10 Festival Tahunan di India, Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing


prita  May 7, 2022  0 Comment

Festival tahunan di India menjadi sebuah momen yang paling ditunggu tak hanya oleh masyarakat India saja, tapi juga masyarakat dunia. India memang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya karena sampai saat ini masyarakat India masih mempertahankan kebudayaan peninggalan leluhur tapi juga tak ketinggalan dengan perkembangan teknolofi. Festival di India menjadi salah satu kebudayaan yang masih dipertahankan sampai saat ini. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke India, berikut ini adalah 10 festival tahunan yang wajib untuk kamu hadiri.

1. Festival Diwali

Festival Diwali
vervetimes.com

Festival tahunan di India yang pertama adalah Festival Diwali atau yang dikenal juga sebagai Festival Cahaya. Sesuai dengan namanya, saat festival ini kamu bisa melihat banyak cahaya yang dinyalakan.

Cahaya tersebut berasal dari lilin, kembang api serta api unggun yang menerangi langit India. Perayaan Diwali ini berlangsung selama lima hari lamanya dan saat merayakan Diwali, masyarakat India akan mengenakan pakaian baru. Tak hanya itu, mereka juga akan menghiasi rumah dengan lampu minyak dan rangoli atau hiasan di lantau yang terbuat dari serbuk berwarna. Selain itu, mereka juga melakukan pemujaan untuk dewi kemakmuran dan kekayaan, yaitu Dewi Lakshmi.

GoTravelly

Kemeriahan Festival Cahaya Terbesar Di Dunia

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

2. Festival Holi

Festival Holi
masala.com

Festival Holi juga menjadi salah satu festival tahunan di India yang cukup menarik untuk dihadiri. Bisa dibilang, Festival Holi ini merupakan festival yang dikenal oleh hampir seluruh dunia dan sering dikenal sebagai Festival Warna.

Makna dari Festival Holi ini berubah seiring berjalannya waktu karena pada awalnya festival ini merupakan perayaan yang dilakukan oleh wanita yang sudah menikah. Para wanita tersebut akan berdoa untuk kesehatan keluarganya. Selain itu, festival ini juga menjadi perayaan kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

3. Festival Janmastami

Festival Janmastami
dnaindia.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Festival Janmastami? Festival Janmastami ini merupakan salah satu festival tahunan di India yang cukup menarik perhatian pasalnya festival ini dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Sri Khrisna yang dipercaya sebagai reinkarnasi Dewa Wisnu.

Acara ini dirayakan dengan berdoa dan berpuasa yang berlangsung hingga tengah malam yang dilaksanakan di kuil-kuil Dewa Wisnu. Tak hanya itu, saat festival ini juga Patung Dewa Krishna akan dimandikan dan diberi pakaian yang baru. Pada puncak festival adalah Dahi Handi, yaitu perayaan yang melibatkan banyak orang dengan membentuk piramida manusia.

4. Festival Ganesh Chaturthi

Festival Ganesh Chaturthi
theculturetrip.com

Festival tahunan di India berikutnya adalah Festival Ganesh Chaturthi. Festival ini dilakukan untuk memperingati hari kelahiran dari Dewa Ganesha. Biasanya Festival Ganesh Chaturthi ini paling meriah dirayakan di kawasan Maharastra karena dianggap sebagai tempat kelahiran festival ini.

Festival ini berlangsung selama 10 hari berturut-turut dimana masyarakat akan membuat patung Dewa Ganesha berukuran cukup besar kemudian dihias dengan beragam ornamen yang indah. Patung ini kemudian akan diarak menuju tepian laut untuk kemudian dicelupkan dalam air hingga hari terakhir perayaan tersebut.

5. Festival Rakhsa Bandhan

Festival Rakhsa Bandhan
news18.com

Festival Rakhsa Bandhan juga menjadi salah satu festival tahunan di India yang paling ditunggu. Festival ini merupakan sebuah perayaan antara ikatan saudara dengan mengikatkan gelang tali dari saudara perempuan pada saudara laki-lakinya. Ikatan gelang ini memiliki makna keselamatan dan kemakmuran.

