Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

wisata di norwegia

elaine_gina | Sightseeing
Tromsø, Troms, Norway | Hiking & Trekking
04 May 2018


Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia
Hello! Here I am jungkir balik again! Kali ini aku nyoba handstand di salju di Fjellheisen, Norway dalam liburanku yang bertemakan Aurora hunting. Kayak gimana sih perjalanan di area Kutubnya bumi buat berburu mythical beauty yang satu ini. Klik, simak, d

How to Get There

Akhir bulan Maret tahun 2018 ini adalah ending season buat berburu Aurora di belahan utara di bumi dan sekaligus waktu terbaik dengan peluang terbesar buat melihat Aurora selain waktu di bulan September, jadi aku dan seorang temanku memutuskan buat langsung terbang ke Norway untuk petualangan mengagumkan sekali seumur hidup kita berburu Northern Light.

Umumnya, perjalanan kita dari garis Equator ke Utara butuh persiapan yang matang, guys, kecuali kalau kalian sudah familiar dengan situasi dan kondisi di belahan bumi utara. Siap-siap buat perubahan 180 derajat dari apa yang ada di sekeliling kalian sekarang.

First off, menentukan rute terbaik pesawat buat sampai di Norwegia. Bisa dibilang pesawat yang aku booking ini hampir di waktu last minute berhubung kita maju mundur menunggu aplikasi Visa Schengen kita yang bikin dag dig dug. Akhirnya sebelum visa diapprove di awal bulan Maret lalu, kita memberanikan diri membeli tiket pesawat dengan resiko kalau visa tidak tembus duit pesawat kita hangus.

Luckily it is the best time to book too! Berdasarkan pengamatan, sebulan sebelum keberangkatan memang waktu yang paling pas buat berburu tiket promo, tapi tidak lebih dari satu bulan ya (jangan mepet-mepet juga). Alhasil dengan memecah rute pesawat dari Bali ke Singapore lalu Singapore ke Oslo kita merogoh kocek cuma IDR 5,2juta one way untuk sampai ke Oslo dengan Norwegian air. Dari Oslo kita flight lagi IDR1,5juta pakai Norwegian Air buat pulang pergi ke Tromsø yang merupakan tempat terbaik dan paling terjangkau dari segi jarak buat berburu Aurora.

Kalau di Oslo kita bisa melihat salju di atap-atap rumah dan jalan aspal masih terlihat, tapi di winter wonderland di Tromsø yang sering diibaratkan "Paris-nya Scandinavia" ini saljunya bisa setinggi jendela dan jalanan aspal sudah tidak tampak lagi!

Kita pilih lokasi yang sangat strategis buat menginap - Radisson Blu Hotel di Sjøgata Tromsø. Hotel yang letaknya di pusat kota ini dekat sekali dengan best spots di Tromsø seperti Olhallen bar yang terkenal,

cafe-cafe yang mejual the best seafood in town, museum, katedral yang indah, Tromsø Harbor, bahkan spot buat melihat Aurora bisa dijangkau dengan jalan kaki 20 menit saja, dan hotel ini sangat mudah dijangkau dengan bus dari airport.

 

What to Do

Flight done, hotel done, mencari best time buat berburu done, sekarang persiapan yang super penting yaitu persiapan FISIK.

Sorry to say, tidak ada pilihan lain buat menangkap Aurora selain di musim salju, teman-teman, dan di sini kita nggak ngomongin -5°C melainkan -18°C sampai -25°C berhubung kita akan di bawa ke area kutub supaya bisa menangkap penampakan Aurora yang paling menakjubkan.

Yang gampang meler alangkah baiknya untuk minta suntikan vaksin flu sebelum berangkat dan mulai siapkan stamina supaya prima dengan olahraga setidaknya 20 menit setiap hari. Aku mempersiapkan vitamin C, minyak ikan, tolak angin, dan lompat tali untuk memungkinkan diriku olahraga ringan setiap hari kalau malas pergi ke gym di hotel.

Persiapan ini esensial sekali buat kita para petualang yang bakal mengalami perubahan suhu derastis dari 28°C jadi -25°C, jadi please take note atau liburan kalian jadi tidak maksimal karena belum apa-apa bakal tepar duluan.

Next, yang mau hunting secara independent mesti mempersiapkan seluruh bahan research seperti mantengin perkiraan cuaca dan kondisi langit lewat website lokalnya Norwegia buat area Tromsø dan sekitarnya (jadi bukan Tromsø saja seandainya di Tromsø Auroranya tidak tampak karena turun salju atau berawan tapi dia area lain tertangkap), selain itu kalian bisa follow Instagram account-nya para Aurora hunters buat memantau best spot untuk malam itu.

Tapi independent hunters, kalian perlu kendaraan buat berpindah tempat in case cuaca di satu area tidak mendukung buat menangkap fenomena keren itu, jadi sebaiknya kalian datang dalam satu group yang minimal isinya berempat supaya budget sewa mobilnya bisa dibagi. Selain itu beli SIM Card juga supaya GPS bisa aktif.

