10 Mercusuar Dengan Pemandangan Indah di Dunia


Altesa  August 22, 2022  0 Comment

Kali ini kita akan membahas tentang mercusuar. Apa itu mercusuar?, mercusuar merupakan sebuah menara tinggi yang dibangun dengan sumber cahaya pada puncaknya dan berfungsi untuk membantu memberikan navigasi kepada kapal laut. Biasanya mercusuar bisa membantu untuk menandai daerah berbahaya seperti berkarang dan laut dangkal. Karena letaknya yang tinggi dan berada di pinggir laut tak heran jika ada beberapa mercusuar dengan pemandangan indah di dunia. Zaman dahulu sebelum ada GPS mercusuar sangat amat dibutuhkan dalam dunia perkapalan. Saat ini sudah banyak kapal yang memiliki navigasi sendiri berupa GPS, hal ini berdampak pada jumlah mercusuar sekarang yang sangat berkurang drastis.

Keberadaan mercusuar saat ini yang sudah tidak banyak, hal ini membuat beberapa mercusuar dijadikan destinasi wisata yang cukup menarik bagi wisatawan. Berada di pinggir laut dan menjulang tinggi tak heran mercusuar akan menyuguhkan kamu pemandangan laut dan mungkin perkotaan yang indah dari ketinggian. Nah, untuk kamu yang tertarik mengunjungi mercusuar sebagai slaah satu destinasi saat kamu liburan, berikut gotravelly merekomendasikan beberapa mercusuar dengan pemandangan indah di Dunia yang bisa kamu kunjungi ;

1.Kopu Lighthouse, Estonia

Kopu Lighthouse, Estonia
visitestonia.com

Kopu Lighthouse merupakan salah satu mercusuar yang tertua di dunia dan masih ada hingga saat ini. Mercusuar satu ini dibangun pada tahun 15o5 dan difungsikan sejak dibangun pada saat itu. Mercusuar ini Sudha berkali – kali mengalami renovasi sejak mulai dibangun dengan pencahayaan suar menggunakan api dari kayu bakar hingga direnovasi dan dirubah menggunakan cahaya lampu dari listrik. Saat ini mercusuar ini masih di fungsikan sebagai alat bantu navigasi dan dikelola oleh Administrasi Maritim Estonia dan dijadikan sebagai monument budaya yang dilidungi. Sebagai salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di Dunia, mercusuar ini wajib kamu datangi saat bepergian ke Estonia. Terlebih mercusuar ini juga sudah dijadikan menumen budaya yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

Gotravelly

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

Pulau Banyak, Si Cantek From Aceh Singkil

2. The Tower of Hercules, Spanyol

The Tower of Hercules, Spanyol
heroesofadventure.com

Mercusuar dengan oemandangan indan di dunia selanjutnya adalah The Tower of Hercules. Dari namanua Hercules kamu mungkin mengira mercusuar ini berada di Yunani atau Italia, namun mercusuar ini berada di Spanyol tepatnya di daerah Pelabuhan La Coruna, Galicia, Spanyol. Tak heran dianamai dengan Hercules ternyata mercusuar ini merupakan salah satu mercusuar tertua yang dibangun pada masa romawi.  Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 55 meter. Tower of Hercules juga merupakan menara mercusuar tertinggi kedua di Spanyol setelah mercusuar Faro de Chipiona. Kawsan ini memiliki pemandangan laut dan bangunan arsitektur kuno bergaya romawi, tak heran dengan keunikan yang dimilikinya mercusuar ini menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2009. Beberpa sejarawan percaya bahwa mercusuar ini dibangun dengan meniru mercusuar lighthouse of Alexandria yang merupakan mercusuar raksasa yang sempat juga menjadi salah satu keajaiban dunia. Mercusuar ini saat ini selain dijadikan navigasi pagi kapal laut juga menjadi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

3. Eldred Rock, Alaska

Eldred Rock, Alaska
kinyradio.com

Eldred Rock merupakan salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di dunia selanjutnya. Mercusuar ini memiliki segi delapan yang memeiliki sejarah yang cukup Panjang.  Mercusuar ini dibangun pada tahun 1905, dan merupakan mercusuar asli tertua di Alaska. Meskipun bangunannya tidak terlalu tinggi seperti mercusuar lainnya, namun mercusuar ini berfungsi dnegan baik. Letaknya yang berada di tengah – tengah perairan di dalam pulau kecil dan dikelilingi perbukitan membuat pemandangan disekitar mercusuar ini sangat indah, tak heran jika Eldred Rock masuk dalam salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di dunia.

