Berkunjung ke Kota Wali? Berikut 10 Tempat Wisata di Demak


prita  June 1, 2021  0 Comment

Demak adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata religinya. Disini kamu bisa menemukan salah satu makam salah satu Wali Songo yang cukup terkenal, yaitu Sunan Kalijaga dan salah satu masjid yang cukup tua yaitu Masjid Agung Demak. Selain wisata religi, Demak ternyata juga memiliki sederet tempat wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Bila kamu ada rencana berkunjung ke Demak, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Tempat wisata di Demak

1. Pantai Morodemak

Pantai Morodemak
idntrip.com

Tempat wisata di Demak yang patut untuk dikunjungi yang pertama adalah Pantai Morodemak. Pantai ini dikenal sebagai salah satu wisata alam di Demak yang sering dikunjungi karena memiliki pemandangan yang menawan.

Pantai Morodemak berada tak jauh dari pusat kota dan mudah dijangkau dengan segala transportasi. Tak hanya itu, pantai ini juga cocok sekali bagi kamu yang sudah rindu dengan suara deburan ombak. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain air hingga memancing atau hanya sekedar bersantai sambil berfoto-foto. Jika berkunjung kesini, pastikan untuk mencicipi seafood yang banyak ditemui disana.

review wisata

Wisata Religi Ke Sunan Giri Gresik

Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi

2. Pantai Morosari

Pantai Morosari
idntimes.com

Selain Pantai Morodemak, tempat wisata di Demak yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Morosari. Pantai ini juga terkenal memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan Pantai Morodemak, tak heran jika pengunjung pantai ini cukup banyak.

Pantai Morosari memiliki suasana yang cukup romantis, terutama saat matahari terbenam. Kamu bisa menyewa perahu di pantai ini untuk bisa merasakan secara langsung keindahan laut yang tenang. Kamu akan dibawa mengitari laut lepas disini sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya.

3. Hutan Mangrove Morosari

Hutan Mangrove Morosari
mahfud-site.blogspot.com

Puas menikmati keindahan pantainya, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Hutan Mangrove Morosari yang berada di kawasan Pantai Morosari. Bisa dibilang hutan mangrove ini menjadi wisata terbaru di Demak, namun sudah cukup banyak menyedot perhatian wisatawan.

Sebelumnya kawasan ini merupakan sebuah perkampungan kecil yang kemudian penduduknya berinisiatif untuk membangun sebuah destinasi wisata hutan mangrove. Akses jalan menuju salah satu tempat wisata di Demak ini memang terbilang agak susah, namun setibanya disana kamu akan disuguhi dengan nuansa sejuk dan asrinya hutan mangrove.

4. Pantai Surodadi

Pantai Surodadi
sanjayatour.com

Tempat wisata di Demak yang satu ini juga sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Pantai Surodadi ini berada di Desa Surodadi yang dikenal sebagai wilayah pesisir yang berprestasi dalam pengelolaan tambak dan hutan mangrove.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga sangat aman untuk melakukan aktivitas berenang. Selain itu, pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang sehingga sangat menyenangkan untuk berjalan-jalan di tepi pantai atau bermain pasir di tepiannya.

5. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
phinemo.com

Belum afdol rasanya jika berkunjung ke Demak tapi tidak mampir ke masjid yang satu ini. Masjid Agung Demak tak hanya menjadi salah satu tempat wisata di Demak namun juga menjadi tempat ibadah umat Islam di kota ini.

Masjid Agung Demak tak hanya dikenal sebagai salah satu masjid tertua di Jawa Tengah, bahkan menjadi yang paling tua di Pulau Jawa. Masjid ini memiliki bangunan yang berbeda dengan masjid pada umumnya sehingga menjadikannya sangat unik. Masjid Agung Demak memiliki kubah berbentuk limas dan tersusun tiga. Kubah tersebut dibangun bukan berarti tanpa maksud, kubah tersebut ternyata memiliki arti Iman, Islam dan Ihsan.

