10 Tempat Wisata di Sragen Paling Indah Anda Harus Kesini


Reni  September 17, 2018  0 Comment

Belakangan ini banyak daerah di Indonesia yang semakin banyak saja ditemukan tempat wisata baik itu wisata pantai hingga wisata alam lainnya. Ternyata hal ini juga terjadi di tempat wisata Sragen sebagai salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Karena banyaknya ditemukan tempat wisata baru ini, juga menjadi acuan untuk pemerintah dalam membangun wisata alam buatan sehingga ada lebih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi baik oleh wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Para wisatawan dari luar negeri biasanya selalu mengincar wisata alam pantai karena di negara mereka sangat jarang dan sulit ditemukan wisata pantai. Untuk wisata sejarah juga sudah banyak dan mudah ditemukan di Sragen dan sangat cocok untuk Anda yang ingin memberikan edukasi untuk anak Anda.

Tidak hanya orang biasa, bahkan sudah banyak sekali para selebriti yang juga turut berlibur ke beberapa tempat wisata di Sragen ini. Identik dengan Sragen, membuat kota ini sangat dikenal hingga dengan keindahan alam wisatanya juga ke mancanegara. Kekayaan alam yang dimiliki di daerahnya pun masih banyak sekali belum diketahui oleh para ahli, sehingga tak heran jika Anda sering menjumpai banyak tempat disana namun seperti tidak diurus dan dilestarikan. Bagi Anda yang akan segera berlibur ke kota ini, ada baiknya menyusun list beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan 10 tempat wisata di Sragen yang mungkin Anda kunjungi bersama dengan keluarga besar. Dijamin Anda tidak akan merasa menyesal karena sudah berlibur kemari.

1. Ganesha Technopark

Ganesha Technopark

Indoplaces.com

Keindahan tempat wisata ini rasanya seperti tidak ada duanya sehingga Anda wajib untuk berkunjung dan melihat langsung. Masyarakat sekitar Ganesha Technopark yang mungkin tidak sengaja Anda temui juga tak kalah baik dan ramah. Jika Anda merasa ingin menanyakan beberapa rekomendasi tempat wisata kepada mereka tidak ada salahnya untuk langsung tanyakan. Kawasan tempat wisata ini diberi nama Ganesha langsung oleh pemerintahnya. Bangunan ini sebagai tempat atau pusat pelatihan dan persiapan tenaga kerja terlatih, sertifikasi dan penempatan kerja, hingga juga sebagai lembaga intermediasi finansial. Tempat ini juga biasa dijadikan sebagai pusat wisata eco dan lainnya karena memiliki fasilitas yang sangat mendukung. Tempat ini bahkan diresmikan langsung oleh presiden pada masanya.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Jember yang Terkenal Karena Sangat Indah

review kuliner

2. Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

pemburuombak.com

Anda wajib membawa anak-anak saat akan berwisata ke tempat ini karena bisa sekaligus menjadi sarana edukasi untuk mereka. Anda bisa mengenalkan benda-benda sejarah yang biasanya menjadi ikon daerah lokal. Ada banyak juga peninggalan purbakala di museum ini, dokumentasi zaman prasejarah seperti fosil. Barang khusus di museum ini yaitu fosil Pithecanthropus Erectus, Meganthropus Palaeojavanicus hingga fisal binatang lainnya. Beberapa puluh tahun yang lalu, pemerintah menetapkan tempat wisata ini sebagai daerah Cagar Budaya hingga sekarang didirikan sebuah museum. Karena memang sangat banyak keunggulan dan manfaat dari keberadaan museum ini, pada tahun 1996 yang lalu UNESCO menetapkan museum ini sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri

hoteldiindonesia.net

Saat Anda berada di sekitaran wilayah Sragen akan sangat disayangkan rasanya jika Anda tidak berkunjung ke tempat yang satu ini. Tempat ini memiliki pesona keindahan yang sangat layak dan menarik perhatian untuk dikunjungi. Untuk mengisi liburan baik itu bersama keluarga atau kerabat Anda, bisa menyempatkan diri untuk bermain ke taman ini. Karena Anda bisa menghirup udara segar hingga menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri. Bahkan saat Anda melihat dari kejauhan pun akan tampak bagaimana keindahan yang ada di taman ini.

4. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

triptrus.com

Layaknya seperti suasana sungai di pinggir kota yang ada di Singapura, hampir sama halnya dengan waduk ini. Yang membedakannya hanya waduk ini masih belum sepenuhnya sempurna dari sisi pembangunan. Namun panorama dan keindahan yang dihasilkan sudah hampir menyerupai keindahan dari perairan lainnya. Lokasi waduk ini tepat berada diantara tiga wilayah kabupaten yaitu Boyolali, Grobogan, dan Sragen. Waduk ini luasnya hampir mencapai 5 hektar sehingga terbilang cukup luas. Hingga kini banyak sekali para wisatawan yang berkunjung kemari meski hanya sekedar untuk menghirup udara segar.

Baca juga :  6 Destinasi Wisata Dekat IKN Nusantara, Sangat Menakjubkan!

5. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

.pertanianku.com

Siapa yang tidak suka dengan wisata pegunungan yang terkenal dengan keindahan dan juga suasana yang masih sangat asri ini. Di Sragen, Anda bisa berkunjung ke Gunung Kemukus yang menjadi tempat wisata cukup populer dan ingin dikunjungi oleh hampir semua wisatawan. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah, hawa sejuk, hingga pepohonan dengan berbagai macam jenis pun bisa Anda temui disini. Gunung ini sangat terkenal di seluruh Indonesia karena menjadi tempat dilakukan pesugihan. Untuk Anda yang membawa anak-anak sebaiknya tidak membawa mereka ke area ini.

6. Wisata Batik Dewi Arum di Kliwonan

Wisata Batik Dewi Arum di Kliwonan

teluklove.com

Indonesia memang sangat terkenal dengan ciri khas yang dimiliki salah satunya yaitu Batik. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat berbagai macam jenis batik yang sudah ditenun oleh para pengrajinnya. Di desa ini terdapat lebih dari 85 UMKM sehingga ada banyak tenaga kerja yang ditarik dari usaha ini. Batik yang paling terkenal dari desa ini yaitu Batik Kliwonan atau Batik Sragen. Saat Anda berkunjung kesini, jangan lupa untuk membeli beberapa batik dan minta mereka untuk memperkenalkan beberapa jenis batik yang pastinya berbeda-beda motifnya.

7. Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

srageninfo01.blogspot.com

sangat cocok untuk Anda kunjungi dengan keluarga hingga membawa anak kecil sekaligus. Kolam ini beralamat di Jalan Veteran yang memang berdampingan dengan Stadion Sepak Bola terdekat. Kolam Renang Kartika terbilang cukup besar yang dapat menampung mobil yang parkir lebih dari 50 mobil. Jika tidak ingin berenang, Anda juga masih bisa melakukan kegiatan memancing karena terdapat kolam tempat pancingan. Terdapat juga pondok pemantauan untuk bersantai dan juga taman yang ditanami aneka bunga. Fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berada di kolam ini adalah toilet, cafeteria, gudang, kantor pengelola, dan juga kamar ganti yang terpisah antara putri dan putra.

Baca juga :  10 Air Terjun di Padang dan Sekitarnya yang Memukau

8. Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo

dewibetisrejo.com

Saat Anda berada disini, Anda akan merasa sangat tenang dan damai sekali karena pengaruh keindahan alam sekitarnya yang masih sangat hijau. Anda bisa melihat para petani yang sedang bekerja jika memang waktu kunjungan yang Anda lakukan pas disaat mereka sedang berkebun. Ada banyak tempat wisata yang mendukung saat Anda berkunjung kesana yaitu Bumi Perkemahan Kyai Srenggi, Taman Margasatwa, hingga Wisata Alam Air Panas. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang ingin bermalam di desa ini juga tersedia banyak homestay yang bisa Anda pilih.

9. Galeri Batik Sukowati

Galeri Batik Sukowati

lelungan.net

Untuk merasakan sensasi lain dari liburan ke Sragen, Anda bisa menikmati pameran pada Galeri Batik Sukowati. Ada banyak sekali baju dan tas sebagai oleh-oleh yang bisa Anda beli di galeri ini.

10. Waduk Gebyar

Waduk Gebyar

snbmediainformasi.blogspot.com

Waduk ini berada di tengah-tengah perbukitan sehingga Anda akan merasa sangat nyaman sekali duduk di samping waduk ini. Pemandangan hijau dan rumput yang masih sangat rapi akan menambah rasa nyaman Anda saat bersantai disini.
Itulah tempat wisata di sragen yang bisa Anda pilih sebagai tempat liburan bersama keluarga.



Leave a Reply