Penggemar Bola, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Liverpool Inggris


prita  September 24, 2022  0 Comment

Tempat wisata di Liverpool bisa jadi salah satu alternatif wisata saat kamu hendak berlibur ke Inggris. Apalagi kalau kamu adalah penggemar sepak bola, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan kota Liverpool. Liverpool merupakan sebuah kota yang berada di distrik metropolitan Merseysidem Inggris. Kota ini memang cukup populer di kalangan pecinta sepak bola, namun saat berkunjung kesini kamu tak hanya bisa mengunjungi stadion, tapi juga berbagai tempat bersejarah hingga berwisata kuliner. Nah, kalau kamu sedang merencanakan perjalanan ke Inggris, berikut ini adalah daftar wisata di Liverpool yang tak boleh untuk dilewatkan.

1. Albert Dock

Albert Dock
hotels.com

Albert Dock menjadi tempat wisata di Liverpool yang pertama wajib untuk kamu kunjungi. Albert Dock merupakan sebuah kompleks dermaga kapal dan gudang yang berada di Edward Pavilion, Liverpool.

Dermaga yang pertama kali dibuka di tahun 1864 ini merupakan bangunan pertama di UK yang dibangun tanpa menggunakan kayu, namun menggunakan batu, besi dan batu bata. Saat Perang Dunia II, dermaga ini sempat mengalami kerusakan parah, kemudian direnovasi dan dibuka kembali di tahun 1984. Sekarang, Albert Dock menjadi salah satu landmark di Inggris dan masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Gotravelly

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

Warung T’enant: Tempat Nongkrong Cozy Dengan Beragam Menu Terjangkau

2. Royal Liver Building

Royal Liver Building
bbc.com

Tempat wisata di Liverpool yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Royal Liver Building. Tempat ini merupakan sebuah bangunan kantor komersil yang berada di Pier Head, Liverpool.

Royal Liver Building ini pertama kali dibuka pada tahun 1911 sebagai kantor perusahaan Royal Liver Assurance. Bangunan ini memiliki tinggi 51 meter dan menara setinggi 98 meter. Menariknya, di masing-masing menara tersebut terdapat sebuah jam dengan diameter 7,6 meter yang mana ukuran tersebut lebih besar daripada diameter jam Big Ben London.

3. The Beatles Story

The Beatles Story
tripadvisor.co.id

Kamu penggemar The Beatles? Tempat wisata di Liverpool yang satu ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk kamu yang ingin mengenang John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr.

The Beatles Story ini merupakan sebuah museum yang didedikasikan untuk grup musik legendari dunia asal Liverpool tersebut. Museum ini berada di dua tempat, yaitu di Albert Dock dan Pier Head. Beberapa objek yang dipamerkan di museum ini antara lain, audio dalam 10 bahasa, kaca mata John Lennon, gitar pertama George Harrison, replika Cavern Club hingga Beatles Hidden Gallery.

4. Merseyside Maritime Museum

Merseyside Maritime Museum
liverpoolmuseums.org.uk

Tempat wisata di Liverpool yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Merseyside Maritime Museum. Merseyside Maritime Museum adalah sebuah museum maritim yang berada di Albert Dock.

Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1980 dan menyimpan sejumlah koleksi yang cukup menarik. Koleksi yang ada di museum ini sebagian besar berupa objek yang menunjukkan peranan Liverpool sebagai pelabuhan utama di dunia.

5. Walker Art Gallery

Wisata di Liverpool Inggris
visitliverpool.com

Walker Art Gallery juga layak untuk masuk dalam tempat wisata di Liverpool yang cukup menarik untuk dikunjungi. Walker Art Gallery merupakan sebuah museum dan galeri seni yang berada di William Brown Street dan menjadi salah satu galeri seni terbesar di Inggris.

