7 Tips Traveling Dengan Bus biar lebih Nyaman Dan Menyenangkan


sisil angelin  May 24, 2019  0 Comment

Tips Traveling Dengan Bus yang akan kami ulas berikut membuat perjalanan dengan dengan bus lebih berkesan. Perjalanan wisata adakalanya dilakukan dengan menggunakan bis, baik itu perjalanan wisata di dalam negeri maupun untuk perjalanan di luar negeri memang sangat menyenangkan. Tak hanya bisa melihat banyak tempat tapi juga sensasinya. Berikut ini tips traveling dengan bus yang paling mengasyikkan

1. Pilihlah Jenis Bis yang Sesuai Selera

Pilihlah Jenis Bis

YouTube.com

Begitu jadwal perjalanan wisata sudah ditentukan, maka pada saat mencari tiket bis pilihlah bis dengan sarana yang pelayanan juga interiornya yang sesuai dengan keinginan, supaya perjalanan wisatanya bisa berlangsung dengan nyaman dan tentunya juga sesuaikanlah dengan besar kecilnya anggaran yang tersedia. Pilihan bisnya bisa berupa bus berAC atau bisa biasa yang tanpa AC. Selera dan besar kecilnya anggaran tentu bisa berbeda-beda, ada yang suka naik bus berpendingin udara AC, supaya tidak kegerahan, tetapi ada juga yang sering merasa kedinginan pada saat berada di ruang ber AC dan lebih suka untuk naik bus non AC dan jika gerah cukup diatasi dengan membuka jendela bis. Demikian pula dengan susunan tempat duduknya, ada bis yang dengan susunan kursi 2-2, ada juga yang susunan kursinya di sisi kanan 3 kursi dan sisi sebelahnya 2 buah kursi, dan lain sebagainya. Ada juga bis yang dilengkapi dengan toilet bus ada juga yang tidak. Kalau untuk perjalanan wisata dalam jangka waktu yang cukup lama dan panjang maka sebaiknya pilihlah bis yang menyediakan toilet, karena bisa tidak akan dapat berhenti tiap saat ketika setiap penumpangnya ada yang ingin ke belakang.

review tempat wisata

PUNCAK BUKIT TRUNYAN BALI

Jajan Sate Di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner Yang Bikin Kangen Anak Rantau

2. Cari Informasi Jadwal dan Rute Perjalanan Bis secara Lengkap

Cari Informasi Jadwal dan Rute

Travelingyuk.com

Sebelum membeli tiket bis, juga perlu dicaritahu terlebih dahulu mengenai rincian jadwal perjalanan dan juga rutenya, yakni mulai dari lokasi tempat awal naiknya dari mana, kemudian lokasi tempat akhir turunnya di mana, hingga selama perjalanan itu akan berapa kali bis berhenti atau mampir ke tempat pemberhentian seperti restoran dan lain sebagainya, sehingga Anda dapat menyesuaikan jadwalnya. Cari informasi juga apakah bis bisa berhenti di titik tertentu sebelum sampai ke terminal. Tak jarang ada penumpang yang meminta untuk turun di lokasi tertentu sebelum tiba di terminal terakhir, karena akan lebih memudahkan untuk dijemput atau pun akan lebih dekat dengan tujuan  perjalanannya yang utama.

3. Jangan Makan dan Minum dengan secara Berlebihan

 Jangan Makan dan Minum dengan secara Berlebihan
kalteng.antaranews.com


Tips traveling dengan bus kemudian persiapkan fisik untuk menempuh perjalanan tersebut, yakni dengan makan dan minum cukup terlebih dahulu tapi ingat bahwa jangan juga makan dan minum dengan secara berlebihan. Mengapa? Karena dengan makan dan minum terlalu banyak, maka akan cenderung membuat sering bolak-balik ke kamar mandi atau terpaksa harus menahan buang air, jadi pasti tidak akan bisa nyaman selama perjalanan.

4. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Brilio.net

Sangat penting untuk memilih tempat duduk yang tepat dan nyaman. Pilihlah kursi yang berada di dekat jendela. Kursi yang berada di pojok dekat jendela itu pada umumnya bisa memberi ruang yang lebih leluasa untuk tidur selama perjalanan. Tersedia tempat atau tumpuan pula untuk menyandarkan kepala pada jendela, dan jika bosan maka bisa menikmati pemandangan di luar bis melalui jendela dengan mudah, tanpa harus terhalang oleh penumpang yang lainnya. Namun memang agak repot jika hendak keluar ke toilet misalnya, karena harus melewati penumpang di kursi sebelahnya. Hindari kursi yang berada di dekat pintu atau toilet, juga kursi yang berada tepat di atas roda, karena akan sering mengalami goncangan keras roda sehingga dapat menimbulkan mabuk darat. Sedangkan kursi yang dekat dengan pintu atau toilet akan menjadi tempat yang sering dijadikan lalu lalang oleh penumpang lainnya sehingga akan terasa mengganggu dan kurang nyaman.

5. Bawalah Penunjang Kenyamanan seperti Bantal Leher dan Penutup Mata

Bantal Leher dan Penutup Mata

Brilio.net

Agar dapat duduk dengan nyaman, bahkan supaya dapat tidur dengan nyaman pula selama di dalam bis, maka siapkan juga bantal leher. Sebagai antisipasi juga jika tidak disediakan bantal di dalam bis.

Bawa juga penutup mata supaya bisa tidur nyenyak tanpa terganggu cahaya. Bisa juga membawa kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik silau sinar matahari.

6. Letakkan Tas Besar atau Koper di Bagasi

Letakkan Tas Besar atau Koper di Bagasi
tourjapan.co.id

Pada bis antar kota ataupun bis antar propinsi biasanya tersedia bagasi khusus untuk tas para penumpang, maka taruh saja koper atau tas berukuran besar itu di bagasi bus, karena biasanya kabin bus tidak terlalu besar dan cukup ruang. Jadi tas kecil saja yang dibawa masuk ke dalam bis dan tempat duduk. Tas atau barang bawaan lainnya juga bisa diletakkan di bawah kursi, jadi bisa sekaligus untuk sandaran kaki jika naik bis tidak menyediakannya. Barang-barang berharga sebaiknya dimasukkan ke dalam tas pundak sangkut kecil yang bisa selalu dibawa atau disangkutkan di pundak tiap saat, bahkan ketika sedang tidur sekalipun, atau bisa juga menggunakan tas pinggang.

7. Persiapkan Gadget, Bahan Bacaan atau Alat Musik Kecil

Persiapkan Gadget
Viva.co.id

Kalau merasa bosan selama perjalanan dan rasa kantuk juga tak kunjung tiba, dan masih ingin menikmati pemandangan indah yang tersaji di perjalanan, maka bisa sambil mendengarkan musik. Bawalah pemutar musik, atau dengarkan musik atau siaran radio dari ponsel, jangan lupa download dulu aplikasinya yang antara lain bisa untuk streaming musik dan tak lupa sedia juga powerbank, untuk berjaga-jaga kalau baterai cepat habis. Nah, seandainya daya powerbank habis dan gadget tidak bisa berfungsi, atau memang sengaja dihemat pemakaiannya karena baterai hampir habis, maka persiapkan juga bahan bacaan sesuai selera, dapat berupa buku novel, atau komik atau bahkan buku bacaan berat yang memang belum sempat Anda baca hingga surat kabar bisa menjadi pengisi waktu. Jika itu juga sudah habis atau tamat Anda baca maka Anda bisa menghabiskan waktu dengan ngobrol dan berbincang dengan teman sebelah, teman seperjalanan. Ada banyak topik obrolan percakapan yang menarik yang bisa dipilih, mulai dari tentang cuaca, topik tentang keluarga masing-masing, topik tentang hobi masing-masing, topik tentang pengalaman lucu yang pernah dialami oleh masing-masing, bisa juga sharing mengenai hal-hal aneh yang pernah dialami, atau pengalaman yang tidak mengenakan sekalipun yang pernah dialami terkait dengan pelayanan publik, atau topik mengenai selera musik favorit, topik mengenai kisah cinta masing-masing, topik tentang artis atau selebriti, atau topik tentang politik dan ekonomi dan lain sebagainya ada banyak topik menarik yang bisa diperbincangkan sambil menghabiskan waktu hingga tanpa sadar Anda sudah sampai di tempat tujuan. Selain itu Anda juga bisa sambil bermain musik, bisa dengan membawa alat musik yang berukuran kecil dan ringkas seperti harmonika, atau seruling dan lain sebagainya.
Selain itu, buat mengisi waktu traveler juga bisa main game, membaca e-book maupun update status dan foto di media sosial. Kini juga sudah banyak bus yang menyediakan fasilitas WiFi.

Tutup telinga dengan earphone jika Anda ingin tidur nyaman dan jangan lupa pasang alarm untuk membangunkan dari tidur ketika sudah tiba jadwal jam bisa sampai tempat tujuan.

Jadi pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di perjalanan dengan menggunakan bis adalah bisa dengan tidur guna memulihkan dan menyiapkan stamina, hingga sesampainya di tempat tujuan supaya dalam kondisi yang fresh atau bugar segar, atau bisa dengan membaca bahan bacaan, yang dapat berupa buku atau surat kabar atau novel atau komik dan lain sebagainya sesuai selera. Atau cara lain adalah dengan bermain musik, yakni bisa main harmonika misalnya, atau seruling misalnya atau yang lainnya. Atau bisa dengan melakukan kegiatan santai dan ringan lainnya seperti bermain game atau mendengarkan radio atau musik bisa lewat handphone atau pemutar musik lainnya. Atau Anda juga bisa mencoba untuk berbincang dengan teman seperjalanan sebelah Anda, yang topik perbincangannya bisa beraneka ragam dan banyak sekali yang bisa dipilih sesuai minat dan selera.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 7 tips nyaman traveling dengan bus.



Leave a Reply