Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

Hutan Pinus Samparona baubau

pribadiganda | Tourist
Bau Bau, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Family Trip
18 May 2020


Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau
Hutan Pinus Samparona kini sudah jadi salah satu wisata andalan masyarakat Kota Baubau. Banyak wahana asyik yang bisa dinikmati bersama pasangan maupun keluarga.

How to Get There

Hutan pinus selalu memiliki daya tarik untuk menjadi objek wisata. Di Kota Baubau sendiri misalnya, Hutan Pinus Samparona selalu dikunjungi masyarakat untuk berlibur di akhir pekan. Terlebih setelah destinasi wisata ini direvitalisasi tahun 2018 lalu.

Lokasi Hutan Pinus Samparona cukup mudah untuk dijangkau, hanya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Baubau. Terletak di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio, akses ke sana melalaui jalan poros Baubau-Pasarwajo.

Hutan pinus samparona bau bau
hutan pinus di bau bau
Sebelum masuk ke Hutan Pinus Samparona sejauh satu kilometer dari jalan poros, pengunjung lebih dulu melewati sebuah lapangan. Lapangan itu dinamakan Bumi Perkemahan Samparona yang setiap tahun digunakan sebagai lokasi perkemahan kegiataan pramuka siswa sekolah.


Sepanjang perjalanan masuk, pengunjung diharapkan berhati-hati karena aspal ruas jalanan agak rusak. Begitu tiba di gerbang dalam hutan pinus, pengunjung langsung dapat menghirup sejuknya udara yang berhembus. Pohon-pohon pinus tinggi menjulang seakan menyambut siapa saja yang datang dan ingin mengabadikan momen seru berwisata di sana.

Hutan pinus keren di bau bau

What to Do

Pada bagian utara hutan pinus, pengunjung bisa menemukan Taman Ke Hati. Di sini terdapat beberapa gazebo untuk beristirahat. Menyantap bekal ditemani pasangan sambil menikmati pemandangan bunga-bunga di sekitar, pasti menambah kesan romantis pengalaman wisata.

wisata menarik di bau bau
tempat wisata di bau bau
Nuansa hijau alami memang dapat menyegarkan pandangan. Rumput-rumput yang tumbuh rendah dan teratur rapi, dipastikan agar pengunjung tetap nyaman mengelilingi area hutan pinus.


Setiap sudut kawasan wisata ini bisa menjadi tempat berfoto yang keren. Di kelilingi pohon-pohon pinus yang berjejer rapi, menjadi latar foto yang manis saat dipajang di media sosial. Murai yang terpampang di sisi bangunan juga tidak boleh dilewatkan sebagai latar yang cantik saat berfoto.

tempat wisata menarik di bau bau
hutan pinus di bau bau
hutan pinus instagramable di bau bau
Pengunjung juga bisa bermain-main dengan sejumlah burung merpati yang dipelihara di dalam Hutan Pinus Samparona. Tidak hanya merpati, rumah kelinci juga punya kelinci-kelinci imut yang bisa jadi teman berfoto.


Di Hutan Pinus Samparona saat ini menyediakan banyak wahana yang menarik untuk dijadikan stan berfoto. Beberapa wahana yang lebih dulu ada memang ada beberapa yang tidak terpakai lagi, salah satunya seluncur gantung (flying fox).

Hutan pinus di bau bau
destinasi wisata menarik di bau bau
hutan wisata keren di bau bau
Sedangkan beberapa wahana tambahan yang kini tersedia, antara lain ayunan, papan seluncur, jungkat jungkit, rumah pohon, jembatan lintas, sepeda gantung, panahan (archery), tembak sasaran (paint ball), dan pelatihan mancakrida (outbound training).


Wahana tersebut juga dilengkapi dengan beberapa dekorasi cantik, berupa menara pandang, payung dan bola gantung, bingkai jam, dan lain-lain. Semua itu dapat dinikmati hanya dengan membayar biaya karcis masuk pengunjung sebesar 5.000 rupiah per orang.

rekomendasi wisata di bau bau
wisata sulawesi
wisata menarik di bau bau
Khusus wahana tembak sasaran, pengunjung harus mengeluarkan tambahan biaya sebesar 100.000 rupiah untuk satu regu berjumlah empat orang. Sementara beberapa wahana lainnya, dapat digunakan hanya pada jam operasional.


Jam operasional wahana setiap harinya dimulai pukul 14.00 sampai 17.00 Wita. Khusus di akhir pekan, Sabtu dan Ahad, semua wahana dioperasikan sepanjang hari, mulai pukul 09.00 sampai 17.00 Wita.

wisata terkenal di bau bau

Tips and Trick
  1. Berkunjunglah bersama pasangan, keluarga, atau teman, agar momen wisata semakin seru

  2. Bawa bekal secukupnya agar tidak kelaparan setelah berkunjung di sini

  3. Tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan

  4. obyek wista menarik di bau bau sulawesi

Where to Stay
Belum ada tempat penginapan yang tersedia di dekat lokasi wisata, karena jarak ke kota lebih dekat dan mudah dicapai.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY