Jelajah 20 Kota Terindah di Australia Bikin Betah


prita  January 10, 2022  0 Comment

Australia merupakan sebuah benua sekaligus negara yang cukup populer di kalangan wisatawan. Negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Kanguru ini memang menawarkan banyak sekali destinasi wisata, ragam kuliner dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Selain itu, kota terindah di Australia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Negara ini memang memiliki banyak sekali kota-kota yang cantik dengan ragam keunikannya tersendiri. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Australia, berikut adalah rekomendasi kota-kota terindah yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Sydney

Sydney
futuready.com

Kota terindah di Australia yang pertama adalah Sydney. Sydney memang menjadi salah satu kota penting di Australia yang sangat populer di kalangan wisatawan karena adanya ikon berupa Opera House.

Selain bisa berkunjung ke Opera House, di kota ini kamu juga bisa berkunjung ke Sydney Harbor Bridge yang tak kalah indah. Kota indah ini juga terkenal dengan deretan wisata pantai yang indah dan berada tak jauh dari pusat kota, salah satunya adalah Bondi Beach.

GoTravelly

Jungle Cafe, Tempat Sempurna Untuk Nongkrong Sambil Healing

Menjelajah Cantiknya Pintu Langit, Wisata Instagramable Dengan Pemandangan Menawan

2. Melbourne

Melbourne
professionvoyages.com

Melbourne tak hanya dikenal sebagai kota terbesar kedua di Australia, namun juga dikenal sebagai salah satu kota terindah di Australia. Melbourne merupakan sebuah kota metropolitan yang menawarkan banyak hal untuk dikunjungi.

Di Melbourne kamu bisa berkunjung ke beberapa galeri seni yang indah dengan toko-toko vintage hingga menjelajahi jalanan kecil yang dipenuhi grafitti. Tak hanya terkenal sebagai ibukota seni dan olahraga, Melbourne juga menawarkan destinasi wisata pantai yang bisa membuat siapapun terpana.

3. Cairns

Cairns
jetstar.com

Kota terindah di Australia yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Cairns. Kota ini dikelilingi oleh hutan hujan dan memiliki banyak destinasi wisata menawan yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Kota ini dianugerahi dengan salah satu keajaiban alam yang luar biasa, yaitu Great Barrier Reef yang indah. Kamu bisa mengunjunginya dengan mengendarai perahu dan menjelajahi banyak pulau disana. Kamu pun bisa berkunjung ke Taman Nasional Daintree dan kawasan pedalaman Queensland yang lokasinya tidak terlalu jauh.

4. Adelaide

Adelaide
expedia.co.id

Dijuluki sebagai Kota Gereja, Adelaide ini juga layak untuk masuk dalam daftar kota terindah di Australia yang wajib untuk kamu kunjungi. Kota ini menawarkan suasana yang santai dengan banyak pub, restoran dan tempat menarik untuk dikunjungi. Seperti museum dan galeri seni.

Berada di tepi Sungai Torrens, kota ini memiliki banyak ruang tebruka hijau yang bisa untuk dijelajahi. Tak heran jika kota ini cenderung lebih sejuk. Tak hanya itu, Adelaide ini juga berada di kawasan perkebunan anggur terbaik di Australia, sehingga jika kamu berkunjung kesana kamu wajib untuk mencicipi beberapa anggur lokalnya.

5. Brisbane

Brisbane
australia.com

Kota terindah di Australia yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Brisbane. Kota terbesar ketiga di Australia ini merupakan ibu kota Sunshine State karena dianugerahi dengan iklim yang menyenangkan sepanjang tahun. Untuk itu, ada banyak kegiatan luar ruangan yang bisa kamu lakukan di kota ini.

Kamu bisa berkunjung ke Sungai Brisbane dan menemukan ragam aktivitas seru yang bisa dilakukan disana, seperti bermain kayak, bersepeda hingga hiking. Sementara di tepian sungainya kamu akan menemukan deretan restoran, bar dan tempat musik. Brisbane juga merupakan sebuah kota tepi pantai yang indah sehingga kamu bisa menemukan destinasi wisata pantai di kota ini.

6. Perth

Perth
worldscholarshipforum.com

Perth merupakan ibu kota Australia Barat yang terkenal dengan wisata pantainya yang indah, cuaca yang menyenangkan dan nuansa komopolitan yang sangat terasa. Tak heran jika Perth juga layak untuk masuk dalam daftar kota terindah di Australia.

Perth memang tumbuh sebagai kota tujuan wisata yang ramah, modern, hijau dan memiliki garis pantai yang masih alami. Kota ini memiliki pantai berpasir bersih, taman yang asri dan banyak bar juga restoran yang bisa kamu kunjungi. Disini kamu bisa berkunjung ke Sungai Swan untuk melakukan bermain kayak atau paddleboard dan melakukan tur di kebun anggur di Swan Valley untuk mencicipi anggurnya yang nikmat.

7. Canberra

Canberra
britannica.com

Berada di antara Sydney dan Melbourne, Canberra merupakan ibu kota Australia yang juga menjadi salah satu kota terindah di Australia yang wajib untuk kamu kunjungi. Canberra merupakan sebuah kota modern yang masih bersih dan asri.

Disini kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik, seperti Australian War Memorial, National Gallery of Canberra hingga menjelajahi kawasan Braddon yang dipenuhi dengan toko, restoran dan kedai kopi. Kamu juga bisa mengunjungi Lake Burley Griffin yang menjadi surga hijau di tengah kota. Jika kamu ingin merasakan sensasi menaiki balon udara, kamu juga bisa mencobanya disini, lho.

8. Darwin

Darwin
australia.com

Kota terindah di Australia berikutnya adalah Darwin. Darwin merupakan ibu kota dari Nothern Territory yang telah dihuni oleh masyarakat Aborigin selama ribuan tahun lamanya.

Berlokasi paling dekat dengan Indonesia, Darwin mendapatkan pengaruh yang cukup banyak dari negara kita dalam beberapa aspek, mulai dari street food hingga kerajinannya. Darwin juga dianggap sebagai gerbang untuk menuju ke Taman Nasional Kakadu dan Litchfiels dan Kepulauan Tiwi yang sangat indah. Kota ini dianggap sebagai pintu masuk untuk mejelajahi kawasan paling liar di Australia pasalnya disini kamu bisa mengendarai pesawat amfibi semudah mengendarai bus.

9. Hobart

Hobart
cnn.com

Hobart merupakan ibu kota Tasmania yang juga menjadi salah satu kota terindah di Australia. Hobart mungkin tidak sepopuler kota-kota besar di Australia lainnya, namun kota ini cukup layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Hobart memiliki banyak bangunan bersejarah, galeri dan restoran yang semuanya berpusat di sekitar pantai. Kota ini berada di tepi hutan belantara Tasmania sehingga Hobart sangat cocok untuk pecinta alam dan untuk kamu yang ingin menikmati satwa liar. Kamu pun bisa mendaki di Mount Wellington untuk bisa menikmati pemandangan yang indah. Tak hanya itu, kota ini juga menjadi salah satu dari sedikit tempat dimana kamu bisa menyaksikan Aurora Australis atau yang dikenal sebagai Southern Lights.

10. Gold Coast

Gold Coast
lonelyplanet.com

Kota terindah di Australia yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Gold Coast. Sudah bukan rahasia lagi jika Gold Coast ini merupakan tujuan wisata bagi kebanyakan penduduk Australia yang ingin menikmati pantai dan berselancar.

Di kota ini kamu bisa menemukan banyak apartment blok yang lokasinya di tepi pantai sehingga jika kamu menginap disana kamu bisa langsung melihat pemandangan pantai yang indah. Kota ini menjadi favorit karena sinar matahari selalu bersinar disini sehingga menjadi tempat terbaik untuk melakukan kegiatan luar ruangan. Selain bisa berselancar, disini kamu juga bisa melakukan ragam aktivitas seru lainnya seperti mengunjungi taman hiburan yang luar biasa.

11. Alice Springs

Alice Springs
evaneos.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Alice Springs? Alice Springs merupakan sebuah kota kecil di Nothern Territory yang juga menjadi salah satu kota terindah di Australia. Meskipun lokasinya cukup terpencil dan dibutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk kesana, namun keindahan kota ini mampu menghapus semua rasa lelah selama perjalanan.

Berada di tepi Sungai Todd, Alice Sprins ini menjadi pintu gerbang yang sempurna menuju ke banyak pemandangan yang luar biasa di sekitarnya. Kamu pun bisa berkunjung ke museum dan galeri seni Aborigin yang menarik. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan indah seperti Uluru dan Kata Tjuta.

12. Newcastle

Newcastle
theculturetrip.com

Kota terindah di Australia yang wajib untuk masuk dalam bucket list kamu adalah Newcastle. Newcastle merupakan kota tertua kedua di Australia yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata keren.

Berada di kawasan pantai New South Wales, kota ini memiliki banyak tempat untuk berselancar karena dianugerahi dengan deretan pantai yang indah. Selain bisa mengunjungi pantai, disini kamu juga bisa mendaki pegunungan yang indah dan menjelajahi kebun anggur yang berada di dekat Hunter Valley.

13. Geelong

Geelong
linkedin.com

Geelong merupakan sebuah kota terindah di Australia yang lokasinya sekitar 70 kilometer dari kota Melbourne. Pusat kota Geelong ini berada di tepi laut di Corio Bay dan disinilah wisatawan bisa menemukan banyak toko dan restoran terkenal.

Dulunya, Geelong ini merupakan pusat industri yang kurang menarik. Namun, kota ini perlahan berubah dan bertumbuh menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini untuk melakukan perjalanan menuju Great Ocean Road dan Semenanjung Bellarine yang indah.

14. Launceston

Launceston
abc.net.au

Kota terindah di Australia yang satu ini juga wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Launceston. Kota ini menjadi kota terbesar kedua di negara bagian Tasmania dan tidak terlalu besar.

