10 Air Terjun di Filipina Segarkan Jiwa


prita  October 7, 2022  0 Comment

Air terjun di Filipina bisa menjadi salah satu tujuan wisata alam yang wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Filipina. Dengan sejarah yang menarik, beragam geografi, makanan lezat dan orang-orang yang ramah, Filipina menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Meskipun banyak wisatawan yang datang ke Filipina tertarik untuk menyusuri keindahan pantainya dan bawah lautnya yang menawan, namun wisata air terjun di negara ini juga menjadi salah satu wisata alam yang wajib untuk dikunjungi. Nah, untuk kamu yang ingin menjelajahi wisata air terjun, berikut adalah daftarnya.

1. Aliwagwag Falls

Aliwagwag Falls
awanderfulsole.com

Aliwagwag Falls menjadi destinasi wisata air terjun di Filipina pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Davao, Air Terjun Aliwagwag ini memiliki ketinggian hampir 1000 kaki dan pemandangannya sangat indah.

Air terjun ini membentuk kolam alami yang indah sehingga kamu bisa berenang disana. Tak hanya itu, pemandangan di sekitar air terjun ini juga tak kalah menawan dan suasananya sangat asri sehingga Aliwagwag Falls menjadi salah satu tempat terbaik untuk melepas penat.

Gotravelly

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

2. Asik-Asik Falls

Asik-Asik Falls
awanderfulsole.com

Wisata air terjun di Filipina yang satu ini memang punya nama yang unik, yaitu Asik-Asik Falls. Air Terjun Asik-Asik ini berlokasi di kotamadya Alamanda yang berada di Cotabato Utara.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini punya pemandangan yang asyik dan menyegarkan mata. Air Terjun Asik-Asik ini merupakan mata air dari gunung berbatu yang megah dan dihiasi oleh tanaman merambat yang berbunga sehingga pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan.

3. Dodiongan Falls

Dodiongan Falls
jannethelaagan.wordpress.com

Dodiongan Falls juga menjadi air terjun yang memiliki pemandangan unik juga menarik. Jika dilihat sekilas, air terjun ini punya bentuk seperti sepasang sayap malaikat yang lebar. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan pemandangannya sangat indah.

Saat melihatnya dari dekat, kamu akan menemukan bahwa air melincur melalui dinding batu yang miring, dengan sisi batu yang menonjol di tengah yang membagi air terjun. Dari sini kamu juga bisa menyaksikan beberapa aliran tipis air yang membuatnya terlihat semakin menawan.

4. Tinuy-an Falls

Air Terjun di Filipina
zenrooms.com

Destinasi wisata air terjun di Filipina yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Tinuy-an Falls. Air Terjun Tinuy-An ini menjadi salah satu air terjun yang menakjubkan di Filipina karena terlihat seperti tirai putih saat air jatuh ke cekungannya.

Air Terjun Tinuy-an ini sering juga dijuluki sebagai Air Terjun Niagara-nya Filipina karena memiliki dinding yang membentang lebih dari 95 meter. Hal ini juga yang membuat Tinuy-an Falls ini menjadi air terjun paling luas di Filipina.

5. Seven Falls

Seven Falls
getaway.ph

Berlokasi di Danau Sebu, Seven Falls ini juga menjadi salah satu wisata air terjun di Filipina yang cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Sesuai dengan namanya, Seven Falls ini merupakan air terjun yang memiliki tujuh air terjun yang saling berhubungan dan mengalir dalam satu area di Danau Sebu.

Kamu pun bisa mencapai lima air terjun pertama dengan berjalan kaki. Hikong Alo merupakan air terjun yang paling populer karena menjadi air terjun paling luas di anatara semua air terjun. Selanjutnya adalah Immeasurable Falls yang berdekatan dengan air terjun tersebut yang mana untunk menuju kesini kamu harus menuruni sekitar 774 anak tangga. Kamu bisa juga menaiki zipline di Hikong Alo dimana kamu bisa terbang dari ketinggian 180 meter menuju ke arah Immeasureable Falls.

6. Maria Cristina Falls

Maria Cristina Falls
vismin.ph

Air terjun di Filipina yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Maria Cristina Falls yang berada di Illigan. Air terjun ini berlokasi di Taman Alam National Power Corporation dan menjadi air terjun tertinggi kedua di Asia Tenggara.

Disini kamu bisa melihat beberapa air terjun yang terbelah menjadi dua ketika air mengalir melalui batu besar di tepiannya. Air Terjun Maria Cristina ini juga menjadi sumber listrik untuk kota Illigan yang indah.

7. Merloquet Falls

Merloquet Falls
tripadvisor.co.id

Air Terjun Merloquet juga menjadi salah satu air terjun di Filipina yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi atau terlalu kuat, tetapi pemandangannya sangat indah dengan suasana yang santai dan syahdu.

Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan yang kedua menjadi yang paling menonjol. Tingkat pertama lebih pendek 5 meter dan terdiri dari lapisan formasi batuan. Hal yang wajib untuk kamu lakukan disini adalah naik ke tingkat pertama untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari ketinggian.

8. Kaparkan Falls

Kaparkan Falls
phbus.com

Air terjun di Filipina yang tak kalah menawan selanjutnya adalah Kaparkan Falls atau yang juga dikenal sebagai Air Terjun Mulawin. Berlokasi di Munisipalitas Tineg di Benguet, air terjun ini memiliki akses yang lumayan susah dan butuh tenaga ekstra untuk menjangkaunya.

Kaparkan Falls memiliki air yang mengalir ke beberapa lapisan teras batu kapur. Teras-teras ini tampak seperti baskom air yang diisi dengan air bersih dan menyegarkan. Air terjun ini mengalir melalui banyak teras kecil hingga Sungai Tineg. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan, sekitar bulan Juli dan September. Hal tersebut karena hujan sering merubah warna air kolam alami menjadi hijau zamrud yang indah.

9. Pagsanjan Falls

Pagsanjan Falls
sworld.co.uk

Pagsanjan Falls juga masuk dalam daftar air terjun di Filipina yang menawarkan pemandangan paling indah. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun yang awalnya disebut sebagai Air Terjun Magdapio ini berdiri  sekitar 300 kaki atau sekitar 9,44 meter. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dan cekungan air yang sangat dalam. Seperti air terjun lainnya di Filipina, Air Terjun Pagsanjan ini juga dikelilingi oleh batu-batu besar dan vegetasi yang rimbun, dengan pemandangan pegunungan di kejauhan.

10. Kawasan Falls

Kawasan Falls
oneworldjustgo.com

Air terjun di Filipina yang terakhir adalah Kawasan Falls. Berlokasi di Cebu, air terjun ini menempati posisi teratas sebagai air terjun paling indah dan populer di Filipina.

Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang dikelilingi oleh dinding ngarai kapur dengan hutan yang rimbun di bagian belakang. Tingkat pertama adalah air terjun utama dengan tinggian 40 meter. Di bagian bawah tingkat ini berada kolam alami yang cukup dalam. Sementara tingkat kedua air terjun ini tingginya sekitar 20 meter dan tidak terlalu ramai dikunjungi.

Air Terjun Kawasan ini juga terkenal memiliki kolam alami yang sangat indah dengan warna air biru kehijauan di dasar tingkatan air terjun. Warna ini memang semakin membuat air terjun ini terlihat indah, tak heran jika masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Gatorade Factory.



Leave a Reply