6. Museum Masjid Agung Demak

 Museum Masjid Agung Demak
wahanawisata.com

Tempat wisata di Demak selanjutnya juga masih berada di kawasan Masjid Agung Demak, yaitu Museum Masjid Agung Demak. Jika kamu berkunjung di masjid agung, pastikan juga untuk berkunjung ke museumnya.

Museum ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari masjid agung. Disini kamu bisa menemukan banyak sekali peninggalan Wali Songo yang sangat lengkap. Hal ini karena kamu akan menemukan Soko Guru, yaitu tiang utama dari masjid yang di dapatkan dari empat wali, yaitu Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Bonang dan Sunan Ampel. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan beragam benda bersejarah lainnya di museum seluas 4 x 4 meter ini.

7. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga
twitter.com

Demak memang sangat terkenal dengan wisata religinya. Selain Masjid Agung Demak dan museumnya, tempat wisata di Demak berkategori religi selanjutnya adalah Makam Sunan Kalijaga.

Makam Sunan Kalijaga ini memang menjadi salah satu destinasi wisata religi di kota Demak yang sering dikunjungi oleh peziarah yang sedang melakukan ziarah di makam Wali Songo. Saat berada disini, kamu harus melewati masjid dahulu kemudian akan diajak untuk memasuki lorong menuju makam Sunan Kalijaga. Selain makam Sang Wali, disini kamu juga bisa menemukan makam dari kerabat dekat beliau.

8. Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing

Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing
drlaser-indonesia.co.id

Tempat wisata di Demak yang satu ini adalah Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing. Wisata yang satu ini juga sangat cocok bagi kamu yang suka berwisata alam bersama keluarga.

Selain terkenal dengan wisata budaya dan wisata religi, teryata Demak juga terkenal dengan hasil pertaniannya yang melimbah. Sederet hasil kebun di Demak bisa kamu cicipi, lho. Misalnya seperti Jambu Merah Delima dan Belimbing, yang mana kedua buah tersebut menjadi buah khas Demak. Menjadi buah khas Demak tentunya kedua buah tersebut memiliki rasa yang enak dan segar. Tak heran jika kedua buah ini sampai di ekspor hingga ke Negara tetangga. Istimewanya lagi, selain bisa menikmati buah-buahan, disini kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk karena lokasinya yang berada di pegunungan.

9. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng Hok Tek Bio
ferdfound.wordpress.com

Demak memang terkenal dengan wisata religinya, namun tak semua wisata religi adalah untuk Agama Islam, lho. Kamu juga bisa menemukan wisata religi di Demak berupa klenteng, yaitu Klenteng Hok Tek Bio.

Klenteng Hok Tek Bio memang menjadi salah satu tempat ibadah umat Konghucu yang ada di Demak. Klenteng ini memiliki ornamen warna merah yang cerah dan cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun begitu, klenteng ini juga cukup menarik sehingga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Demak. Bahkan para sesepuh yang ada di Kelenteng tersebut tidak keberatan untuk menjadikan kelenteng ini sebagai tempat wisata dan dibuka untuk umum. Namun, pada saat perayaan atau hari-hari besar umat Konghucu klenteng ini akan ditutup untuk umum.

10. Brown Canyon

Tempat wisata di Demak
demaksumilir.blogspot.com

Tempat wisata di Demak yang terakhir adalah Brown Canyon. Brown Canyon memang dikenal sebagai salah satu wisata alam yang cukup sering dikunjungi karena pemandangannya yang indah.

Brown Canyon ini merupakan tebing yang terbentuk karena pengikisan tanah dan bebatuan. Menariknya, hasil pengikisan tersebut justru menampilkan keindahan yang luar biasa di tempat ini. Bahkan kawasan Brown Canyon ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pecinta fotografi karena keindahannya.



Leave a Reply