 

 

Tips and Trick

Aku pribadi lebih memilih ikut package tour. Kenapa? Karena Aurora hunting itu sudah pasti night trip berhubung Aurora cuma tampak di malam hari yang gelap,

jadi kalau satu rombongan keamanannya jauh lebih terjamin semisal ada badai salju atau ban mobil selip di tumpukan salju di tengah luasnya salju belantara yang jauh dari kota, apalagi buat para petualang cewe. Tour juga biasanya termasuk bikin api unggun selagi menikmati Aurora dan membuat perjalanannya jauh lebih nyaman untuk sightseeing di area kutub dengan inclusion snack dan api unggun buat menghangatkan kita,

jadi kita tidak perlu bingung dan repot menyiapkannya sendiri. Please take note, ini perjalanan yang makan waktu paling sedikit 6 jam ya.

Sekarang budgetnya berapa sih? Aku yakin independent hunters memutuskan buat jadi independent hunters karena berpikir buat hemat karena buat ikut tour kita bisa merogoh kocek antara USD145 - USD170 atau IDR 1,9juta - IDR 2,3juta.

Tapi, yuk kita breakdown budget yang perlu dikeluarkan oleh independent hunters dan kenyamanan yang didapat : SIM Card NOK200 atau IDR 380,000 untuk GPS yang dipakai di Norwegia saja, buat seluruh Europe SIM Cardnya harganya berkisar antara IDR 800,000 - IDR 1000,000 (kurang lebih €80an) seandainya kalian berencana lanjut ke negara lain setelah dari Norwegia.

Rental mobil 24 jam dan minimal renter berumur 19 tahun berkisar antara USD172 - USD200 yang dibagi 4 jadi per orang merogoh kocek sekitar IDR 600,000 -IDR760,000 (mobil ini akan diambil dan dikembalikan di Tromsø Langnes Airport yang dari Radisson Blu perlu budget IDR190,000 untuk pulang pergi dengan bus) atau €30 one way atau €60 (IDR 1,020,000 dibagi berempat) pulang pergi dengan Taxi; belum lagi mengisi bensin yang per liternya sekitar €1.6 - €1.8/liter.. Dengan mengisi minimal 30liter bensin (bisa jadi lebih) kita perlu merogoh kocek sekitar IDR 918,000 yang dibagi 4 jadi IDR 229,500 per orang; tanpa api unggun, dengan resiko nyasar, ban selip, lapar, dan karena belum ahli jadi malah sama sekali nggak menangkap Aurora (untuk tour bakal ada tour guide ahli yang sudah sangat familiar dengan Aurora hunting di Norwegia, jadi peluang untuk dapat pengalaman Aurora terbaik bisa lebih pasti kita dapat) dan besoknya harus mengulang spend budget yang sama untuk berburu lagi..

Dan semisal budget hanya dibagi berdua pengeluaran akan jadi lebih bengkak lagi.

Setelah berkilo-kilo meter jauhnya dari pusat kota Tromsø dan menyebrang dari pulau ke pulau menuju dataran salju luas dan area yang gelap, melihat mobil yang selip, melewati badai salju dan mengitari area kutub.

Check this out too:

https://www.instagram.com/p/Bh0qWdrDShr/

Handphone yang tiba-tiba mati karena suhu yang sangat dingin membuat batrei handphone kehilangan daya, kami akhirnya bisa menangkap fenomena yang mengagumkan dari Northern Light - Aurora Borealis..

Cahaya hijau kebiruan malam itu yang menari-nari di langit bikin bulu kuduk merinding. Tau bahwa menurut mitos setempat kalau Aurora adalah arwah anak-anak yang sudah meninggal yang menari-nari di langit supaya keluarga mereka tau kalao mereka baik-baik saja di sana bikin fenomena ini lebih fenomenal.. Sungguh ajaib... Sayangnya aku dan temanku lupa membawa kamera DSLR kita jadi handphone kita hanya bisa menangkap fenomena spektakuler ini seadanya saja dan menyimpan sisanya dalam memori kita.

Tetap saja, memori indah ini akan terkenang selamanya dan bikin aku menitikan air mata. Kuasa dan ciptaan Tuhan memang tiada duanya, teman-teman.

Despite semua perjuangan dan duit yang kita keluarkan untuk satu event ini, IT IS REALLY WORTH IT! Pengalaman yang mesti kalian alami setidaknya sekali dalam hidup kalian.

Berapa sih total budget yang aku habiskan buat ini semua?

Di salah satu negara Scandinavia yang terkenal harganya super mahal bahkan dibandingkan dengan negara di Eropa lainnya, aku menghabiskan sekitar IDR 6,900,000 untuk hotel include breakfast, Aurora hunting tour, Tromsø tour termasuk ke Arctic Cathedral, Polaria, Fjellheisen, dan keliling Tromsø.

Juga termasuk complimentary wine, dan 2 kali fine dining untuk dinner, belum tiket pesawat yaa (pesawat sempat aku tulis budgetnya di atas). Seriously? Yes, aku bisa kasih tips supaya bisa spend budget segitu juga :) PM buat tau lebih jauh ya.

 

Where to Stay
Radisson Blu Hotel di Sjøgata -Tromsø
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY