Tertawan Panorama Alam 10 Air Terjun Eksotis di Jogya


Reni  December 27, 2019  0 Comment


Air Terjun Eksotis di Jogya merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak pesona. Pemandangan alam yang dimilikinya sangat beragam dan kemudian dijadikan objek wisata. Objek-objek wisata yang ada di Jogja didominasi oleh keindahan alamnya, salah satu objek wisata alam yang terkenal ini adalah air terjun.
Air terjun Jogjakarta banyak dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki ketertarikan terhadap panorama alam. Sebagian besar pengunjung memanfaatkan pemandangan indah ini untuk berfoto atau pun bersantai di sana. Bagi Anda yang sedang berada di Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke objek wisata air terjun Jogja.

Destinasi Air Terjun di Jogja

1. Air terjun Randusari

Air terjun Randusari
kartanesia.com


Air terjun Randusari merupakan air terjun asri dengan air jernih. Ketinggian air terjun ini mencapai 12-15 meter dengan kedalaman 1-3 meter. Berlokasi di Desa Rejosari, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Anda bisa mengunjunginya bersama teman atau kerabat terdekat. Jika Anda berada di pusat kota Jogja, Anda bisa menempuh 20 km perjalanan ke sana. Adapun rute yang ditawarkan untuk mencapai air terjun ini adalah Jalan Jogja-Wonosari atau melewati jalur ke Gunung Api purba Nglanggeran.

Gotravelly

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

Filosofi Kopi Jogja

2. Air Terjun Perawan Sidoharjo

 Air Terjun Perawan Sidoharjo
eksotisjogja.com


Air terjun eksotis Jogja selanjutnya adalah air terjun Sidoharjo yang terletak di Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Suasana air terjun ini sangat asri dan di sekelilingnya dipenuhi pepohonan tinggi. Anda bisa berfoto di sekitar air terjun dengan memandangnya yang asri. Untuk anda yang tertarik berkunjung ke sini bisa menggunakan rute terpendek dari Jogja, yakni melalui Jl. Godean, yang berjarak kurang lebih 29 km. Anda bisa menempuhnya dalam waktu satu jam dengan menggunakan sepeda motor.

Baca juga :  Jelajah 15 Wisata Sejarah di Jakarta

3. Air Terjun Grojogan Sewu

 Air Terjun Grojogan Sewu
wisatasolo.id


Nama air terjun ini terdengar pasaran di wisata Indonesia, namun air terjun ini berbeda, karena memiliki pemandangan yang indah dan eksotis, ditambah batuannya yang berwarna kecokelatan semakin melengkapi pesonanya. Makna dari nama air terjun ini adalah pancuran seribu atau bisa diartikan sebagai air terjun yang memiliki debit air besar. Bagi Anda yang datang ke sini bisa juga memanfaatkan spotnya yang bagus untuk berfoto.

4. Air Terjun Kedung Pedut

 Air Terjun Kedung Pedut
idntimes.com


Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pada tahun 2015 air terjun ini banyak diperbincangkan, karena memiliki spot foto yang sangat bagus. Banyak di antara wisatawan yang datang mengabadikan momen tersebut untuk berfoto. Selain itu, anda juga bisa menikmati panoramanya dengan menikmati air terjun Kedung Pedut.
Nah, di Kedung Pedut ini ada 5 kedung atau mata air, mata air- mata air tersebut adalah Kedung Anyes, Kedung Wedok, Kedung lanang, Kedung Merak, serta kedung Merang. Kelima kedung tersebut memiliki kedalaman yang beragam, yakni dalam kisaran 2-5 meter.

5. Air Terjun Setawing

 Air Terjun Setawing
alodiatour.com


Lokasi air terjun Setawing berada di Dusun Jonggrangan, Desa jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Air terjun ini lebih dikenal dengan nama Curug Setawing. Keistimewaan air terjun ini adalah pada ketinggiannya. Curug Setawing memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Anda bisa melihat keindahan air terjun setawing yang menjulang tinggi dengan mata airnya yang segar.
Jika Anda berada di pusat kota Jogja, Anda bisa menempuh perjalanan yang lumayan jauh, yakni sekitar 37,5 kilometer. Rute ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Adapun fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini adalah berupa kamar mandi dan warung makanan.

