13 Tempat Wisata Dieng Paling Indah dan Eksotis Tenangkan Hati


Reni  July 21, 2018  0 Comment

Tempat Wisata Dieng Di Jawa Tengah terdapat Dataran Tinggi Dieng, yaitu kawasan vulkanik yang aktif. Tepatnya berlokasi di Banjarnegara dan Wonosobo. Rata rata Dataran Tinggi Dieng mempunyai tinggi 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhunya juga sangat dingin karena bisa mencapai 6 derajat celcius saat malam hari.

Jika di pagi hari, suhunya dapat mencapai 0 derajat celcius hingga dapat ditemui embun embun beku pada pagi hari. Walaupun tempatnya tergolong daerah yang terpencil, namun tempat ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata paling indah dan eksotis di Indonesia.

Bagi traveller yang suka dengan wisata alam, tempat ini wajib untuk dikunjungi, berikut ini adalah rangkuman sembilan tempat wisata dieng terbaik yang ada di Dataran Tinggi Dieng:

1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng

panduanwisatadieng.com

Pemandangan Sunrise Dieng sangat disayangkan untuk dilewatkan, karena eksotisnya pemandangan Sunrise melalui bukit ini sudah terkenal keindahannya sampai ke luar negri. Tidak jarang akan ditemui wisatawan asing saat pergi kesini.

Perlu dicatat jika mengunjungi bukit ini harus saat musim kemarau sehingga Sunrise tampak lebih jelas, dan tentunya bisa menjadi spot foto yang sangat baik di pagi pagi buta. Banyak hotel dan penginapan yang tersedia disini sehingga wisatawan tidak perlu melakukan perjalanan yang terlalu jauh di pagi hari untuk melihat Sunrise.

Wisatawan dapat menjumpai banyak sekali telaga di sekitar area Dieng ini. Semuanya mempunyai keindahannya masing masing. Berikut ini adalah beberapa telaga yang sangat populer dan indah:

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Blora Pesonanya Menggetarkan Jiwa

review kuliner

Berpetualang Di Negeri Atas Awan Gunung Prau Sambil Menikmati Best Sunrise And Sunset Ever!

Self Grill Meat Ekonomis Ala Jepang Di Saboten Shokudo

2. Telaga Pengilon Dieng

Telaga Pengilon Dieng

panduanwisata.id

Telaga ini mempunyai beberapa keunggulan. Diantaranya berupa warna airnya yang sangat jernih serta dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan juga asri. Pemandangan ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

3. Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada Dieng

finddstar.wordpress.com

Telaga ini terlihat seperti kawah yang terbentuk akibat letusan gunung api yang tergenang oleh air. Hal ini dapat menjadi spot foto yang indah jika mengambil angle dari ketinggian. Telaga ini juga diklaim sebagai kawah terluas di Dataran Tinggi Dieng.

4. Telaga Warna

Telaga Warna

oknusantara.com

Telaga warna merupakan danau yang paling unik di Indonesia. Karena telaga ini mempunyai kandungan sulfur yang sangat tinggi, sehingga jika terkena cahaya matahari warna telaga ini dapat berubah. Diantaranya menjadi warna merah, putih, biru, hijau, dan juga warna yang sangat jarang ditemukan di telaga lainnya adalah warna lembayung.

5. Telaga Menjer

Telaga Menjer

diengindonesia.com

Di telaga ini wisatawan dapat merasakan sejuknya udara telaga ini. Serta dapat sambil berkeliling melihat keindahan telaga ini dengan menggunakan rakit dari bambu. Hal ini akan menambah sensasi eksotisme Dataran Tinggi Dieng.

6. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

wonosoboekspres.wordpress.com

Bagi wisatawan yang suka dengan suasana sepi dan asri, tempat ini sangat cocok karena masih belum cukup banyak pengunjung yang mampir ke tempat ini. Wisatawan dapat melihat air terjun yang dikelilingi bukit dan pepohonan yang lebat dan juga rindang. Pastinya jika mampir ke tempat ini hati dan pikiran bisa menjadi lebih fresh dan tenang.

7. Sumur Raksasa Jalatunda Dieng

Sumur Raksasa Jalatunda Dieng

diengzo.wordpress.com

Sumur ini mempunyai diameter hingga sekitar 90 meter, dan kedalamannya adalah 100 meter. Sumur ini tentunya bukanlah hasil penggalian namun secara alami terbentuk akibat letusan gunung api pada jaman purba kala.

