersama dengan orang terkasih ialah malam pergantian tahun. Berdasarkan hal ini, di Chili pernah ada kejadian di mana sebuah keluarga menerobos masuk merusak pagar kuburan untuk menghabiskan malam tahun barunya bersama keluarga mereka yang telah tiada.

Berawal dari kejadian tersebut, kini hal itu justru menjadi sebuah budaya atau tradisi bagi masyarakat Chili. Bahkan pemerintah telah setuju membuka pagar kuburan saat malam tahun baru tiba untuk memberi kesempatan bagi mereka yang ingin menghabiskan malam tahun barunya bersama keluarga yang telah meninggal. Bagi sebagian orang, kuburan adalah  tempat yang menyeramkan, itulah kenapa tradisi ini layak disebut sebagai perayaan tahun baru unik.

5. Festival Songkran, Thailand

festival songkran, thailand
kumparan.com

Kini beralih ke Negara Tetangga, Thailand.  Di Thailand ada sebuah tradisi perayaan tahun baru unik yang disebut sebagai Festival Songkran.  Festifal Songkran sendiri ialah perayaan dimana masyarakat Thailand akan mencipratkan atau menyemprotkan air kepada siapapun orang yang mereka temui, bahkan orang yang tidak dikenal. Festival ini biasanya berjalan selama tiga hari, namun ada juga yang merayakannya selama satu  minggu. Air identik dengan perayaan Songkran dikarenakan air melambangkan sebagai sebuah media pembersihan. Sehingga diharapkan kita membersihkan diri dari segala keburukan yang terjadi ditahun lalu dan akan menjalani tahun depan dengan kebersihan dan kebahagiaan.

Baca juga :  10 Manfaat Travelling Bersama Pasangan, Bikin Hatimu Meleleh

Ada hal unik di dalam perayaan Festival Songkran ini, dimana perayaan tahun baru yang umumnya dilaksanakan di bulan desember menuju Januari justru di rayakan pada pertengahan bulan April.  Keunikan perayaan tahun baru di Thailand ini sempat di tiadakan saat dunia tengah menghadapi bencana global Covid-19.

6. Menggantung Bawang Di Pintu Rumah, Yunani

menggantung bawang di pintu rumah, yunani
grid.id

Masyarakat Yunani memiliki satu perayaan tahun baru unik yang dilakukan setiap tahunnya. Dimana hampir di setiap pintu rumah kamu akan melihat bawang yang menggantung. Bukan bawang biasa, akan tetapi bawang laut yang dapat tumbuh kembali mengeluarkan tunas dan daun. Saat malam tahun baru tiba, orang-orang Yunani akan menggantungkan bawang ini dengan kepercayaan bahwa akan datang keberuntungan ditahun depan, selain itu bawang ini juga melambangkan kelahiran atau pertumbuhan kembali.

7. Memakai Celana Dalam Merah Muda, Argentina

memakai celana dalam merah muda, argentina
regional.kompas.com

Tradisi tahun baru yang satu ini lebih cocok di sebut nyelenih daripada unik. Dimana di negara ini, orang-orang akan menggunakan celana dalam berwarna merah muda atau pink. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sedang mencari jodoh atau pasangan. Masyarakat Argentina sendiri percaya, bahwa dengan memakai celana dalam berwarna merah muda tepat di malam tahun baru, mereka akan mendapatkan jodoh sesegera mungkin. Perayaan tahun baru unik ini memang tidak dapat disaksikan secara langsung. Dapat dibayangkan bukan betapa lucunya jika jika celana dalam pink ini dapat dilihat dan dipakai oleh para  kaum lai-laki.

So guys, itulah beberapa perayaan tahun baru unik yang ada di dunia. Sebenarnya masih banyak lagi perayaan tahun baru unik yang dimiliki oleh negara-negara lainnya. Kita bahas dikesempatan selanjutnya ya. See you.



Leave a Reply