10 Hidden Gem Semarang dengan Pemandangan Indah


Fida  May 15, 2023  0 Comment

Selain dikenal menyajikan ragam kuliner lezat, Semarang juga menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Beberapa tempat wisata atau tempat makan di Semarang memiliki lokasi yang tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan. Jika bosan dengan keramaian, tidak ada salahnya jika kamu sesekali mencoba datang ke hidden gem Semarang. Dengan suasana sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata, berikut 10 hidden gem Semarang yang wajib kamu datangi. 

1. Brown Canyon Semarang 

10 hidden gem semarang
wisato.id

Bagi kamu yang ingin healing dengan menikmati indahnya pemandangan wisata, Brown Canyon Semarang dapat menjadi tujuan tepat dan tidak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu wisata hidden gem Semarang. Lokasinya yang jauh dari keramaian  serta suasananya yang sepi tentu menjadikan tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menenangkan diri. 

Wisata yang satu ini dulunya merupakan area bekas tambang. Karena memiliki pemandangan alam yang unik dan dinilai mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat, tidak heran jika Brown Canyon Semarang berhasil membuat wisatawan penasaran. Bagi pecinta foto, hidden gem yang satu ini tentu wajib kamu datangi. 

Alamat : Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

2. Bukit Diponegoro

bukit diponegoro
betanews.id

Tidak jauh dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, kamu akan menjumpai bukit dengan suasana yang asri dan alami. Bukit Diponegoro menjadi salah satu wisata hidden gem Semarang yang wajib kamu datangi. Bagaimana tidak, pengunjung yang datang akan disambut dengan suasana sejuk serta hamparan pemandangan hijau yang memanjakan mata. 

Bagi kamu yang ingin melepas penat dari lelahnya aktivitas, Bukit Diponegoro menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi. Selain bersantai, kamu juga dapat berkeliling dan menghirup udara segar. Selain itu, bukit ini juga dikenal menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang snagat memukau. Berfoto dengan latar indahnya pemandangan juga menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Semarang Romantis Banget Wajib Kesini

Alamat : Bukit Senja, Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang. 

3. Gubug Serut 

gubug serut
tribunjatengwiki.tribunnews.com

Rekomendasi hidden gem Semarang berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Gubug Serut. Pernah mendengar sebutan wisata yang satu ini? Gubug Serut merupakan wisata dengan suguhan pemandangan alam yang indah dan memukau. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan aliran air yang jernih. Adanya bebatuan juga menambah kesan indah dan alami. 

Disini, pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas seperti bermain air hingga berenang. Fasilitasnya yang lengkap juga membuat pengunjung betah. Beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya area parkir yang luas, warung atau tempat makan, hingga banyaknya spot menarik dan instagramable. Untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000,- per orang. Terjangkau bukan?

Alamat : Jalan Persen Raya, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. 

4. Pondok Kopi

pondok kopi
topwisata.info

Hiddem gem Semarang yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang butuh healing. Nama tempatnya adalah Pondok Kopi. Sesuai dengan sebutannya, disini kamu dapat mencoba aneka ragam kopi. Selain itu, berbagai hidangan lezat dan menggugah selera juga tidak boleh kamu lewatkan. 

Pemandangan indah yang dapat dinikmati dari ketinggian menjadi salah satu ciri khas dari Pondok Kopi. Dengan begitu, pengunjung dapat nongkrong sembari menikmati udara segar serta pemandangan yang memukau. Kamu dapat sejenak melepas penat sekaligus menenangkan diri dengan melihat langsung indahnya hamparan perbukitan hijau. 

Alamat : Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang.

5. Curug Lawe Benowo

curug lawe benowo
travel.kompas.com

Siapa nih pecinta wisata alam berupa air terjun? Curug Lawe Benowo menjadi pilihan wisata hidden gem Semarang yang menarik untuk kamu tuju. Bagaimana tidak, untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak di pinggir jurang. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan wisata ini belum banyak terjamah manusia sehingga masih sangat terjaga keasriannya. 

Baca juga :  7 Negara Ini Memiliki Tradisi Unik Menyambut Hari Raya Waisak

Pengunjung harus berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 60 menit perjalanan. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan segar. Hal tersebut dikarenakan lokasi air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Ungaran. Pemandangan aliran air yang indah juga akan membuatmu betah berlama-lama. 

Alamat : Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.

6. Wisata Alam Gumuk Reco

wisata alam gumuk reco
semarangpos.com

Wisata Alam Gumuk Reco dapat menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari hidden gem Semarang. Sesuai dengan sebutannya, wisata yang satu ini menyuguhkan indahnya panorama alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat langsung luasnya area perbukitan hijau. Tidak hanya itu, Wisata Alam Gumuk Reco juga memiliki banyak spot instagramable sehingga cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto.

Meskipun harus melewati jalanan terjal dan menantang, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu di tempat wisata yang satu ini. Adanya ayunan langit dan jembatan kaca tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri, Wisata Alam Gumuk Reco menjadi tujuan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Alamat : Jalan Kenongo Kepil, Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. 

7. Cimory Dairyland on the Valley

dairyland on the valley
terkininetwork.com

Tidak perlu bingung mencari tujuan hidden gem Semarang yang menarik untuk didatangi, kamu dapat berkunjung ke Cimory Dairyland on the Valley. Tempat yang satu ini menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi bagi anak-anak. Di saat ini, pengunjung dapat menjumpai adanya mini zoo serta berbagai permainan seru. Beberapa permainan serta pengalaman seru yang ditawarkan diantaranya dapat memberi makan kelinci, burung dara, domba, hingga memberi susu anak kambing, serta menaiki ATV dan kereta.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Bandungan Cocok Untuk Relaksasi

Cimory Dairyland on the Valley sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Suasana sejuk dan segar yang ditawarkan juga akan membuatmu betah dan enggan pulang.

Alamat : Jalan Soekarno Hatta KM 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

8. Candi Gedong Songo

candi gedong songo
inikotasemarang.com

Saat berburu hidden gem Semarang, kamu tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata alam, tetapi juga tempat-tempat bersejarah. Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Candi Gedong Songo. Candi bercorak Hindu ini memiliki lokasi di ketinggian, tepatnya berada 1200 meter di atas permukaan laut. 

Selain menyusuri dan mempelajari sejarah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Bersantai dan menikmati indahnya sunset juga menjadi hal  seru yang wajib kamu coba. 

Alamat : Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang. 

9. Mawar Camp

mawar camp
tribunjatengwiki.tribunnews.com

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya jika kamu berburu hidden gem Semarang. Mawar Camp menjadi salah satu tujuan tepat bagi kamu yang ingin sejenak melepas penat. Berbagai aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan diantaranya bermalam mendirikan tenda, mmebuat api unggun, hingga menikmati indahnya city light Kota Semarang dari ketinggian. Asik sekali bukan?

10. Museum Kota Lama

museum kota lama
regional.kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata hidden gem Semarang yang tidak boleh dilewatkan yakni Museum Kota Lama. Museum yang satu ini menyimpan banyak pengetahuan di dalamnya, salah satunya adalah tentang berdirinya Kota Semarang. Dengan sentuhan teknologi, Museum Kota Lama menjadi museum modern yang sangat menarik kamu datangi. 

Alamat : Jalan Cendrawasih No. 1A, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. 

youtube.com/@AgungSetyawanMountainWind

Nah, itulah daftar rekomendasi hidden gem Semarang dari GoTravelly. Setelah membaca artikel di atas, kira-kira tempat mana yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply

Index