Pecinta Sepak Bola, Nih 10 Tempat Wisata di Manchester Inggris


prita  September 24, 2022  0 Comment

Tempat wisata di Manchester Inggris tentu menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Inggris. Kota Manchester di Inggris dikenal sebagai salah satu kota dengan ilmu pengetahuan dan teknik sehingga menjadi impian banyak pelajar dari seluruh dunia. Tak hanya dikenal sebagai kota pendidikan, Kota Manchester ini juga cukup populer di kalangan pecinta sepak bola karena di kota ini juga klub sepak bola Manchester United dan Manchester City bermarkas.

Kota Manchester menjadi kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya dan tentu saja memiliki sejumlah destinasi wisata kece yang patut untuk kamu singgahi saat berlibur kesana. Nah, untuk kamu yang sedang merencanakan tempat liburan ke Inggris, berikut ini adalah destinasi wisata di Manchester yang bisa kamu kunjungi.

1. Manchester Town Hall

Manchester Town Hall
visitmanchester.com

Tempat wisata di Manchester Inggris yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Manchester Town Hall. Gedung ini dibangun sejak tahun 1868 dan menjadi kantor lembaga pemerintahan Manchester.

Memiliki gaya Neo-gothic, bangunan ini memiliki menara jam setinggi 85 meter dengan 4 buah jam yang dapat dilihat dari arah mata angin. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melihat bel tua seberat 8 ton yang disebut dengan Great Abel. Manchester Town Hall ini terlihat semakin megah dengan adanya lukisan mural ikonik berjudul History od Manchester yang legendaris.

Gotravelly

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Berwisata Ke Bangkok? Pastikan Untuk Melihat Megahnya Grand Palace & Wat Phra Kaew

2. Manchester Cathedral

Manchester Cathedral
tripadvisor.co.id

Manchester Cathedral menjadi tempat wisata di Manchester Inggris selanjutnya yang patut untuk kamu kunjungi. Katedral ini juga menjadi salah satu bangunan bersejarah di Manchester karena sudah ada sejak tahun 1421.

Katedral ini awalnya bernama Gereja Collegiate lalu namanya berubah menjadi Manchester Cathedral di tahun 1847. Memiliki menara setinggi 41 meter, bangunan ini tentu cukup menarik untuk dikunjungi dan selalu menjadi salah satu objek wisata religi dan sejarah yang populer.

3. Manchester Art Gallery

Manchester Art Gallery
creativetourist.com

Tempat wisata di Manchester Inggris berikutnya adalah Manchester Art Gallery. Destinasi wisata yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka dengan seni karena art gallery ini menjadi tempat para seniman dunia menggelar pameran. Salah satunya adalah Joanna Vasconcelos.

Manchester Art Gallery ini dibuka pada tahun 1823 dan memiliki area seluas 75.000 meter persegi. Di galeri seni ini kamu bisa melihat lebih dari 25.000 koleksi yang terdiri dari 2.000 oil painting, 3.000 lukisan warna air, 250 patung, 90 miniatur dan masih banyak lagi lainnya.

4. Castlefield

Wisata di Manchester
sworld.co.uk

Berada di tengah kota, Castlefield adalah asal muasal terbentuknya kota Manchester. Disini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan rumah bergaya Victoria di sepanjang kanal-kanal tua.

Saat berkunjung kesini, jangan lupa juga untuk menjelajahi Bridgewater Canal yang dibangun pada tahun 1761 untuk mengangkut batu bara dari tambang di Worsley ke Manchester. Sesuai dengan namanya, yaitu Urban Heritage Park, kamu bisa merasakan suasana asli Manchester disini.

5. People History Museum

People History Museum
commons.wikimedia.org

Tempat wisata di Manchester Inggris yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah People History Museum atau yang juga dikenal sebagai PHM. Museum ini merupakan museum nasional tentang demokrasi yang menceritakan sejarah pengembangan di Britania Raya di masa dahulu, sekarang dan masa yang akan datang.