Meskipun kota ini tidak terlalu besar, namun kota ini memiliki arsitektur kolonial yang bagus serta kaya akan seni dan kuliner yang nikmat. Kota Launceston ini memiliki daya tarik utama berupa Cataract Gorge yang indah dan memiliki beberapa jalur menarik untuk dijelajahi. Kota ini juga memiliki perkebunan anggur di Tamar Valley yang patut untuk dikunjungi sekaligus mencicipi anggur lokalnya yang terkenal nikmat.

15. Wollongong

Wollongong
expedia.co.id

Mungkin banyak di antara kita yang kurang familiar dengan kota bernama Wollongong ini. Namun, ternyata kota ini menjadi salah satu kota terindah di Australia yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Kota ini berada hanya sekitar 80 kilometer di selatan Sydney. Kota ini berbatasan langsung dengan dua pantai yang indah, maka tak heran jika kota Wollongong ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berselancar. Kota ini juga memiliki latar belakang yang indah berupa Illawarra Escarpment yang hijau. Kota Wollongong ini cenderung lebih tenang dan sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka berada di keramaian. Meskipun kota ini tidak terlau ramai, namun disini juga tetap bisa menemukan sejumlah bar dan restoran yang cukup rekomended.

16. Goolwa

Goolwa
fleurieupeninsula.com.au

Kota terindah di Australia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Goolwa. Goolwa ini berada di Muara Murray, yaitu sungai terpanjang di Australia dan menjadi salah satu destinasi wisata wajib di Negeri Kanguru ini.

Kamu bisa menjelajahi di sekitar pelabuhan yang bersejarah, menikmati arsitektur batu pasir dan mengunjungi banyak galeri seni serta restoran disini. Jika ingin menikmati suasana yang romantis, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari puncak bukit pasir yang berada di dekat trotoar.

17. Kalgoorlie

Kalgoorlie
id.wikipedia.org

Jika kamu ingin merasakan suasana Australia pada masa lampau, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Kalgoorlie. Kalgoorlie juga layak untuk masuk dalam daftar kota terindah di Australia karena sampai saat ini masih mempertahankan nuansa awal abad ke-19, saat negara tersebut memiliki gaya hidup Old West dan sebagian besar penduduknya mengandalkan pembangunan rel kereta api, pertambangan dan pertanian untuk berkembang.

Kalgorlie merupakan sebuah kota pertambangan yang makmur. Bahkan, sampai saat ini berton-ton emas diambil dari tanah disini. Berkunjung ke kota ini kamu bisa menjelajahi tambang emas tersebut. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menonton salah satu olahraga yang menjadi favorit, yaitu pacuan kuda.

18. Broome

Broome
australia.com

Kota terindah di Australia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Broome. Broome merupakan sebuah kota yang cantik dan berlokasi di Samudera Hindia.

Kota ini berada cukup dekat dengan Asia sehingga kamu bisa merasakan banyaknya pengaruh Asia disini, terutama pada arsitektur yang mengingatkan pada dataran Tiongkok. Broome juga memiliki banyak wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Cable Beach. Cable Beach ini dikenal sebagai tempat berselancar yang sempurna karena memiliki ombak yang bagus dan wisatawan juga bisa menaiki unta untuk menjelajahi pantai ini sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

19. Birdsville

Birdsville
outbackqueensland.com.au

Birdsville merupakan salah satu kota di negara bagian Queensland yang menarik untuk dikunjungi. Birdsville ini juga menjadi salah satu kota terindah di Australia yang menarik untuk dijelajahi.

Birdsville ini dikelilingi oleh gurun pasir Queensland dan kamu juga bisa menikmati keindahan Sungai Diamantina. September adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke kota ini karena saat itu ada kegiatan pacuan kuda yang berlangsung. Namun, tak ada salahnya juga kamu berkunjung selain bulan tersebut. Kota ini memiliki bangunan tua yang indah dengan bukit pasir yang ada di dekatnya. Birdsville seolah menjadi kota terbaik untuk menjelajahi pedalaman Australia.

20. Port Fairy

Kota Terindah di Australia
visitvictoria.com

Kota terindah di Australia yang terakhir adalah Port Fairy. Port Fairy merupakan rumah bagi pelabuhan tertua di Victoria yang dulunya merupakan pelabuhan bagi pelaut dan pemburu paus dari seluruh Australia dan Eropa.

Pada tahun 1800-an, kota ini menjadi tempat pelarian bagi orang-orang Irlandia dari kelaparan kentang. Hal ini membuat masih banyak warisan dari mereka yang masih bisa ditemui sampai saat ini. Sampai saat ini, Port Fairy masih memiliki pengaruh Irlandia yang sangat kental. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan 50 bangunan bersejarah yang masih dilindungi oleh National Trust of Australia.

Nah, itulah tadi 20 daftar kota terindah di Australia yang layak untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Beberapa diantaranya adalah kota besar yang telah populer di kalangan wisatawan, namun beberapa diantaranya adalah kota kecil yang jarang dikunjungi wisatawan namun justru memberikan pengalaman yang luar biasa karena kamu bisa menjelajahi kawasan pedalaman Australia. Kira-kira kota mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply