11 Oleh-oleh Makanan Khas Inggris Wajib Bawa


Reni  September 6, 2022  0 Comment

Melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Mulai dari mengunjungi tempat wisata hingga mencari kuliner yang unik di sana.  Apalagi setiap negara memiliki ciri khas masing-masing.  Salah satunya di negara Inggris. Oleh-oleh makanan khas Inggris sendiri memiliki banyak keunikan. Tidak semua negara memilikinya, apalagi berhubungan dengan snack.  Jenis makanan ini memiliki bentuk dan rasa yang berbeda sehingga cocok bila digunakan sebagai oleh-oleh khas Inggris. 

Kalau Anda berencana pergi ke Inggris, ada baiknya mengetahui beberapa nama dan penjelasan dari 10 makanan ini supaya bisa dibawa untuk oleh-oleh. 

1. Makanan Ringan Walkers

Makanan Ringan Walkers
shopee.co.id

Bisa dibilang jenis snack ini bisa dijumpai di Indonesia. Walkers sendiri adalah snack yang terbuat dari kentang dan diolah menjadi keripik.  Bisa dibilang walkers adalah keripik kentang lays versi Inggris. Namu nada hal yang berbeda dari penyajian rasanya.  Bisa dibilang jenis rasa yang ada di Inggris belum ada di Indonesia. 

Untuk itu snack ini bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Beberapa rasa yang bisa dipilih adalah beef and onion, Worcester sauce, pickled onion, prawn cocktail, dan rasa paling favorit yang bisa dicoba adalah marmite.

Gotravelly

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Menikmati Lumernya Kue Keria, “ Jemblem” Kota Malaka, Malaysia

 

2. Snack Barrat Shrimps dan Bananas

Makanan Ringan Barratt and Shrimps
bestwaywholesale.co.uk

Bila dilihat dari artinya nama snack ini berarti udang dan pisang, padahal snack ini berbeda dari dugaan Anda. Barrat shrimps dan bananas adalah permen jeli yang memiliki warna kuning dan merah muda.  Untuk rasanya sendiri ada rasa pisang dan rasberi. 

Namanya yang aneh dan bentuknya yang unik bisa diambil sebagai oleh-oleh makanan khas Inggris. Apalagi diberikan untuk keponakan atau adik-adik Anda pasti cocok. 

3. Makanan Ringan Monster Munch

Makanan Ringan Monster Munch
tokopedia.com

Jenis makanan ini bisa dibilang sangat terkenal di Inggris. Makanan ringan dengan nama Monster Munch terbuat dari jagung renyah dengan taburan rasa keju. Bentuknya sendiri cukup unik yaitu membentuk telapak tangan dan cakar dengan ukuran yang mini. Pada bagian tengahnya terdapat lubang bulat.  Beberapa orang menyebutnya sebagai snack hantu. Dikemas dengan warna yang menarik dan beragam membuat snack ini banyak diminati, terutama anak-anak. 

4. Makanan Pie dan Bir Peterseli

Makanan Pie dan Bir Peterseli
7terbaik.com

Makanan khas lain yang hanya bisa dijumpai di Inggris adalah Pie dan Bir Peterseli.  Hidangan ini sebenarnya makanan khas London. Pada awal pembuatannya, makanan ini dibuat dari bahan belut. Namun, seiring perkembangan zaman dan kuliner yang semakin berinovasi, Pie dan Bir Peterseli ini dimodifikasi menggunakan daging sapi.  Bila Anda mencari makanan untuk sarapan atau hidangan pembuka, pie dan Bir Peterseli adalah menu yang wajib dicoba. 

Makanan Pie ini memang paling cocok disajikan dengan Bir berwarna Hijau yang Bernama Peterseli. Tenang, Bir ini non-alkohol dan berfungsi sebagai penghangat tubuh. 

5. Makanan Yorkshire Pudding 

Makanan Yorkshire Pudding
seriouseats.com

Bila Anda membayangkan visual puding yang ada di Indonesia pasti salah besar. Bila di Indonesia pudding cenderung memiliki rasa manis, tapi di Inggris pudding yang dibuat menggunakan daging dan sayuran yang dimakan menggunakan saus. 

Nama Yorkshire ini diambil dari daerah asal menu ini muncul.  Makanan ini biasanya akan dihidangkan dengan menu utama yang Anda pesan. Bahan utama dari pudding ini adalah tepung gandum, telur, susu, dan air kemudian dibakar dengan tungku.  

Saat Anda datang Ke Inggris jangan lupa beli Yorkshire Pudding. Meskipun tidak bisa dibawah ke Indonesia sebagai oleh-oleh makanan khas Inggris, setidaknya Anda sudah pernah mencicipinya. 

