18 Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  May 11, 2018  0 Comment

Jawa Tengah merupakan provinsi yang sangat luas dengan beragam kondisi geografis mulai dari pegunungan, gunung, dataran rendah hingga pantai. Dengan kondisi ini, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam, ada banyak lagi destinasi menarik lainnya yang wajib untuk dikunjungi mulai dari wisata budaya, geologi, arsitektur, hingga wisata bersejarah. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Jawa Tengah

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

BolehTanya.com

Pantai Teluk Penyu dikenal memiliki panorama yang indah dengan ombak yang tinggi. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana seperti watersport, berenang, hingga bermain voli pantai. Jika sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan upacara sedekah laut yang diadakan oleh warga setempat. Terletak di Cilacap, objek wisata ini sudah menyediakan fasilitas yang memadai seperti tempat ibadah, gazebo, toilet, perahu, dan kolam pemancingan. Dari pantai ini, wisatawan dapat menyeberang ke Nusakambangan.

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Lawang Sewu: Pesona Gedung Tua Penuh Sejarah. Beneran Angker?

2. Baturaden

Baturaden

anekatempatwisata.com

Di salah satu sisi lereng dari Gunung Slamet, terdapat tempat wisata alam yang sangat sejuk dan asri yang tak lain adalah Baturaden. Destinasi ini menawarkan beberapa tempat wisata yang menarik di antaranya adalah Pancuran Pitu yang berupa pemandian air panas alami, Telaga Sunyi yang merupakan mata air alami, Kaloka Widya Mandala yang merupakan kebun binatang sejak tahun 1995, Teater Alam Baturaden, dan Bumi Perkemahan. Baturaden terletak di Karangmangu atau berjarak sekitar 15 dri Purwokerto. Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap hari.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur

JejakPiknik.com

Ini adalah ikon wisata yang paling populer sebagai tempat wisata di Jawa Tengah. Berada di Magelang, destinasi ini berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Candi peninggalan agama Buddha ini merupakan Candi Buddha terbesar di dunia sehingga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di candi ini terdapat 1460 relief dan juga 504 stupa yang masih terjaga keasliannya sampai saat ini. Dengan keindahannya itu, tidak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga :  15 Tempat Wisata Di Semarang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Medium.com

Jika Borobudur merupakan candi peninggalan Buddha, Jawa Tengah masih memiliki candi lainnya yang merupakan peninggalan Hindu yaitu Candi Prambanan. Candi ini memang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. sangat identik dengan cerita legenda Roro Jonggrang. Candi Prambanan juga merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. pernah mengalami beberapa kali pemugaran setelah gempa tahun 2006 silam.

5. Puri Maerokoco Semarang

Puri Maerokoco Semarang

JejakPiknik.com

Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus mengenal budaya Jawa Tengah secara lebih mendalam, destinasi ini merupakan pilihan yang tepat. Tempat ini juga sering dijuluki sebagai Taman Mini Indonesia versi Jateng. Di sana Anda dapat melihat beragam kebudayaan khas Jawa Tengah seperti rumah adat, pakaian adat, hingga permainan tradisional. Tentunya destinasi ini sangat cocok untuk pilihan tempat liburan bersama keluarga.

6. Kota Lama

Kota Lama

kangenwisata.id

Kota Lama di Semarang merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Kota ini adalah pusat pemerintahan Jawa Tenagh yang dulunya adalah kawasan pemerintah kolonial dan dulu menjadi pusat perniagaan. Di sana terdapat banyak bangunan menarik seperti Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, Pabrik Rokok Praoe Lajar, PT Pelni, Polder Air Tawang, dll. Menariknya, saat berkunjung ke sana Anda dapat singgah di berbagi tempat kuliner yang khas Eropa seperti Toko Oen yang dikenal dengan menu es krimnya.

7. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Pegipegi.com

Ini juga merupakan salah satu wisata sejarah di Semarang yang sangat ikonik. Lawang sewu adalah bangunan peninggalan zaman kolonial yang memiliki banyak sekali pintu. Dulunya, bangunan ini digunakan sebagai kantor pusat perekeretapian di Semarang. Saat berkunjung ke sana, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai miniatur kereta yang dipajang. Di malam hari, tempat ini dikenal memiliki aura yang mistis. Hal ini mungkin karena tempat ini ternyata juga memiliki ruang bawah tanah.

8. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

portalwisata.co.id

Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 dan mengadopsi arsitektur Romawi, Islam, dan Jawa. Para pengunjung di sana dapat menaiki tower masjid sekaligus melihat keindahan kota Semarang dari atas ketinggian. Keunikan dari masjid tersebut adalah memiliki 6 payung raksasa seperti di Masjid Nabawi yang ada di Kota Suci. Bagi yang ingin mengadakan acara, masjid ini juga sudah dilengkapi aula khusus untuk disewakan.

9. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Nolkmjogja.blogspot.co.id

Di Karanganyar, terdapat sebuah objek wisata air terjun yang sangat terkenal yaitu Tawangmangu. Objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung setiap tahun. Biasanya objek wisata ini banyak dikunjungi saat musim penghujan karena debit airnya lebih besar sehingga terlihat lebih megah. Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola bagi para pengunjung juga semakin lengkap. Pengunjung di sana juga akan dimanjakan dengan panorama pepohonan yang hijau dan asri serta kera – kera yang berkeliaran dengan bebas.

Baca juga :  Intip Yuk! 10 Destinasi Wisata Ala Maudy Ayunda

10. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

visitcentraljava.com

Sama halnya dengan Yogyakarta, Jawa Tengah juga memiliki keraton tepatnya di Surakarta yang dikenal dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Ini adalah peninggalan rasa Islam di jaman dulu. Keraton ini dibangun pada tahun 1744 oleh Paku Buwana II. Di sana, para pengunjung dapat menjumpai berbagai macam barang dari peninggalan keraton dan fragmen berbagai candi di Jawa Tengah. Panggung Sanggabuwana merupakan bagian keraton yang sarat dengan nilai sejarah dan mistis. Konon, di tempat ini Susuhan melakukan semedi dan bertemu Nyi Roro Kidul.

11. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

oxfordinfantil2.wordpress.com

Ini adalah sebuah kolam renang air tawar raksasa yang hadir dengan konsep seperti lautan. Karena mengusung konsep laut, di dalamnya pun terdapat batu karang, ikan, dan berbagai macam pernak perniknya. Selain dapat bermain air, para pengunjung biasanya akan berpose dengan berbagai atribut yang ada di dalam kolam tersebut seperti kursi, motor, laptop, dan masih banyak lagi. Karena saking indahnya, tidak sedikit calon pengantin yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk foto prewedding.

12. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

rahmawatie.com

Selain dikenal memiliki ombak yang besar, pantai di laut selatan juga memiliki garis pantai yang menawan, salah satunya adalah Pantai Karang Bolong di Kebumen. Pantai ini dikenal hingga ke mancanegara dengan bukit – bukit karangnya yang indah. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat berwisata dengan nyaman karena di sana ada banyak pohon kelapa yang akan semakin menambah kesegaran. Di sekitar pantai ini terdapat rumah – rumah burung walet di dalam gua seperti Gua Pasir, Karang Bplong, dan Karangduwur. Menariknya, para petani walet di daerah setempat biasanya akan menggelar ritual khusus untuk memohon keselamatan sebelum memanen air liur walet. Hal ini medan sarang walet ini cukup berbahaya.

13. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Malesbanget.com

Datarang Tinggi Dieng atau Dieng Plateu terletak di Wonosobo. Ini adalah sebuah daerah sejuk yang terletak di ketinggian 2000 meter dpl. Di sana terdapat sebuah kawah gunung berapi aktif. Dieng dikenal memiliki udara yang sejuk dengan panorama yang asri. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat sebuah candi Hindu yang ada di sekitar lokasi. Tiga landmark yang paling terkenal dari Dieng adalah Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda di mana masing 0 masing memiliki cerita legenda menarik.

Baca juga :  25 Makanan Khas Jawa Tengah Enak Populer Jadi Incaran Wisatawan

14. Karimunjawa

Karimunjawa

indonesiaexplorer.net

Ini adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling indah dan dikenal dengan surga bawah lautnya. Sebenarnya Karimunjawa adalah cagar alam laut yang dilindungi. Karimunjawa memiliki garis pantai yang menawan dengan kekayaan laut yang luar biasa meliputi terumbu karang, ikan, dll. Dari Jepara, lokasi ini berjarak sekitar 83 km. Beragam aktivitas seru dapat Anda lakukan di sana seperti berenang, menyelam, snorkeling, dan memancing di pantai.

15. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar

KSMTour.com

Ini adalah salah satu gua tercantik di Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Kebumen. Gua ini menawarkan pemandangan gua kapur yang memiliki stalaktit dan stalakmit berukuran besar. Konon gua ini adalah tempat bertapa Raden Kamandaka, Putra Mahkota Kerajaan Pajajaran. Kisah pertapaannya digambarkan melalui 32 patung yang ada di dalam gua. Menariknya, gua ini memiliki 7 sungai yang mengalir di dalamnya. Namun pengunjung tidak diijinkan mandi di dalam gua. Sebagai alternatif Anda dapat mandi di kolam air di luar gua. Lokasi objek wisata ini berada di Jalan Jatijajar, Kec. Ayah. Objek wisata ini buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

16. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran

coretansaksenengku.blogspot.co.id

Destinasi yang satu ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia sejak tahun 1995 yaitu sebagai situs arkeologi terpenting di dunia. Di Sangiran inilah tempat ditemukannya rahang bawah Pithecanthropus erectus untuk yang pertama kalinya. Situs ini menampilkan fosil – fosil manusia purba. Di sana terdapat sekutar 14.000 fosil manusia purba sehingga menjadikan museum ini sebagai museum dengan koleksi terlengkap di Asia. Museum ini memiliki luas 16.675 meter persegi dengan fasilitas ruang terbuka dan fasilitas umum. Lokasi museum ini terletak di Jalan Sangiran Km 4, Krikilan, Sragen. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB.

17. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

travel.detik.com

Ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini didirikan pada abadk ke-15 yakni apda masa pemerintahan Radeh Patah di Kesultanan Demak. Konon, masjid ini dibangun hanya dalam waktu 1 malam oleh Wali Songo. Masjid ini memiliki bangunan dengan arsitektur khas Jawa. Masjid Demak memiliki ciri khas atap berbentuk limas bertumpang, terdapat bangunan induk, serambi, dan disangga oleh 4 tiang utama. Di kompleks masjid ini juga terdapat area pemakaman raja – raja kesultanan Demak, termasuk Raden Patah.

18. Brown Canyon

Brown Canyon

KSMTour.com

Tempat wisata di Jawa Tengah ini awalnya adalah area bekas galian bukit. Namun siapa yang menyangka bahwa destinasi ini menjadi bukit – bukit batu curam seperti Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Anda sekarang dapat mengunjungi tempat wisata ini untuk sekedar berfoto atau naik ke bukit – bukitnya untuk menikmati panorama yang indah dari atas. Brown Canyon berada di perbatasan kabupaten Demak dan Semarang yakni di Rowosari, Tembalang.

Demikian 18 tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi. Setiap destinasi tersebut menawarkan daya tarik dan keunikan masing – masing yang menjadikannya istimewa dan banyak diminati oleh wisatawan. Apakah Anda pernah mengunjungi salah satunya?



Leave a Reply