Explore Afrika Selatan, Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata di Cape Town


sisil angelin  February 18, 2020  0 Comment

Tahukah Anda Cape Town adalah salah satu wisata menarik dan merupakan ibu kota dari Afrika Selatan. Banyak yang menjulukinya sebagai kota pelabuhan, karena terletak di bawah kaki Gunung Meja. Keindahan yang tiada tandingannya menyajikan 10 tempat wisata Cape Town paling banyak dikunjungin wisatawan.
Cape town sendiri dikelilingi dengan dua samudera, yakni Samudera Hindia dengan Samudera Atlantik, serta Pegunungan Hottentots Holland. Sehingga, panorama yang ditampilkan benar-benar sempurna, perpaduan lautan dan pegunungan. Berikut tempat wisata di Cape Town

1. Cape Of Good Hope

 Cape Of Good Hope
seabourn.com


Cape of Good Hope awalnya ditemukan tahun 1488 oleh pelaut Portugis, bernama Bartolomeu Dias. Semenanjung. Wisata ini sejak dulu disebut sebagai lokasi paling selatan Benua Afrika. Ada juga yang menyebutnya Cape of Storm. Sebab, tidak jarang lokasi ini dilanda badai besar.
Pemerintah Afrika Selatan juga memasang garis pemisa diantara dua samudra tersebut. Berupa papan yang bertuliskan “The Most South Western Point of the African Continent”. Tepat pada bagian kiri Samudera Hindia dan kanan dari Samudera Atlantik.
Apabila berkunjung di sana kurang lengkap jika Anda tidak berfoto didepan papan yang populer tersebut. Waktu operasional tempat wisatanya dari pagi hingga malam. Ternyata ada biaya pengunjung yakni 300 ZAR.

Gotravelly

Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

King Of Canai

2. Cape Point

Cape Point
br.pinterest.com


Merupakan wisata alam yang masih berada di Table Mountain National Park. Selain itu, UNESCO juga sempat menobatkan Cape Point sebagai salah satu situs warisan dunia. Agar mencapai puncak Anda dapat melakukan pendakian kurang lebih 30 menit dan berjalan melewati tangga.
Adapun atraksi populer yakni The Flying Dutchman Funicular, serupa kereta api versi kecil. Uniknya dapat memuat penumpah hingga 40 orang. Bayangkan pemandangan yang disuguhkan benar-benar indah, perpaduan pegunungan dan lautan.
Ada pula menara mercusuar tua yang sangat pas dijadikan spot foto. Cape point juga dapat disebut sebagai taman nasional alami. Banyak turis berkunjung ke sana untuk melakukan hiking. Jangan lupa mampir ke resto Two Oceans Restaurant, pemandangannya cantik menghadap ke False Bay.
Lokasi restoran juga sangat menakjubkan, yakni di puncak. Menu yang disajikan berupa seafood yang masih segar. Untuk jam operasional Cape Point antara pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya sekitar 303 ZAR.

3. Table Mountain

 Table Mountain
britannica.com


Table Mountain dapat dikatakan sebagai landmark paling hits di Afrika Selatan. Tempat ini memiliki spot hiking lengkap dengan 350 trails. Sangat pas bagi pengunjung yang menyukai tantangan. Agar sampai ke puncak disediakan juga cable car.
Namun, sebelum Anda memutuskan mendaki Table Mountain dianjurkan mengecek kondisi cuaca. Pasalnya, angin yang berhembus dari atas cukup kencang dan dingin. Sebelum pergi cek dulu cuaca di internet agar dapat pakai kostum yang tepat.
Jam operasional Table Mountain sekitar 08.00 sampai 20.30 waktu setempat. Harga tiket masuk Table Mountain beserta penggunaan cable car sebesar ZAR 330 untuk PP. Anda bisa mencapai tempat ini dengan menaiki bus dari stasiun My Citi atau Two Oceans Aquarium.

4. Private Game Reserve (Safari)

Private Game Reserve
heatheronhertravels.com/


Siapa sih yang tidak tahu Afrika sebagai The Big Five Game. Awalnya, julukan ini digunakan para pemburu yang mengincar lima jenis hewan. Anda bisa melakukan safari liar selama 2 hingga 3 jam. Private Game Reserve menampilkan hewan-hewan khas Afrika seperti singa, banteng, gajah, macan, dan kuda.
Anda juga lebih leluasa mengambil foto hewan-hewan tersebut dari mobil. Uniknya mobil yang ditumpangi olrh pengunjung setengah bak terbuka dan ada atapnya. Pengunjung juga akan dibawa berkeliling dengan pemandu yang disediakan.
Anda dapat menikmati anggur khas Afrika yang telah disediakan oleh pengelola. Lokasi Safari sendiri tidak jauh dari Cape Town, melalui perjalanan selama 2 jamm.

