10 Masjid Bersejarah di Dunia Saksi Peradaban Islam di Dunia


prita  May 15, 2020  0 Comment

Masjid adalah tempat ibadah bagi Umat Islam. Namun, seiring berkembangnya zaman, masjid rupanya juga difungsikan tak hanya sebagai rumah ibadah namun juga sebagai destinasi wisata religi. Di seluruh penjuru dunia banyak sekali bisa ditemukan masjid-masjid untuk memberikan fasilitas umat Islam yang akan beribadah. Banyak juga diantara masjid-masjid tersebut yang bersejarah dan menjadi saksi peradaban Islam di dunia. Berikut ini daftar masjid bersejarah di dunia yang sering dijadikan destinasi wisata religi

1. Masjidil Haram

masjidil haram
wellbmusic.com

Masjid bersejarah di dunia yang pertama ini sudah tentu kita semua tahu, yaitu Masjidil Haram. Masjid yang berada di kota Mekah ini menjadi masjid tertua dan juga terbesar di dunia. Disini terdapat Ka’bah sebagai kiblat untuk melaksanakan ibadah sholat, inilah yang membuat masjid ini menjadi impian seluruh umat Muslim di dunia.

Masjidil Haram mulai dibangun kembali sejak zaman Nabi Ibrahim dan Nabis Ismail setelah sebelumnya erusak terkena air bah pada zaman Nabi Nuh. Masjid ini mampu menampung hingga 4 juta jamaah selama pelaksanaan ibadah haji ataupun umroh.

Gotravelly

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi

2. Masjid Nabawi

masjid nabawi
umroh.com

Masjid bersejarah di dunia selanjutnya adalah Masjid Nabawi. Masjid Nabawi menjadi masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam. Masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad ini sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia yang juga menjadi impian seluruh umat Muslim di dunia.

Dibangun pada tahun 622 Masehi di pusat kota Madinah, masjid ini memiliki bangunan yang megah dan mampu menampung hingga 1 juta jamaah. Kemegahan masjid ini semakin lengkap dengan adanya 10 menara setinggi 105 meter.

Di masjid inilah makam Nabi Muhammad berada. Selain itu, terdapat pula makam dua sahabat nabi, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

3. Masjid Quba

Masjid Quba
commons.wikimedia.org

Masjid Quba juga menjadi salah satu masjid bersejarah di dunia yang sering dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Masjid Quba dikenal sangat special karena merupakan masjid pertama di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi.

Masjid Quba ini berlokasi di Quba, sebelah tenggara kita Madinah. Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh Nabi Muhammad saat beliau pertama kali tiba di Madinah. Namun, meskipun menjadi masjid tertua di dunia, namun Masjid Quba ini tidak sebesar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi yang mampu menampung jutaan jamaah. Masjid Quba hanya mampu menampung Jemaah hingga 20.000 orang.

4. Masjid Jawatha

masjid jawatha
id.pinterest.com

Masih di Arab Saudi, Masjid Jawatha juga dikenal sebagai salah satu masjid bersejarah di dunia selain Masjidil Haram, Masjid Nabawa dan Masjid Quba. Berlokasi di Desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 kilometer timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi, masjid ini diyakini sebagai masjid pertama yang dibangun di timur Arab Saudi.

Masjid Jawatha dibangun pada tahun 7 hijriyah oleh Suku Bani Abdul Qadis yang telah tinggal disana sebelum periode Islam. Meskipun sebagian besar struktur aslinya telah hancur dan hanya tersisa reruntuhan, tapi masjid ini masih digunakan untuk beribadah.

Salah satu cerita menarik tentang Masjid Jawatha ini adalah konon saat batu Hajar Al Aswad dicuri dari Mekah, batu tersebut pernah disimpan di masjid ini selam hampir 22 tahun.

5. Masjidil Aqsa

masjidil aqsa
goodnewsfromindonesia.id

Beranjak ke kota Yerusalem, Anda akan menemukan salah satu masjid bersejarah di dunia yaitu Masjidil Aqsa. Masjidil Aqsa dulunya pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum akhirnya berpindah ke Ka’bah di Mekah seperti saat ini.

Masjidil Aqsa menjadi bagian dalam salah satu peristiwa besar Islam yaitu Isra Mi’raj, yaitu perjalanan NabiMuhammda dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa kemudian ke langit untuk menerima perintah Allah agar umat Islam melakukan ibadah sholat lima waktu setiap hari.