Baca juga :  7 Tempat Wisata di Kolaka, Sulawesi Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jika musim kemarau sumur ini berwarna hijau jernih dan saat musim hujan dapat berwarna kecoklatan akibat air yang bercampur dengan tanah di sekitar tebing. Walaupun dapat hanya dilihat dari jarak yang cukup jauh, namun wisatawan dapat menikmati indah dan asrinya pemandangan sawah dan perbukitan.

8. Gua Semar

Gua Semar

morincirebon.blogspot.com

Jika sudah mampir ke daerah telaga warna, maka tidak ada salahnya juga berkunjung gua ini karena gua ini sangat dekat dengan telaga warna. Gua ini adalah gua yang dikeramatkan, sehingga pada jaman dahulu digunakan tempat bertapa para raja. Bahkan presiden Indonesia yang pertama dan kedua yaitu Soekarno dan Soeharto diklaim oleh beberapa orang pernah bertapa juga kesini.

9. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

wisatadieng.net

Kawah ini setelah diteliti mempunyai kadar belerang yang sangat tinggi. Sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi sejuk dan hangat di sekitar kawah ini, karena pengunjung akan melihat kawah ini seolah olah melihat hotplate raksasa yang mengebulkan asapnya.

Namun pengunjung harus berhati hati untuk menjaga jarak jika berkunjung kesini, karena jika tidak hati hati pengunjung bisa terperosok ke dalam kawah. Walaupun sudah disediakan pembatas, namun pembatas ini hanya terbuat dari kayu dan cenderung tidak terlalu tinggi.

10. Kalianget

Kalianget

teluklove.com

Tidak lengkap jika berkunjung ke area pegunungan namun tidak merasakan nikmatnya pemandian air panas. Di pemandian air panas Kalianget ini pengunjung dapat membuat badan dan pikiran rileks sambil menghangatkan diri.

Ada tersedia dua jenis kolam yaitu kolam air dingin dan air panas di tempat ini. Pengunjung juga bisa memilih ingin mandi di kolam air panas dengan belerang alami atau pun kolam buatan. Keduanya tentunya mempunyai sensasi nikmatnya masing masing. Wisatawan juga akan tetap disuguhkan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau.

Baca juga :  Panorama 10 Tempat Wisata di Kolombia Sangat Mempesona

11. Museum Kailasa

Museum Kailasa

visitjateng.id

Dieng bukan hanya soal wisata alam namun disini juga ada wisata tempat bersejarahnya. Disini pengunjung dapat melihat benda benda koleksi yang bernilai sejarah tinggi, diantaranya adalah arca dan juga patung patung. Pengunjung juga dapat mengenal lebih dalam tentang asal usul terbentuknya dataran tinggi Dieng pada masa purba kala. Begitu juga pengunjung dapat mengenal masyarakat dan sejarah warga Dieng dan juga berbagai seni yang ada hingga nuansa nuansa mistis area Dieng.

12. Wisata Kuliner Mie Ongklok

Wisata Kuliner Mie Ongklok

berrykitchen.com

Akan ada yang terasa janggal bagi liburan wisatawan jika belum mencoba berbagai makanan khas Dieng. Makanan yang paling laris dan bersejarah panjang adalah Mie Ongklok yang dibuat dengan resep tradisional. Mie Ongklok Longkrang saking begitu terkenalnya hingga membuat pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono penasaran dan mencobanya.

Mie ini mempunyai resep yang diturunkan turun temurun sehingga membuat cita rasa yang berbeda dengan makanan yang lain. Selain mie ongklok ini, tempat makan ini juga menyediakan sate sapi khas Dieng, Tempe Kemul dan juga Geblek.

Harga yang ditawarkan pun sangat relatif terjangkau. Jika penasaran dan ingin mencicipi makanan ini, maka harus siap antri panjang dengan sabar, namun tidak perlu kuatir karena tempat ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam.

13. Telaga Cebong

Telaga Cebong

negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Dari namanya sudah sangat unik, dan memang telaga ini unik karena terletak sangat tinggi yaitu 2300 meter diatas permukaan laut. Sering juga telaga ini disebut telaga yang terletak diatas awa. Di telaga ini wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan telaga dan juga hamparan sawah milik warga desa Sembungan.

Tadi adalah 9 tempat wisata dieng yang wajib anda jadikan atau anda masukan dalam daftar perjalanan ke Dieng. Dieng pun sudah tersedia banyak penginapan dan homestay, ada juga homestay yang berupa rumah warga yang dibalut dengan kesederhanaan namun tetap nyaman untuk ditinggali. Justru di homestay tersebut pengunjung dapat merasakan hidup di pedesaan yang lokasinya lebih tinggi dari awan.



Leave a Reply