4. Petit Minou Lighthouse, Prancis

Petit Minou Lighthouse, Prancis
istockphoto.com

Petit Minou Lighthouse merupakan salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di dunia yang terletak di pinggir jalan Brest, menjulang di depan Fort du Petit Minou. Dibangun anatara tahun 1694 dan 1697 merupakan benteng yang dibangun di Kkomune Plozane di Prancis dalam upaya mempertahankan Gpulet de Brest. Mercusuar ini memiliki pemandangan laut yang indah dan menarik. Tak heran jika mercusuar ini merupakan salah satu mercusuar yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

5. Tourlitis, Yunani

Mercusuar dengan Pemandangan Indah di Dunia
istockphoto.com

Mercusuar Tourlitis yang berada pada perairan Yunani berada di lepas pantai kota pelabuhan Andros, Yunani. Mercusuar ini dibangun diatas batuan atau karang besar yang dilengkapi tangga batu dan berwarna putih. Jika dilihat mercusuar ini memiliki keindahan tersendiri dengan arsitekturnya yang sederhana berwarna putih sangat sesuai dengan background langit dan laut yang biru. Mercusuar dengan pemandangan indah di dunia ini dibangun pada tahun 1897. Kolom batu pondasi terbengtuk dari ribuan tahun erosi laut alami.

6. Cape Reinga Lighthouse, Selandia Baru

Cape Reinga Lighthouse, Selandia Baru
aa.co.nz

Mercusuar Cape Reinga merupakan salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di dunia yang terletak di Selandia baru. Meski[un bangunan mercusuar ini tidak terlalu tinggi namun bangunan mercusar ini menyuguhkan lepas laut yang tenang. Mercusuar Cape Ringa dibangun pada tahun 1941. Cahaya dari mercusuar ini bisa mencapai sejauh 19 mil, yang sudah cukup bisa membantu kapal – kapal laut terutama kapal dari Laut Tasman dan Pasifik Utara.

7. Ricasoli Breakwater Light, Malta

Ricasoli Breakwater Light, Malta
dreamstime.com

Ricasoli Breakwater Light berada di Malta tepatnya berlokasi di sisi timur gerbang masuk Grand Harbour of Valleta. Mercusuar ini masuk dalam jajaran mercusuar dengan pemandangan indah didunia yang masih beroprasi dengan baik hingga sekarang. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1908 dan masih difungsikan hingga saat ini. Mercusuar ini menjadi salah satu objek terjangan ombak ganas jika cuaca sedang buruk diperairan tersebut. Jika dilihat dari jauh mercusuar yang di terjang ombak satu ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan indah dalam satu waktu.

8. Pulau Lengkuas, Indonesia

Pulau Lengkuas, Indonesia
bobo.grid.id

Indonesia juga memiliki mercusuar dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan juga lho. Salah satunya adalah mercusuar Pulau Lengkuas yang masuk dalam salah satu daftar mercusuar dengan pemandangan indah di dunia. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1883 dengan tinggi 57 meter. Mercusuar Pulau Lengkuas ini terletak di Kepulauasn Bangka Belitung tepatnya dii pelabuhan Belitung, menghadap Selatan Karimata yang menghubungkan laut Tiongkok selatan dengan laut jawa. Mercusuar ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yanjg masi tegak berdiri di pulau Belitung. Selain memiliki bangunan yang indah, pemandangan di sekitar mercusuar juga tak kalah menarik untuk dinikmati.

9. Fanad Head Lighthouse, Irlandia

Fanad Head Lighthouse, Irlandia
irishcentral.com

Fanad Head Lighthouse merupakan mercusuar dnegan pemandangan indah di dunia yang terletak di Country Donegal, Irlandia. Fanad Head Lighthouse menjulang dinujung Wild Atlantic Way, yang merupakan rute perjalanan lait terpanjang di dunia. Letaknya yang strategis membuat fungsi dari mercusuar ini sangat krusial terutama untuk kapal – kapal laut luar negeri yang melintas atau ingin  menepi. Mercusuar ini berada diatas tebing tepi laut dengan dilengkapi bangunan putih di bawahnya.

10. Marshall Point Lighthouse, Amerika Serikat

Marshall Point Lighthouse, Amerika Serikat
merdeka.com

Marshall Point Lighthouse merupakan mercusuar dengan pemandangan indah didunia yang berada di Amerika Serikat tepatnya berada di desa nelayan Port Clyde, Maine. Mercusuar ini pernah menjadi salah satu set film terkenal Forest Gump pada tahun 1993. Film ini dibintangi oleh actor terkenal Tom hanks dan merupakan film adaptasi dari nobel yang berjudul sama pada tahun 1986. Mercusuar ini menjadi latar di adegan terakhir film Forest Gump.



Leave a Reply