10 Minuman Paling Aneh di Dunia, Berani Coba?


Reni  June 9, 2022  0 Comment

Sama halnya dengan variasi makanan, minuman di berbagai belahan dunia juga memiliki banyak variasi. Bahkan akibat kreativitas dari peracik minuman yang ingin menghidangkan minuman langka, muncullah menu minuman paling aneh sedunia. Mengapa dinamakan minuman paling aneh di dunia? Kemungkinan disebabkan karena menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa.

Akibat bahan minuman yang dinilai tidak biasa, membuat banyak orang takut untuk mencoba. Namanya juga dunia kuliner, bahkan semua orang bebas untuk bereksperimen dengan jenis dan bahan minuman apapun. Akan tetapi ada juga jenis minuman yang ternyata membahayakan kesehatan.  Penasaran dengan aneka minuman yang rasanya paling aneh sedunia? Mungkin Anda pernah menemukannya di lingkungan sekitar.

Minuman Paling Aneh Dunia

1. Minuman Sinchicara dari Ekuador

shinchicara
idnjurnal.com

Sinchicara merupakan minuman beralkohol brandy yang berasal dari tanaman tebu kemudian dicampur dengan tanaman khusus. Tanaman khusus disini berasal dari hutan hujan tropis yang tentunya mudah didapatkan di sana. Minuman paling aneh di dunia ini memang populer di kalangan masyarakat hutan amazon, namun dipercaya dapat meringankan segala bentuk penyakit radang sendi. Tidak hanya itu, sinchicara ternyata juga banyak dipercaya bisa meningkatkan libido.

Gotravelly

Ronde & Angsle Di Keputih

Picnic Cafe, Tawarkan Sensasi Piknik Di Tengah Kota Sidoarjo

2. Soju Air Mata Tuna dari Korea Selatan

soju air mata tuna
idnjurnal.com

Ketika Anda berkunjung ke Korea Selatan, mungkin saja pernah menemui minuman paling aneh sedunia yang dinamakan soju air mata tuna. Wah dari namanya saja memang terlihat aneh ya! Meskipun begitu minuman satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Korea. Perlu diketahui, minuman ini disajikan menggunakan campuran cairan air mata tuna. Jadi tidak heran jika campuran soju ini teksturnya sangat kental mirip jelly saat diminum.

Baca juga :  12 Restoran Korea di Jakarta Enak Banget Rekomended

3. Bir Jawawut Tongba dari Nepal

bir jawawut tongba
highlightstourism.com

Orang Nepal terbiasa membuat minuman beralkohol hasil fermentasi jawawut. Pernah dengar istilah jawawut? Jadi jawawut merupakan tumbuhan serealia yang dulu sering menjadi makanan pokok orang Asia Tenggara dan Asia Timur sebelum adanya budidaya padi. Minuman tongba sendiri memiliki cara tersendiri saat akan meminumnya. Silakan tuangkan air panas pada jawawut yang selesai di fermentasikan, lalu diamkan agar bisa bercampur bersama sedotan.

4. Minuman Boza dari Bulgaria

boza
bulgaria-gifts.com

Sebenarnya jika dilihat sekilas, minuman boza mirip seperti susu. Hanya saja minuman boza terbuat dari tepung yang sudah di fermentasi. Minuman boza memang aman diminum oleh semua usia, karena memiliki kandungan prebiotik yang sangat aman bagi pencernaan. Boza memiliki sedikit kandungan alkohol, meskipun begitu para ahli justru menyarankan bahwa minuman tersebut cocok untuk ibu hamil dan anak-anak.

Menurut masyarakat Bulgaria, boza memang dipercaya mampu meningkatkan volume ASI. Walaupun saat ini sudah tidak begitu populer, namun masyarakat masih bisa mendapatkannya dari kelontong lokal. Harga minuman satu ini juga cukup terjangkau, sehingga cocok nih buat ASI booster para ibu-ibu hamil.

5. Minuman Mamajuana dari Republik Dominika

mamajuana
sunrise-villa.com

Mamajuana merupakan sebuah minuman khas dari Republik Dominika. Namun, banyak ibu-ibu rumah tangga yang berusaha menyajikannya sendiri di rumah, jadi tidak heran jika tiap rumah memiliki racikan yang berbeda-beda. Pada umumnya mamajuana terbuat dari madu, anggur merah, dan rum yang direndam bersama rempah-rempah dan kulit pohon.

Minuman satu ini berfungsi sebagai penyembuh demam, afrodisiak, mengatasi masalah pencernaan, dan flu. Jika Anda berkunjung kesana, pasti minuman satu ini lazim menjadi menu favorit tempat makan dan restoran. Banyak masyarakat Republik Dominika yang memilih meluangkan waktu sarapan bersama dengan mamajuana untuk meningkatkan energi tubuh.

Baca juga :  Berlibur ke Negeri Kincir Angin? Cobain 7 Minuman Khas Belanda

6. Minuman Dawson, Kanada

dawson
travel.tribunnews.com

Minuman paling aneh sedunia berikutnya yaitu dawson. Minuman satu ini terbuat dari requila atau alkohol Yukon jack yang dicampur bersama dengan jari kaki manusia yang sudah diawetkan. Cukup menjijikan memang, namun dawson menjadi minuman favorit di sana lho. Asal-usul dari minuman dawson ini sebenarnya berasal dari legenda pembuat rum yang bernama Louie Liken yang kehilangan jari kakinya saat merasa kedinginan di salju.

Akhirnya sang kakak memotong jarinya tersebut dan menaruhnya ke dalam toples. Setelah berpuluh-puluh tahun, kemudian Liken menemukan jarinya dan menyajikannya pada tamu baru yang cukup pemberani. Cara minum dawson sendiri cukup unik, dimana setiap orang bisa meminumnya sampai jari kaki menempel ke bibir. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak tertarik untuk mencobanya dan hanya disajikan setahun sekali sebagai minuman testikel anjing.

7. Minuman Kava dari Fiji

minuman paling aneh di dunia
cnnindonesia.com

Minuman kava sebenarnya selalu ada ketika diadakan upacara tradisional Fiji. Minuman satu ini memang terkenal dapat menimbulkan efek sedatif atau menenangkan. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa minuman kava mampu memberikan rasa gembira. Minuman ini murni terbuat dari piper mesthysticum atau semacam tanaman khas dari Kepulauan Pasifik. Bagian akar tanaman itulah yang digunakan dengan cara tradisional. Unik bukan?

8. Wine Kalajengking dan Ular

wine kalajengking dan ular
diadona.id

Wine pada dasarnya merupakan sebuah minuman yang terbuat dari anggur atau buah lainnya yang sudah dilakukan fermentasi. Tapi bagaimana rasanya ketika wine dicampur dengan kalanjengking dan ular? Ya, Anda bisa menjumpai minuman ini ketika berkunjung ke China, Thailand, dan Vietnam. Hasil dari fermentasi wine tersebut nantinya bisa disajikan ke dalam botol berbentuk khusus dengan kalajengking dan ular di dalamnya. Ingin coba?

Baca juga :  10 Minuman Khas Madura Penambah Selera

9. Minuman Berasal dari Urin Sapi

minuman urin sapi
liputan6.com

Ada lagi minuman paling aneh sedunia yaitu minuman urin sapi. Seperti yang banyak diketahui, Negara India menganggap hewan sapi sebagai hewan yang suci. Nah, oleh karena itu umat Hindu yang ada di India menggunakan urin sapi sebagai minuman instan. Masyarakat India biasanya akan meminumnya ketika ada acara tertentu dan mempercayai bahwa minuman ini bisa menyembuhkan segala jenis penyakit.

10. Teh yang Berasal dari kotoran Panda

teh kotoran panda
dunia.tempo.co

Minuman terakhir yang dianggap paling aneg sedunia yaitu teh dari kotoran panda. Seorang profesor yang berasal dari Universitas Sichuan China yang bernama An Yanshi melakukan beberapa penelitian. Profesor tersebut menemukan sebuah fakta bahwa seekor panda bisa menyerap 30% nutrisi dari makanan yang sudah dikonsumsi. Kemudian 70% sisanya akan tetap berada pada makanan tersebut.

Dari sinilah profesor An Yashi kemudian membuat inovasi minuman teh yang berasal dari kotoran panda. Sama halnya dengan jenis kopi luwak yang ada di Indonesia, kotoran dari panda ini memang bisa di ekstrak menjadi minuman teh yang enak. Teh yang berasal dari kotoran panda tersebut ternyata dijual dengan harga yang cukup mahal lho. Ada yang mengatakan bahwa harganya mencapai Rp308 juta. Wah fantastis bukan?

Masih banyak lagi minuman paling aneh sedunia yang ada di dunia. Bahkan ada jenis minuman yang berasal dari sayatan katak hidup. Katak tersebut kemudian dicampur dengan lidah buaya, kaldu kacang panas, dan maca. Sudah tahu maca? Maca sendiri merupakan akar andes yang berguna untuk meningkatkan  stamina dan gairah. Namun, minuman ini sudah dilarang untuk dikonsumsi karena bisa merusak ekosistem Titicaca. Anda tertarik mencoba minuman di atas?



Leave a Reply