122 views | 0 Likes

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik yang Instagramable di Semarang

5 star (from 1 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 02 December 2019, 23:19:42
therika21
Sightseeing

Sedang berwisata di dataran tinggi Semarang? jangan lupa untuk mengunjungi Ayana Gedongsongo yang berada di Kawasan Candi Gedongsongo Semarang. Tempat yang unik, masih baru, dan instagramable.

How to Get There

Pada bulan April 2019 yang lalu, saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi Ayana Gedongsongo Semarang. Ayana Gedongsongo ini merupakan objek wisata yang masih terbilang baru di Semarang. Letaknya di Bandungan Semarang, berada di dataran tinggi Semarang. Kawasan wisata ini masih terletak satu komplek dengan Candi Gedongsong.

Malam hari rombongan kami berangkat dari Jakarta menuju Semarang dengan menggunakan bus, samapi di Semarang sekitar pukul 04.00 pagi. Kami langsung menuju Ayana Gedongsongo. Sampai di Ayana Gedongsongo, saya pun bergegas menuju kamar mandi untuk mandi pagi. Untuk kamu yang datang subuh atau pagi, tidak usah khawatir, karena disana banyak sekali kamar mandi dengan tarif Rp 3000 saja. Airnya berlimpah dan sejuk, ditambah lagi kamar mandi dan toilet yang bersih. Pagi itu saya mandi dan merasakan kesejukan udara Semarang.

 




What to Do

Rombongan saya pun langsung mengeskplore keindahan Candi Gedongsongo pertama kali. Untuk tarif masuk Candi Gedongsongo dan Ayana Gedongsongo, tidak jadi satu alias terpisah. Tarif Candi Gedongsongo sendiri yaitu Rp 10.000 untuk satu orang. 

ayana gedongsongo


ayana gedongsongo

Setelah puas mengeksplore Candi Gedongsongo, saya dan rombongan menuju pintu keluar, dan ternyata di pintu keluar, terdapat jalan menuju kawasan wisata Ayana Gedongsongo. Kami pun membeli tiket masuk Ayana Gedongsongo sebesar Rp 20.000. Saat memasuki kawasan wisata Ayana Gedongsongo, saya langsung bersemangat, karena banyak sekali spot unik dan lucu yang bisa digunakan untuk berfoto, tidak heran jika Ayana Gedongsongo ini deiberi julukan tempat wisata yang instagramable.

ayana gedongsongo


ayana gedongsongo

ayana gedongsongo


ayana gedongsongo

ayana gedongsongo

ayana gedongsongo

ayana gedongsongo

Berhubung saya dan rombongan datang saat weekend (hari Sabtu), maka tempat ini lumayan penuh dengan pengunjung yang ingin berlibur, sehingga ada spot yang memerlukan antrian kalau ingin berfoto. Seperti spot foto ini :


ayana gedongsongo

Kami tidak dapat berlama-lama mengambil foto, cukup 2-3 kali saja, karena antriannya sudah panjang. Selain antrian spot foto, ada juga spot foto yang berbayar, yaitu spot foto didalam balon besar seperti ini :

ayana gedongsongo

ayana gedongsongo

Spot foto ini dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 dan muat untuk 5 orang, namun, hanya diberi jatah waktu 3 menit saja. Namun bagi kami, 3 menit saja sudah lama sekali, karena di dalam balon besar ini, udara sangat panas, namun demi mendapatkan hasil yang bagus, mau tidak mau kami harus berkorban kepanasan. 

Siang hari setelah selesai mengeksplore Candi Gedongsongo dan Ayana Gedongsongo, kami pun makan siang di warung makan dengan menu sate kelinci. Menurut saya, harga makanan di kawasan wisata ini tidak mahal dan masih masuk akal, sehingga kami tidak segan untuk membeli makan siang di warung sekitar tempat wisata. 

Tips and Trick

Tips berwisata di Ayana Gedongsongo :

1. Datang sepagi mungkin, agar dapat berfoto saat masih sepi

2. Siapkan outfit nyaman dan unik untuk berfoto

3. Kalau bisa, datang saat weekday, karena saat weekend, tempat wisata ini sangat ramai

4. Untuk spot foto berbayar, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu tarifnya

5. Siapkan uang tunai

6. Jika kamu belum sempat mandi, kamu dapat mandi di sekitar wisata Ayana Gedongsongo

7. Jaga kesopanan selama di tempat wisata :)

Gallery (12)

Comments (0)