Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja, Bikin Dompetmu Adem


Reni  November 7, 2019  0 Comment


Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta dengan segala keistimewaannya. Siapa pun yang pernah menghabiskan waktu berlibur disana pasti akan merasa rindu dan ingin kembali. Banyak hal yang membuat Jogja selalu menarik untuk dikunjungi, seperti kulinernya yang murah, wisatanya yang ciamik serta budayanya yang kental. Kabar baiknya, banyak loh tempat wisata gratis di Jogja yang bisa dikunjungi hanya dengan budget minim.


Untuk urusan keindahan, keseruan dan eksotismenya tempat wisata tersebut sudah tidak diragukan lagi. Penasaran kan dimana saja tempatnya? Simak ulasannya di bawah ini:


1. Malioboro

wisata gratis di jogya
wikipedia


Nama jalan yang kini dikenal sebagai objek wisata ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.Tidak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung kesini. Malioboro yang terletak di jantung Yogyakarta menjadi pusat perbelanjaan. Disini Anda bisa menemukan banyak penjual cideramata, oleh-oleh khas Jogja, kuliner dan masih banyak lagi.
Lokasinya berada di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata mudah dilalui. Anda bisa menggunakan bus trans Jogja, taksi konvensional maupun online, ojek online maupun kendaraan pribadi. Fasilitas yang ada cukup lengkap, seperti ATM, money changer, tempat ibadah, toilet, toko oleh-oleh, dan rumah makan. Selain itu fasilitas pendukung lainnya yaitu dekat dengan penginapan berbagai tipe.


2. Alun-Alun Kidul

wisata gratis di jogya
bonvoyagejogja.com


Bagi penikmat wisata santai, Alun-Alun Kidul harus ada dalam daftar kunjungan liburan. Meski dari namanya alun-alun terkesan biasa saja, tapi alun-alun kidul ini berbeda dari alun-alun lainnya loh. Selain duduk-duduk santai menikmati wedang ronde, jagung bakar atau kacang goreng, Anda bisa berkeliling alun-alun menggunakan sepeda tendem dan odong-odong. Jika menurut Anda terlalu mainstream, mencoba permainan masangin juga cukup menarik.
Aturan permainan masangin juga cukup mudah, Anda hanya perlu menutup mata menggunakan kain lalu berjalan lurus menuju tengah-tengah kedua bringin. Konon katanya, bagi siapa pun yang dapat melewati tengah beringin, maka segala keinginanya akan mudah tercapai.
Alun-Alun Kidul berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta. Akses menuju objek wisata ini juga mudah, dari malioboro sekitar 15 menit ditempuh menggunakan andong atau becak.


3. Hutan Pinus Pengger

tempat wisata gratis di jogya
camerawisata.com


Hutan Pinus Pengger merupakan satu diantara objek wisata alam gratis di Jogja yang wajib Anda kunjungi. Berada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, objek wisata ini menghadirkan pemandangan malam yang sangat menawan. Selain siang hari, banyak pengunjung yang memilih mengunjungi objek wisata ini di malam hari.
Saat berkunjung siang hari, Anda bisa menikmati keindahan alam berupa pohon-pohon yang membentang dari ketinggian. Semilir angin yang berhembus akan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Anda bisa berfoto di atas tangan dewa. Di malam hari selain menikmati keindahan lampu kota, Anda juga bisa berfoto di bawah akar pohon yang dibentuk seperti gerbang. Dua spot ini yang paling terkenal dari Hutan Pinus Pengger.
Jam operasional Hutan Pinus Pengger dari jam 06.00 – 00.00 WIB. Fasilitas yang ada cukup memadai, spot foto, area camping, gazebo, toilet, tempat parkir, warung makan dan mushola.


4. Bukit Bintang

wisata gratis di jogya


Ingin menikmati malam romantis di Jogja? Tidak ada salahnya mengunjungi bukit bintang. Objek wisata yang berlokasi di Area Kebun, Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta ini menjadi salah satu tempat tongkrongan favorit. Lokasinya yang berada di ketinggian, tak ayal pengunjung bisa melihat keindahan kota Jogja dari atas. Dari sini Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam.
Akses jalan menuju Bukit Bintang cukup mudah meski sedikit menanjak. Dapat dilewati oleh kendaraan seperti motor, mobil atau bis. Dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 16 km. Perihal fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap, terdapat warung makan, toilet, mushola, tempat parkir dan tempat duduk memanjang.


