10 Minuman Khas Sumatera Yang Unik dan Menyegarkan


Fida  September 28, 2020  0 Comment

Sumatera menjadi salah satu kawasan yang menawarkan berbagai tempat wisata indah dan menawan. Selain keindahan alam, banyak kuliner lezat khas Sumatera yang sayang untuk dilewatkan. salah satunya yang perlu dicoba adalah minuman khas Sumatera

Saat datang ke Sumatera, ada banyak makanan lezat serta minuman khas yang akan memanjakan wisatawan. Sayang rasanya untuk tidak mencoba salah satu minuman khas yang ditawarkan. Berikut minuman khas Sumatera yang wajib Anda coba

10 Minuman Khas Sumatera :

1. Roco Timun, Sumatera Utara

roco timun
cookpad.com

Saat berlibur di suatu daerah, pasti Anda ingin mencoba kuliner khas daerah tersebut. Salah satu minuman khas Sumatera yang wajib Anda coba adalah roco timun. Minuman yang satu ini berbahan dasar timun dan kelapa muda. Segelas roco timun berisi potongan timun dan kerukan kelapa muda dipadukan dengan gula merah dan daun pandan. Perpaduan tersebut terasa sangat segar dan akan membuat Anda ingin lagi dan lagi.

Roco timun sangat cocok untuk menghilangkan rasa dahaga Anda, terutama pada waktu siang hari. Minuman yang satu ini menjadi favorit semua kalangan karena rasanya yang segar serta bahan dasar yang menyehatkan. Pada bulan puasa, roco timun menjadi sasaran utama bagi warga Sumatera Utara untuk sajian berbuka.

minuman khas Sumatera

Glek: Segarnya Minuman Kekinian Sambil Berbagi Dengan Yang Membutuhkan

The Good Kind Juice & Coffee . First Juice Bar Di Surabaya Timur!

2. Aia Kawa, Sumatera Barat

aia kawa
goognewsfromindonesia.id

Setiap daerah pasti memiliki makanan atau minuman khas yang menjadi incaran wisatawan. Salah satu daerah dengan minuman khas terbaik adalah Sumatera. Terdapat berbagai jenis minuman khas Sumatera yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya yakni aia kawa. Minuman yang satu ini sangat mudah ditemukan di Sumatera Barat.

Baca juga :  10 Minuman Khas Italia Rasanya Berjuta Rasa

Aia kawa merupakan minuman berbahan dasar daun kopi. Daun kopi diseduh menggunakan air panas, cara menyeduhnya cukup mudah layaknya menyeduh teh. Uniknya, minuman yang satu ini disajikan dengan belahan tempurung kelapa sebagai wadahnya dan potongan bambu sebagai tatakannya. Minuman yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu, akan tetapi masih lestari hingga saat ini.

3. Es Tebak, Sumatera Barat

 Es Tebak
saribundo.biz

Pulau sumatera memiliki berbagai minuman khas disetiap daerahnya. Salah satu minuman khas Sumatera yang mudah dijumpai di Sumatera Barat adalah Es Tebak. Minuman yang satu ini berhasil membuat penasaran hampir semua orang karena keunikan namanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat berbondong-bondong mencoba es tebak.

Es tebak di sajikan dengan mangkok. Semangkok es tebak berisi kolang-kaling, cincau hitam, tape ketan dan tebak. Tidak perlu bingung dengan kata tebak, tebak berbentuk seperti cendol yang terbuat dari tepung sagu dan tepung beras ketan yang dimasak dengan kapur sirih dan air garam. Biasanya, minuman khas Sumatera yang satu ini disajikan dengan serutan es, susu kental manis serta sirup merah untuk menambah kelezatan citarasanya. Tak heran jika es tebak menjadi incaran banyak orang ketika berada di Sumatera Barat.

4. Teh Susu Telur, Sumatera Utara

 Teh Susu Telur
hot.liputan6.com

Selain minuman yang cocok diminum di siang hari, Sumatera Utara juga memiliki berbagai minuman khas yang cocok diminum di malam hari. Salah satu minuman khas sumatera yang cocok diminum di malam hari adalah teh susu telur. Minuman yang satu merupakan minuman yang menjadi favorit semua orang yang tinggal di Sumatera Utara khususnya warga Medan.

Ketika Anda berkesempatan berlibur ke Sumatera Utara, Anda dapat mencoba teh susu telur. Biasanya, ketika malam tiba badan terasa sangat dingin, Anda bisa menghangatkannya kembali dengan meminum segelas teh susu telur. Segelas minuman ini terdiri dari teh, susu dan kuning telur serta gula yang diseduh dengan air panas. Kuning telur yang digunakan biasanya berasal dari telur ayam ataupun telur bebek. Tidak perlu khawatir dengan rasa yang dihasilkan, pasti Anda akan terpukau dengan rasa perpaduan yang pas dan tidak ingin berhenti untuk meminumnya.

Baca juga :  10 Cheese Tea Paling Enak di Surabaya

5. Es Laksmana Mengamuk, Riau

es laksmana mengamuk
fimela.com

Setiap daerah pasti memiliki minuman khas. Sumatera menjadi salah satu pulau dengan berbagai minuman khas yang sangat disukai oleh banyak orang. Salah satu minuman khas Sumatera adalah es laksmana mengamuk. Minuman yang satu ini mudah ditemukan di Pulau Sumatera khususnya di Riau. Sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Riau tanpa mencoba segarnya es laksmana mengamuk.

Es laksmana mengamuk terbuat dari mangga kweni yang dipadukan dengan santan, es dan gula merah. Perpaduan yang pas menjadikan es yang satu ini terasa lebih segar dan  nikmat. Es laksmana mengamuk akan menghilangkan rasa dahaga Anda. Tak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk mencoba minuman khas sumatera yang satu ini.

6. Jus Martebe, Sumatera Utara

 Jus Martebe
cookpad.com

Berlibur di Sumatera Utara merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain menikmati wisatanya, ada hal yang bisa dilakukan di Sumatera Utara yaitu mencicipi minuman khas Sumatera Utara. Salah satu minuman khas Sumatera yang menjadi incaran pecinta kuliner adalah Jus martebe. Minuman yang satu ini sangat populer di seluruh Pulau Sumatera khususnya di wilayah Sumatera Utara.

Dilihat dari segi nama, jus martebe merupakan singkatan dari jus markisa terong belanda. Perpaduan markisa dan terong belanda akan terasa manis dan sangat segar di tenggorokan Anda. Rasa dahaga di siang hari akan hilang dengan meminun jus yang satu ini. Sangat disayangkan jika Anda berlibur di Sumatera Utara tanpa mencoba segarnta jus martebe.

7. Dadiah, Sumatera Barat

Dadiah
berita-rakyat.co.id

Ketika Anda berada di Sumatera, tidak perlu bingung untuk mencari minuman khas. Salah satu minuman khas Sumatera dengan berbagai manfaat adalah dadiah. Dadiah merupakan yogurt tradisional khas Minangkabau. Minuman yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang.

Baca juga :  5 Sate Rambiga Khas Lombok Paling Enak, Awas Ketagihan!

Yogurt khas minangkabau yang satu ini berbeda dengan yogurt pada umumnya. Dadiah dibuat dengan fermentasi alami dengan bambu sebagai wadahnya. Rasa yang dihasilkan akan membuat Anda tidak ingin berhenti menikmatinya. Tidak hanya itu, manfaat minuman yang satu ini juga cukup banyak. Sayangnya, sekarang ini dadiah sangat sulit untuk dijumpai.

8. Aia Aka, Sumatera Barat

aia aka
saribundo.biz

Setiap daerah pasti memiliki minuman khas. Salah satu daerah dengan minuman khas terbaik adalah Sumatera. Minuman khas Sumatera yang menjadi favorit semua orang adalah aia aka. Minuman yang satu ini terbuat dari perasan daun cincau yang diolah hingga berbentuk seperti agar-agar. Pada umumnya, aia aka akan disajikan dengan santan, gula merah dan air daun kacang. Aia aka mudah ditemukan di Sumatera khususnya Sumatera Barat. Tak jarang pedagang kaki lima yang menjual aia aka. Minuman yang satu ini sangat cocok diminum saat siang hari.

9. Sanger, Aceh

Sanger
merdeka.com

Berlibur di Pulau Sumatera mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Ketika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Sumatera, Anda wajib mencoba minuman sanger. Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Sumatera khususnya Aceh. Masyarakat aceh biasa menyebut kopi tarik atau kopi saring dengan sebutan minuman sanger. Jika dilihat dari tampilannya, minuman sanger terlihat seperti kopi susu pada umumnya. Sangat disayangkan jika Anda mengunjungi Pulau Sumatera tanpa mencicipi nikmatnya minuman sanger.

10. Jus Pinang Muda, Sumatera Barat

Jus Pinang Muda
food.detik.com

Saat berada di Sumatera Barat, es pinang muda menjadi salah satu minuman khas yang bisa Anda coba. Banyaknya manfaat yang ditawarkan menjadikan minuman yang satu ini bayak diminati, khususnya oleh pria.

Es pinang muda menawarkan manfaat yang luar biasa. Biasanya, minuman yang satu ini ditambahkan dengan tambahan telur, susu, dan madu sebelum dihidangkan.



Leave a Reply