9 Tempat Wisata Pantai di Banyuwangi Rekomendasi Para Wisatawan


Reni  August 3, 2018  0 Comment

Pernahkah Anda mencoba Wisata Pantai Banyuwangi? Para pelancong yang suka sekali menikmati keindahan pantai, sebaiknya mencobanya. Wisata pantai selalu menjadi favorit untuk berlibur bersama teman, keluarga, dan rekan kerja karena pantai memberikan perasaan yang tenang dan menyenangkan bagi pengunjungnya. Banyuwangi, sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berada di jalur transportasi utama Pantura, Bali, dan Jawa ini, sudah pasti mudah dijangkau.

9 Tempat Wisata Pantai di Banyuwangi

1. Pantai Plengkung

angguntour.blogspot.com

Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Karena keindahannya, banyak sekali turis yang datang ke pantai ini terutama dari New Zeland dan Australia. Selain dari itu, ombak-ombak di pantai ini juga sangat cocok untuk melakukan olahraga air seperti surfing.

Ketika Anda memasuki kawasan pantai ini, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang indah dan jajaran pepohonan yang tentu saja semakin menambah keindahan pantai ini. Untuk masuk ke pantai yang berada di kawasan Taman Nasional ini, Anda akan dikenakan biaya yang sangat minim.

review wisata

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik Di Banyuwangi

2. Pantai Cemara

banyuwangibagus.com

Pantai yang dibuka oleh pemerintah di Tahun 2015 ini dikelilingi oleh hutan Pohon Cemara. Itulah kenapa pantai ini dinamakan Pantai Cemara. Ketika Anda memasuki tempat ini, Anda akan merasakan susasana yang eksotis. Setelah bermain-main di pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi Tempat Penangkaran Penyu. Ada juga tiket masuk untuk memasuki pantai ini, tetapi biayanya sangat minim.

3. Pantai Rajegwesi

oknusantara.com

Nama Rajagwesi diambil dari bahasa Jawa Rajeg yang berarti tiang dan Wesi yang berarti besi. Di pantai ini terdapat batu karang yang sangat besar. Pantai Rajagwesi berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan menjadi pantai dimana para nelayan menambatkan perahu-perahu mereka.

Para nelayan tersebut mencari ikan di Teluk Hijau. Sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai ini walaupun tidak ada larangan. Ombak-ombak Pantai Rajagwesi sangat besar karena pantai ini di dalam kawasan Samudera Hindia.

Banyak sekali turis yang datang ke pantai ini seperti turis lokal dan turis dari Australia untuk sekedar bercengkerama sambil menikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi dari pepohonan hutan tropis yang mengelilinginya.

Adalah panorama pantai dan keindahan pasir berwarna kecoklatannya yang juga menjadikan tempat ini tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Banyuwangi. Pasir kecoklatan ini adalah endapan lumpur sungai yang secara rutin terbawa dan lalu bermuara di tempat ini pada saat terjadi banjir.

4. Pantai Teluk Hijau

myridemyadventure.blogspot.com

Pantai Teluk Hijau ini berada di dalam Kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Sarongan. Pantai ini juga dinamakan Pantai Green Bay karena memiliki air laut yang biru kehijauan. Pantai Teluk Hijau banyak dikunjungi para turis yang ingin menikmati ketenangan.

Dengan hamparan air laut kehijauan yang dikelilingi oleh hutan tropisnya, sungguh pantai ini akan membuat Anda relaks dan pikiran Andapun tenang kembali setelah seminggu penuh Anda bekerja di kantor. Yang membuat pantai ini lebih istimewa lagi adalah adanya air terjun.

Air terjun ini diperuntukan bagi para wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah berenang, bermain air di pantai, dan snorkeling untuk melihat ikan-ikan dan terumbu karang di dasar laut yang sangat cantik.

5. Pantai Boom

sportourism.id

Pantai ini mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Dari Alun-Alun Blambangan, Anda bisa bersepeda atau bahkan berjalan kaki ke pantai ini. Dari pantai ini, sambil berjalan-jalan di pasir pantainya yang berwarna kehitaman, Anda bisa melihat pemandangan Pulau Bali dari jarak jauh. Banyak sekali acara-acara di gelar di tempat ini, seperti Banyuwangi Beach Jazz Festival—satu-satunya festival musik Jazz di Indonesia yang diadakan di pantai.

Tidak ketinggalan acara-acara lokal seperti Sewu Gandrung, sebuah tarian kolosal yang dibawakan oleh lebih dari seribu penari, akan membuat Anda betah berada di pantai ini. Sangat disarankan Anda menikmati keindahan sunrise di pantai ini.

Dengan hanya sedikit turis yang datang karena masih pagi, Anda akan mendapatkan sensasi udara dingin dan suasana senyap diiringi dengan panorama indah ketika matahari muncul. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bila Anda berada disana pagi hari menjelang sunrise.

6. Pantai Parang Kursi

ksmtour.com

Pantai yang indah ini terletak di daerah Pesanggaran. Karena akses yang agak sulit, pantai ini belum banyak yang mengetahui. Mengapa pantai ini dinamakan Pantai Parang Kursi? Karena disini terdapat karang besar yang berbentuk seperti kursi.

Walaupun agak sulit untuk dicapai, Anda akan bahagia mendapati keindahan di sekeliling pantai ini. Pantai ini berwarna biru dan berpasir putih kemerahan. Anda bisa bayangkan betapa indahnya pantai ini. Bagi para pelancong yang suka akan Susana tenang, cocok sekali pantai ini bila Anda kunjungi. Untuk melakukan swafoto, ada batu karang berwarna hijau dikarenakan lumut-lumut yang menempel, untuk Anda jadikan focal point.

7. Pantai Watu Dodol

ulinulin.com

Pantai Watu Dodol sangat strategis karena berada di kawasan pantura. Tidak heran bila banyak sekali turis yang datang kesini. Pantai ini juga sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Anda yang mengadakan perjalanan darat ke dan dari Bali, bisa datang ke pantai Watu Dodol dengan mudah. Jaraknya dari Pelabuhan Ketapang hanya 2 km.

Di pantai ini, Anda akan menemukan sebuah batu besar dengan diameter 15 meter dengan tinggi sekitar 10 meter. Konon katanya batu ini ajaib, karena dengan cara apapun batu ini tidak bisa dipindahkan. Pemandangan yang indah dengan air lautnya yang biru, bisa membuat Anda merasa rileks dan tenang. Berfoto-foto di batu besar tersebutpun juga bisa menjadi obat yang mujarab bagi kepenatan Anda setelah bekerja.

8. Pantai Trianggulasi

banyuwangibagus.com

Pantai Trianggulasi ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Bagi Anda yang lebih menyukai susasana pantai yang tenang dibandingkan yang hiruk pikuk karena banyak acara, Anda disarankan mengunjungi pantai ini.

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang membentang. Berfoto, berjemur, dan bersantai bersama saudara atau teman-teman adalah kegiatan yang biasa dilakukan para pelancong disini. Bila Anda ingin berkontemplasi datanglah ke pantai ini, maka Andapun akan merasa sangat rileks.

Saat sunset, biasanya akan ada rusa-rusa yang berlarian di bibir pantai. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat istimewa. Jangan lupa Anda harus selalu siap dengan kamera atau ponsel berkamera Anda, agar Anda bisa mengabadikan keberadaan rusa-rusa di pantai tersebut.

9. Pantai Penyu Sukamade

ngelencerbanyuwangi.com

Pantai Penyu Sukamade berada di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini sangat istimewa karena terdapat penyu-penyu yang datang dari daratan untuk bertelur di pantai ini. Itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai Penyu Sukamade.

Pantai inipun akhirnya menjadi tempat penangkaran telur penyu. Ketika Anda disini, Anda bisa bermain-main dengan penyu dan membantu melepaskan tukik atau telur penyu yang sudah menetas, ke pantai. Penyu-penyu ini biasanya datang ke pantai sekitar jam 19.30, jadi Anda juga harus berada disana sekitar jam ini untuk melihat penyu.

Jika Anda tertarik datang ke Banyuwangi setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk merencanakannya jauh-jauh hari agar semua yang Anda inginkan bisa terpenuhi. Jangan lupa juga untuk selalu membawa keperluan pribadi Anda selama Anda berada di Banyuwangi.

Terutama bagi Anda yang harus mengkonsumsi obat-obat tertentu dari dokter Anda. Hal ini agar perjalanan Anda tidak terganggu. Semoga artikel mengenai Wisata Pantai Banyuwangi ini bisa berguna bagi Anda dalam menentukan pantai-pantai mana saja yang harus Anda datangi di Banyuwangi.



Leave a Reply