6. Masjid Huaisheng

masjid huaisheng
muslim.okezone.com

Tak hanya di Arab Saudi dan Yerusalem, Anda juga bisa menemukan masjid bersejarah di dunia di Tiongkok tepatnya di kota Guangzhou. Masjid ini bernama Masjid Huaisheng yang memiliki arti “mengingat orang bijak” yang mana untuk menghormati Nabi Muhammad. Tapi, kebanyakan masyarakat setempat menyebut masjid ini sebagai Masjid Mercusuar karena terdapat Menara masjid setinggi 36 meter disana.

Masjid Huaisheng  ini dikenal sebagai masjid tertua di Tiongkok karena telah berdiri sejak tahun 627 atau pada masa Dinasti Tang, yang mana saat itu Islam pertama kali diperkenalkan di Tiongkok. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad dengan arsitektur tradisional Tiongkok berpadu arsitektur Arab.

7. Masjid Agung Aleppo

masjid agung aleppo
klcbs.net

Masjid bersejarah di dunia selanjutnya adalah Masjid Agung Aleppo. Masjid yang berdiri di kota Aleppo, Suriah ini dibangun oleh Khalifah Sulaiman bin Abd Al-Malik di tahun 717 Masehi. Masjid ini dibangun di area bekal kuil Agora pada periode Hellenistic yang kemudian berubah menjadi taman untuk Katedral Saint Selena pada era Kristen. Banyak yang meyakini bahwa di Masjid Agung Aleppo ini terdapat makam Nabi Zakaria, ayah dari Nabi Yahya.

Masjid Agung Aleppo ini memiliki sebuah Menara yang didirikan di tahun 1090. Namun sayangnya saat terjadi perang saudara di Suriah, Menara masjid ini hancur dan tidak dapat digunakan lagi.

8. Masjid Cheraman Juma

masjid cheraman juma
twitter.com

India juga memiliki masjid bersejarah di dunia, tepatnya di desa Methala, Kota Kodungallur, Provinsi Kerala, India. Masjid bersejarah ini bernama Masjid Cheraman Juma.

Masjid Cheraman Juma dibangun sekitar tahun 629 Masehi dan menjadi masjid pertama yang berdiri di India. Masjid ini dibangun oleh Hz Malik Dinar untuk mengenang Raja Cheraman Perumal yang berganti nama menjadi Tajudin setelah memeluk agama Islam. Masjid ini merupakan permintaan terakhirnya sebelum meninggal saat dalam perjalanan pulang dari Mekah menuju India.

9. Masjid Djenne

Masjid Djenne
rubeliba.blogspot.com

Masjid bersejarah di dunia selanjutnya adalah Masjid Djenne yang berada di Kota Djenne, Republik Mali. Republik Mali memang menjadi salah satu daerah peradaban Islam pertama di Afrika Barat.

Masjid Djenne ini dibangun pertama kali pada 1240 Masehi oleh Sultan Koii Kunboro yang saat itu menjadi penguasa Djenne. Bangunan masjid ini awalnya adalah sebuah istana, namun setelah sang Sultan memeluk agama Islam, istana tersebut dialihfungsikan menjadi masjid.

Tak hanya bersejarah, Masjid Djenne juga terkenal sangat unik karena terbuat dari lumpur. Meskipun hanya menggunakan lumpur dan sinar matahari, bangunan ini berdiri sangat kokoh dan megah. Mengadopsi gaya bangunan ala Sudan Sahili, masjid ini benar-benar merefleksikan kearifan lokal masyarakat Afrika Barat.

10. Masjid Agung Zaytuna

Masjid Agung Zaytuna
republika.co.id

Masjid bersejarah di dunia yang terakhir bisa Anda temukan di ibukota Tunisia, Tunis. Masjid bernama Zaytuna ini dibangun pada 103 Masehi zaat pemerintahan Dinasti Umayyah. Tak heran jika masjid ini menjadi masjid tertua di Tunisia.

Masjid ini menampati lahan seluas lima ribu meter persegi dengan Sembilan pintu masuk di dalamnya. Masjid ini juga memiliki 160 pilar yang diketahui berasal dari reruntuhan kota tua Kartago, yang mana telah ditaklukan oleh panglima Hasan ibn Al-Nu’man.



Leave a Reply