20 Danau Terindah di India yang Memukau Wisatawan Dunia


prita  August 26, 2021  0 Comment

India merupakan salah satu Negara di Asia yang menjadi rumah bagi banyak danau indah yang tersebar dalam beberapa Negara bagiannya. Tak kalah dengan danau-danau di Eropa atau Amerika, danau-danau di India juga menawarkan suasana alam yang tenang dengan udara yang segar. Bahkan, ada beberapa danau yang menawarkan pemandangan berupa pegunungan bersalju yang indah. Tak sedikit pula banyak danau di India yang dianggap sakral dan sering menjadi tempat untuk menyelenggarakan perayaan. Jika kamu berencana untuk berlibur ke India, berikut ini adalah 10 Danau terindah di India yang wajib untuk kamu kunjungi

1. Danau Dal, Kashmir

Danau Dal Kashmir
lonelyplanet.com

Danau terindah di India yang pertama adalah Danau Dal. Danau yang berada di Kashmir ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur di kawasan Srinagar.

Danau seluas 26 kilometer ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan. Pengunjung pun bisa menikmati keindahannya dengan mengendarai perahu untuk berkeliling danau. Danau Dal ini memiliki pemandangan pegunungan Hilamalaya yang megah sehingga bisa menjadi latar foto yang indah.

paket wisata murah

Wisata Ekonomis Nan Romantis Giant Hill Circuit Sumatera Utara

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

2. Danau Wular, Kashmir

Danau Wular Kashmir
baramulla.nic.in

Masih berada di kawasan Kashmir, danau terindah di India selanjutnya bernama Danau Wular. Danau Wular ini lokasinya sebenarnya berada diantara Jammu dan Kashmir, yang mana menjadi salah satu danau populer bagi wisatawan.

Danau seluas 24 kilometer ini juga dianggap sebagai salah satu danau terbesar di India dengan pemandangan yang sangat indah. Danau ini memiliki air berwarna hijau yang jernih dengan pemandangan pegunungan yang mengelilinginya. Danau Wular ini juga ditinggali oleh beragam jenis ikan, maka tak perlu heran jika banyak masyarakat yang tinggal di kawasan danau ini suka memancing ikan disini.

3. Danau Pangong Tso, Kashmir

Danau Pangong Tso Kashmir
onmanorama.com

Sepertinya kawasan Kashmir ini menjadi salah satu kawasan dengan banyak danau terindah di India. Danau Pangong Tso ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa indah, tak heran jika sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar film, salah satunya adalah film 3 Idioits.

Danau Pangong Tso ini memang terkenal sangat luas dan lokasinya berada di kawasan Himalaya, tepatnya diantara Negara India dan Tibet. Danau ini berada di ketinggian hingga 4000 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat matahari terbit, lalu pada siang hari untuk menikmati keindahan Pangong Tso sesungguhnya dan saat matahari terbenam.

4. Danau Chandratal, Himachal Pradesh

Chandratal Himachal Pradesh
deccanherald.com

Danau terindah di India yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Danau Chandratal. Danau yang berada di ketinggian 4300 meter di atas permukaan laut ini lokasinya berada di kawasan Himalaya sehingga tak perlu diragukan lagi keindahannya.

Untuk menuju ke Danau Chandratal, pengunjung harus mengendarai sepeda motor dengan jalur yang berkelok-kelok. Sesampainya disana, kamu bisa menikmati pemandangan alam sambil menikmati minuman hangat. Namun, di kawasan danau ini terdapat banyak larangan yang harus dipatuhi termasuk dilarang untuk mendirikan tenda di sekitar danau agar kebersihan alamnya tetap terjaga.

5. Danau Tam, Aizawl

Danau Tam
aizawl.nic.in

Danau Tam atau yang sering dikenal dengan nama Tamdil juga menjadi salah satu danau terindah di India yang lokasinya berada di Aizawl. Danau ini menjadi tempat sempurna untuk berkemah dan menikmati api unggun karena kawasan Aizawl ini dikenal sebagai tempat yang tenang.

