10 Desa Terbersih di India Menjadi Destinasi Wisata Dunia


Reni  August 10, 2022  0 Comment

Jorok, kotor dan ramai istilah ini sering disampaikan oleh traveller yang pernah mengunjungi India. Tapi tahukah  kamu bahwa tidak semua tempat di India kotor. Masih banyak kawasan atau desa yang sangat bersih bahkan terbebas dari polusi. Mulai dari desa yang berada di Utara India hingga berada di India selatan, mulai dari desa yang diselimuti pegunungan hingga berada di laut yang bening.  Apa sajakah desa terbersih di India? Yuk ikutin ulasan kami dan kamu akan dibikin terkagum oleh kebersihan desanya.

Desa Terbersih di India

1. Desa Mawlynnong

Desa Mawlynnong
wildlifezones.com

Desa Mawlynnong  wilayah Shillong ini tak hanya terbersih di India tapi juga yang pernah mendapatkan predikat sebagai desa terbersih di Asia. Desa Mawlynnong yang berpenduduk sekitar 900 orang rata rata bekerja di perkebunan.

Setiap penduduk memiliki tempat sampah yang terbuat dari bambu. Kemudian langsung dimasukkan ke dalam lubang dan digunakan sebagai kompos alami untuk kesuburan tanah. Desa memiliki komunitas yang mewajibkan setiap penduduk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tidak boleh merokok dan tidak diperbolehkan menggunakan peralatan dari plastik. Karena kebersihan dan bebas polusi Desa ini sering menjadi kunjungan wisatawan.

Gotravelly

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

Hawa Mahal Jaipur: Istana Megah Dengan Ratusan Jendela

2. Desa Nako

Desa Nako
timesofindia.indiatimes.com

Desa Nako terletak di dataran tinggi dan lembah terkenal akan keindahannya di India yakni Spiti. Berada di propinsi Himachal prades, sebelah utara India yang dirangkul pegunungan Himalaya. Membuat Desa Nako tak hanya menjadi desa terbersih di India tapi juga memiliki panorama pegunungan cakep di sekitarnya.

Baca juga :  10 Destinasi Terbaik Menikmati Musim Gugur di Jepang

Jika kamu berkunjung ke Desa Nako selain melihat desanya yang bersih, di sini kamu dapat berwisata alam menuju danau yang luas dan jernih, dikenal sebagai danau Nako. Danau Nako tersendiri sebagai pusat kegiatan masyarakat setempat. Dan untuk kamu yang menyukai wisata sejarah atau religi, kamu bisa berkunjung ke Nako monastry yang sudah ada sejak tahun 1025. Di sekitar monastry terdapat stupa agama Budha.

3. Desa Yana

Desa Yana
kolomkobir.com

Desa Yana berada di Propinsi Karnataka. Untuk kamu pecinta trekking dan hiking, desa Yana salah satu desa terbersih di India menjadi destinasi pilihan. Desa ini terletak di hutan Sirsi yang terkenal memiliki formasi bebatuan karst yang tak biasa. Desa Yana berada berlokasi di gunung Sahyadri yang merupakan  rantai pegunungan Western Ghat. Hal inilah yang menjadikan desa Yana tempat yang asyik buat kamu pecinta petualangan.

Desa Yana terkenal dengan keberadaan Singkapan bebatuan besar yang diberi nama Bhairaveshwara shikara dan Mohini Shikara. Shikara sendiri berarti bukit. Bhairaveshwara shikara  memiliki ketinggian 120 meter, sedangkan mohini Shikara lebih kecil lagi sekitar 90 meter.

Yana juga dikenal sebagai pusat destinasi wisata religi di India. Di sini terdapat Kuil gua yang berada di bawah Bhairaveshwara shikara.

4. Desa Khonoma

Desa Khonoma
unconventionalandvivid.com

Desa Khonoma tak hanya menjadi desa terbersih di India tapi juga menjadi salah satu desa terindah di India. Desa khonoma yang berada propinis Nagaland, dekat dengan perbatasan negara Myanmar. Merupakan desa hijau pertama di India. Dikenal sebagai hutan hijau zamrud. Perbukitan landai yang diselimuti sawah, pemandangan baris perbukitan hijau di sekitarnya menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di India.

5. Desa Idukki

Desa Idukki
avalshe9.blogspot.com

Desa Idukki berada di kawasan penghasil rempah rempah terbesar di India yakni propinsi Kerala. Desa ini di anugerahi pegunungan hijau yang rimbun. Sore dan pagi hari desa senantiasa diselimuti kabut membuat udara terasa bersih dan segar. Dan satu yang mengesankan yakni penduduknya sangat ramah.