5. BO-KAAP

BO-KAAP
pilotguides.com


Wisata yang satu ini terletak tepat di kaki Signal Hill. Julukan lainnya adalah Malay Quarter, dimana pemukiman penduduk muslim tinggal. Dapat dijadikan wisata bersejarah karena rumah-rumah warga disana sudah dibangun sejak tahun 1768. Hingga sekarang masih terjaga kelestariannya.
Pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut sejarah permukiman Muslim, dulunya adalah budah yang dibebaskan. Museum Bo-Kaap ini dapat dikunjungi setiap hari dengan membeli tiket masuk seharga 20 ZAR. Adapun keunikan dari pemukiman penduduk muslim berasal dari bangunannya, dicat warna warni.

6. V&A Waterfront

V&A Waterfront
tripsavvy.com


V&A Waterfront dulunya merupakan jetty kecil, dibangun oleh Jan Van Riebeeck pada tahun 1645. Awalnya bermaksud membangun stasiun peristirahatan Dutch East India Company. Kini, V&A Waterfront menjadi spot wisata utama yang ingin dikunjungi wisatawan mancanegara.
Selain itu, tersedia pula berbagai tempat belanja yang menyediakan souvenir. Keindahan dari tempat ini ada pada dermaga yang cantik. Terdapat pula monumen Nelson Mandela yang terletak di museum tidak jauh dari lokasi tersebut. Cukup dengan menempuh 10 menit berjalan kaki.

7. Robben Island

Robben Island
britannica.com


Wisata di cape town Dapat dikatakan sebuah pulau yang menjadi rumah Nelson Mandela. Pengunjung bisa pergi ke pulau tersebut diwaktu tertentu, menggunakan boat. Untuk jadwal keberangkatan yagn disediakan yakni jam 09.00 pagi, 11.00 siang, dan 13.00 siang waktu setempat.
Dermaga yang mengantarkan turis ke Robbend Island selalu penuh. Oleh karena itu, ada baiknya datang lebih awal 30 menit. Ada pula paket tur selama 4 jam mengitari pulau tersebut, termasuk dengan penyewaan boatnya.
Keunikan dari tur ke Robben Island adalah pemandu tur yang merupakan mantan narapidana. Pengunjung akan dibawa mengunjungi sel tahanan yang ditempati Nelson Mandela dulunya, kamar nomor 466/64. Wisata ini buka setiap hari dan untuk mengunjunginya Anda bisa menyiapkan anggaran ZAR 360.

8. Nobel Square

Nobel Square
ttnotes.com


Wisata di Cape town Lokasi Nobel Square berada tidak jauh dari V&A Waterfront. Anda dapat menemukan patung dari Nelson Mandela, penerima Nobel Perdamaian Dunia dari Afrika Selatan. Tidak hanya itu, ada patung Desmond Tutu, Albert Luthuli, dan FW de Klerk.
Ukuran patung-patung ini serupa dengan tokoh aslinya. Terlihat dari tinggi patung-patung berwarna perunggu tersebut setinggi ukuran aslinya. Jam operasional Nobel Square dari pukul 09.00 sampai 21.00 waktu setempat. Anda bisa mengunjungi Nobel Square menggunakan MyCiti Bus dengan menempuh perjalanan selama 10 menit.

9. Pantai Boulders

 Pantai Boulders
kumparan.com


Kurang rasanya jika pergi ke Cape Town tidak mengunjungi pantainya. Pantai Boulders berlokasi di Simon’s Town dan dilindungi teluk. Pantai tersebut merupakan rumah bagi 2.000 lebih penguin Afrika yang saat ini terancam punah.
Jadi, jangan heran dengan pemandangan pinguin yang berkeliaran bebas dipantai. Para pengunjung juga dapat melihat langsung sarang dan telur penguin Afrika. Benar-benar momen langka yang sayang dilewatkan. Harga tiket masuknya sekitar 75 ZAR. Untuk mencapai Pantai Boulders dapat menggunakan sepeda sewaan dari Simon’s Town.

10. Stellenbosch

Stellenbosch
velvetescape.com

Tempat wisata di Cape Town terakhir adalah stellenbosch, sebuah kota yang ditempuh dengan perjalanan 1,5 jam. Kota terbesar kedua yang ditinggali oleh mayoritas penduduk Eropa. Keunikan kota ini, tiap sudutnya dikelilingi pohon oak, jadi dikenal sebagai ‘The City of Oaks’
Dari aspek pendidikan terdapat pula universitas terkenal yakni Stellenbosch University. Jangan lupa cicipi juga wine khas dari Afrika Selatan. Banyak kebun anggur bertebaran dikawasan kota yang dapat dikunjungi setiap saat.



Leave a Reply