Danau Tam bisa menjadi spot terbaik untuk memancing dan piknik. Kamu bisa mendirikan tenda dan membawa pancing untuk mencari ikan dan memasaknya langsung diatas api unggun. Suasana yang tenang dengan pemandangan alam yang menawan tentu bisa membuatmu untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

6. Danau Gurudongmar, Sikkim

Danau Gurudongmar
earthnature.imageantra.com

Danau Gurudongmar juga masuk dalam daftar danau terindah di India yang menawarkan pemandangan menawan. Danau yang berada di Sikkim ini dikelilingi oleh pegunungan es yang megah dan menjadi salah satu danau tertinggi di dunia.

Danau Gurudongmar juga dikenal sebagai tempat suci bagi umat Hindu dan Buddha. Sementara air yang berada di danau ini berasal dari aliran es yang mencair dari pegunungan Himalaya. Jika kamu berkunjung saat musim panas, biasanya diadakan acara yang meriah di kawasan danau ini. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini pada bulan November sampai Juni.

7. Danau Venna, Mahabaleshwar

Danau Venna
thrillophilia.com

Danau terindah di India yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Danau Venna. Danau yang berada di kawasan Mahabaleshwar ini juga memiliki pemandangan yang indah sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Jika kamu berkunjung pada siang hari, danau ini akan terlihat semakin cantik dengan perairannya yang tenang dan airnya yang jernih juga pemandangan di sekitarnya yang menawan. Di kawasan danau ini kamu juga bisa menemukan beragam produk vegetarian lokal yang bisa kamu beli. Jika beruntung, kamu pun bisa menaiki perahu untuk berkeliling di kawasan danau ini.

8. Danau Damdama, Haryana

Danau Damdama
en.wikipedia.org

Danau Damdama yang berlokasi di wilayah Haryana ini juga menjadi salah satu danau terindah di India. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan sebagian besar airnya dialiri oleh air hujan.

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, danau ini juga menjadi habitat dari 190 spesies burung yang hidup di sekitar danau. Ragam aktivitas bisa dilakukan oleh pengunjung saat datang kesini, seperti memancing, menaiki kayak hingga berenang. Tak hanya itu, kamu juga bisa bersepeda atau jogging di tepi danau sambil menghirup udara yang segar. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Damdama ini adalah saat musim hujan, Antara bulan Juli sampai September.

9. Danau Rewalsar, Mandi

 Danau Rewalsar
en.wikipedia.org

Danau Rewalsar tak hanya dikenal sebagai salah satu danau terindah di India, namun juga dikenal sebagai danau yang penting serta sakral karena sering digunakan sebagai acara spiritual. Danau ini berlokasi sekitar 25 kilometer dari Mandi.

Danau Rewalsar ini sangat terkenal dengan tujuh pula terapungnya. Konon, pulau tersebut merupakan hadiah dari Dewa Shiwa kepada Lomas Riishi sebagai tindakan penebusan dosa yang telah ia lakukan di kawasan ini. Namun, dibalik kisah rakyat yang berkembang disana, danau ini cukup layak untuk dikunjungi karena dikelilingi oleh pemandangan hijau yang menyejukkan dan udara yang segar.

10. Danau Loktak, Manipur

Danau Loktak
mediaindia.eu

Danau terindah di India yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Loktak. Danau Loktak ini menjadi bagian dari Taman Nasional Keibul Lamjo yang merupakan satu-satunya taman nasional terapung di dunia.

Keunikan dari Danau Loktak ini adalah semua tanah dan tumbuh-tumbuhan mengapung di atas air sehingga membuat pemandangannya menakjubkan. Inilah yang menjadikan daya Tarik utama bagi banyak pengunjung untuk berkunjung kesini sepanjang tahun. Namun, kamu yang ingin berkunjung kesini harus menggunakan pakaian tebal karena cuacanya cukup dingin.

