Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Masjid Baiturrahman Banyuwangi

rashidmusafir | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
26 May 2020


Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi
Berwisata religi mengunjungi masjid bersejarah di pertengahan bulan Ramadhan memberikan kesan mendalam dalam hati membawa ketenangan Jiwa

How to Get There

Berbeda dengan kebanyakan perjalanan yang saya tempuh sebelumnya dimana wisata alam menjadi destinasi utama. Gunung, pantai, air terjun menjadi kegemaran. Kali ini, di pertengahan bulan Ramadhan saya mengunjungi beberapa Masjid Jamik di setiap kota yang saya singgahi, salah satunya masjid Jamik Banyuwangi.

Dengan kendaraan pribadi, saya arahkan kendaraan menuju pusat kota atau alun laun kota Banyuwangi. Seperti halnya keberadaan Masjid Jami’ di Kota lain, Masjid Jamik Banyuwangi lokasi berada di depan alun alun kota.

Masjid Baiturrahman Banyuwangi

What to Do

Dari Luar, Masjid Jamik yang saat ini lebih dikenal dengan Masjid Baiturrahman Banyuwangi ini terlihat besar dan megah. Didominasi warna hijau segar. Pilar pilar menjulang dengan gagahnya. Kubah kubah berukuran jumbo menghiasi atas masjid. Sesaat mengingatkan saya akan masjid Akbar Surabaya.

Memasuki masjid tertua di Banyuwangi yang berdiri sejak 7 Desember 1773 ini terasa kemegahannya. Kemegahan Masjid terlihat dari luasnya bangunan sekitar 7.245 m2, bisa menampung sekitar 5000 jamaah. Bagian fasad Masjid terdiri dari beberapa lengkung lengkung pintu berukir. Terdapatanak tangga untuk menuju bagian utama Masjid. Masjid Baiturrahman ini mengalami beberapa perombakan dan renovasi hingga terlihat megah saat ini.

Memasuki Masjid hati terasa adem. Kaligarafi ayat ayat Al-quran terukir indah di tembok masjid. Dalam ruangan Masjid yang luas menggema suara lantunan beberapa jamaah yang melantunkan ayat ayat Al-Quran

Masjid jamik Banyuwangi

Ditemani lantunan ayat ayat Al-Quran, saya berjalan perlahan menyusuri bagian dalam Masjid. Masjid terdiri atas dua lantai. Di bagian atas ada bedug berukuran besar. Dari atas sini terlihat kaca kaca grafir masjid diukir lafaz Allat SWT, Muhammad, Allah Akbar.

Tiang tiang tiang masjid berukuran besar berderet cantik membelah masjid menjadi beberapa deretan yang simetris. Tiang dan lantai masjid berarna senada, hijau. Menurut sumber, lantai marmer ini di import langsung dari India. Lampu lampu hias berukuran besar menggantung menghiasi langit langit bagian dalam Masjid.

Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Masjid Baiturrahman Banyuwangi

 Bagian lain yang sangat menarik perhatian adalah tempat wudhu. Disini terdapat air mancur berbentuk bunga anturium berukuran Jumbo. Air mancur yang berfungsi sebagai tempat berwudhu ini dinamakan dzikir cinta.

Masjid tertua di Banyuwangi

Fasilitas masjid Baiturrahman lengkap. Area parkirnya luas. Gedung aula yang bisa digunakan untuk acara acara besar seperti pernikahan. Kantor takmir masjid. Pohon pohon berderet rindang. Berada di Masjid membuat hati terasa adem. Berlama lama disini bikin betah.

Setiap bulan Ramadhan, Masjid menyedikan banyak Takjil untuk para Jamaah. Alhamdulilah. Nah untuk kamu yang ingin berwisata religi sebelum nyebrang ke Bali, Masjid Baiturrahman bisa menjadi salah satu destinasi pilihan.

 

Tips and Trick

Datang di Bulan Ramadhan, selain suasanya beda, banyak jamaah emmbaca Al Quran dan juga buka bersama

Where to Stay
Banyak hotel di sekitar alun alun Banyuwangi
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY