Muslim Traveller, Yuk Kunjungi 10 Masjid Unik di Dunia


Fida  July 30, 2020  0 Comment

Berkunjung ke berbagai negara, ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa Anda datangi. Bagi umat Muslim, masjid menjadi tempat yang sangat diperlukan untuk beribadah. Beberapa masjid paling unik di dunia menyuguhkan tempat yang nyaman untuk beribadah sekaligus bengunan yang megah dan tidak sedikit yang instagramable.

Saat berlibur ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk datang ke masjid dengan bentuk yang unik dan berbeda dari yang lain. Berikut 10 masjid paling unik di dunia yang bisa Anda datangi.

1. East Park Mosque, Bahrain

Masjid Unik di Dunia
panduanwisata.id

Masjid merupakan tempat yang sangat penting bagi umat muslim. Berbagai masjid di desain dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Salah satu masjid paling unik di dunia adalah East Park Mosque, Bahrain. Masjid yang satu ini memiliki desain yang sangat unik.

Bukan hanya itu, desain dengan menjadikan warna krem sebagai warna utama membuat masjid terlihat lebih modern. Tak heran jika East Park Mosque ramai didatangi karena tempat nya yang indah dan nyaman. Anda akan lebih tenang dan nyaman dalam beribadah. Jika ingin mengunjungi masjid dengan bentuk unik yang satu ini, Anda cukup datang ke Bahrain.

Gotravelly

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

2. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Unik di Dunia
tribunnews.com

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Masjid Hassan II.  Masjid yang satu ini memang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Tak heran jika banyak wisatawan menjadikan Masjid Hassan II sebagai tujuan utama ketika berkunjung ke Maroko. Masjid yang satu ini memiliki desain unik dan menarik. Menaranya yang sangat tinggi menambah kesan indah pada masjid ini. Tak heran jika masjid ini termasuk ke dalam salah satu masjid paling unik di dunia.

Selain itu, Masjid Hassan II juga menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Hamparan laut bisa Anda saksikan ketika Anda mendatangi masjid unik yang satu ini. Ibadah Anda akan sangat nyaman dan tenang ketika berada di Masjid Hassan II. Masjid terbesar ketiga di dunia yang satu ini berlokasi di Maroko.

3. Cologne Central Mosque, Jerman

Masjid Unik di Dunia
mosqpedia.org

Tidak kalah dengan negara lainnya, Jerman juga memiliki masjid dengan desain mewah dan unik. Masjid tersebut adalah Cologne Central Mosque. Masjid ini termasuk dalam salah satu masjid paling unik di dunia karena desain yang unik tetapi tetap mengusung desain modern.

Suasana tenang ketika beribadah akan Anda rasakan ketika Anda beribadah di Cologne Central Mosque. Disamping itu, 2000 jamaah juga dapat ditampung di masjid unik yang satu ini. Dua menara dan kubah dengan dilengkapi dinding kaca membuat kesan megah semakin terpancar. Tak heran jika banyak wisatawan yang beribadah di Cologne Central Mosque.

4. Sheikh Zayed Grand Mosque, Uni Emirat Arab

syeikh zayed mosque
en.wikipedia.org

Ketika Anda berada di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pasti Anda akan menemui sebuah masjid yang sangat besar. Masjid tersebut adalah Sheikh Zayed Grand Mosque. Masjid ini memiliki desain yang sangat unik dan menarik. Tak heran jika Sheikh Zayed Grand Mosque termasuk ke dalam salah satu masjid paling unik di dunia. Desain unik dengan warna putih sebagai warna utama membuat masjid yang satu ini terlihat lebih bersih dan membuat kesan nyaman.

Terdapat 82 kubah di Sheikh Zayed Grand Mosque dengan berbagai macam ukuran. Selain itu, di masjid yang satu ini juga memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini memiliki ukuran cukup luas yang mampu menampung jamaah lebih dari 40.000 jamaah. Suasana ibadah yang nyaman dan tenang bisa Anda rasakan di Sheikh Zayed Grand Mosque. Tak jarang umat muslim yang sedang berada di Uni Emirat Arab melakukan ibadah di masjid unik yang satu ini.