11. Danau Pushkar, Rajashtan

Danau Pushkar
temples.vibhaga.com

Danau Pushkar atau yang dikenal dengan Pushkar Sarovar ini merupakan salah satu danau paling populer di Rajashtan dan menjadi salah satu danau terindah di India. Danau ini juga dianggap sebagai tempat yang sakral dan memiliki suasana yang tenang dengan pemandangan menawan.

Danau Pushkar ini dikelilingi oleh sekitar 500 kuil Hindu dan 52 ghats mandi yang dikunjungi oleh banyak peziarah sepanjang tahun. Setiap tahunnya danau ini sering digunakan sebagai acara perayaan dan festival yang seru untuk dinikmati.

12. Danau Pichola, Udaipur

Danau Pichola
treebo.com

Danau terindah di India berikut ini berada di Udaipur dandikenal sebagai mahkota dari kota ini, yaitu Danau Pichola. Danau Pichola merupakan sebuah danau buatan yang menawarkan pemandangan sangat indah.

Danau ini memiliki empat pulau di atasnya, yaitu Arsi Vilas yang merupakan suaka burung dan dulunya merupakan tempat amunisi, lalu ada juga Jag Manir, Jag Niwas dan Mohan Mandir dimana dulunya menjadi tempat bagi Raja untuk melihat festival Gangaur.

Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di kawasan danau ini, seperti berkeliling dengan perahu atau menyaksikan matahari terbenam dari dermaga. Saat matahari terbenam tentu menjadi waktu terbaik untuk datang ke danau ini karena suasananya sangat romantis. Tak heran jika Udaipur dinobatkan sebagai salah satu kota paling romantis di India.

13. Danau Fateh Sagar, Udaipur

Fateh Sagar Udaipur
thepalaceonwheels.org

Masih berada di Udaipur, danau terindah di India selanjutnya adalah Danau Fateh Sagar. Kota Udaipur memang mendapat julukan sebagai ‘City of Lakes’ atau Kota Danau karena di kawasan ini kamu bisa menemukan banyak sekali danau.

Sama halnya dengan Danau Pichola, Danau Fateh Sagar juga merupakan danau buatan manusia yang memiliki panjangnya mencapai 2,4 kilometer dan menjadi objek wisata menarik di kota ini. Pengunjung bisa menikmati keindahannya sambil mengendarai perahu di perairannya yang biru nan jernih. Tak hanya mengendarai perahu, pengunjung disini juga akan ditawari ragam kegiatan olahraga air yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

14. Danau Vembanad, Kerala

Danau Vembanad
keralatourism.travel

Negara bagian Kerala juga menyimpan salah satu danau terindah di India yang bernama Danau Vembanad. Danau Vembanad ini merupakan danau terpanjang karena membentang di beberapa distrik di Kerala.

Danau Vembanad ini memiliki sekelompok pulau kecil yang memang menjadi Program Konservasi Lahan Basah Nasional oleh Pemerintah India. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Danau Vembanad ini adalah saat musim dingin, yaitu pada bulan November sampai Februari karena cuacanya sangat nyaman.

15. Danau Berijam, Kodaikanal

Danau Berijam
thrillophilia.com

Danau terindah di India yang satu ini juga tak kalah menawan dan populer dibandingkan dengan danau lainnya. Danau Berijam belrokasi di Kodaikanal dan dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 25 kilometer melalui hutan belantara. Meskipun begitu, pemandangan yang ditawarkan mampu menghilangkan rasa lelahmu.

Danau Berijam ini masih sangat alami dan masih terjaga sampai saat ini. Meskipun begitu, pengunjung bebas untuk datang ke danau ini untuk berwisata. Sebagian besar permukaan danau ini tertutupi dengan bunga Lily yang indah dan porpcupine yang bersarang di semak-semak. Danau ini seolah menjadi tempat yang sempurna untuk mencari ketenangan diri dari rutinitas sehari-hari.

