10 Hidangan Khas Ramadhan di India Cocok Untuk Buka Puasa


prita  April 6, 2022  0 Comment

Hidangan khas Ramadhan di India juga menjadi salah satu pilihan menu yang bisa dijadikan inspirasi berbuka puasa. Masyarakat India memang dikenal sebagai pemeluk agama Hindu, namun banyak masyarakat India yang memeluk agama Islam. Tentunya bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu karena pada saat itu akan hadir beragam kuliner khas Ramadhan yang bisa disantap sebagai menu berbuka puasa. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke India saat bulan Ramadhan, berikut adalah kuliner khas Ramadhan di India yang wajib untuk kamu coba.

1. Nombu Kanji

Nombu Kanji
npr.org

Hidangan khas Ramadhan di India yang pertama adalah Nombu Kanji. Nombu Kanji ini menjadi salah satu hidangan wajib yang banyak ditemukan di wilayah India Selatan.

Nombu Kanji ini merupakan sajian berupa bubur nasi dan kacang lentil. Tak hanya itu, kuliner ini juga biasa diberi tambahan daging sapi atau domba, sayuran dan aneka rempah khas India sehingga aroma dan cita rasanya sangat khas. Biasanya Nombu Kanji ini dibagikan secar gratis di sebagian besar masjid di wilayah Tamil Nadu dan Kerala.

GoTravelly

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

Menikmati Kuliner India Halal Di Petaling Street

2. Gol Paani

Gol Paani
youtube.com

Tak hanya makanan, hidangan khas Ramadhan di India berikutnya adalah minuman, yaitu Gol Paani. Gol Paani ini merupakan minuman yang terbuat dari jenis gula Jaggeri dan menjadi salah satu minuman yang paling banyak dinikmati oleh umat Muslim Bohri di wilayah Mumbai.

Gol Paani ini dibuat dari gula Kaggery yang direbus dengan air, kemudian dipadukan dengan biji selasih, jus lemon dan daun mint. Minuman ini tak hanya segar, namun juga sangat baik bagi tubuh karena mampu mengembalikan energi dan membuat tubuh kita tetap terhidrasi serta baik bagi pencernaan.

3. Haleem

Haleem
epicurious.com

Hidangan khas Ramadhan di India yang tak kalah nikmat berikutnya adalah haleem. Haleem merupakan rebusan yang terbuat dari gandum atau barley, daging dan kacang lentil.

Sebenarnya sajian ini merupakan hidangan khas Timur Tengah yang diperkenalkan oleh bangsa Persia kepada penduduk India. Sekarang, kuliner ini menjadi salah satu menu buka puasa favorit di hampir seluruh wilayah India. Di India, harleem telah dimodifikasi dengan penambahan rempah-rempah dan disajikan bersama buah kering serta sayuran. Biasanya, haleem dibuat dalam porsi yang cukup besar untuk disantap ramai-ramai saat berbuka puasa bersama keluarga.

4. Pathiri

Pathiri
parenting.firstcry.com

Pathiri merupakan salah satu kuliner khas India yang juga menjadi hidangan khas Ramadhan di India. Pathiri ini dibuat dari tepung beras dengan tampilan mirip dengan pancake.

Pathiri ini banyak disantap oleh penduduk Kerala dan terlihat seperti roti pratha yang diberi isian berbagai filling. Sajian ini dibuat dari tepung beras, campuran sayuran, ikan, ayam atau daging kambing.

5. Double ka Meetha

Double Ka Meetha
simakterus.com

Hidangan khas Ramadhan di India selanjutnya adalah Double Ka Meetha. Double Ka Meetha ini merupakan salah satu dessert yang populer dan terbuat dari puding roti tanpa telur yang memiliki cita rasa manis juga creamy.

Roti yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah roti khusus yang dikenal sebagai milk bread atau double roti. Disebut double karena sejatinya adonan dari roti ini telah mengembang sebanyak dua kali lipat karena penggunaan ragi dalam proses pembuatannya. Roti tersebut kemudian digoreng sampai kering dan renyah, lalu direndam dalam sirup gula dan diberi topping bubuk saffron dan cardamom.

6. Naan

Naan
delish.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan naan? Naan merupakan salah satu kuline khas India yang cukup populer dan menjadi salah satu hidangan khas Ramadhan di India.

Naan merupakan roti datar yang dimasak dengan tandoor oven atau dibakar menggunakan arang. Biasanya roti naan ini dinikmati sehari-hari oleh masyarakat India sebagai pengganti nasi. Jika dilihat sekilas, naan ini memiliki tampilan seperti roti canai. Bedanya, naan ini diberi isian dan topping yang gurih.

7. Nasi Biryani

Nasi Biryani
food.detik.com

Hidangan khas Ramadhan di India yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Nasi Biryani. Nasi Biryani ini memang dikenal sebagai salah satu kuliner tradisional India yang mirip dengan Nasi Kebuli khas Timur Tengah. Meskipu begitu, kedua sajian ini sebenarnya dibuat dengan bahan dan cara yang berbeda.

Nasi biryani ini diolah dengan beras biasa dan diberi tambahan kuah kaldu sederhana. Bumbu rempah yang digunakan pada hidangan ini pun berbeda dan lebih sedikit dibandingkan dengan nasi kebuli, yaitu berupa kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, jahe, bawang bombay dan daun mint. Sajian ini memiliki aroma rempah yang kuat dengan cita rasa yang sangat sedap.

8. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori
fimela.com

Ayam Tandoori atau chicken tandoori juga menjadi salah satu hidangan khas Ramadhan di India yang patut untuk kamu coba. Hidangan olahan ayam ini dikenal sebagai santapan para raja di India dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Ayam Tandoori ini merupakan ayam bakar khas Punjab, India yang proses memasaknya menggunakan yogurt sebagai bumbu. Tak hanya itu, yogurt juga biasa dijadikan sebagai saus pelengkap ayam tandoori versi original. Ayam tandoori ini juga bisa menggunakan saus chutney sebagai pelengkapnya. Biasanya ayam tandoori ini dihidangkan bersama naan bread atau roti yang terbuat dari tepung, butter, baking powder, bawang putih yang kemudian dipadukan dengan yogurt.

9. Murgh Makhani

Murgh Makhani
hassanchef.com

Hidangan khas Ramadhan di India yang satu ini juga masih menggunakan bahan dasar ayam, yaitu Murgh Makhani. Murgh Makhani ini merupakan ayam mentega khas India yang cukup populer dan sangat nikmat untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Murg Makhani ini biasanya diolah dengan saus kari super kental dan biasa disajikan dengan roti canai. Sama halnya dengan ayam tandoori, murg makahni ini biasanya juga dimasak di tandoor atau oven tanah liat tradisional India. Namun, bisa juga dipanggang atau digoreng. Sajian ini biasanya disajikan dalam bentuk campuran kuah saus kari khas India dan mentega. Kuliner tradisional ini kaya akan rempah di dalamnya, seperti cengkeh, kayu manis, jinten, ketumbar, lada, kelabar dan asafoetida.

10. Dosa

Hidangan Khas Ramadhan di India
youtube.com

Berasal dari kawasan India bagian selatan, Dosa juga menjadi salah satu hidangan khas Ramadhan di India yang cukup populer. Dosa merupakan panekuk yang dibuat dari adonan yang difermentasi.

Bisa dibilang, dosa memiliki tampilan yang mirip dengan crepe. Bahan utama untuk membuat sajian ini adalah beras dan lentil hitam yang keduanya ditumbuk bersama kemudian dijadikan adonan kental dan halus dengan sedikit taburan garam.

Itulah tadi daftar hidangan khas Ramadhan di India yang wajib kamu coba. Tak perlu datang ke India langsung, kamu bahkan bisa menemukan beberapa sajian khas tersebut di Restoran India yang ada di Indonesia.



Leave a Reply