Jalan Jalan Ke Inggris? Kunjungi 23 Tempat Wisata di Birmingham


prita  August 30, 2022  0 Comment

Birmingham merupakan salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi di Inggris. Tempat wisata di Birmingham sendiri jumlahnya cukup banyak dan kerap dipenuhi pengunjung saat musim liburan tiba. Birmingham merupakan sebuah kota dan distrik metropolitan di West Midlands, Inggris. Kota ini memang menyimpan banyak sekali daya tarik yang bisa kamu kunjungi saat berada disana. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Kota Birmigham, berikut ini adalah daftar wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Birmingham

1. Cadbury World

Cadbury World
youtube.com

Tempat wisata di Birmingham yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Cadbury World. Wisata yang satu ini sangat menarik jika dikunjungi bersama anak-anak karena Cadbury World akan menawarkan tur pameran yang dijalankan langsung oleh perusahaan cokelat Cadbury.

Disini kamu bisa menjelajahi dan bermain serta membuat cokelat secara langsung. Tak hanya itu, wisatawan bisa juga menikmati Cadbury Café dan Cadbury Shop untuk belanja berbagai makanan dan minuman yang menggugah selera.

Gotravelly

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

2. Birmingham Central Mosque

Birmingham Central Mosque
religionresources.org.uk

Meningkatnya jumlah Muslim di Inggris tentunya membuat negara ini memiliki banyak tempat ibadah bagi umat Muslim yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Birmingham Central Mosque.

Birmingham Central Mosque ini menjadi salah satu masjid terbesar di Eropa Barat dan masjid kedua yang dibangun di Inggris karena masjid ini dibangun pada tahun 1969 dan baru dibuka untuk umum di tahun 70an. Berbagai kalangan masyarakat dengan latar belakang dan budaya mengunjungi masjid ini setiap harinya.

Masjid ini juga bisa menjadi salah satu tempat wisata di Birmingham yang wajib untuk dikunjungi karena selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga bisa menjadi wisata religi yang menarik karena masjid ini menjadi salah satu bangunan keagamaan yang paling diakui di kota Birmingham.

3. Bull Ring & Grand Central

Bull Ring & Grand Central
hammerson.com

Tempat wisata di Birmingham yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka berbelanja, yaitu Bull Ring & Grand Central. Bull Ring merupakan pusat perbelanjaan utama di kota Birmingham dan menjadi tempat wisata belanja yang cukup populer.

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membeli berbagai barang-barang unik untuk oleh-oleh. Selain itu, Bull Ring & Grand Central ini juga memiliki deretan café dan restoran dengan sajian makanan yang lezat.

4. Cannon Hill Park

Cannon Hill Park
commons.wikimedia.org

Untuk kamu yang suka berwisata alam, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Cannon Hill Park. Cannon Hill Park ini merupakan salah satu taman paling populer di Kota Birmingham dengan luas sekitar 250 hektar.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kota Lhasa, Tibet Yang Menggetarkan Jiwa

Cannon Hill Park ini terdiri dari kawasan hutan, konservasi dan tempat untuk olahraga. Disini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti piknik, memancing, bermain perahu hingga aktivitas seru lainnya.

5. Birmingham Museum and Art Gallery

Birmingham Museum and Art Gallery
timeout.com

Tempat wisata di Birmingham yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Birmingham Museum and Art Gallery. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan museum dan galeri seni yang berada di Kota Birmingham.

Museum ini memiliki koleksi berupa karya seni yang indah dan menakjubkan. Ragam koleksi disini antara lain sejarah alam, keramik, seni rupa, perhiasan dan masih banyak lagi lainnya.

6. The Birmingham Botanical Gardens

Birmingham Botanical Garden
candide.com

Kalau kamu suka pergi ke taman, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Birmingham Botanical Gardens. Kebun botani ini menjadi salah satu tempat wisata di Birmingham yang cukup populer dengan luas 15 acre dan berlokasi di Edgbaston.