16. Danau Manasbal, Anantnag

Manasbal
ganderbal.nic.in

Danau Manasbal yang berada di Anantnag ini juga layak untuk masuk dalam daftar danau terindah di India. Danau ini diapit oleh desa-desa pada tiga sisinya sehingga pemandangannya sangat memukau. Meskipun begitu, ternyata danau ini cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan, lho. Tak heran jika suasananya masih sangat asri dan tenang. Kebersihan alamnya pun masih sangat terjaga.

Jika kamu berkunjung pada bulan Juli hingga Agustus, kamu bisa melihat indahnya bunga teratai bermekaran di pinggiran danau ini dengan indahnya, apalagi dipadukan dengan air danau yang sangat jernih ini. Tak hanya bisa menikati pemandangan, di kawasan Danau Manasbal ini kamu juga bisa menikmati burung-burung musiman yang terbang bebas di sekitaran danau ini sehingga menambah kesan alami dan sangat cocok untuk melepas penat.

17. Danau Chilika, Odisha

Chilika
aidvolunteers.org

Danau Chilika merupakan danau air payau dan menjadi danau pesisir terbesar di India yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau yang berlokasi di Orissa ini merupakan sebuah laguna air asin terbesar di Asia.

Danau terindah di India yang satu ini memiliki air payau dengan lebih banyak salinitas dibandingkan dengan air tawar, namun tidak sebanyak air laut. Daya Tarik dari Danau Chilika ini adalah banyaknya perahu nelayan dan kawanan burung yang bermigrasi.

18. Danau Renuka, Nahan

Renuka
gotraveldiscoverer.wordpress.com

Danau terindah di India yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Danau Renuka yang berjarak sekitar 38 kilometer dari Nahan. Danau ini dikenal sebagai tempat yang sempurna untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam yang tenang.

Berbeda dengan danau lainnya di India yang terkenal dengan pemandangan alamnya, danau ini sangat terkenal akan sejarah dan budayanya. Danau seluas 3.214 meter ini memiliki bentuk bagai manita berbaring dan dianggap sebagai perwujudan dari Dewi Renuka. Meskipun sangat terkenal akan budaya dan agamanya, danau ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh hutan yang lebat.

19. Danau Hussain Sagar, Hyderabad

 Hussain Sagar
afar.com

Hyderabad ternyata juga menyimpan salah satu danau terindah di India yang cukup populer dan kerap menjadi tujuan wisatawan saat berlibur kesana. Bahkan, danau ini sering dijuluki sebagai kebanggan Hyderabad karena menjadi destinasi rekreasi yang sempurna bagi seluruh kalangan.

Menariknya, danau ini memiliki Patung Buddha yang diukir dari batu marmer yang sangat indah. Butuh sekitar 200 seniman dan waktu selama 2 tahun untuk menyelesaikan patung megah ini. Untuk menikmati keindahan danau ini dan melihat lebih dekat Patung Buddha ini, kamu bisa mengendarai perahu untuk berkeliling. Menariknya lagi, saat malam hari kamu bisa menikmati pertunjukan laser yang semakin membuat pengalaman berliburmu ke Danau Hussain Sagar ini tak terlupakan.

20. Danau Bhimtal, Uttarakhand

Danau Bhimtal Uttarakhand
postoast.com

Danau terindah di India yang terakhir adalah Danau Bhimtal yang berada di Uttarakhand. Danau ini dikenal sebagai salah satu danau alami terbesar di India yang berada di kota Bhimtal.

Danau ini dikenal sebagai yang terbesar dengan pemandangan yang sangat indah. Pada bagian tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang belakangan ini juga sedang dipromosikan sebagai tempat wisata. Pulau ini didedikasikan untuk kehidupan laut karena dilengkapi dengan akuarium yang menampilkan kehidupan perairan di kawasan ini. Meskipun Danau Bhimtal sangat nyaman dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat bulan Maret – Juni dan September – Desember.

Nah, demikianlah 10 daftar danau terindah di India yang sering menjadi buruan wisatawan dari berbagai Negara. Danau mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply