Jelajahi Alam Liar di 10 Taman Nasional di Afrika Selatan


prita  May 3, 2021  0 Comment

Afrika Selatan merupakan salah satu Negara yang sempurna untuk dikunjungi oleh kamu yang pecinta alam dan suka menjelajah menikmati ragam satwa liar di habitat aslinya. Negara ini memang kerap dikunjungi wisatawan untuk berwisata safari, namun tentunya banyak sekali ragam kegiatan alam yang bisa kamu nikmati disini. Untuk menikmati alam Afrika Selatan dari dekat, pastikan kamu bisa berkunjung

Daftar taman nasional di Afrika Selatan yang indah ini

1. Kruger National Park

Kruger National Park
kimkim.com

Taman nasional di Afrika Selatan yang pertama adalah Kruger National Park. Taman Nasional Kruger ini merupakan taman nasional paling populer di Afrika dan kerap menjadi destinasi utama wisatawan saat berkunjung kesana.

Taman Nasional Kruger ini merupakan kawasan yang menarik untuk melakukan tur safari, pasalnya kawasan ini menjadi rumah bagi banyak hewan khas Afrika. Sekitar 150 jenis hewan bisa kamu temukan disini, seperti Zebra dan Antelop. Selain ragam satwa liar yang bisa kamu temukan disini, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

paket wisata murah

Bukit Teletubbies Savana Bromo

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

2. Addo Elephant National Park

 Addo Elephant National Park
shadowsofafrica.com

Sesuai dengan namanya, Addo Elephant National Park menjadi satu-satunya taman nasional terbesar dimana kamu bisa melihat secara langsung mamalia terbesar di habitat aslinya. Addo Elephant National Park ini menjadi salah satu taman nasional di Afrika Selatan yang wajib untuk kamu kunjungi.

Meskipun sebagain besar dihuni oleh gajah, namun di taman nasional ini kamu juga bisa melihat satwa liar lainnya, seperti Singa, Badak, Kerbau dan Macan Tutul. Terlebih lagi, taman nasional yang berada di kawasan pesisir ini menjadi rumah bagi ragam satwa laut, seperti Hiu Putih Besar dan Paus.

3. Table Mountain National Park

Table Mountain National Park
bautrip.com

Jika kamu suka mendaki atau trekking, kamu wajib untuk datang ke Table Mountain National Park. Taman nasional ini menjadi salah satu taman nasional di Afrika Selatan yang menarik karena menawarkan pemandangan paling ikonik, yaitu pemandangan langsung ke Kota Cape Town.

Table Mountain National Park ini merupakan sebuah dataran tinggi yang pada bagian atasnya sering tertutup awan putih. Banyak jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke puncaknya dengan berbagai tingkat kesulitan. Meskipun dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncaknya, namun pemandangan saat tiba di puncaknya akan membuat rasa lelahmu sirna. Pasalnya, tak hanya menawarkan pemandangan kota Cape Town yang menawan, taman ini juga memiliki sejumlah flora dan fauna yang patut untuk kamu saksikan, seperti penguin dan babon.

4. Garden Route National Park

Garden Route National Park
georgeherald.com

Taman Nasional di Afrika Selatan yang layak untuk masuk dalam daftar perjalanan kamu selanjutnya adalah Garden Route National Park. Taman nasional ini terkenal memiliki suasana yang menyenangkan karena memiliki iklim Mediterania yang sedang sehingga sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

Taman nasional ini terdiri dari tiga kawasan lindung yang beragam dengan lanskap pemandangan indah yang memanjakan mata. Misalnya jika kamu berkunjung ke Tsitsikamma, disini kamu bisa menemukan pantai berbatu yang menakjubkan dengan laut yang jernih, pasir pantai yang putih dan memiliki hutan. Tak hanya pantai, disini kamu juga bisa menemukan sejumlah danau yang indah.

5. Marakele National Park

Marakele National Park
redbull.com

Marakele National Park menjadi salah satu taman nasional di Afrika Selatan yang tak boleh untuk kamu lewatkan. Taman nasional yang berada sisi paling utara di Afrika Selatan tersebut memiliki dua ekosistem yang berbeda karena di kawasan sekitarnya ada bagian yang kering dan basah.

Disini kamu juga bisa menemukan ragam fauna dan flora. Salah satu pemandangan menawan yang bisa kamu nikmati disini adalah Pegunungan Waterberg yang indahdan mendominasi taman nasional ini. Taman nasional ini menjadi rumah bagi sejumlah mamalia besar seperti Gajah, Badak dan Singa. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat banyak burung pemakan bangkai yang berputar-putar di sekitar pegunungan.

6. Mapungubwe National Park

Mapungubwe National Park
exploring-africa.com

Kalau kamu suka berwisata sejarah, maka Mapungubwe National Park ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Taman nasional yang berada di perbatasan Zimbabwe dan Botswana ini memang menawarkan sejumlah pemandangan menarik dan memiliki sejumlah situs sejarah penting.

Taman Nasional Mapungubwe ini dibentuk untuk melindungi bekas ibukota Kerajaan Mapungubwe. Di kawasan ini banyak ditemukan arkeologi dan beberapa temuan telah menunjukkan bahwa masyarakat disini dulunya berdagang hingga ke Tiongkok. Disini kamu bisa menikmati indahnya Bukit Mapungubwe yang membentuk benteng yang indah. Kamu bisa mengikuti tur untuk menikmati ragam situs arkeologi yang menarik hingga menyusuri jalan setapak menuju puncak untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

7. Namaqua National Park

Namaqua National Park
sa-venues.com

Taman nasional di Afrika Selatan yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Namaqua National Park. Taman nasional ini menjadi rumah bagi serangkaian fauna dan flora yang luar biasa dan masih dilindungi sampai saat ini.

Disini kamu bisa melihat bunga-bunga liar bermekaran yang berwarna-warni bersinar terang dibawah sinar matahari. Taman ini juga dilengkapi dengan bukit-bukit dan padang rumput yang luas sehingga sangat memanjakan mata. Namaqua menjadi rumah bagi lebih dari 3500 jenis tanaman. Taman ini memang cukup gersang karena iklimnya yang kering, untuk itu waktu terbaik untuk itu waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat bulan Agustus atau September saat musim hujan tiba.

8. Karoo National Park

 Karoo National Park
tripadvisor.com

Karoo National Park juga menjadi salah satu taman nasional di Afrika Selatan yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kawasan taman nasional ini memang memiliki iklim yang gersang, namun pemandangannya tak kalah indah dibandingkan dengan taman nasional lainnya.

Karoo National Park memiliki gurun yang luas membentang dan sangat indah untuk dinikmati. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat Pegunungan Nuweveld yang membuat pemandangan semakin menawan. Sejumlah hewan liar pun bisa kamu temukan di kawasan ini dan menjadikan Karoo National Park sebagai salah satu kawasan yang membuat pengunjungnya selalu ingin kembali.

9. Golden Gate Highlands National Park

Golden Gate Highlands National Park
pinterest.com

Golden Gate Highlands National Park merupakan sebuah taman nasional yang berada dekat dengan Kerajaan Gunung Lesotho. Taman nasional di Afrika Selatan ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat menawan karena tebing batu pasirnya yang indah dan mendominasi kawasan ini.

Disebut dengan nama Golden Gate karena warna yang terlihat pada tebing saat matahari terbenam berwana keemasan. Disini kamu bisa menikmati formasi batuan kuno nan indah untuk dilihat diantara tebing bersejarah. Konon, di kawasan ini juga kerangka dan telur Dinosaurus telah ditemukan.

10. West Coast National Park

West Coast National Park
en.wikipedia.org

Taman Nasional di Afrika Selatan yang terakhir adalah West Coast National Park. Taman nasional yang juga dikenal dengan nama Rainbow Nation ini memang cukup populer dan menjadi favorit banyak wisatawan.

Disini kamu bisa melihat banyak bunga berwarna-warni yang membuatnya seolah seperti lukisan pemandangan yang indah. Berlokasi di pantai barat Afrika Selatan, taman nasional ini didominasi dengan padang rumput bunga, sejumlah pulau dan Laguna Langebaan. Kawasan ini pun menjadi rumah bagi ragam spesies burung yang indah dan menjadi tempat untuk melakukan ragam olahraga air yang menyenangkan.



Leave a Reply