Gelang tali tersebut biasa disebut dengan rakhi, yang mana gelang ini terbuat dari benang wol beragam warna. Setelah mengikatkan rakhi, biasanya saudara laki-lakinya akan menerima manisan juga hadiah. Festival ini tak hanya antara kakak adik saja, tapi juga antar sepupu atau teman.

6. Festival Pushkar Camel Fair

Festival Pushkar Camel Fair
travel-rajasthan.com

Festival tahunan di India selanjutnya adalah Festival Pushkar Camel Fair. Festival ini merupakan sebuah perayaan yang dilakukan di sebuah gurun kecil di kawasan Pushkar, Rajashtan.

Biasanya, perayaan ini diadakan setahun sekali pada bulan November. Awalnya, festival ini merupakan sebuah kegiatan jual beli hewan ternak, namun sekarang kegiatan ini berubah menjadi kegiatan wisata yang juga memperlihatkan keindahan dari budaya Rajashtan. Saat festival ini berlangsung, ada banyak pertunjukan yang juga dihadirkan, seperti pacuan unta, kontes kecantikan unta dan lomba kumis terbaik.

7. Festival Kumbh Mela

Festival Kumbh Mela
cnnindonesia.com

Festival Kumbh Mela juga menjadi salah satu festival tahunan di India yang juga menjadi festival terbesar di negara tersebut. Festival ini nerupakan sebuah ritual yang dilakukan setiap 12 tahun sekali oleh umat Hindu dan biasanya dihadiri oleh banyak orang yang jumlahnya mencapai 60 juta.

Festival Kumbh Mela ini biasanya dilaksanakan di pertemuan Sungai Gangga dan Sungai Yamuna di Desa Kumbh selama tiga hari. Desa Kumbh ini juga dikunjungi oelh banyak orang yang ingin melakukan ritual mandi pagi yang mana prosesi mandi pagi ini diawali terlebih dahulu oleh orang suci yang telanjang dan dilumuri oleh abu. Menurut kepercayaan umat Hindu, mandi di sungai ini mereka akan diberkati serta mampu membersihkan diri dari dosa yang dilakukan.

8. Festival Mahashivratri

Festival Mahashivratri
newwaytravel.com.vn

Festival tahunan di India yang tak kalah populer berikutnya adalah Festival Mahashivratri. Festival ini diadakan untuk Dewa Siwa yang dikenal sebagai Dewa Kehancuran dalam Agama Hindu.

Saat festival berlangsung, pengikut Dewa Siwa akan melakukan meditasi, berpuasa dan bernyanyi. Tak hanya itu, mereka juga akan menghias kuil dengan hiasan lampu juga bunga. Mereka juga akan terjaga sepanjang malam dengan melantunkan lagu pujian untuk Dewa Siwa

9. Festival Navaratri dan Dussehra

Festival Navaratri dan Dussehra
indianeagle.com

Festival Navaratri adalah salah satu festival tahunan di India yang dirayakan untuk memuja Dewi Durga. Festival ini diawali dengan ritual puasa kemudian diikuti dengan doa-doa yang mengharapkan perlindungan pada kesehatan dan harta benda mereka. Festival ini juga bertujuan untuk membersihkan pemikiran dari hal-hal negatif dan tetap murni.

Di akhir perayaan Navaratri, tepatnya di hari kesepuluh disebut dengan Dussehra. Festival ini dirayakan dengan cara yang berbeda tergantung dari daerahnya masing-masing, namun maknanya sama, yaitu kemenangan kebaikan atas kejahatan.

10. Festival Durga Puja

Festival Durga Puja
wionews.com

Festival tahunan di India yang terakhir adalah Festival Durga Puja. Bisa dibilang Festival Durga Puja ini menjadi festival yang penting di India karena merupakan perayaan untuk pemujaan pada Dewi Durga.

Festival Dewi Durga ini biasanya dirayakan di daerah seperti Bengal dan Assam dan berlangsung selama 10 hari di bulan September hingga Oktober. Di akhir festival, masyarakat akan membawa patung Dewi Durga ke sungai untuk direndam ke dalam air. Hal ini dipercaya bahwa Dewi Durga akan kembali ke Kailash, yaitu tempat dimana Dewa Siwa berada. Saat itu, biasanya msyarakat India akan saling berkunjung dan membagikan permen serta hadiah.



Leave a Reply