Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Terkenal Sebagai Negeri Keluarga Kerajaan, Berikut 10 Tempat Wisata di Skotlandia


Reni  November 11, 2019  0 Comment

Skotlandia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata yang tersebar diseluruh penjuru kotanya. Negara ini memiliki ibukota bernama Edinburgh yang punya banyak bangunan dengan desain menakjubkan. Namun tempat wisata Skotlandia juga tersebar diberbagai kota-kota pada wilayah negara tersebut.


Tempat Wisata Skotlandia yang Menakjubkan

1. Edinburgh

tempat wisata skotlandia

Edinburgh merupakan salah satu kota di Skotlandia yang memiliki banyak tempat wisata. Kota terbesar kedua ini terletak di pesisir selatan sebuah muara sungai (Sungai Forth/Fifth of Forth). Selain kota wisata, Edinburgh merupakan salah satu kota yang terkenal dengan pendidikannya. Universitas of Edinburgh pada negara Skotlandia adalah kampus tertua yang berada di UK.
Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah Royal Edinburgh Millitary Tatoo, Calton Hill, Holyrood Palace, Scottish Parliament dan The Elephand House. Kota ini juga memiliki banyak monumen dan museum dengan bangunan-bangunan klasik yang indah. Beberapa yang dapat dikunjungi seperti Museum of Childhood, Scott Monument, Writer Museum dan National Museum.

2. Skye (Isle of Sky)

wisata menarik di skotlandia

Skye terletak pada ujung utara gugusan pulau Inner Hebrides di negara Skotlandia dengan pemandangan yang indah. Pulau ini adalah pulau yang paling besar pada gugusan Inner Hebrides. Pemandangan indah didapatkan dari rangkaian pegunungan dan tebing-tebing bebatuan. Pulau ini memiliki iklim yang lembab, berangin dan basah karena berada jauh diwilayah utara.
Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau dapat menggunakan transportasi berupa kapal ferry atau road bridge untuk jalur darat. Keindahan alam yang luar biasa membuat tempat ini menjadi salah satu favorite wisatawan. Bahkan pulau ini sering dijadikan sebagai tempat syuting film atau dimasukkan sebagai lokasi dalam sebuah novel.

3. Glasgow

obyek wisata menarik di skotlandia

Glasgow dulunya hanya sebuah kota kecil yang berada di tepian sebuah sungai, yaitu Sungai Clyde. Saat ini Glasgow merupakan kota terbesar yang terdapat di Skotlandia. Kota kecil ini berkembang pesat pada abad ke 18 saat terjadi revolusi industri. Karena terletak di tepi sungai, kota ini menjadi sebuah pelabuhan utama di negara Skotlandia.
Glasgow memiliki banyak landmark utama yang dapat dikunjungi saat berwisata. Contohnya St.Mongo’s Cathedral, Provend’s Lordship, Museum, Botanical Garden, Kelvingrove Art Gallery, Riverside Museum dan Mitchell Library. Banyaknya tempat yang dapat dikunjungi juga didukung banyak kuliner khas Skotlandia yang enak-enak.

4. Inverness

wisata skotlandia

Inverness adalah kota cantik yang dalam bahasa lokal disebut dengan “Muara Sungai Ness”. Kota ini terletak di sebuah dataran tinggi negara Skotlandia dan dimuara sungai Ness. Sungai Ness adalah sebuah sungai yang memanjang dari Loch Ness sampai ke Moray Firth. The Aird dan Culloden Moor adalah dua area pertempuran pada jaman dahulu yang dibelah oleh wilayah Inverness.
Inverness adalah kota sejarah yang memiliki kemajuan layaknya kota modern. Banyak sekali bangunan khas jaman sejarah yang masih bertahan hingga saat ini. Kota paling utara United Kingdom ini memiliki beberapa tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh turis. Beberapa tempat tersebut adalah River Ness, Inverness Cathedral dan Inverness Castle

5. Loch Ness

tempat wisata menarik di skotlandia

Loch Ness adalah sebuah tempat wisata yang berupa danau air tawar. Danau ini berbentuk memanjang dan terletak di dataran tinggi negara Skotlandia. Danau memiliki panjang mencapai 37 km yang berada tepat di sebelah barat daya Inverness. Danau dengan luas 56 km persegi ini adalah yang terbesar kedua di Skotlandia. Danau terbesar pertama di negara ini adalah Loch Lomond.
Nessie atau Loch Ness Monster adalah hewan mitos yang dipercaya penduduk setempat berada di dasar danau Loch Ness. Pemandangan sekitar danau sangat indah dan banyak menarik wisatawan karena mitos tersebut. Disekitar danau juga terdapat reruntuhan Castle Urquhart yang sering dikunjungi wisatawan saat ke danau Loch Ness.

6. Stirling

wisata skotlandia

Stirling adalah sebuah kota klasik yang memiliki pemandangan sangat menarik. Kota ini terletak di bagian tengah wilayah Skotlandia di tepi Sungai Forth/River Forth. Kota ini juga dikelilingi oleh areal pertanian yang nampak hijau. Stirling memiliki julukan Gatewat to the Highlands karena wilayahnya yang berada diantara Scottish Lowlands dan Scottish Highland.
Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah Stirling Castle, Blair Drummond Safari Park, Wallace Monument dan Argyll’s Lodging. Kota ini memiliki stasiun kereta api bernama Stirling Railway Station. Untuk berwisata ke kota ini dapat menggunakan kereta api yang terhubung ke kota wisata lain seperti Glasgow, Edinburgh dan London.

7. Aberdeen

tempat wisata menarik di scotlandia
union street from other end

Aberdeen merupakan kota dengan pelabuhan yang terletak pada wilayah Skotlandia bagian pantai timur. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di negara Skotlandia dengan urutan ke tiga setelah Glasgow dan Edinburgh. Banyaknya bangunan klasik yang terbuat dari bahan batu granit membuat kota mendapat julukan seperti Grey City atau Granite City.
Bangunan bersejarah di Aberdeen banyak dibangun mulai abad ke 18 sampai abad ke 20. Kota berkembang pesat saat ditemukan sebuah pertambangan minyak di pantai timur Skotlandia. Beberapa wisata landmark yang dapat dikunjungi adalah Town House, Aberdeen Beach, Marischal Collage, Tollohill Woods dan Old Aberdeen High Street.

8. Loch Lomond

skotlandia

Loch Lomond merupakan tempat wisata berupa danau air tawar. Danau ini adalah yang terbesar di negara Skotlandia dan terbesar di Great Britain. Danau dengan bentuk memanjang ini terbentang antara Central Scotland dan Scottish Highland. Panjang danau mencapai sekitar 39 km dan luasnya sekitar 70 km persegi.
Sepanjang danau banyak terdapat beberapa pulau-pulau kecil. Pulau Inchmurrin adalah salah satu pulau di danau dengan luas yang paling besar. Pulau lain yang terkenal adalah Inchconnachan dan pulau ini dihuni oleh koloni wallaby. Untuk mencapai ke tempat wisata ini dapat menggunakan kereta api atau bus. Stasiun yang biasa digunakan wisatawan adalah Stasiun Balloch.

9. Edinburgh Castle

hal menarik di skotlandia

Sesuai dengan namanya, castle ini terletak dikota Edinburgh negara Skotlandia. Bangunan ini adalah salah satu ikon yang sangat penting di Skotlandia. Castle ini berada di atas bukit yang bernama Bukit Castle Rock dengan ketinggian mencapai 130 mater. Bangunan yang kokoh ini dibangun pasa abad ke 12 oleh putra termuda Raja Skotlandia bernama King David I.
Bagi Anda yang berniat mengunjungi castle ini dapat menggunakan pemandu. Pemandu bertugas mengantar jalan-jalan mengitari castle ini. Para pemandu ini menguasai berbagai macam bahasa seperti Jepang, Inggris, Rusia, Perancis, Italia, Mandarin, Spanyol dan lainnya. Jadi wisatawan dapat memilih pemandu berdasarkan bahasa yang dikuasai.

10. Royal Mile

wisata skotlandia

Royal Mile juga merupakan tempat wisata yang terdapat di kota Edinburgh. Jalan Royal mile adalah jalan ramai yang menghubungkan dua bangunan. Kedua bangunan penting tersebut adalah Edinburgh Castle dan Holyroad Palace. Jalan ini terbagi menjadi beberapa bagian seperti High Street, Lawnmarket, Castlehill, Conongate hingga ke Holyroad.
Skotlandia merupakan negara yang banyak memiliki bangunan bergaya abad pertengahan. Bangunan tersebut sebagian besar adalah bangunan lama yang terus dijaga dan diperbaiki. Tempat wisata Skotlandia akan membawa Anda kembali ke abad pertengahan namun dengan nuansa lebih modern



Leave a Reply