10 Masjid Berarsitektur Unik di Indonesia Yang Menaik Untuk Dikunjungi


Fida  October 19, 2021  0 Comment

Ada berbagai pilihan tempat wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur termasuk mengunjungi Masjid Berarsitektur unik. Selain tempat wisata alam, tempat wisata bersejarah dan tempat wisata religi merupakan pilihan tepat untuk Anda kunjungi.

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Beberapa masjid di Indonesia menawarkan arsitektur unik dan menarik sehingga banyak dikunjungi sebagai tempat wisata religi. Berikut beberapa rekomendasi masjid berarsitektur unik di Indonesia

1. Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang
cnnindonesia.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Masjid Tiban atau Masjid Turen Malang. Masjid ini memiliki ketinggian yang bisa mengalahkan masjid masjid lainnya karena Masjid Tiban memiliki sekitar 10 lantai. Lantai lantai tersebut memiliki fungsi masing-masing yakni lantai 1 menjadi tempat istirahat dan mushola, lantai 2 merupakan loket, lantai 3 merupakan mushola, akuarium, serta kebun binatang mini. Lantai 4 digunakan untuk keluarga pengasuh pondok, lantai 5 merupakan mushola, lantai 6 sebagai tempat istirahat santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios kios pesantren, lantai 9 merupakan bangunan dengan desain lereng gunung, dan lantai 10 adalah gua dan puncak masjid. Menakjubkan menakjubkan bukan

Masjid Tiban yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jl. Kh. Wachid Hasyim no 17, Kecamatan Turen, Malang. Karena lokasi masjid yang masih satu area dengan pondok pesantren, pengunjung yang datang himbauan untuk menggunakan pakaian sopan dan menjaga kebersihan. Saat datang ke Malang, masjid dengan arsitektur unik yang satu ini sayang untuk tidak Anda kunjungi.

gotravelly

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

2. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus
kompas.com

Salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia yang cukup populer adalah Masjid Menara Kudus. Masjid ini dibangun dengan arsitektur bergaya Hindu kuno. Masjid Menara Kudus telah ada sejak jaman Mojopahit dan berubah menjadi masjid sejak Sunan Kudus datang.

Masjid Menara Kudus anda kunjungi di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid yang satu ini tentu menjadi pilihan tepat khususnya bagi Anda yang mengunjungi masjid dengan desain serta arsitektur unik dan menarik.

3. Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya
travel.detik.com

Masjid Muhammad Cheng Hoo dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari masjid berarsitektur unik di Indonesia. Masjid ini diambil dari Laksamana Cheng Ho yang dikenal dalam sejarah. Laksamana Cheng Ho dikenal sebagai Laksamana muslim yang baik dan taat.

Sesuai dengan namanya, bangunan ini juga memiliki keunikan pada arsitektur yang bergaya Tiongkok. Jika dilihat sekilas, bangunan masjid Muhammad Cheng Hoo bukanlah tampak seperti masjid pada umumnya. Tidak jarang masjid yang satu ini dipilih sebagai pilihan tepat untuk berlibur oleh para wisatawan. Anda dapat mengunjungi masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Gading no 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

4. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang
idntimes.com

Masjid Agung Semarang dikenal sebagai salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia. Tidak heran jika masjid ini selalu ramai pengunjung maupun wisatawan yang beribadah atau menikmati arsitektur yang ditawarkan. Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Agung Jawa Tengah.

Hal yang menjadi daya tarik adalah kawasan masjid ini memiliki payung layaknya di Masjid Nabawi Mekah. Arsitektur yang ditawarkan bergaya campuran yakni Arab, Jawa, dan Barat. Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Semarang yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal Semarang
inibaru.id

Selain indahnya Masjid Agung Semarang, Masjid Kapal Semarang juga kerap didatangi wisatawan karena menjadi salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia. Masjid ini memiliki nama asli Masjid Safinatun Najah. Sesuai dengan sebutannya, masjid ini memang memiliki bentuk menyerupai sebuah kapal.

Masjid yang satu ini juga dikelilingi oleh kolam air sehingga membuatnya seakan-akan berada di atas air. Tidak sedikit yang menyebut sebagai Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh. Selain beribadah, Anda juga dapat menikmati arsitektur serta banyaknya spot-spot menarik yang ditawarkan.

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat
tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan masjid berarsitektur unik di Indonesia yang bisa dipilih sebagai tempat wisata religi salah satunya adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid ini mengusung konsep tradisional Minang. Bagian atap masjid dibuat melengkung khas Sumatera Barat tanpa kubah. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung maupun wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Uniknya arsitektur yang ditawarkan menjadikan banyak pengunjung yang memutuskan untuk mengabadikan momen di masjid ini. Anda dapat mengunjungi Masjid Raya Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Masjid Al-irsyad Satya Kota Baru Parahyangan

Masjid Al-irsyad Satya Kota Baru Parahyangan
ganaislamika.com

Salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Al-irsyad Satya Kota Baru Parahyangan. Masjid yang satu ini bisa Anda kunjungi di jalan Parahyangan KM 2,7, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tidak perlu diragukan lagi keindahan bangunannya, masjid ini sempat terpilih sebagai salah satu dari 5 bangunan terbaik di dunia kategori bangunan religi. Pengunjung akan dimanjakan dengan bangunan masjid berbentuk kubus serta landscape garis-garis melingkar mengelilingi masjid. Desain yang dipilih tersebut merupakan representasi dari tawaf ketika mengelilingi Ka’bah.

8. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban
tribunnewswiki.com

Salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Agung Tuban. Masjid yang satu ini menawarkan arsitektur unik dengan nuansa bak istana di negeri 1001 malam. Kubah besar nan megah berwarna biru kuning menjadi ciri khas masjid yang satu ini.

Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Tuban di Jalan Bonang, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasinya yang cukup strategis juga menjadikan wisatawan dan pengunjung dapat dengan mudah mendatangi wisata religi yang satu ini.

9. Masjid Dian Al Mahri Depok

Masjid Dian Al Mahri Depok
m.merdeka.com

Salah satu masjid berarsitektur unik di Indonesia yang sayang untuk tidak dikunjungi adalah Masjid Dian Al Mahri Depok. Masjid yang satu ini kerap mendapat sebutan Masjid Kubah Emas. Hal tersebut karena masjid ini memiliki 5 kubah yang terbuat dari emas serta dilengkapi berbagai ornamen unik.

Masjid Kubah Emas menawarkan bangunan yang megah serta arsitektur yang sangat menarik. Anda dapat dengan nyaman beribadah maupun menikmati arsitektur yang ditawarkan. Masjid Kubah Emas bisa Anda kunjungi di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat.

10. Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar
celebes.co

Satu lagi masjid berarsitektur unik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan yakni Masjid 99 Kubah Makassar. Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki banyak kubah dengan desain cantik dan menarik. Tidak sedikit yang menyebut bahwa masjid ini tampak seperti landmark di India. Saat berkunjung ke Makassar, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat ibadah sekaligus wisata religi yang satu ini.



Leave a Reply