Menariknya, di kebun botani ini sering diadakan berbagai macam event yang menarik, terutama tentang dunia fotografi, pertunjukan musik hingga pertunjukan hiburan lainnya. Selain itu, kebun botani ini juga memiliki ragam koleksi tumbuhan yang sangat menakjubkan seperti bonsai, bunga dan buah-buahan. Disini kamu juga bisa berburu berbagai macam souvenir seperti alat berkebun, kartu ucapan, mainan hingga tanaman indoor dan outdoor.

7. Aston Hall

Tempat Wisata di Birmingham
id.hotels.com

Tempat wisata di Birmingham yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Aston Hall. Aston Hall merupakan sebuah rumah Jacobean Grade I yang berada di Aston, Birmingham.

Rumah yang dirancang oleh John Thorpe ini dibangun sekitar tahun 1618 hingga tahun 1635. Disini kamu bisa melihat interior dari rumah istimewa ini. Aston Hall sekarang dikelola oleh komunitas museum oleh Birmingham Museum Trust dan terbuka untuk wisatawan selama musim panas.

8. Winterbourne House & Garden

Winterbourne House & Garden
historichouses.org

Birmingham tampaknya memiliki banyak sekali destinasi wisata taman yang menarik, salah satunya adalah Winterbourne House & Garden. Winterbourne House & Garden ini merupakan sebuah taman botani yang berada di Universitas Birmingham dan sering digunakan khusus untuk penelitian ilmiah.

Kebun botani ini menampilkan tanaman dari seluruh dunia, termasuk Tiongkok, Amerika Selatan dan Utara hingga daerah Alpine. Tak hanya itu, disini juga terdapat koleksi karya seni yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai souvenir. Tak heran jika Winterbourne House & Garden ini menjadi salah satu tempat wisata di Birmingham yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

9. The National Motorcycle Museum

The National Motorcycle
webbikeworld.com

Tempat wisata di Birmingham yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah The National Motorcycle Museum. Wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik mengenaik dunia otomotif, terutama motor.

The National Motorcycle Museum ini menjadi destinasi wisata yang paling pas untuk kamu yang ingin melihat koleksi terbesar dari motor Inggris. Berbagai koleksi yang bisa kamu temukan disini, antara lain BSA, Triumph dan Norton.

Pendiri museum ini merupakan seorang pengusaha konstruksi dan jutawan, yaitu Roy Richards. Ia mulai mengoleksi motor jenis British pada tahun 70an. The National Museum ini buka pada tahun 1984 dan memulai dari 350 motor.

10. Sutton Park

Sutton Park
id.hotels.com

Satu lagi nih tempat wisata di Birmingham yang berupa taman, yaitu Sutton Park. Taman seluas 2,400 hektar ini lokasinya berada sekitar 6 mil dari pusat kota dan menjadi taman favorit banyak wisatawan.

Sutton Park menawarkan taman bermain untuk anak-anak dan terdapat restoran untuk bersantai sambil menikmati makan dan minum. Disini kamu bisa bersantai sambil berjalan kaki, bersepeda, jogging dan mengendarai kuda. Sutton Park ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin bermain golf, memancing hingga menikmati pemandangan dari cagar alam yang indah.

Baca juga :  10 Wisata Bahari di Bangka Belitung Dengan Permainan Seru

11. Kingsbury Water Park

Kingsbury Water Park
commons.wikimedia.org

Tempat wisata di Birmingham yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Kingsbury Water Park. Kingsbury Water Park merupakan sebuah taman pedesaan yang terkenal memiliki pemandangan indah.

Taman ini memiliki 15 danau yang berada di area 600 hektar. Disini kamu bisa menikmati pemandangan danau dengan berbagai kehidupan alam seperti burung, bebek dan lainnya. Tak hanya itu, anak-anak disini bisa naik perahu bebek dan bermain sepeda.