5. Gumuk Pasir Parangkusumo

wisata tidak berbayar di jogya
visitingjogja.com


Berwisata ala gurun pasir kini bisa dinikmati di Jogja. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu objek wisata unik yang cukup berbeda dari objek wisata lainnya. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan disini diantaranya seperti sanboarding, duduk santai di ayunan, berfoto, menyaksikan matahari terbenam dan lain-lain.
Berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol, Kretek, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, buka setiap hari mulai jam 07.00 – 18.00 WIB. Biaya masuk objek wisata ini gratis, Anda hanya akan dikenakan tarif parkir. Namun jika ingin menikmati fasilitas sanboarding Anda harus membayar Rp150.000 – Rp200.000 untuk menyewa papan seluncurnya.


6. Tebing Watu Mabur

wisata tak berbayar di jogya
sobatjogja.com


Tebing Watu Mabur merupakan tempat wisata gratis di Jogja lain yang wajib dikunjungi. Dinamai watu mabur karena berupa tebing berbatu yang letaknya di atas ketinggian. Secara sekilas terlihat seperti berada di atas langit. Berlokasi di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, tempat ini memiliki spot-spot foto favorit.

Spot pertama yaitu landasan pacu yang langsung menghadap ke jurang. Saat berfoto disini, Anda akan terlihat seperti berada di jalan yang tak memiliki ujung. Spot kedua yaitu spot yang terbuat dari rakitan bambu yang tidak kalah indahnya. Dari atas landasan pacu, Anda bisa menikmati keindahan matahri terbenam, pegunungan dan sungai-sungai di bawahnya.


7. Studio Gamplong

wisata gratis di jogya
jogja.tribunnews.com


Studio Gamplong merupakan destinasi wisata baru di Jogja yang menghadirkan bangunan semi permanen yang menggambarkan kehidupan zaman abad ke 16 -17. Lokasinya berada di Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Dukuh, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Berkunjung ke destinasi wisata ini Anda bisa sekaligus belajar sejarah kehidupan pada abad ke 16-17. Menarik bukan?
Lokasinya juga cukup terjangkau, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 30 km atau memakan wkatu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Adapun fasilitas yang disediakan seperti toilet, warung makan, galeri, toko souvenir, dan lain-lain.


8. Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta

wisata gratis di jogya
skyscrapercity.com/


Masih seputar destinasi wisata sejarah, kali ini yaitu Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, museum ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi koleksi foto-foto presiden RI dari presiden pertama, galeri lukisan, koleksi guci antik dan koleksi cinderamata antik. Lantai dua berisi koleksi foto wakil presiden RI, foto para pendamping presiden, foto kegiatan, koleksi barang antik, dan galeri lukisan.
Museum ini buka setiap hari senin – kamis mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Fasilitas umum yang disediakan cukup beragam sovenir, perpustakan, toilet, mushola dan parkir luas.


9. Air Terjun Sidoharjo

wisata gratis jogya


Air Terjun Sidoharjo sering disebut juga Curug Perawan atau Air Terjun Perawan. Nama Air Terjun Perawan ini diambil karena konon katanya, wisatawan yang pertama kali datang merupakan seorang gadis Sidoharjo. Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam khas pegunungan yang sejuk dan menenangkan. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan kawanan kera di sekitar air terjun.
Berlokasi di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, tepatnya di Dusun Gondolangu, Desa Sioharjo, dari pusat kota berjarak 30,9 Km. Namun sayangnya fasilitas yang ada diarea wisata masih cukup minim.


10. Bukit Parang Endog

wisata gratis di jogya
pantainesia.com


Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan sunset yang indah berlatar pantai parangtritis dari ketinggian. Pemandangannya yang indah akan sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah foto. Berlokasi di Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Fasilitas yang ada juga sudah cukup memadai yaitu tempat parkir, toilet, mushola dan warung makan.
Daftar tempat wisata gratis di Jogja ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget minim. Selain gratis pemandangan yang diberikan juga sangat indah dan membuat liburan Anda lebih seru dan menarik.




Leave a Reply