6. Oleh-oleh Cokelat

Oleh Oleh Cokelat
metro.co.uk

Hampir setiap negara memiliki olahan cokelat masing-masing. Namun, Inggris memiliki Ibu Kota London yang terkenal sebagai produsen cokelat terbesar di dunia.  Cokelat ini merupakan favorit warga setempat sehingga tidak mengherankan bila cokelat harus menjadi oleh-oleh khas yang harus dibawa pulang. 

Ada banyak variasi produk dengan rasa yang enak.  Bahkan, Anda bisa mengunjungi M and M’s World yang menyediakan menu cokelat warna-warni. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut dengan anak karena ada banyak patung-patung lucu terbuat dari cokelat yang menarik untuk si kecil. Tidak perlu khawatir, cokelat yang diproduksi di London ini sudah memiliki sertifikat halal. 

7. Oleh-oleh Biskuit dan Teh

Oleh Oleh Biskuit dan Teh
shopee.co.id

Meskipun biskuit dan teh cukup umum di Indonesia, namun hal ini berbeda dengan Inggris. Membawa teh dan biskuit sebagai oleh-oleh makanan khas Inggris adalah suatu hal yang menarik. Pasalnya, ada sejarah dan budaya yang bisa dibagikan ke saudara atau teman-teman Anda. 

Teh di Inggris dijadikan sebagai budaya, bahkan sampai ada rutinitas untuk meminum teh.  Budaya ini tetap dijaga hingga saat ini. Untuk itu tak ayal bila ada banyak merek-merek teh yang terkenal dan telah beredar dipasaran.  Ada beberapa merek yang mencapai taraf internasional. 

Bila berbicara tentang teh, tentu harus membahas juga makanan pendampingnya yaitu biskuit. Makanan ringan ini tipikal snack dengan harganya murah. Rasa yang ditawarkan juga unik sehingga bisa disandingkan dengan teh hangat. 

8. Makanan Lancashire Hotpot

Makanan Lancashire Hotpot
slimmingworld.co.uk

Jenis makanan ini biasanya dihidangkan saat ada acara perayaan atau pesta. Hal ini karena resep makanan yang dihidangkan cukup mudah dan sederhana. Bahan yang Anda butuhkan adalah bawang merah, kentang, dan daging. 

Cara pembuatannya juga tidak susah. Anda tinggal menyiapkan bumbu untuk dibalurkan ke adonan kentang dan daging lalu panggang menggunakan panci. Waktu pemanggangan bisa sehari penuh dengan api kecil. Bila Anda tidak ingin repot bisa datang langsung ke resto yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya di sana. 

9. Makanan Muffin

Oleh-oleh Makanan Khas Inggris
cookidoo.international

Mungkin dulu makanan ini tidak bisa dimasukkan sebagai oleh-oleh makanan khas Inggris. Namun, Muffin bisa dinikmati sebagai hidangan khas untuk teman minum teh. Muffin merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ragi dan tepung. Namanya yang unik ini diambil dari Bahasa Prancis. 

Zaman sekarang, Anda bisa membawa roti Muffin sebagai oleh-oleh. Ada salah satu toko terkenal yang bisa Anda kunjungi yaitu Ben’s Cookies. Di tempat ini, harga Muffin tidaklah mahal tapi cukup terjangkau sehingga cocok dijadikan buah tangan.

10. Makanan Cornish Pasty

Makanan Cornish Pasty
daringgourmet.com

Jenis makanan yang satu ini termasuk ke dalam kuliner warisan negara Inggris. Cornish Pasty adalah makanan yang diisi dengan daging sapi, rutabaga, bawang bombay, dan kentang. Sejarah munculnya makanan yang mirip dengan pastel ini karena ide unik dari penambang Cornwall. Para penambang tidak bisa dengan  mudah ke meninggalkan tambang untuk makan siang dan kembali lagi. Oleh karena itu, untuk tetap bisa menyantap makanan yang enak dan mudah untuk disantap kuliner Cornish Pasty ini tercipta. 

Bila Anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh makanan khas Inggris harap beli hangat-hangat supaya tidak basi. Setidaknya bisa menemani santap makan Anda dalam perjalanan pulang. 

11. Camilan Mince Pie

Camilan Mince Pie
taste.com.au

Camilan yang satu ini terbuat dari bahan kulit pastry yang diisi dengan buah-buahan kering dan rempah. Biasanya akan diberi taburan gula halus di bagian atasnya.  Tidak hanya rasa manis saja. Mince Pie juga bisa diisi dengan isian gurih seperti keju, daging sapi, dan lemak babi. Makanan ini biasanya selalu ada saat Perayaan Natal. 

Nah, itu tadi beberapa oleh-oleh makanan khas Inggris yang bisa Anda coba dan nikmati. 



Leave a Reply