Baca juga :  Detak Kagum Menatap Pesona 10 Wisata Alam di Islandia

6. Desa Matheran

Desa Matheran
trivago.com

Desa Matheran adalah desa perbukitan  yang berada di propinsi Maharashtra. Desa Matheran merupakan bagian dari kota metropolitan Mumbai. Meski demikin kota ini tak terlalu ramai dan padat seperti Mumbai, lho. Desa  yang juga berada di rantai pegunungan ghat barat merupakan desa bebas kendaraaan. Sehingga bebas polusi.

Sebagian destinasi wisata yang berada di perbukitan, di Matheran terdapat banyak spot untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Lousi point misalnya, dari sini kita bisa melihat panorama Sebuah istana yang berada di daerah terdekat. Dan masih banyak lagi spot untuk melihat pemandangan alam sekitar

Jika kamu bertandang ke salah satu desa terbersih di India ini jangan khawatir, banyak sekali hotel ditemui. Mulai dari hotel berbintang hingga hotel budget dengan pemandangan cakep. Ada pula hotel dengan kolam renang dengan pemadangan alam sekitar yang keren abis.

7. Desa Ziro

Desa Ziro
commons.wikimedia.org

Desa terbersih di India selanjutnya berada di Propinsi Arunachal pradesh yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO. Desa dirangkul perbukitan menghijau mengayomi  suku Apatani yang terkenal memiliki tradisi dan budaya unik sehingga dilindungi oleh UNESCO.

Setiap tahunnya di lembah Ziro ini diadakan festival musik yang dieknal senagai Ziro Music festival yang banyak didatangi oleh wisatawan dan pecinta musik.

8. Desa Kasol

Desa Kasol
hindustantimes.com

Desa Kasol Berada di Propinsi Himachal prades. Propinsi yang berada di sebelah utara India yang dikelilingi pegunungan Himalaya. Desa Kasol yang berada di sepanjangan sungai Parvati memiliki Pemandangan pegunungan yang memanjakan mata.

Kasol sendiri merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di India. Di musim dingin desa yang berselimut salju Dijadikan sebagai destinasi musim dingin. Sedangkan  musim panas tiba wisatawan bisa menikmati wisata adventure seperti rafting and trekking

Sebagai destinasi wisata, di Kasol terdapat banyak deretan hotel dan cafe. Mulai dari hotel budget hingga hotel berbintang yang tawarkan pemandangan deretan pegununan yang spektakuler.

Baca juga :  16 Tempat Snorkling di Sumatera Bikin Kinclong Mata

9. Desa Majuli

Desa Majuli
thethirdpole.net

Desa majuli dikenal sebagai desa terbersih di India yang berada di sebuah pulau ditengah sungai. Yakni sungai Brahmputra yang merupakan sungai terbesar di dunia dengan lingkungan yang hijau subur. Untuk menuju desa terdapat kapal feri  untuk menyeberang. Seperti halnya Desa Ziro, desa Maujuli Masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Pekerjaan utama penduduk Maujuli adalah bertani. Dengan tanah yang subur dan aliran air yang melimpah, Maujuli digunakan sebagai pertanian padi. Di desa seluas 880 meter persegi ini terdapat sekitar 300 varietas padi unggulan. Benar benar desa yang hijau dan bebas polusi.

10. Desa Agatti

Desa Agatti
cyber-captain.blogspot.com

dikenal sebagai desa terbersih di India adalah Desa Agatti. Desa ini sangat berbeda dengan desa lainnya yang kebanyakan berada di daerah pegunungan dan berada di lembah menghijau. berada di Kepulauan Lakshadweep. Desa yang dikelilingi air laut yang biru dan bening.

Desa Agatti Mengingatkan kita akan keindahan Maldive. Dimana desa ini dipenuhi dengan villa yang berada diatas air. Air lautnya yang sebening kaca dengan deretan nyiur kelapa menjadikannya salah satu destinasi bahari di India.

Itulah tadi 10 desa terbersih di India, cakep kan? banyak yang tidak menyangka karena selama ini India identik dengan jorok dan sampah di mana mana. Tapi di sebagian tempat justru menawarkan keindahan, kebersihan dan juga menjaga kelestarian lingkungan. Bagaimana, sudah siap jelajahi India yang penuh kejutan?



Leave a Reply