Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

9 Tempat Wisata di Penang Paling Recommended untuk Liburan


Reni  July 23, 2018  0 Comment

Ingin berlibur ke Pepang? Sudahkan anda mengetahui tentang tempat wisata di penang? Pulau Penang atau Pinang adalah sebuah negara bagian Malaysia yang terdiri dari Pulau Pinang dan Seberang Perai. Sesuai dengan namanya, pulau ini terinspirasi dari pohon pinang.

Perang sendiri menjadi salah satu negeri yang terkaya dan termaju di Malaysia. Selain itu, Perang sendiri juga kaya akan keanekaragam budaya, keindahan alam, serta wisata belanja, dan juga wisata kuliner sehingga tak jarang Penang dijadikan salah satu destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan wisatawan asing. Berikut adalah 9 tempat wisata di Penang yang paling recommended selama mengisi liburan kalian :

 

1. Queensbay Mall

capitaland.com

Mall yang berlokasi tak jauh dari bandara Penang ini merupakan salah satu mall terbesar dan terlengkap di Penang sehingga banyak sekali wisatawan asing maupun wisatawan domestik yang berburu untuk berbelanja di Queensbay Mall ini. Semua barang yang Anda cari tersedia di mall ini.

Selain itu, karena letaknya yang berdekatan dengan pantai maka banyak pengunjung yang juga menghabiskan waktu mereka untuk sekedar bermain di pantai. Setelah penat bermain, Anda juga dapat mencicipi kuliner yang sangat menggugah selera yang dapat Anda nikmati di mall ini.

Nah, itu dia 9 tempat wisata di Penang yang paling recommended untuk mengisi waktu liburan kalian. So, buat kalian yang sudah berencana akan pergi ke Negeri Jiran Malaysia, terutama Pulau Penang ini, jangan lupa untuk sekedar main atau berkunjung ke salah satu tempat wisata di penang diatas karena dijamin tidak akan mengecewakan.

 

2. Penang Bridge ( Jembatan Penang )

dccgroup.com.au

Penang Bridge merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia dengan total panjangnya sekitar lebih dari 13,5 km. Jembatan ini menghubungkan antara Bayan Lepas di Pulau Penang dengan Sebrang Prai di daratan Malaysia.

Pada tahun 1985, jembatan ini resmi dibuka sebagai fasilitas umum berupa jembatan bebas hambatan, yang memiliki segudang manfaat diantaranya adalah berkontribusi dalam perkembangan Malaysia di berbagai sektor, meliputi sosial, ekonomi, dan budaya. Karena arsitekturnya yang sangat megah, tidak jarang wisatawan asik mengabadikannya dalam bentuk foto.

 

3. Kek Lok Si Temple

migrationology.com

Kek Lok Si Temple merupakan salah satu kuil Buddha yang telah berusia lebih dari 1 abad yang mana merupakan kuil terbesar di Asia Tenggara. Kuil ini memiliki keunikan tersendiri yakni pada pencampuran ornamen khas Cina (Tiongkok) dengan mengadopsi gaya kuil di Thailand.

Untuk mencapai ke Kek Lok Si Temple, Anda dapat menggunakan sarana transportasi umum berupa bus dari George Town. Kek Lok Si Temple ini tidak memungut sepeser biaya pun bagi pengunjung, namun jika Anda ingin pergi ke pagoda yang terletak di sekitar kuil, Anda harus membayar sebesar 2 RM.

 

4. Plaza Gurney

penang.ws

Plaza Gurney adalah tempat wisata yang pas bagi Anda yang memiliki jiwa “belanja”. Di Plaza Gurney Anda akan melihat berbagai macam toko dengan barang yang bervariasi, mulai dari harga yang murah sampai barang mahal. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk membeli oleh-oleh khas Negeri Jiran.

 

5. Fort Cornwallis

ttnotes.com

Fort Cornwallis merupakan sebuah benteng yang telah berdiri sejak tahun 1786 yang memiliki fungsi sebagai pertahanan Inggris, namun justru beralih fungsi menjadi pusat administrasi. Fort Cornwallis adalah salah satu benteng tertua yang ada di Penang.Seiring perkembangan zaman, Fort Cornwallis di tata serapi mungkin, bahkan lebih seperti taman.

Di samping benteng ini, terdapat tembok yang mengelilingi taman setinggi 3 meter. Karena benteng ini merupakan saksi sejarah sekaligus meninggalkan bukti sejarah, seperti kapel, penjara, meriam, dan juga lampu kuno, maka tak jarang Fort Cornwallis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Penang. Cukup hanya membayar 20 RM, Anda dan keluarga sudah dapat wisata edukasi di tempat ini.

 

6. Penang Toy Museum

thewackyduo.com

Sesuai dengan namanya, Penang Toy Museum berisi lebih dari 100 ribu jenis mainan dari seluruh penjuru dunia. Maka tak heran museum ini sangat digemari oleh anak – anak. Museum ini juga direkomendasi untuk masuk Malaysia Book of Records sebagai museum mainan yang pertama, terbanyak koleksinya, dan tentunya terbesar di Malaysia. Harga tiketnya yaitu sebesar 30 RM atau sekitar Rp 110.000.

 

7. Sri Mahamariamman Temple

depositphotos.com

Sri Mahamariamman Temple merupakan sebuah kuil Hindu tertua yang berada di Penang, yang berlokasi di sekitar kawasan George Town. Kuil ini menyajikan kehebohan ornament kebudayaan Hindu yang terbukti dengan banyaknya patung dewa Hindu. Anda tidak akan dipungut biaya bila mengunjungi kuil ini. Jam operasional Sri Mahamariamman Temple ini yaitu dimulai dari pukul 06.30 hingga pukul 12.00, dan dimulai lagi dari pukul 16.30 hingga 21.00 waktu setempat.

 

8. Pinang Peranakan Mansion

ttnotes.com

Bentuknya yang menyerupai mansion atau rumah yang sangat besar, Pinang Peranakan Mansion memiliki beragam peninggalan sejarah yang unik, seperti artefak kuno, perhiasan, furniture, bahkan hasil pahatan pun ada di dalam mansion ini.

Dahulu kala, mansion ini merupakan rumah dari seorang keturunan Tiongkok yang sangat kaya raya yang sangat cinta akan barang seni. Seiring dengan berjalannya waktu, mansion ini dialihfungsikan menjadi museum barang unik dan terbuka untuk masyarakat umum. Harga tiket untuk masuk ke dalam Pinang Peranakan Mansion adalah sebesar 20 RM atau sekitar Rp 75.000.

 

9. Penang Hill ( Bukit Bendera )

penang.ws

Bukit Bendera atau yang biasa disebut Penang Hill ini adalah salah satu tempat wisata yang berupa satu kompleks perbukitan yang wajib Anda kunjungi selama berada di Negeri Jiran, Malaysia. Untuk mencapai puncak dari Penang Hill, Anda dapat menggunakan kereta wisata, yakni Penang Hill Railway dengan harga tiket sekitar 15 RM untuk anak – anak di bawah 12 tahun serta pelajar, dan 30 RM untuk orang dewasa. Penang Hills Railway ini mulai beroperasi dari pukul 09.00 hingga 23.00.

Namun, jika Anda tidak ingin ke bukit tanpa harus menggunakan Penang Hill Railway, Anda dapat menggunakan alternatif lainnya yakni dengan menggunakan taksi. Hampir semua taksi disini tidak menggunakan argo, jadi perkirakan biaya perjalanan Anda terlebih dahulu kepada petugas ataupun browsing di internet, sehingga Anda perlu kebingungan saat membayar tarifnya.

Selain itu, di Penang Hill ini juga mencakup salah satu tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah dan juga suhu udara yang sangat menakjubkan, yakni Owl Museum. Owl museum berisi karya seni yang bertemakan burung hantu dengan berbagai macam wujudnya, mulai dari patung, souvenir, lukisan burung hantu, hingga merchandise dengan tema burung hantu. Harga tiket untuk Owl Museum sendiri yakni sebesar 10 RM untuk orang dewasa dan gratis untuk anak – anak.



Leave a Reply