Baca juga :  10 Air Terjun di Kediri Pesonanya Memikat Hati

6. Air Terjun Luweg Sampang

 Air Terjun Luweg Sampang
tribunnews.com


Air terjun Luweg Sampang berada di Jl. Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Di air terjun ini terdapat pemandangan batu-batuan yang secara alami terkena erosi air. Banyak orang membandingkannya dengan objek wisata Grand Canyon yang terletak di Amerika Serikat. Anda bisa memanfaatkan keindahan ini dengan berfoto.
Untuk sampai di tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor jika ingin lebih cepat. Jarak dari pusat kota adalah 29,5 kilo meter.

7. Air Terjun Pulosari

 Air Terjun Pulosari
eksotisjogja.com


Air terjun ini terletak di Njurug, Desa Sendangsari, kecamatan pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Air terjun Pulosari atau Curug Pulosari merupakan air terjun yang sumber airnya berasal dari aliran air sungai alami di kawasan bukit. Debit air curug Pulosari ini terbilang kecil, sehingga anak kecil pun bisa main disini, namun tetap dengan pendampingan orang dewasa. Selain itu, di sekitar air terjun ini terdapat pemandangan bukit yang indah.
Bagi Anda yang berkunjung ke objek wisata air terjun Pulosari bisa menikmati fasilitas ruang ganti baju, warung makan, tempat parkir, penyewaan ban renang, gazebo dan juga ada warung oleh-oleh.

8. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
idetrips.com


Lokasi air terjun di Jogya ini berada di kawasan Kaliurang, Sleman tepatnya di lereng Gunung Merapi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 sampai dengan 45 meter. Adapun sumber airnya adalah berasal dari salah satu bukit Gunung Merapi. Namun, pada saat kemarau, Air Terjun ini biasanya sangat kering dan tidak memiliki air. Maka dari itu, untuk Anda yang merencanakan untuk datang ke sini harus menghindari musim-musim kemarau.
Di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun dari Gazebo yang berjarak sekitar 100 meter dari air terjun. Perasaan segar seketika akan Anda rasakan jika berada di sini. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa mencoba fasilitas lainnya, seperti taman rekreasi anak, Kolam Tlogo Putri, khitan wisata serta camping ground.

Baca juga :  10 Air Terjun di Banyuwangi yang Paling Indah + Rute Lokasi

9. Air Terjun pantai Jogan

 Air Terjun pantai Jogan
tempatwisataindonesia.id


Lokasi air terjun di Jogya ini adalah di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Keindahan air terjun ini bisa Anda saksikan di Pantai Jogan Gunungkidul. Meskipun belum terlalu terekspos, objek wisata ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal. Air terjun pantai Jogan ini berada di atas tebing ke bibir pantai Jogan. Sehingga keindahannya akan terasa berkali kali lipat. Anda bisa menikmati air terjun, sekaligus pemandangan pantai yang indah.
Ketinggian air terjun ini adalah sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah Utara.adapun fasilitas yang ditawarkan adalah berupa Gazebo, kamar mandi, warung makan dan minum serta tempat parkir. Lokasi wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

10. Air terjun Seribu Batu

Air terjun Seribu Batu
bisniswisata.co.id


Air terjun di jogya ini sering kali disebut sebagai air terjun Cengkehan. Hal ini dikarenakan air terjun seribu batu berada di Dusun Cengkehan. Jika Anda datang kesini, Anda akan melihat pemandangan pepohonan dan air yang sangat jernih yang bisa memanjakan mata Anda. Adapun nama seribu batu ini diambil dari kondisi tempatnya yang memang terdapat batu-batuan. Batu-batuan ini memiliki ukuran yang sangat beragam, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Oleh sebab itu, akhirnya Air terjun ini dinamakan air terjun Seribu Batu.
Demikian air terjun eksotis Jogja yang bisa Anda kunjungi. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi anda dalam mencari ide tempat liburan.



Leave a Reply