10 Destinasi di Indonesia Untuk Rayakan Natal dan Tahun Baru


Reni  December 24, 2019  0 Comment


Travelling mencoba hal-hal baru memanglah seru. Ada yang lebih senang travelling ke luar negeri, ada juga yang lebih senang berlibur di daerah sekitar, karena menurut mereka selain dekat, uang yang dikeluarkan juga lebih sedikit. Bagi anda yang lebih senang mengeksplorasi daerah sekitar, anda bisa mencoba destinasi di Indonesia untuk rayakan natal dan tahun baru.
Nah, untuk anda yang suka vacation keluar negeri, apa salahnya mencoba destinasi dalam negeri yang tentunya tak kalah indah. Bahkan terkadang ada beberapa destinasi wisata dalam negeri yang tidak ada di luar negeri. Terlebih ketika liburan natal dan tahun baru tiba. Cobalah gunakan waktu tersebut untuk mengeksplor destinasi wisata di Indonesia.

1. Wayang kulit di Yogyakarta

Wayang kulit di Yogyakarta
wargajogja.net

Negeri dengan beragam budaya sepertinya sangat cocok disematkan untuk Indonesia dan hal ini memang benar adanya. Bahkan ada beberapa tradisi masyarakat yang digabungkan dengan kegiatan keagamaan. Jadi, jangan salahkan banyak perayaan keagamaan dirayakan dengan seni tradisional, salah satunya adalah wayang kulit.

Kota Yogyakarta terkenal sebagai kota seni dan budaya. Ketika natal tiba, di beberapa gereja romo atau pastur bukan lagi menggunakan baju khasnya, namun menggunakan busana jawa, lengkap dengan blangkon dan kerisnya. Tak hanya itu, ketika romo memimpin ibadah natal pun menggunakan bahasa jawa kromo inggil.

Untuk lebih membuat meriah, di beberapa gereja juga membuat pagelaran wayang kulit yang bertemakan kelahiran yesus kristus. Uniknya, masyarakat kristiani disini setelah melakukan ibadah natal mereka akan saling berkunjung dari rumah ke rumah, sama halnya ketika lebaran.

Gotravelly

Mengulik Sejarah Vietnam Di Hoa Lu Ancient Capital

Jalan-Jalan Ke Trang Tien Plaza Hanoi, Semuanya Ada Disini!

2. Ngejot dan penjor di Bali

Ngejot dan penjor di Bali
suzanafm.com

Memang pulau Bali rata-rata penduduknya beragama hindu, namun bukan berarti tidak ada perayaan natal yang meriah. Setiap natal tiba, gereja-gereja di Bali dihiasi dengan penjor, hiasan khas bali berupa bambu yang dihiasi dengan janur. Hiasan ini tentu membuat warna perayaan natal anda akan berbeda.

Tak cukup disitu saja, masyarakat kristiani disana juga melakukan tradisi ngejot, yaitu tradisi berbagi makanan di Bali. Mereka memasak makanan khas Bali dan membagikannya kepada tetangga-tetangganya yang beragama hindu. Tertarik berlibur saat natal ke Bali?

3. Meriam bambu, NTT

 Meriam bambu
yukepo.com

NTT bisa menjadi alternatif tempat liburan natal anda. Tak hanya disuguhi dengan pemandngan alam yang indah, anda juga bisa melihat dan merasakan tradisi unik ketika perayaan natal. Tradisi tersebut adalah meriam bambu.

Menurut adat Flores dan Manggarai, membunyikan meriam bambu adalah tanda terjadinya sebuah kemalangan. Namun, saat ini meriam bambu dijadikan sebagai simbol kebahagian. Setiap menjelang natal tiba, di berbagai sudut kota di pasang meriam-meriam bambu dan secara serentak akan diletuskan ketika hari natal tiba.

4. Kunci Taon di Manado

Kunci Taon di Manado
seputarkota.com

Berkunjung ke Manado memang tak lengkap jika tidak mencoba Tinituan, yaitu bubur khas manado. Namun, liburan anda akan semakin seru jika anda berkunjung di bulan Desember, tepatnya ketika perayaan natal akan dimulai.

Berbeda dengan kota lainnya yang biasanya memulai perayaan natal di tanggal 24 Desember, penduduk Manado sudah memulainya sejak tanggal 1 Desember. Mereka sudah melakukan ibadah pra-natal sejak tanggal tersebut. Selain itu, mereka juga melakukan tradisi ziarah kubur ke kerabat mereka serta menghiasi kuburannya dengan berbagai hiasan natal.

Puncak perayaan natal jatuh pada pekan awal di bulan Januari. Pada pekan tersebut, ada sebuah tradisi pawai yang bernama kunci taon. Kunci taon adalah pawai keliling yang dilakukan oleh remaja-remaja Manado dengan kostom santa yang lucu dan unik sambil membagi-bagikan hadiah kepada anak.

5. Lovely December di Toraja

 Lovely December di Toraja
genpi.co

Ketika melancong ke Toraja pasti yang banyak diburu oleh wisatawan adalah kopi toraja yang terkenal itu. Selain budaya pemakaman unik nan mistis, masyarakat Toraja juga memiliki budaya tradisional yang tentunya bisa anda ikuti ketika berlibur di Toraja.Ketika natal tiba ada sebuah festival budaya dan pariwisata yang dinamakan Lovely December.

Festival dibuka dengan pemotongan kerbau belang dan dilanjutkan dengan berbagai lomba. Puncaknya terjadi ketika penutupan di malam tanggal 26 Desember. Acara penutupan ditandai dengan arak-arakan babi yang disebut lettoan. Proses ini disebut sebagai perlambangan 3 dimensi kehidupan manusia.

6. Jakarta

Jakarta
wego.co.id

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki event besar untuk merayakan tahu baru. Perayaan di mulai dengan konser musik, berbagai festival, dan ditutup dengan peniupan terompet dan pertunjukkan kembang api.

Uniknya, perayaan ini tidak terjadi hanya di satu tempat saja. Setidaknya ada sekitar 3 tempat yang memiliki event besar di tahun baru, yaitu monas, budaran HI, dan TMII. Selain 3 tempat tersebut, ada beberapa mall yang juga menyelenggarakan perayaan tahun baru, seperti Mall Grand Indonesia dan Central Park Mall.

Untuk yang ingin melihat pertunjukkan kembang api dengan lebih indah, anda bisa mencoba beberapa rooftp di beberapa tempat di Jakarta, seperi di hotel Aston Marina Ancol, Cloud Lounge di Plaza Jakarta, dan di puncak menara BCA.

Nah, untuk yang ingin menikmati akhir tahun dengan tenang, anda juga bisa berlayar menuju pulau Seribu yang indah dan terpenting jauh dari keramaian.

7. Pantai Kuta, Bali

 Pantai Kuta
wego.co.id

Pantai Kuta bisa menjadi salah satu alternatif pilihan destinasi di Indonesia untuk rayakan natal dan tahun baru. Tak hanya dengan pertunjukkan kembang apinya yang memukau, di pantai tersebut anda juga bisa mengikuti beach party yang diselenggarakan setiap akhir tahun.

Pesta akhir tahun di pantai tersebut, ditutup dengan melihat sunrise pertama di bulan januari yang begitu indah dan mempesona.

8. Tanjung Perak, Surabaya

Tanjung Perak

Tanjung Perak bisa dikatakan sebagai salah saru pelabuhan andalan Indonesia. sekaligus juga andalan “arek-arek suroboyo” untuk merayakan tahun baru. Masyarakat biasa berkumpul di pelabuhan ini untuk merayakan tahun baru dan melihat pertunjukkan kembang api.

Uniknya, kembang api disini tak hanya diluncurkan melalui pelabuhan. Namun juga diluncurkan memalui kapal-kapal yang berada di sekitar pelabuhan.

9. Tugu, Yogyakarta

Tugu

Tugu Jogja adalah menumen ikonik kebanggakan masyarakat jogja. Setiap tanggal 31 Desember, di simpang tugu di selenggarakan pertunjukkan kembang api untuk merayakan tahun baru.

Nah, untuk anda yang ingin mengikuti acaranya, pastikan anda datang beberapa jam sebelum acara dimulai. Sebab, akses jalan dari berbagai arah yang menuju tugu akan ditutup.

10. Simpang Lima, Semarang

Simpang Lima
jejakpiknik.com

Destinasi rayakan tahun baru Indonesia berikutnya Simpang Lima juga bisa anda kunjungi ketika perayaan tahun baru tiba. Selain sebagai paru-paru kota Semarang, Simpang Lima juga sebagai pusat perayaan tahun baru di Semarang. Pada malam tahun baru kawasan ini akan penuh sesak oleh kaum muda-mudi untuk merayakan tahun baru. Pastikan anda datang sebelum acara dimulai. Sebab, sejak jam 6 sore jalanan akan ditutup.

10 destinasi wisata tersebut patut menjadi alternatif pilihan untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun anda. Sebagai penutup, pesan kami adalah berliburlah sebelum liburan itu berubah menjadi mahal untuk anda.



Leave a Reply