10 Minuman Khas Banyumas, Satu Gelas Mana Cukup


Reni  October 19, 2022  0 Comment

Bagi para pecinta kuliner, pasti tidak akan ada habisnya jika kita membahas tentang kuliner yang ada di Banyumas, tetapi kali ini kita akan membahas minuman khas Banyumas yang ingin dicicipi ketika berlibur kesana. Banyumas mempunyai keunikan pada setiap kulinernya yang tidak meninggalkan kesan ketradisionalnya.

Minuman Khas Banyumas Yang Wajib Dicoba 

Menikmati makanan dan minuman khas Indonesia yang manis, segar ditengah-tengah teriknya matahari pasti akan terasa lebih nikmat. Inilah 10 minuman khas Banyumas yang bisa menemani Anda ketika berlibur ke kota tersebut:

1. Es Badeg 

es badeg
banyumas.tribunnews.com

Nama makanan dan minuman khas Indonesia yang masih sangat jarang sekali dikenal orang ini ternyata mempunyai rasa dan kesegaran yang tidak bisa diminum hanya satu gelas saja. Minuman satu ini berbahan dasar dari sari bunga kelapa yang merupakan bahan dasar dalam pembuatan aren.

Pembuatan es badeg ini menggunakan cara fermentasi kurang lebih 1-2 hari yang dimasukan ke dalam bambu bernama “pongkor”. Minuman ini sudah bisa dinikmati hanya dengan mengeluarkan uang Rp 5000 saja untuk setiap porsinya yang bisa langsung membuat rasa haus Anda menghilang seketika.

Bagi Anda pecinta kuliner wajib untuk mencicipi minuman khas Banyumas unik yang satu ini ketika Anda akan berlibur kesana. Jangan sampai melewatkannya karena pasti Anda akan menyesal bila tidak menikmati cita rasa uniknya.

Gotravelly

Ronde & Angsle Di Keputih

Warung Kopi Gunung, Tawarkan Sensasi Ngopi Di Tengah Hutan Pinus

2. Es Durian 

es durian
merdeka.com

Semua orang pasti sudah banyak yang mengenal durian, memiliki rasa dan aroma khas ternyata buah ini dapat menciptakan minuman dengan rasa yang tidak kalah dengan minuman lainnya. Menjadi salah satu minuman yang memiliki cita rasa unik, es durian ini adalah minuman cukup populer ketika berlibur ke Banyumas.

Es durian bisa ditemukan di pasar tradisional dan pinggir jalan. Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi es durian cukup mengeluarkan uang Rp 8000-Rp 10.000 saja. Berbahan utama durian yang dicampurkan dengan santan serta es ini mempunyai rasa manis dan legit.

3. Es Cau 

es cau
cookpad.com

Ketika Anda berkunjung ke Banyumas, wajib untuk mencicipi minuman khas daerah tersebut.

Es cau ini berasal dari daun cau yang direbus dan mengental sehingga bisa mengeluarkan tekstur lembut, kenyal ini bisa membuat siapapun menjadi ketagihan, terutama bila dicampur santan, larutan gula jawa dan es batu yang akan menyegarkan tenggorokan.

Satu porsi es cau ini hanya dibandrol dengan seharga Rp. 5000 saja yang sangat mudah ditemui di pinggir jalan sekitaran kota Banyumas terutama di pasar tradisional dan tempat – tempat wisata.

4. Es Dawet Ireng

es dawet ireng
solopos.com

Es Dawet Ireng minuman yang terbuat dari tepung beras dan berwarna hitam pekat. Berbeda dari es dawet umumnya yang memiliki warna hijau, dawet yang satu ini dibuat dengan menggunakan abu merang atau jerami, sehingga bisa menciptakan warna hitam yang pekat atau keabu- abuan. Merang ini dipilih karena bisa menambahkan cita rasa yang lezat dan kekenyalan alami pada dawet tersebut. 

Nantinya, tepung beras yang sudah diadoni akan dicampurkan dengan air abu merang ini, lalu dimasak dan juga dicetak pada cetakan khusus yang akan membentuk cendol menjadi serpihan-serpihan kecil yang berwarna hitam. Adonan ini akan ditampung pada air es, supaya tidak akan melekat.

5. Bir Pletok  

bir pletok
karawangpost.pikiran-rakyat.com

Bukan hanya makanan khas Banyumas kota ini juga memiliki minuman yang bernama bir pletok. Nama yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh Nusantara bahkan memang sudah menjadi ciri khas dari masyarakat yang ada di Pulau Jawa. 

Bir pletok ini memang lebih banyak dikenal sebagai minuman khas Betawi, tetapi minuman ini juga banyak dijual di wilayah Jawa Tengah seperti Semarang, Banyumas dan sekitarnya.

Walaupun namanya bir, tetapi minuman ini tidak mempunyai kandungan alkohol sehingga bisa dikatakan halal.

Jika Anda melihatnya dari segi tampilan, bir pletok ini mempunyai warna coklat yang pekat, bahkan ketika dilihat sekilas sangat mirip dengan kopi. Sementara dari segi rasanya, minuman yang satu ini bercita rasa sangat segar.

6.  Es Doger 

es doger
banyumas.tribunnews.com

Tidak bisa diketahui dengan pasti darimana asal minuman tradisional yang satu ini berasal, pada kenyataannya di setiap daerah mengklaim es doger menjadi minuman khasnya, termasuk di Kabupaten Banyumas dan wilayah Jawa Tengah. 

Es doger yang sangat sederhana ini tidak henti-hentinya selalu memikat para pecinta kuliner, baik itu dari segi rasa dan juga tampilan. Perpaduan di antara es, sirup, tape dan juga buah-buahan, menjadikan es doger ke dalam salah satu minuman favorit Nusantara.

7. Es Slendang Mayang 

es selendang mayang
beritadiy.pikiran-rakyat.com

Selendang mayang, dilihat dari namanya saja terlihat unik dan cantik, apalagi rasanya.

Es ini memang lebih dikenal sebagai makanan dan jajanan khas Betawi, tetapi pada kenyataannya minuman yang satu ini banyak terdapat di wilayah Banyumas dan sekitar Jawa Tengah.

Selain memiliki cita rasa yang segar dan enak, selendang mayang juga mempunyai tampilan menarik, tidak akan kalah menarik dengan es doger. Namun sangat disayangkan, walaupun peminatnya masih banyak dan enak, minuman ini mulai punah di pasaran.

8. Bajigur

es bajigur
portaljember.pikiran-rakyat.com

Buka hanya di wilayah Jawa Barat saja, ternyata minuman bajigur ini menjadi minuman khas di wilayah Jawa Tengah tidak terkecuali Banyumas. Bajigur adalah minuman yang sangat sehat dan bisa membuat hangat seluruh badan yang meminumnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika minuman ini sangat disukai berbagai kalangan masyarakat.

9. Es Teler 

es teler
frisianflag.com

Es teler adalah minuman bercita rasa dingin terbuat dari potongan buah alpukat yang dicampur roti, kelapa muda, santan, nangka. Namun, santan yang dipakai lebih encer dibandingkan dengan santan yang umumnya digunakan pada makanan lainnya.

Pemanis yang bukan hanya susu, es teler juga menggunakan sirup. Seiring dengan perkembangannya, es teler sudah mempunyai banyak variasi bukan sekedar alpukat, akan tetapi juga ditambah dengan kolang kaling, pacar cina, potongan aneka buah-buahan dan agar-agar.

10. Skoteng

sekoteng
tirto.id

Sekoteng juga masuk ke dalam salah satu makanan atau minuman asli Jawa Tengah dan sekitarnya termasuk minuman khas Banyumas. Hidangan ini sangat segar yang akan akan dipadukan dengan jahe yang bisa membuat tubuh kita terasa lebih hangat. 

Cita rasa minuman skoteng ini mungkin sekilas akan terasa sangat mirip dengan teh jahe yang minuman yang menjadi ciri khas di Bali, tetapi pastinya masih akan memiliki ciri khasnya sendiri. Selain di wilayah Jawa Tengah, kuliner yang satu ini umumnya juga akan mudah ditemukan di Tasikmalaya. 

Harganya sendiri sangat tergolong murah, yaitu sekitar Rp. 10.000 setiap per porsinya. Jika Anda tidak bisa menemukan penjual sekoteng, kalian nanti bisa membuatnya sendiri. Bahan yang digunakan pada pembuatan sekoteng bukan hanya jahe, tetapi kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan juga potongan roti.



Leave a Reply