10 Obyek Wisata Alam Semarang yang Cocok Buat Petualang


Reni  July 18, 2018  0 Comments

Semarang merupakan ibu kota dari propinsi Jawa Tengah, memiliki wilayah yang cukup luas dan banyak tempat wisata yang menarik sehingga tidaklah mengherankan jika kota ini menjadi tempat berkunjung dari banyak orang.Beberapa obyek wisata yang ada di Semarang sudah terkenal sampai ke se antero nusantara karena unik, warisan dari sejarah jaman dahulu kala. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Di samping itu banyaknya obyek wisata alam Semarang juga semakin membuat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para petualang..

Sekilas Tentang Kota Semarang

Semarang adalah salah satu kota yang ada di Jawa Tengah yang mempunyai banyak keunikan. Salah satu keunikannya yang jarang sekali dimiliki oleh kota-kota lain adalah karena kota Semarang ini dibagi menjadi dua bagian atau wilayah.. Yang pertama adalah yang dinamakan dengan Semarang bawah, yang kedua tentu saja bernama Semarang atas

Namanya saja Semarang bawah maka wilayahnyapun ada di bagian bawah, di dataran yang rendah, sedangkan Semarang atas letaknya ada wilayah atas, di tempat yang lebih tinggi. Kedua wilayah ini sama-sama memiliki obyek wisata yang bisa menarik banyak minat pengunjung untuk datang.

Tempat Wisata Bersejarah Di Kota Semarang

Di Semarang banyak sekali kita jumpai tempat-tempat bersejarah, yang merupakan warisan budaya, peninggalan dari jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Di antaranya ada Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Kawasan Kota Tua, Tugu Muda, Pasar Johar (Yaik Permai) dan Stasiun Tawang.

Baca juga :  10 Cagar Alam di Indonesia Memiliki Pesona yang Luar Biasa

Beberapa tempat bersejarah tersebut ada yang masih terawat dengan baik, ada pula yang terbengkalai, dibiarkan begitu saja. Ada yang masih digunakan, seperti Lawang Sewu sebagai obyek wisata, Gereja Blenduk sebagai tempat ibadah dan Stasiun Tawang. Pasar Johar sendiri kurang lebih dua tahun terakhir ini sudah tidak bersisa lagi, habis terbakar dan belum dibangun kembali.

Wisata Alam Di Kota Semarang Dan Sekitarnya

Selain tempat-tempat bersejarah, yang juga sangat menarik dari Semarang adalah wisata alam Semarang. Wisata alamnya memang tidak berada di kota Semarang melainkan di wilayah lain yang masih masuk dalam kabupaten Semarang, seperti Ungaran dan Ambarawa.

Jika kita mengunjungi Ungaran akan merasakan hawa yang lebih sejuk dibandingkan Semarang karena adanya Gunung Ungaran di dalamnya. Di samping itu keberadaan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong yang lokasinya tidak begitu jauh dari Gunung Ungaran juga menjadi penyebabnya.

Di wilayah yang lokasinya masih dekat dengan Semarang dan Ungaran, yakni Ambarawa juga memiliki hawa yang sejuk, hawa pegunungan karena juga berada di kaki Gunung Ungaran, di dataran tinggi. Inilah jawabannya mengapa hanya di wilayah Ungaran, Ambarwa dan sekitarnya banyak terdapat wisata alam.

Nama-Nama Tempat Wisata Alam Yang Ada Di Semarang

Wisata alam Semarang yang ada di wilayah-wilayah yang masuk dalam kabupaten Semarang memiliki pesona yang luar biasa, menarik sekali untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya oleh mereka yang suka sekali akan petualangan, cocok jika berkunjung ke sini. Berikut ini daftar 10 wisata alam Semarang cocok buat petualang rekomended :

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Baca juga :  23 Tempat Wisata di Jeju Korea Yang Populer Dikalangan Wisatawan

1. Pantai Marina

Pantai Marina

youtube.com/watch?v=hE3vbGZQxYg

Pantai Marina berlokasi di kota Semarang, merupakan pantai yang indah alami. Hawa di pantai sangatlah sejuk karena banyaknya pohon rindang yang tumbuh di sekitarnya. Sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran, beristirahat sejenak dari hiruk pikuknya kegiatan.

2. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

bakpiamutiarajogja.com

Berlokasi di kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, air terjun Kali Pancur menawarkan panorama alam yang sangat cantik. Tinggi air terjunnya kira-kira 100 meter. Air Terjun Kali Pancur memiliki hubungan yang erat dengan Rawa Pening karena air terjun ini mengalirnya ke sungai kecil, dari sini bermuara ke Rawa Pening.

3. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

limakaki.com

Gunung Ungaran merupakan tempat yang paling cocok bagi para wisatawan yang berjiwa petualang. Mereka bisa melakukan trekking, camping dan merenung di sini. Berada di ketinggian 2.050 mdpl. Terdiri dari tiga puncak, Ungaran, Gendol dan Botak.

4. Rawa Pening

Rawa Pening

cekajah.com

Rawa Pening adalah nama dari sebuah rawa yang airnya bening yang terletak di empat kecamatan, yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru, semuanya ada di kabupaten Semarang. Indah sekali pemandangan alam di sini. Dengan berlatarkan pegunungan yang cantik kita bisa menyusuri danau menyewa perahu sekaligus dengan pengemudinya, melihat permukaan rawa yang dipenuhi oleh tanaman enceng gondok.

5. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

wisatakaka.com

Wisata alam Sidomukti berada di dataran yang tinggi sekali, di Bandungan, kabupaten Semarang. Di sini kita bisa berenang dengan air yang masih segar karena murni berasal dari sumber yang alami. Jika tidak berenang, masih banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, seperti berflying fox dan melakukan kegiatan out bound atau bisa saja sekedar makan dan minum di tempat makan yang disediakan sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah di sekelilingnya.

Baca juga :  25 Tempat Wisata di Gresik Indah Banget dan Murah + Rute Lokasi

6. Pondok Kopi

Pondok Kopi

trivindo.com

Pondok Kopi terletak di Umbul Sidomukti. Dinamakan Pondok Kopi karena memang di sinilah tempat kita bisa duduk-duduk minum kopi dan menikmati cemilan di pondok yang sudah didesain sangat cantik, sepadan dengan panorama alam yang ada disekitarnya, yang begitu mempesona. Pondok Kopi ini berada di luar ruangan dan ada di lahan yang sangat tinggi sehingga dengan leluasa kita bisa melihat keindahan pemandangan di bawahnya.

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

travel.grivy.com

Candi Gedong Songo berlokasi di kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang. Kalau dari Ungaran jaraknya kira-kira 25 km, jika dari Semarang berjarak kurang lebih 45 km. Candi ini letaknya ada di lereng Gunung Ungaran, di ketinggian 1.200 mdpl, jadi hawa di kawasan candi sangatlah sejuk. Gunung Merbabu, Gunung Andong dan sedikit Gunung Merapi bisa kita lihat di sini.

8. Curug Benowo

Curug Benowo

phinemo.com

Di kecamatan Ungaran Barat, di Desa Kalisidi, terdapat air terjun yang sangat cantik bernama Curug Benowo. Jalan setapak yang penuh dengan bebatuan akan kita lalui sepanjang perjalanan menuju air terjun, Akan sangat cocok bagi mereka yang sangat senang berpetualang. Namun semuanya akan terbayarkan jika sudah melihat keindahan air terjun Curug Benowo.

9. Curug Lawe

Curug Lawe

youtube.com/watch?v=-lBNMj7Qtmk

Curug Lawe ini letaknya tidak jauh dari Curug Benowo. Lokasinya masih di Desa Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat. Air terjun Curug Lawe dikelilingi oleh air terjun kecil-kecil yang sama-sama indah.

10. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron

klikalkautsar3.blogspot.com

Obyek wisata alam ini letaknya di Ungaran, lebih tepatnya di kawasan hutan Penggaron, Ungaran, jaraknya kurang lebih 18 km dari kota Semarang. Perhutani adalah pemilik dari tempat wisata ini. Ke depannya dengan pengelolaan yang lebih baik lagi, diharapkan kawasan ini bisa menjadi Jateng Park. Hewan-hewan liar hidup dengan bebas di sini. Obyek wisata ini juga memelihara aneka jenis burung, jumlahnya kira-kira 97 spesies. Antara lain Kadalan Kembang, Kadalan Merah, Merak Hijau dan Elang Ular Bido.



Leave a Reply

One Response
  1. Yoga says:

    Ternyata banyak juga ya wisata alam Semarang