Indahnya Air Terjun Coban Sewu Lumajang, Surga Tersembunyi


sisil angelin  June 22, 2018  0 Comment

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keindahan di dalamnya, salah satunya air terjun Coban Sewu Lumajang surga tersembunyi di provinsi Jawa Timur. Bukan hanya sekedar indah, air terjun ini menghadirkan panorama yang cukup unik dan menarik. Air terjun Coban Sewu diberikan julukan niagaranya Indonesia.

Tentang air terjun Coban Sewu Lumajang

Tentang air terjun Coban Sewu Lumajang

PiknikAsik.com

Meski tergolong tempat yang mulai ramai dikunjung oleh wisatawan, tempat wisata ini sangat bersih dan terjaga keasriannya, layak seperti tempat yang belum dijamah oleh manusia. Jadi tidak berlebihan rasanya air terjun Coban Sewu disebut sebagai surga tersembunyi di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Air terjun ini juga mempunyai luas yang lebar serta tinggi, dipadukan dengan air yang jernih dan tebing-tebing yang exotis.

Selain itu, air terjun coban yang mempunyai tinggi 180 meter ini juga terhiasi oleh tumbuhan yang tumbuh secara alami. Bagi yang suka ketenangan tempat ini bisa dijadikan rekomendasi wisata untuk itu. Disini Anda hanya akan mendengar suara percikan air saja yang akan memecahkan keheningan dan memberikan kesejukkan.

Letak air terjun Coban Sewu dan harga tiket masuknya

Letak air terjun Coban Sewu dan harga tiket masuknya

PiknikAsik.com

Lokasi air terjun Coban Sewu

travelingyuk.com

cara menuju air terjun Coban Sewu

Sportourism.id

harga tiket masuknyaair terjun Coban Sewu

geomagz.geologi.esdm.go.id

Wisata air terjun ini merupakan suatu objek tempat wisata yang menjadi Andalan di Lumajang. Air terjun ini terletak pada kawasan perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di bagian Barat.

Untuk menuju tempat ini dapat ditempuh dengan mudah. Misalnya Anda melalui Kabupaten Lumajang, tinggal arahkan ke Barat kendaraan Anda menuju tugu perbatasan dengan Kabupaten Malang. 100 meter sebelum sampai tugu pada sisi kiri jalan Ada gang dan petunjuk ke arah air terjun coban sewu, lalu masuk ke gang tersebut hingga bertemu dengan sungai.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Manila, Banyak Bangunan Bersejarah Yang Instagenic

Sesampainya di dekat sungai parkirkan kendaraan Anda di tempat parkir yang ada di kawasan tempat penambang pasir. Nanti akan ada pemandu yang menunjukkan jalan setapak sekitar 500 meter menuju air terjun. Satu hal lagi yang penting untuk diketahui, harga tiket masuk ke tempat ini hanya 5.000 rupiah saja.

Tips menuju air terjun coban sewu

Meski tergolong bisa dijangkau, untuk menuju suatu tempat yang indah dan jauh perlu adanya persiapan yang matang, baik itu persiapan secara finansial, fisik, dan lain sebagainya. Begitu juga jika Anda ingin berkunjung ke air terjun yang kece ini. Berikut tips ketika ingin ke air terjun Coban Sewu yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Persiapakan kendaraan dan fisik yang baik

Jika ingin pergi untuk jarak yang jauh, sudah menjadi hal wajib untuk mempersiapakn kendaraan Anda dengan baik, termasuk ketika ingin berangkat menuju air terjun. Selain itu, fisik tubuh harus sehat juga. Hal ini dikarenakan nantinya Anda akan melakukan jalan kaki sekitar 500 meter, dengan medan yang curam. Perlu berhati-hati dalam melangkah, salah-salah Anda bisa saja terpeleset. Perlu di ingat, ketika ingin mencapai sesuatu yang indah, pasti ada perjuangan yang extra didalamnya.

2. Membawa bekal yang tidak berlebihan

Perjalanan jauh yang extrem, mengharuskan Anda membawa sesuatu secara pas dan tepat, agar nantinya tidak menyusahkan Anda dalam hal membawanya, begitu juga dengan membawa bekal. Disarankan ketika Anda mengunjungi tempat ini Anda lebih baik membawa bekal seperlunya saja.

Anda tidak perlu takut untuk kelaparan, karena di sekitar tempat wisata ada banyak penjual yang menjajakan beraneka makanan dan minuman. Hal penting yang harus dan wajib dibawa, yaitu obat-obatan. Obat penting dibawa, karena jalan yang curam dengan tebing dan batu dimana-mana tidak jarang membuat luka lecet jika tidak berhati-hati.

Baca juga :  7 Destinasi Wisata Anak di Sentul, Cocok Untuk Liburan Sekolah

3. Datang di pagi hari

Penting untuk disadari air terjun ini terletak di dalam hutan, bukan wilayah pantai, Jadi jika ingin ke tempat ini sebaiknya datang di pagi hari maximal siang hari. Selain memang jam operationalnya sampai pukul 16.00 Wib, datang di pagi hari ke air terjun, Anda bisa mendapatkan udara atau oxigen yang masih segar. Selain itu dengan datang dipagi hari Anda bisa melihat pemandangan hijaunya alam di sekitar.

Air terjun ini hadir dengan pesona yang berbeda di dalamnya karena memiliki luas serta ketinggian 180 meter, membuat tempat ini sangat gagah layaknya air terjun niagara di Canada. Namun untuk menjaga agar tempat ini bisa lestari, setiap orang harus bisa menjaga sikap dan prilakunya, dimulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Dengan melakukan hal kecil, berarti Anda sudah berpartisipasi untuk menjaga alam termasuk air terjun Coban Sewu Lumajang dengan baik.



Leave a Reply