Galery ini memiliki bangunan bergaya Neoclassical dan pertama kali dibuka pada tahun 1877. Koleksi yang ada di Walker Art Gallery antara lain lukisan-lukisan seniman Belanda dari tahun 1300 hingga 1550, karya seni Eropa dari tahun 1550-1900, karya seni British dari abad 18 hingga 19, berbagai macam gambar dari abad 20 dan koleksi patung.

6. World Museum Liverpool

World Museum Liverpool
liverpoolmuseums.org.uk

Tempat wisata di Liverpool yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah World Museum Liverpool. Museum yang berada di William Brown Street ini berfokus pada bidang arkeologi, etnologi dan ilmu pengetahuan alam.

Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1851 dengan nama Derby Museum. Koleksi yang dipamerkan di museum ini meliputi bidang astornomi dan luar angkasa, arkeologi, sejarah manusia, sejarah alam, biologi, zoologi dan geologi. Uniknya, di museum ini kamu juga bisa mengunjungi sebuah planetarium lho.

7. Anfield Stadium

Anfield Stadium
id.wikipedia.org

Kalau kamu adalah penggemar klub sepak bola Liverpool, maka Anfield Stadium jadi salah satu tempat wisata di Liverpool yang wajib kamu kunjungi. Anfield Stadium merupakan salah satu klub sepak bola raksasa Inggris, yaitu Liverpool FC.

Stadion ini pertama kali dibuka di tahun 1884 sebagai markas klub Everton FC, kemudian di tahu  1891, Everton FC pindah ke Stadion Goodison Park. Di tahun 1892, Liverpool FC didirikan dan Anfield Stadium resmi menjadi markas klub ini sampai saat ini. Disini kamu tak hanya bisa menonton pertandingan sepak bola saja, tapi juga bisa mengikuti tur keliling stadium yang menjadi stadion sepak bola terbesar ke-6 di Inggris.

8. Chavasse Park

Chavasse Park
uk.hotels.com

Tempat wisata di Liverpool yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Chavasse Park. Chavasse Park ini merupakan sebuah taman kota dan area terbuka yang berada di pusat kota Liverpool.

Taman yang dibangun di tahun 1980 ini memiliki luas hingga 2,2 hektar dan sempat ditutup untuk pembangunan Liverpool ONE. Menariknya, disini kamu bisa menemukan sebuah monumen John Lennon yang berjudul Peace and Harmony. Chavasse Park ini berbatasan dengan One Park West di sisi barat, Liverpool ONE di sisi utara, Hilton Liverpool di sebelah timur dan Albert Dock di sebelah selatan.

9. Liverpool ONE

Liverpool ONE
accessable.co.uk

Berada tak jauh dari Chavasse Park, tempat wisata di Liverpool yang satu ini menjadi destinasi yang paling menyenangkan bagi kamu yang gemar berbelanja. Liverpool ONE merupakan suatu perumahan dan kompleks belanja favorit di kawasan Liverpool dan lokasinya berada di bawah tanah.

Kalau kamu ingin berbelanja, kamu bisa mengunjungi Liverpool ONE ini saat berlibur di Inggris karena mall ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbuka dan terbesar di Inggris. Kamu bisa menemukan deretan outlet barang branded yang siap memanjakanmu.

10. Liverpool Anglican Cathedral

Liverpool Anglican Cathedral
historyhit.com

Tempat wisata di Liverpool yang terakhir adalah Liverpool Anglican Cathedral. Tempat ini merupakan bangunan gereja dengan ketinggian menara hingga 101 meter.

Gereja yang dibuka pada tahun 1978 ini menjadi katedral terbesar di Inggris dan terbesar di ke-5 di Eropa. Kamu bisa menjelajahi atas tower katedral ini untuk melihat indahnya panorama kota Liverpool. Tak hanya bisa menikmati keindahan Liverpool dari ketinggian, dari atas menara ini kamu juga bisa melihat indahnya sunset dari Sungai Mersey.

Nah, itulah tadi daftar tempat wisata di Liverpool yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Inggris. Menarik sekali kan? Wisata mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply