Nggak Nyangka 10 Masjid Arsitektur Menarik ini Berada Di Rusia


Reni  November 29, 2019  0 Comment

Liburan menjadi salah satu yang menyenangkan sekaligus waktu untuk menenangkan diri, ditambah jika Anda pergi ke negara Rusia. Tak banyak yang tahu jika negara adidaya yang satu ini memiliki masjid di Rusia yang dapat didatangi sewaktu-waktu. Banyak masjid dengan desain maupun keindahan arsitekturnya yang menarik di Rusia.


Pilihan masjid yang ada di Rusia juga bisa masuk ke dalam daftar perjalanan Anda nantinya. Anda bisa menikmati ibadah khusyu’ di masjid apabila seorang muslim. Jika bukan, Anda tetap bisa melihat indahnya arsitektur dalam membangun sebuah masjid yang ada di Rusia. Bukan tanpa sebab, hal ini karena banyak muslim di Russia dan tentu membuat keberadaan masjid makin banyak jumlahnya. Deretan Masjid Unik di Rusia yang menarik untuk dikunjungi

1. Masjid Nurd Kamal

 Masjid Nurd Kamal
adventureprime.com


Masjid Nurd Kamal jadi salah satu masjid yang terletak bagian paling utara dunia alias kutub utara. Bangunan Nurd Kamal sendiri jadi salah satu yang masuk Guinness Book of World Records di tahun 1998. Masjid Nurd Kamal sendiri terletak di kota Norilsk, salah satu kota industri yang terletak di Siberia utara. Gaya bangunan Masjid Nurd Kamal memiliki nuansa alias sentuhan dari arsitektur Turki.
Desainnya sendiri terdiri darisebuah bangunan menara dan kubah besar terletak di atap utama masjid. Kubah masjid Nord Kamal sangat unik, yakni dibangun sesuai dengan bentuk yang mirip dengan lonceng dengan nuansa emas.

Gotravelly

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

2. Masjid Biru

Masjid Biru
gdb.rferl.org


Dibangun di Pulau terbesar ketiga, alias Petrogradsky masjid biru yang satu ini jadi satu-satunya yang mendapat julukan Masjid Sungai yang terletak di Eropa. Bukan tanpa sebab, hal ini karena masjid Biru terletak di di Sungai Neva, tepatnya St Peterburg.
Kubah masjidnya pun hampir mirip dengan makam Tamerlane yang ada di Samarkand, Uzbekistan. Nama aslinya adalah Jamul Muslimin, namun karena warna biru yang mendominasi maka namanya lebih dikenal sebagai masjid biru. Presiden Soekarno pernah menyarankan untuk kembali mengaktifkan masjid Biru saat sempat dijadikan gudang.

3. Masjid Katedral atau Agung Moskow

 Masjid Katedral atau Agung Moskow
cdni.rbth.com


Sebelum jadi masjid yang paling besar di Eropa, masjid katedral atau agung Moskow tak memiliki enam lantai. Setelah direkonstruksi, kini masjid tersebut jadi yang paling tinggi di Rusia bahkan di Eropa. Masjid yang satu ini dilengkapi dengan menara yang punya tinggi sampai dengan 79 meter. Kerennya, masjid katedral ini dibuat dengan lapisan tembaga sampai dengan titanium.
Nuansa putih dan hijau akan membuat bangunan yang satu ini semakin hidup dan memikat. Tak hanya itu, masjid katedral juga dijuluki masjid Tatar sesuai dengan inspirasi nuansa ciri khas arsitektur Tatar.

4. Masjid Jum’ah

Masjid Jum'ah
upload.wikimedia.org


Arsitektur yang sangat keren dengan segala hal fasilitas ada sejak tahun 734 SM. Terletak di Derbent, Dagestan masjid Jum’ah jadi yang paling tua di Russia. Tak hanya itu saja, tempat yang satu ini juga masuk dalam salah satu Daftar Warisan Budaya Dunia di UNESCO dan merupakan salah satu pusat persebaran Islam yang ada di negara adidaya Rusia.
Nuansa klasik dengan bangunan bata dan kayu di bagian pintu membuat masjid Jum’ah terasa sangat rimbun. Kemudian, ada juga tanaman langka di sekitar masjid Jum’ah. Anda bisa melihat pohon Platanus kuno jika jalan-jalan ke sekitarnya.

5. Masjid Sultan Delimkhanov

Masjid Sultan Delimkhanov
cdni.rbth.com


Masjid Sultan Delimkhanov jadi salah satu masjid unik di Rusia yang perlu Anda datangi. Masjid yang satu ini terletak di daerah Dzhalka, yakni tepatnya ada di sebuah desa Chechnya. Terletak di daerah pedesaan, masjid Sultan Delimkhanov jadi yang paling besar di pedesaan Eropa.
Namanya berasal dari salah satu pejabat desa yang dibunuh di tahun 1990-an. Masjid Sultan Delimkhanov ini bisa dibilang sangat besar dengan arsitektur yang khas, jika dihitung kira-kira menampung lima ribu jamaah.

6. Masjid Kul Sharif

 Masjid Kul Sharif
orangesmile.com


Ada menara di sebuah masjid memang jadi salah satu ciri khas tersendiri. Namun, apabila ada masjid dengan jumlah menara paling banyak, jelas tak biasa. Masjid Kul Sharif ini dibangun dan ada di kota Kazan dengan ciri khas yang menarik.
Di dalamnya ada enam menara yang punya tinggi masing-masing mencapai 55 meter. Menara-menara ini adalah bagian dari Kompleks Arsitektur dan Sejarah Kremlin Kazan. Bangunan yang satu ini juga jadi salah satu bagian dari Situs Warisan Dunia di tahun 2000.

7. Masjid Agung Makhachkala

Masjid Agung Makhachkala


Jika Anda ingin melihat masjid super besar dan luas dengan kapasitas 17 ribu orang, bisa saja pergi ke Masjid Agung di Makhachkala, Dagestan. Masjid Agung ini dibangun dan dibiayai pada 1997 oleh salah satu keluarga paling kaya di Turki. Sebelum disebut masjid Agung Makhachkala, tempat ibadah ini diberi nama Central Jami Mosque.
Bahkan, bangunan yang punya gaya khas ini disebut juga sebagai Mutiara dari ibu kota Dagestan. Untuk gaya bangunan, nuansa yang dihadirkan memang mengikuti Masjid Sultan Ahmed yang ada di kota Istanbul, Turki.

8. Masjid Madrasah Agung Lala-Tulip

Masjid Madrasah Agung Lala-Tulip
cdni.rbth.com


Masjid Madrasah Agung Lala-Tulip jadi salah satu yang terkenal karena sangat modern dan banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim maupun non muslim. Masjid ini juga jadi salah satu yang punya menara kembar dengan tinggi sekitar 53 meter.
Anda pun bisa melihat menara yang satu ini kokoh berdiri sejak tahun 1990-an. Menara indah yang menghiasi masjid Madrasah Agung Lala-Tulip ini pun berdiri terpisah dari gedung utama yang punya ruang ibadah di dalam.

9. Masjid Bulgar

Masjid Bulgar
i.pinimg.com


Punya warna putih suci, masjid yang terletak di daerah Kazan yang satu ini jadi salah satu masjid bernuansa putih bersih. Menurut Muslim sendiri, warna putih punya simbol suci dan damai. Dan hal ini yang membuat masjid yang satu ini menyimpan cirri khas unik.
Kemudian, tempat yang satu ini menyimpan Al Qur’an yang paling besar di dunia. Al Qur’an ini pun memiliki hiasan nephrite, emas, phianite, hingga hiasan daun perak yang membuatnya terlihat menarik dan unik.

10. Masjid Jantung Chechnya

 Masjid Jantung Chechnya
cdn1-production-images-kly.akamaized.net


Punya nuansa gaya bangunan Turki yag kental, Masjid Jantung Chechnya punya penampilan bangunan mirip dengan Masjid Biru yang ada di Istanbul. Kerap disebut Masjid Jantung Chechnya, tempat ibadah yang satu ini aslinya memiliki nama dari nama presiden ikonik di sana. Yap, nama Masjidnya adalah Akhmat Kadyrov.
Agar tak ketinggalan tentang ceramah maupun kegiatan di dalam, masjid yang satu ini memiliki detail kamera yang dipasang di luar masjid. Hal ini membuat Anda dapat melihat Live Video Stream selama 24 jam dalam seminggu disiarkan online oleh akun dari masjid Chechnya ini.

Adanya masjid di Rusia bisa saja membuat daya tarik bagi para wisatawan yang ada di Rusia untuk datang. Anda pun dapat melihat keunikan masjid yang akan dikunjungi, Beberapa masjid yang ada di Rusia punya nilai atau cirri khas masing-masing dan menjadikan pengalaman berbeda pada Anda sebagai wisatawan.



Leave a Reply