7 Rekomendasi Tahu Bakso Enak di Semarang


Reni  October 3, 2022  0 Comment

Jika anda sedang membutuhkan hidangan cepat saji dan simple tapi sangat nikmat, tahu bakso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Makanan satu ini dapat menjadi camilan maupun lauk yang tepat untuk keluarga anda dirumah. Selain itu saat ada tamu yang berkunjung, tahu bakso juga bisa disajikan. Mau itu anda goreng atau kukus, rasanya tetap nikmat dan praktis.Biasanya selain berisi daging ayam serta sapi, tahu bakso mercon juga dapat anda nikmati lho. Salah satu daerah yang memiliki banyak toko penjual yang enak adalah Tahu bakso enak di Semarang. 

Tips Memilih Tahu Bakso

Tapi sebelum anda mulai membeli, simak dulu tips dalam membeli tahu bakso, agar anda bisa mendapatkan tahu bakso yang sangat enak dan tidak menyesal di kemudian hari,

Tekstur Tahu

Tentunya tekstur tahu yang bagus adalah tetap seperti bentuk awalnya, tidak berubah, miring-miring, dan bahkan akan hancur setelah dimasak. Jika bentuknya malah berubah setelah digoreng ataupun dikukus, maka bisa dipastikan jika kualitas kedelai maupun prosesnya kurang bagus.

Kepadatan Tahu

Kemudian tahu yang berkualitas biasanya memiliki tekstur yang rapi dan kenyal, walaupun tidak terlalu kenyal sampai hancur, tapi tidak terlalu keras juga. 

Kunci dari padat serta kenyal tahu tersebut adalah dari proses produksi yang memakai air berkualitas terbaik. Jadi tidak heran jika ada banyak pabrik tahu pada daerah pegunungan, seperti pada sekitar Gunung Ungaran tersebut.

Aroma dan rasa kecut

Tahu yang diproduksi dengan kualitas bagus biasanya akan dilakukan dengan proses yang rumit. Apalagi dalam memisahkan sari kedelai dan proteinnya akan memakai langkah khusus dan akan memakan waktu yang cukup lama.

Walaupun hal tersebut bisa disingkat dengan memakai zat asam cuka yang sangat banyak, cara ini malah bisa membuat kualitas tahu semakin menurun karena ketika dicium dari dekat akan membuat bau kecut dan saat dikonsumsi akan terasa asam cuka yang berlebihan 

Baca juga :  7 Minuman Khas Nusa Tenggara Pelepas Dahaga Sejukkan Jiwa

Daging dalam tahu bakso

Daging dalam tahu bakso tentunya akan menentukan kelezatan dari makanan satu ini. dengan menggunakan daging yang murni dari sapi maupun hewan berkualitas bagus, dan memakai komposisi daging yang lebih banyak daripada tepungnya.

Untuk hal ini anda dapat melihat tekstur juga warnanya. Tekstur yang lebih padat dengan warna yang lebih pekat biasanya dapat berarti kualitas daging yang dipakai bagus.

Rekomendasi Tahu Bakso Enak di Semarang

Kembali ke pembahasan sesuai judul, di Semarang sendiri terdapat banyak penjual tahu bakso terkenal dan memiliki rasa yang enak. Nah, bagi anda yang ingin mencari Tahu bakso enak di Semarang, berikut rekomendasinya!

Rekomendasi Tahu Bakso Enak di Semarang:

1. Tahubaxo Ibu Pudji 

Tahubaxo Ibu Pudji 
travel.tribunnews.com

Jika anda berbicara mengenai tahu bakso yang berada di Semarang, merk ini pasti selalu dikaitkan. Tahubaxo Ibu Pudji sendiri telah menjadi salah satu merek tahu bakso sapi yang terkenal sampai ke seluruh Indonesia.

Tahu bakso ini adalah khas Ungaran, tetapi anda juga bisa menjumpai banyak cabangnya yang berada di Semarang. Tahubaxo Ibu Pudji sendiri sekarang ini menjadi salah satu produsen tahu bakso yang terbesar dari Ungaran. Jadi jika anda sedang mengunjungi Ungaran maupun Semarang, tahu bakso merk satu ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk saudara di kampung halaman.

Tahu bakso ini sangat cocok bagi anda yang sangat menggemari rempah-rempah karena komposisi makanan ini yang sangat terasa sampai meresap kedalam.

Baca juga :  9 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Solo yang Wajib di Coba 

Untuk anda yang berada di Semarang, Anda bisa mendatangi tokonya yang berada di jalan Sukun Raya, jalan Pamularsih Raya, dan jalan Diponegoro. Tapi bagi anda yang berada diluar kota dan ingin mencicipi Tahubaxo Ibu Pudji ini, anda bisa langsung mengunjungi e-commerce yang menjualnya.

