10 Air Terjun di Bantul, Pesonanya Mantap Betul!


Fida  July 4, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata alam tentu menjadi hal tepat yang bisa kamu coba. Salah satu tempat wisata alam yang cocok untuk menyegarkan pikiran atau melepas penat adalah air terjun. Di Bantul, terdapat beberapa air terjun indah yang mampu menarik perhatian wisatawan. Berikut daftar 10 rekomendasi air terjun di Bantul yang dapat kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur.

1. Curug Pulosari

curug pulosari
alodiatour.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Curug Pulosari bukan? Curug Pulosari merupakan salah satu air terjun di Bantul yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kamu dapat mengunjungi air terjun dengan pemandangan indah ini di daerah Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul.

Pengunjung yang datang tidak hanya dimanjakan dengan aliran air yang jernih tetapi juga suasana asri di sekelilingnya. Kamu dapat bermain air hingga berendam di bawah air terjun. Air terjun yang satu ini sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga.

Gotravelly

Nyobain Lezatnya Bubur Goreng Ningrat Di Tempat Syuting Film KKN Di Desa Penari?

Terpesona Keindahan Wisata Baturraden, Wisata Legendaris Banyumas

2. Air Terjun Lepo

air terjun lepo
yogyes.com

Rekomendasi wisata air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah Air Terjun Lepo. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan sehingga mampu menarik perhatian wisatawan. Saat datang ke air terjun ini, kamu akan dimanjakan dengan bebatuan berundak yang dialiri dengan aliran air yang jernih.

Untuk datang dan menyusuri kawasan Air Terjun Lepo, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000,- per orang. Bagi kamu yang hobi berenang dan suka bermain, Air Terjun Lepo tentu menjadi destinasi yang cocok untuk kamu kunjungi.

3. Air Terjun Randusari

air terjun randusari
jogja.tribunnews.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata air terjun di Bantul, kamu dapat datang ke Air Terjun Randusari. Air Terjun Randusari tempat wisata alam yang dikenal akan keindahannya. Kamu dapat mengunjungi air terjun yang satu ini di Jalan Randusari, Rejosari, Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Air terjun yang satu ini memiliki aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya dapat bermain air, pengunjung juga dapat berfoto di sekitar air terjun karena dapat banyak spot menarik dan instagramable. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung perlu berjalan melewati area persawahan yang tidak kalah asri. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

4. Curug Banyunibo

curug banyunibo
bantulpedia.bantulkab.go.id

Tidak kalah menarik dengan wisata air terjun di Bantul lainnya, kamu juga dapat mengunjungi Curug Banyunibo. Air terjun yang satu ini terletak di daerah Kabrokan Kulon, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Tempatnya yang terpencil menjadikan kawasan ini memiliki suasana yang masih sangat asri dan tidak terlalu ramai pengunjung.

Curug Banyunibo menawarkan aliran air yang deras dan jernih serta pepohonan indah di sekelilingnya. Pengunjung yang datang akan dibuat nyaman dan tenang. Air terjun yang satu ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti adanya toilet serta tempat beristirahat. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di kawasan air terjun.

5. Kedung Pengilon

kedung pengilon
eksotisjogja.com

Tidak perlu bingung mencari tempat wisata air terjun di Bantul, kamu dapat menuju ke Kedung Pengilon. Tempat wisata yang satu ini terletak di daerah Bangunjiwo Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Di Kedung Pengilon, kamu dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang. Air terjun yang satu ini juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Jalanan yang sempit dan cukup ekstrim tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menikmati indahnya Kedung Pengilon.

6. Kedung Tolok

kedung tolok
ihategreenjello.com

Tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, kamu juga dapat mengunjungi indahnya Kedung Tolok. Kawasan yang satu ini merupakan tempat wisata alam berupa air terjun yang berlokasi di Jalan Imogiri Siluk, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Tidak sedikit wisatawan yang datang dan menikmati indahnya air terjun yang satu ini. Waktu terbaik untuk datang ke Kedung Tolok adalah saat musim hujan tiba. Pengunjung dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di kawasan air terjun. Karena keindahannya, tidak jarang air terjun yang satu ini juga dipilih sebagai spot foto favorit pengunjung. Bagaimana, tertarik untuk datang ke Kedung Tolok saat berlibur ke Bantul?

7. Air Terjun Seribu Batu

air terjun seribu batu
niagatour.com

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata Air Terjun Seribu Batu? Air Terjun Seribu Batu merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Bantul yang populer dan menarik untuk kamu kunjungi. Air terjun yang satu ini terletak di daerah Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul.

Pemandangan yang disuguhkan oleh Air Terjun Seribu Batu tentu sangat memanjakan mata. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang tenang dan asri. Tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan tempat ini semakin indah dan sayang untuk dilewatkan.

8. Air Terjun Tuwondo

air terjun tuwondo
alodiatour.com

Destinasi wisata air terjun di Bantul berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didatangi adalah Air Terjun Tuwondo. Pernah mendengar sebutan air terjun yang satu ini? Air Terjun Tuwondo merupakan air terjun yang dikenal memiliki pemandangan indah. Pengunjung yang datang tidak hanya dapat mencoba sensasi bermain air tetapi juga berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan.

Air Terjun Tuwondo memiliki kedalaman mencapai 3 meter sehingga kamu yang ingin berenang pastikan kamu sudah mahir ya. Menghabiskan waktu berlibur di kawasan air terjun ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

9. Grojogan Pucung

grojogan pucung
jogya.com

Grojogan Pucung juga dikenal sebagai salah satu air terjun yang dikenal indah. Air terjun yang satu ini memiliki aliran air serta kolam yang jernih di bawahnya. Siapapun yang datang pasti langsung tergoda untuk berenang atau sekadar mencelupkan kaki ke dalam air. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke daerah Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

10. Air Terjun Parangendog

air terjun patangendog
ihategreenjello.com

Satu lagi rekomendasi air terjun yang sayang untuk dilewatkan yakni Air Terjun Parangendog. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan sebelah timur Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Saat datang ke Air Terjun Parangendog, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan masih sangat alami.

Air terjun yang satu ini juga sering disebut dengan air terjun dadakan karena hanya ada saat musim hujan tiba. Saat musim kemarau, aliran di air terjun ini sangat sedikit atau bahkan tidak mengalir sama sekali. Saat berkunjung ke Bantul, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan menyusuri kawasan Air Terjun Parangendog.



Leave a Reply