altesawahyudiana | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | offroad
05 Jun 2020


Offroad Seru dan Mengedukasi di Merapi Lava Tour
Kangen liburan di masa saat ini, terutama pengen ngerasain hawa sejuk pegunungan sambil melakukan kegiatan seru yang cukup memacu adrenalin dan mengedukasi Merapi Lava Tour adalah pilihanyya

How to Get There

Merapi Lava tour mengajak wisatawan naik mobil Jeep menyusuri daerah bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Di dalam perjalanan, wisatawan akan diajak mampir ke beberapa destinasi pasca letusan gunung seperti Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem.Saya mengikuti Merapi Lava Tour di bulan januari kemarin dengan rute destinasi ke museum sisa hartaku 1 dan 2, bunker kaliadem, batu alien, dan terakhir Offroad Air Kali Kuning.

Merapi Lava Tour terletak di sekitar Jl. Kaliurang Km. 27 Kecamatan Pakem, Kanupaten Sleman Yogyakarta. Ada banyak sekali guide jeep yang bisa kalian temukan di sekitaran jalan kaliurang yang bisa menemani kalian untuk melakukan Merapi Lava Tour

Jarak antara Kali urang dan Kota Yogyakarta sekitar 25 Km, untuk bisa ke jalan kaliurang kalian bisa menggunakan mobil pribadi atau kendaraan pribadi, namun tetap berhati hati krena rute jalan yang cukup menanjak untuk sampai disana. Setelah sampai di jalan kaliurang, sejak Km. 20 sudah akan nampak beberapa basecamp jeep yang ada di kiri dan kanan jalan. Setiap operator guide jeep mempunyai kapasitas dan jumlah masing - masing sesuai besaran mobil jeep yang digunakan. Kalian bisa memilih basecamp dan operator guide yang sesuai dengan budget dan kapasitas kalian.

Harga yang ditawarkan tergantung dari rute yang diambil terbagi dalam tiga jenis rute yakni short (1,5 jam), medium (2,5 jam), dan long (4-5 jam).Tour rute dilakukan dengan Jeep berisi maksimal 4 orang dewasa dengan kisaran harga per jeep ditiap rute untuk short Rp 350.000, sementara untuk medium Rp 450.000 dan untuk long Rp 600.000. 

Berikut adalah salah satu dokumentasi di basecamp sebelum berangkat:



 

What to Do

Setelah memilih guide dan jenis paket tour, tour bisa langsung dimulai. Kebetulan Saya memilih jenis paket tour medium dengan rute destinasi ke museum sisa hartaku 1 dan 2, bunker kaliadem, batu alien, dan terakhir Offroad Air Kali Kuning. Oke, Kita siap berangkat, berikut adalah POV dari bangku penumpang jeep didepan:


Destinasi pertama adalah bunker kaliadem

Didalam bunker kondisinya gelap dan cukup seram sehingga saya takut dan tidak bisa mendokumentasikan bagaimana isi dari bunker tersebut. Kurang lebih isi dari bunker tersebut terdiri dari ruangan berbentuk persegi panjang yang gelap d terjadi dan lembab. Pada saat memasuki bunker guide akan menjelaskan beberapa cerita yang pernah terjadi didalam buker tersebut. Dari cerita tersebut, saya mengetahui ada beberapa korban yang meninggal didalam bunker tersebut saat berusaha menyelematkan diri dari letusan gunung merapi.

Destinasi kedua adalah Musium sisa hartaku 1 dan 2

Di museum sisa hartaku kalian akan melihat kondisi rumah pasca letusan gunung merapi yang berisi sisa harta benda, batang binatang yang hangus terkena awan panas pasca letusan gunung merapi. Destinasi museum dan banker cukup memberikan edukasi sejarah dan kondisi pasca letusan gunung merapi. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sisa atmosfir pilunya melihat cerita dibalik beberapa benda tersebut saat terjadi letusan gunung merapi. Berikut adalah beberapa dokumentasi didalam museum:

Destinasi Ketiga adalah Batu Alien

Setelah merasakan atmosfer kesedihan dari museum dan bunker pengunjung akan diajak untuk berfoto di batu alien yang merupakan wilayah dengan beberapa ukuran batu merapi yang memiliki bentuk unik dan lucu. Guide akan membantu wisatawan untuk mengatur gaya foto yang lucu dan seru dengan batu2 merapi yang ada disana.

Destinasi ke empat (last) adalah Offroad di Kaliurang

Setelah berfoto ria di batu alien tibalah pada destinasi yang seru dan ditunggu-tunggu yaitu offroad air kali urang, jeep akan masuk kedalam kali yang memiliki bebatuan dan air yang tidak terlalu dalam, disana kita akan diajak untuk memutari kali dengan medan yang naik turun dan berair dengan kecepatan yang cukup tinggi hingga penumpang jeep akan basah dengan air sungai.

Tips and Trick

Oke, sebelum kalian mencoba pengalaman Merapi Lava Tour ini berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian persiapkan berdasarkan pengalaman saya kemarin:

1. Usahakan memakai alas kaki yang tidak licin, karena dibeberapa destinasi terutama di batu alien kalian akan menaiki medan naik berbatu dan berpasir dengan berjalan kaki

1. Bawa ganti baju lengkap, karena kemungkinan setelah offroad kita akan basah sekali terkena air sungai.

2. Bawa alat mandi, setelah basah terkena air sungai kalian bisa mandi di basecamp menyediakan beberapa bilik kamar mandi umum

3. Bawa sandal jika kalian menggunakan sepatu karena sepatu kalian pasti akan basah

4. Jika kalian tur dengan kondisi musim cuaca hujan seperti saya, bawalah jas hujan plastik sekali pakai, karena jika kalian sudah kehujanan dan basah di awal tour kalian kurang akan bisa menikmati destinasi destinasi sebelum offroad karena basah dan kedinginan.

5. Bawa kamera dengan pelindung anti airnya agar kalian bisa mendokumentasikan tour kalian tanpa takut basah.

6. Turuti kiat kiat aman dari guide jeep agar perjalanan kalian lancar dan aman.

Where to Stay
Tour ini tidak membutuhkan temat menginap karena durasi tour hanya beberapa jam, namun jika kalian kelelahan dan ingin menginap kalian bisa menginap di hotel atau penginapan kecil di sekitar gunung merapi atau kalian bisa menginap di kota Yogyakarta sekalian menikmati malam di malioboro Merapi Lava Tour wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke jogja dan ingin menikmati liburan yang berbeda, memacu adrenalin dan menyenangkan karena tour ini dijamin seru dan mengedukasi.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY