Megah Dan Bersejarah, Berikut 10 Masjid Terbesar di Pakistan


prita  May 8, 2020  0 Comment

Pakistan merupakan salah satu negara yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam. Selain itu, Pakistan juga menjadi negara yang kaya akan budaya. Hal ini tercerminkan dari seni arsitektur bangunan-bangunan di negara ini, salah satunya adalah masjid. Banyak sekali bisa ditemukan masjid-masjid indah di Pakistan, bahkan beberapa diantaranya menjadi masjid yang terbesar di negara tersebut. Nah, jika Anda berencana untuk berlibur ke Pakistan, Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Masjid terbesar di Pakistan berikut ini

1. Masjid Faisal, Islamabad

masjid faisal islamabad
orangesmile.com

Masjid terbesar di Pakistan yang pertama tentunya adalah Masjid Faisal. Masjid ini berlokasi di ibukota negara Pakistan, yaitu Islamabad, tepatnya di kaki Bukit Margalla.

Masjid ini diberi nama Faisal karena pembangunannya diinisiasi oleh Raja Saudi, Faisal bin Abdul Aziz, sebelum saat ini masjid ini dikenal sebagai masjid nasional Pakistan. Masjid Faisal dirancang oleh seorang arsitek yang berasal dari Turki yaitu Vedat Dalokay.

Masjid Faisal memiliki arsitektur yang cukup unik karena tidak memiliki kubah, namun disini terdapat empat Menara setinggi 88 meter yang menjulang tinggi. Tak hanya itu, masjid ini memiliki luas hingga 5.000 meter persegi yang mampu menampung 100.000 jemaah.

Gotravelly

Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi

Pesona Masjid Agung Tuban Seperti Di Negeri Dongeng

2. Masjid Badshahi, Lahore

masjid badshahi lahore
trover.com

Tak hanya Islamabad, Lahore juga memiliki salah satu masjid terbesar di Pakistan bernama Masjid Badshahi. Masjid ini dikenal sebagai masjid paling menakjubkan di kota Lahore dan salah satu situs Islam paling indah di Pakistan. Masjid ini sangat populer kan kerap dikunjungi oleh bangsawan Inggris.

Majid Badshahi ini dibangun di tahun 1673 dan menjadi masjid terbesar di dunia saat itu hingga lebih dari 300 tahun lamanya, sampai tahun 1986 Masjid Faisal di Islamabad selesai. Masjid ini memiliki area seluas 26.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 95.000 jemaah.

Tak hanya terkenal sebagai masjid terbesar, masjid ini juga memiliki arsitektur yang indah dimana Menara dan kubahnya dilapisi dengan marmer putih yang kontras dengan warna merah pada bangunan utamanya. Tak hanya itu, detail arsitektur masjid ini juga sangat luar biasa dengan lukisan dinding yang rumit dan indah.

3. Majid Agung Jamia, Lahore

masjid agung jamia lahore
charcoalgravel.com

Masih di Lahore, masjid terbesar di Pakistan yang satu ini bernama Masjid Agung Jamia. Masjid ini menempati posisi masjid terbesar ketiga di Pakistan setelah Masjid Faisal dan Masjid Madshahi. Masjid ini juga menempati posisi ke 13 sebagai masjid terbesar di dunia.

Masjid yang baru selesai pembangunannya di tahun 2014 ini dirancang oleh Nayyar Ali Dada dengan arsitektur yang terinspirasi dari masjid-masjid terkenal di Pakistan lainnya. Masjid Agung Jamia ini mampu menampung 25.000 jamaah pada area dalam ruangannya dan di area halaman dan aulanya mampu menampung hingga 70.000 jamaah.

4. Masjid Wazir Khan, Lahore

masjid wazir khan lahore
masjid-wazir-khan.business.site

Masjid terbesar di Pakistan selanjutnya juga masih ada di Lahore. Masjid yang bernama Masjid Mazir Khan ini juga tak hanya dianggap sebagai masjid terbesar namun juga terindah di Pakistan.

Masjid ini memiliki area seluas 3.825 meter persegi yang mampu menampung hingga 10.000 jamaah. Selain areanya yang cukup luas, masjid ini juga memiliki arsitektur yang indah dengan Menara dan kubah berbentuk bawang yang khas. Untuk menikmati arsitekturny, Anda harus melihatnya lebih dekat karena dinding luar dan dalamnya sepenuhnya tertutup ribuan mozaik yang indah.

Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Shah Jahan di tahun 1634 ini menjadi rumah bagi beberapa karya ubin mozaik dari zaman Mughal. Selain itu, Anda juga bisa melihat kaligrafi dari ayat-ayat Al-Quran dan puisi Persia yang indah.

5. Masjid Tooba, Karachi

Masjid Tooba
commons.wikimedia.org

Beranjak dari Lahore, masjid terbesar di Pakistan selanjutnya bisa Anda temukan di Karachi. Masjid megah ini bernama Masjid Tooba atau yang sering disebut sebagai masjid bundar.

Masjid ini memiliki kubah tunggal dan dibangun dengan menggunakan marmer putih murni. Arsitek masjid ini adalah Dr Babar Hamid Chauhan yang berasal dari Pakistan dan membangun masjid ini di tahun 1969. Masjid ini memiliki luas hingga 3.280 meter persegi yang mampu menampung hingga 5.000 jamaah. Tak hanya itu, Masjid Tooba juga memiliki spot menarik yaitu sebuah air mancur yang mengarah ke aula utama. Spot ini sangat populer dan biasa digunakan untuk berkumpul di malam hari.

6. Masjid Shah Jahan, Thatta

Masjid Shah Jahan
commons.wikimedia.org

Masjid Shah Jahan di Thatta juga menjadi salah satu masjid terbesar di Pakistan yang wajib Anda kunjungi. Masjid yang dibangun pada abad ke-17 ini terbuat dari batu bata merah yang kemudian di tutup dengan ubin berwarna biru yang khas.

Masjid yang dibangun pada era pemerintahan Raja Mughal Shah Jahan ini sangat terkenal dengan 93 kubahnya. Masing-masing kubahnya dihisasi dengan ubin biru dan putih yang memancar. Tak hanya itu, kubah ini terkenal karena gemanya yang luar mampu didengar dari kejauhan.

7. Masjid Mahabat Khan, Peshwar

masjid mahabat khan peshwar
mapio.net

Berada di barat Chowk Yadgar di Peshwar, Masjid Mahabat Khan juga menjadi salah satu masjid terbesar di Pakistan yang sering dikunjungi. Masjid ini memiliki area seluas 2.800 meter persegi yang mampu menampung hingga 14.000 jamaah.

Masjid yang dibangun pada abad ke-17 ini tak hanya dikenal sebagai salah satu masjid terbesar, namun terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Masjid ini memiliki desain geometris yang sangat menakjubkan dimana interiornya ditutupi ubin yang indah dan lukisan dinding yang rumit.

8. Masjid Aqsa, Rabwah

Masjid Aqsa
en.wikipedia.org

Masjid terbesar di Pakistan selanjutnya adalah Masjid Aqsa atau yang sering disebut sebagai Masjid Rabwah. Disebut demikian karena masjid ini berlokasi di Rabwah, Pakistan.

Masjid Aqsa ini didesain oleh Abdul Rashid atas perintah Mirza Basheer-Ud-Din Mahmood Ahmad. Masjid yang dibuka pada tahun 1972 ini merupakan masjid komunitas Ahmadiyah terbesar di Pakistan yang mampu menampung hingga 18.500 jamaah.  Masjid Aqsa ini memiliki luas hingga 1.650 meter persegi dengan 650 meter persegi untuk area perempuan dan 1000 meter persegi untuk area laki-laki.

9. Masjid Agung Allahabad, Kandiaro

masjid agung allahabad
id.pinterest.com

Masjid Agung Allahabad yang berada di Kandiaro ini juga menjadi salah satu masjid terbesar di Pakistan. Masjid ini tak hanya terdapat tempat ibadah, namun juga tempen pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat universitas, panti asuhan, panti jompo hingga rumah sakit.

Masjid ini memiliki arsitektur yang terinspirasi oleh situs arsitektur Islam tradisional dengan lukisan tangan ubin yang merupakan warisan perdaban Lembah Indus. Masjid seluas 7.400 meter persegi ini mampu menampung hingga 10.000 jamaah.

Masjid Agung Allahabad ini juga memiliki keindahan lainnya, yaitu adanya 101 kubah dengan kubah pertama yang berada di ketinggian 115 kaki, kubah kedua dengan ketinggian 78 kaki dan 99 kubah lainnya berada di ketinggian 26 kaki. Masjid ini juga memiliki sebuah Menara simbolis yang berada di ketinggian 120 kaki yang merupakan symbol kesatuan Allah.

10. Masjid Shahi, Chitral

Masjid Shahi
commons.wikimedia.org

Masjid terbesar di Pakistan yang terakhir adalah Masjid Shahi. Masjid yang berada di kota Chitral ini juga menjadi masjid utama di kota tersebut. Berlokasi di tepi Sungai Chitral, masjid ini juga berada tak jauh dari banteng Chitral.

Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1924 ini merupakan masjid tertua di kota ini karena telah ada sejak kota Chitral ini berdiri. Masjid ini dibangun atas perintah Raja Shuja UL-Mulk. Masjid Shahi ini cukup luas sehingga mampu menampung hingga 20.000 jamaah.



Leave a Reply