Fasilitas di Kingsbury Water Park ini pun tak kalah lengkap. Pasalnya, disini kamu bisa menemukan café, toilet hingga tempat parkir yang cukup luas. Taman ini seolah menjadi tempat terbaik untuk kamu yang ingin sejenak melepas penat dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang indah.

12. Sandwell Valley Country Park

Sandwell Valley Country Park
wheretogowithkids.co.uk

Sama halnya dengan Kingsbury Water Park, Sandwell Valley Country Park juga merupakan salah satu taman pedesaan yang berada di pusat West Midlands yang jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dari pusat West Bromwich.

Taman ini memiliki area pertanian, area alam, taman untuk bermain, jalur sepeda hingga lahan pertanian. Selain itu, di Sandwell Valley Country Park ini wisatawan juga bisa menikmati rekreasi untuk berjalan kaki, bersepeda, menunggang kuda, bermain bola dan aktivitas seru lainnya.

13. Dudley Castle

Dudley Castle
ecastles.co.uk

Tempat wisata di Birmingham yang tak kalah seru berikutnya adalah Dudley Castle. Dudley Castle ini merupakan sebuah benteng atau kastil yang berada di wilayah Dudley, West Midlands, Inggris.

Wisata yang menjadi bagian dari Dudley Zoological Gardens ini memang cukup populer karena menawarkan pemandangan rumput hijau beserta bangunan yang megah. Disini kamu bisa berfoto berlatarkan reruntuhan kastil yang unik serta pemandangan yang menawan.

14. Dudley Zoological Gardens

Dudley Zoological Gardens
whatsonlive.co.uk

Berada dalam satu lokasi dengan Dudley Castle, Dudley Zoological Gardens ini juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Birmingham yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Dudley Zoological Gardens merupakan sebuah kebun binatang yang dibuka untuk umum pada tanggal 18 Mei 1937 dengan luas sekitar 40 hektar. Kebun binatang ini memiliki koleksi lebih dari 1000 binatang dari berbagai negara, seperti singa, macan, ular, burung, ular, flamingo, jerapah dan banyak lagi jenis hewan menarik lainnya. Selain itu, anak-anak disini juga bisa bermain di taman bermain yang mebgasyikan dan menyenangkan.

15. Worcester and Birmingham Canal

Worcester and Birmingham Canal
theoutdoorguide.co.uk

Tempat wisata di Birmingham yang wajib untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Worcester and Birmingham Canal. Worcester and Birmingham Canal merupakan sebuah kanal yang menghubungkan Worcester dan Birmingham di Inggris dengan panjang sekitar 19 mil.

Menariknya, kanal ini tak hanya menjadi wisata dengan pemandangan indah serta sarana transportasi, tetapi juga sering dijadikan sebagai tempat untuk olehraga balap dayung sehingga menarik perhatian wisatawan lainnya untuk liburan disini bersama dengan keluarga.

16. Clent Hills

Clent Hills
tripadvisor.co.uk

Kalau kamu suka mendaki bukit, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Clent Hills. Clent Hills ini merupakan sebuah bukit yang sangat indah di sebelah barat daya pusat kota Birmingham. Bukit ini memiliki ketinggian 315 meter dan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Disini kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru, seperti berolahraga, jogging atau sekedar berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan.

Baca juga :  20 Negara Terindah di Dunia Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

17. Birmingham Library

Birmingham Library
archdaily.com

Tempat wisata di Birmingham yang wajib untuk disinggahi selanjutnya adalah Birmingham Library atau Perpustakaan Birmingham. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka bersantai sambil membaca buku.

Birmingham Library ini memiliki arsitektur menarik dan sangat estetik. Perpustakaan yang mulai dibangun pada tanggal 7 Januari 2010 ini pertama kali dibuka pada 3 September 2013. Menariknya, koleksi dari perpustakaan ini sangat banyak. Seperti arsip-arsip, koleksi buku anak-anak dan masih banyak lagi lainnya. Setelah lelah membaca buku, disini kamu juga bisa berkunjung ke café perpustakaan untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman.