2. Tahu Bakso Murni

Tahu Bakso Murni
indonesiayp.com

Selanjutnya ada Tahu Bakso Murni yang berlokasi di Jalan Pandanaran. Tahu bakso dengan isi daging sapi ini terkenal dengan ukurannya yang cukup besar, kepadatan isi yang melimpah dan rasanya yang gurih.

Sama dengan sebelum-sebelumnya, tahu bakso ini sangat cocok dibuat untuk oleh-oleh maupun dinikmati bersama keluarga dan kerabat. Selain tahu bakso, disana juga tersedia sambal khusus tahu bakso murni yang sangat khas dan nikmat.

3. Tahu Bakso & Bakso Berkah 

Tahu Bakso & Bakso Berkah 
shopee.co.id

Lokasi dari pabrik Tahu Bakso Berkah ini berada di Gayamsari Selatan Raya. Dengan kepadatan isi dari tahu bakso, rasa yang sangat enak, dan beragam macamnya, anda tentunya dapat menjadikan ini oleh-oleh terbaik untuk kerabat.

Selain menjual Tahu Bakso terdapat olahan frozen food lain yang dapat anda temui di sana. Harganya pun cukup murah, yaitu sekitar Rp 12.000 – Rp 28.000 saja. Maka dari itu, tidak heran jika hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi banyak pembeli.

4. Tahu Bakso Ikan Bu Ning

Tahu Bakso Ikan Bu Ning
bukalapak.com

Selain tahu bakso daging sapi dan ayam, terdapat tahu bakso ikan yang juga identik dengan kota Semarang. Sejak tahu bakso telah menjadi salah satu oleh-oleh terkenal yang khas, varian inis ikan ini mulai banyak bermunculan. Salah salah satunya adalah milik Bu Nung yang memakai olahan dari daging ikan Kakap.

Walaupun komposisi tersebut sering digunakan di banyak penjual tahu bakso ikan khas Semarang, anda patut mencoba Tahu Bakso Ikan Bu Ning ini dan memadukannya dengan menu seafood lain dirumah. Anda bisa langsung mengunjungi tokonya yang berada di jalan Wiroto V.

Baca juga :  10 Makanan Kering Khas Semarang Yang cocok Buat Oleh Oleh

5. Tahu Bakso Udang Semarangan

Tahu Bakso Udang Semarangan
jatengprov.go.id

Berbeda lagi dengan sebelumnya yang memakai daging sapi, ayam, serta ikan. Tahu bakso satu ini berisikan daging udang yang sangat tebal dan sangat enak. Dengan harganya yang cukup murah, anda pun bisa menikmatinya sendiri maupun dengan keluarga.

Selain menyediakan tahu bakso udang, terdapat sempolan ayam yang dapat melengkapi sajian di meja makan anda.

6. Tahu Bakso Bu Wahyu

Tahu Bakso Enak di Semarang
jatenglive.com

Tahu Bakso Bu Wahyu sendiri adalah sebuah tempat makan yang lokasinya ada di Jalan Tentara Pelajar. Disana anda bisa menemukan tahu bakso spesial yang berisi daging sapi murni, tahu bakso daging urat, sampai Lumpia rebung dan daging yang sangat khas dengan Semarang.

Baca Juga :

Hangatnya Bakso Cik Sam, Pilihan Menu Bakso-nya Bikin Ketagihan

Untuk harga sendiri adalah mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, anda dapat menikmati olahan tahu bakso dan lumpia yang sangat enak dan nikmat.

7. Tahu Bakso Asli

Tahu Bakso Asli
endeus.tv

Terakhir berada di salah satu pusat oleh-oleh Khas Semarang yang berada di Jalan Letjen Suprapto. Dengan tahu bakso yang padat dan rasa yang sangat enak, anda wajib untuk mencobanya maupun menjadikannya oleh-oleh.

Baca Juga :

Menyantap Lezatnya Bakso Pajero: Bakso Sumsum Jogja Yang Viral

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, karena berada di tempat pusat oleh-oleh Semarang, anda juga bisa menemukan produk lainnya. Dari Lumpia, Wingko Babat, sampai Bandeng Presto yang juga memiliki rasa yang sangat nikmat. Harga yang diperjualkan juga cukup terjangkau, sangat pas untuk anda coba.

Baca Juga :

Pentol Pedes Alesha, Hidden Gem Malang Yang Hits

Jadi diatas adalah beberapa rekomendasi Tahu bakso enak di Semarang dapat anda coba dan jadikan oleh oleh untuk kerabat terdekat.



Leave a Reply