5. Masjid Muhammad Ceng Hoo, Indonesia

masjid muhammad cheng hoo
idntimes.com

Tidak kalah dengan negara lainnya, Indonesia juga memiliki masjid dengan bentuk unik yang membuat Anda terpukau. Salah satunya yaitu Masjid Muhammad Ceng Hoo. Masjid yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik untuk Anda datangi.  Akulturasi budaya dapat Anda lihat dengan jelas. Perpaduan antara budaya tionghoa dan budaya islam, menjadi perpaduan yang cocok dan unik. Tak jarang, orang mengatakan bahwa masjid ini seperti klenteng.

Selain itu, suasana beribadah yang nyaman juga dapat Anda rasakan di Masjid Muhammad Ceng Hoo. Ketika Anda berkunjung ke Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi masjid paling unik di dunia yang satu ini.

6. Nasir Al-Mulk Mosque, Iran

nasir al mulk
muslimheritage.com

Ketika Anda berada di Iran, Anda akan melihat sebuah masjid yang megah dan unik. Masjid tersebut adalah Nasir Al-Mulk Mosque. Desain interior yang megah dan menawan dengan dominasi warna merah muda terlihat sangat cantik.

Selain itu, kaca yang digunakan di Nasir Al-Mulk Mosque adalah kaca pantri. Ketika pagi tiba, cahaya matahari akan masuk ke dalam masjid melalui kaca pantri. Bayangan yang dihasilkan sangat indah ketika di foto. Suasana baru dalam beribadah bisa Anda rasakan di Nasir Al-Mulk Mosque yang berlokasi di Iran.

7. Shah Faisal Mosque, Pakistan

Masjid Unik di Dunia
mosqpedia.org

Ketika Anda sedang berkunjung di Pakistan, Anda bisa mengunjungi masjid terbesar dan unik di Pakistan.  Masjid tersebut adalah Shah Faisal Mosque. Masjid ini mempunyai desain unik. Tak heran jika masjid ini termasuk dalam salah satu masjid paling unik di dunia.

Wisatawan yang berkunjung ke Pakistan, akan menemui indahnya desain Shah Faisal Mosque yang didominasi warna putih. Selain itu, menara yang menjulang tinggi dengan warna putih juga melengkapi indahnya Shah Faisal Mosque.

8. Masjid Jami Ul-Alfar, Sri Lanka

masjid jami ul alfar
muslimobsession.com

Masjid paling unik di dunia selanjutnya adalah Masjid Jami Ul-Alfar. Masjid yang satu ini memiliki desain yang unik dengan perpaduan garis garis warna merah dan putih.

Pemandangan masjid yang indah menjadikan suasana beribadah semakin nyaman. Tak heran jika puluhan ribu orang datang ke sana setiap harinya untuk beribadah. Masjid cantik dan unik yang satu ini terletak di Sri Lanka. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan masjid yang satu ini.

9. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul

masjid sultan ahmed
adventuretravel.co.id

Tidak kalah dengan negara lainnya, Istanbul juga memiliki masjid unik. Salah satunya adalah Masjid Sultan Ahmed. Masjid yang satu ini memiliki desain yang unik dengan didominasi warna biru, sehingga banyak orang menyebutnya blue mosque. Suasana warna biru membuat hati semakin tenang ketika beribadah. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Istanbul dan menjadikan Masjid Sultan Ahmed sebagai destinasi utama.

10. Masjid Tiban Turen, Indonesia

masjid tiban
indopetronews.com

Masjid Agung Turen menjadi salah satu masjid paling unik di dunia yang memiliki desain sangat menarik. Bangunan megah dari Masjid Turen menjadikan tempat ini kerap dikunjungi wisatawan baik untuk beribadah maupun menikmati seni bangunannya.

Selain unik, Masjid Turen juga memiliki cerita unik terkait pembangunannya. Konon katanya, masjid megah ini dibangun dengan bantuan jin dan hanya dalam waktu satu malam. Meskipun percaya atau tidak percaya akan hal itu, Masjid Turen tetap menjadi masjid megah yang sayang untuk dilewatkan.



Leave a Reply