18. Barber Institute of Fine Arts

Barber Institute of Fine Arts
artfund.org

Barber Institute of Fine Arts merupakan sebuah ruang konser dan galeri seni yang berada di Birmingham, tepatnya di University of Birmingham. Tentunya tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Birmingham yang cukup populer, khususnya di kalangan pecinta seni.

Wisata ini menyimpan berbagai koleksi seni yang cukup lengkap, mulai dari lukisan dari berbagai belahan dunia, koleksi patung serta karya dekoratif dan koleksi koin terbesar dari seluruh dunia.

19. Lapworth Museum of Geology

Lapworth Museum of Geology
birmingham.ac.uk

Tempat wisata di Birmingham berikutnya adalah Lapworth Museum of Geology. Museum geologi ini sangat terkenal dan berada di kawasan University of Birmingham.

Museum yang didirikan pada tahun 1880 ini menyimpan beragam koleksi yang menarik, seperti fosil, mineral dan bebatuan yang berasal dari berbagai wilayah. Lapworth Museum of Geology ini seolah menjadi tempat wisata edukasi yang bisa memberikanmu pengetahuan seputar fosil.

20. Museum of the Jewelery Quarter

Museum of the Jewellery Quarter
visitbirmingham.com

Buat kamu yang suka dengan perhiasan, rasanya kamu wajib untuk berkunjung ke Museum of the Jewellery Quarter. Museum of the Jewellery Quarter ini merupakan salah satu tempat wisata di Birmingham yang cukup populer di kalangan wisatawan yang gemar mengoleksi perhiasan.

Di museum ini kamu bisa menikmati panduan wisata di pabrik perhiasan yang sudah ada sejak zaman dahulu dan tidak banyak perubahan sejak saat ini. Galeri museum ini menampilkan perhiasan yang terbuat dari bahan alam, karang, gigi paus, berlian dan platinum. Perhiasan yang ada di museum ini juga dibuat oleh desainer lokal yang kemudian dijual di toko museum beserta hadiah dan buku.

Museum Jewellery Quarter ini menceritakan mengenai produksi perhiasan selama 200 tahun terakhir. Unik sekali kan?

21. Black Country Living Museum

Black Country Living Museum
visitbirmingham.com

Tempat wisata di Birmingham yang satu ini juga masih berupa museum, yaitu Black Country Living Museum. Black Country Living Museum ini merupakan sebuah museum terbuka yang berasal dari berbagai macam bangunan bersejarah yang dibangun kembali.

Di museum ini kamu bisa berburu souvenir untuk oleh-oleh dan ada juga café museum dimana kamu bisa menikmati hidangan dan minuman yang sangat menggugah selera.

22. Thinktank, Birmingham Science Museum

Thinktank Birmingham Science Museum
expedia.co.id

Untuk kamu pecinta sains, tempat wisata di Birmingham yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Thinktank merupakan sebuah museum sains yang cukup populer di Birmingham.

Museum ini menyimpan banyak koleksi pesawat terbang, mobil kuno, lokomotif hingga mesin-mesin lainnya. Thinktank ini sangat menarik dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga karena bisa menjadi wisata edukasi untuk belajar lebih dalam mengenai teknologi. Selain itu, di museum ini kamu juga bisa mengunjungi planetarium dan sering diadakan aktivitas atau event yang seru.

23. National Sea Life Centre

National Sea Life Centre
visitbirmingham.com

Tempat wisata di Birmingham yang terakhir adalah National Sea Life Centre. Tempat ini merupakan wisata akuarium yang menawarkan kehidupan bawah laut yang sangat indah.

National Sea Life Centre ini memiliki koleksi lebih dari 2.000 kehidupan dari seluruh dunia. Disini kamu akan menjumpai penguin, hiu, kura-kura, ikan pari, gurita dan binatang laut yang unik lainnya.

Nah, itulah tadi daftar tempat wisata di Birmingham yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja saat kamu berkunjung kesana. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Inggris, jangan lupa untuk datang ke Birmingham ya.



Leave a Reply