Di Museum ini juga kamu bisa belajar tentang sejarah demokrasi dan bagaimana orang-orang bisa mendapatkan hal pilih mereka. People History Museum ini seolah menjadi destinasi wisata yang menarik untuk anak muda karena memberikan edukasi dengan cara yang unik. Salah satunya yang cukup populer adalah Never Going Underground yang menceritakan sejarah hak-hak kaum LGBT.

6. Science and Industry Museum

Science and Industry Museum
timeout.com

Masih berupa museum, tempat wisata di Manchester Inggris yang satu ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Science and Industry Museum.

Museum yang didirikan pada 15 September 1983 ini merupakan museum besar dalam pengembangan sains, teknologi dan industri. Mengingat Manchester merupakan tempat para ilmuwan pertama kali memisahkan atom dan menciptakan program penyimpanan komputer. Kota ini juga dikenal sebagai kota kelahiran banyak penemuan penting sehingga pemerintah Manchester mendokumentasikannya dalam bentuk museum yang dibuka untuk umum. Disini kamu akan melihat langsung koleksi mesin uap hingga pesawat. Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk menjajal eksperimen sendiri di museum ini.

7. National Football Museum

National Football Museum
nationalfootballmuseum.com

Tempat wisata di Manchester Inggris yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah National Football Museum. Dikenal sebagai kota sepak bola, pemerintah kota Manchester berinisiatif untuk mendirikan museum ini di tahun 2012 lalu.

Tak hanya koleksi yang berkaitan dengan sepak bola Inggris saja, disini pengunjung juga bisa melihat koleksi dari FIFA Museum, FIFA Book Collectioan dan Football League. Museum ini tentunya sangat menarik bagi kamu yang suka sepak bola.

8. Old Trafford

Old Trafford
klook.com

Masih berhubungan dengan sepak bola, tempat wisata di Manchester Inggris yang satu ini tentu wajib untuk kamu kunjungi, khususnya bagi kamu pecinta klub sepak bola Manchester United.

Old Trafford merupakan stadion sepak bola yang menjadi markas klub sepak bola Manchester United. Stadion ini dibangun pada tahun 1909 dan pertama kali dibuka di tahun 1910 dengan kapasitas 75.636 kursi. Old Trafford ini juga sering digunakan untuk pertandingan sepak bola, termasuk Piala Dunia dan Piala Eropa. Tak hanya bisa menonton pertandingan sepak bola, disini kamu juga bisa mengikuti rangkaian tur untuk melihat kemegahan stadion ini.

9. Etihad Stadium

Etihad Stadium
radaraktual.com

Selain Olf Trafford, tempat wisata di Manchester Inggris yang satu ini juga menjadi favorit bagi pecinta sepak bola, khususnya penggemar dari klub sepak bola Manchester City. Etihad Stadium ini juga dikenal sebagai Stadion City of Manchester dan merupakan kandang dari klub sepak bola Manchester City sejak tahun 2003.

Stadion ini dimulai pembangunannya pada tahun 1999 dan mulai dibuka pada tahun 2002 untuk atletik dan tahun 2003 dibuka untuk sepak bola. Etihad Stsium ini mampu menampung penonton hingga 55.097 orang. Sama halnya dengan Old Trafford, disini kamu tak hanya bisa menonton pertandingan saja, tapi kamu juga bisa mengikuti tur berkeliling stadion.

10. Hollingworth Lake Country Park

Hollingworth Lake Country Park
rochdale.gov.uk

Tempat wisata di Manchester Inggris yang terakhir adalah Hollingworth Lake Country Park. Manchester memang tak hanya menawarkan destinasi wisata bersejarah dan sepak bola saja, tapi disini kamu juga bisa mengunjungi wisata alam dengan pemandangan indah.

Hollingworth Lake Country ini menawarkan pemandangan danau yang indah dengan rumput hijau dimana kamu bisa piknik sambil berkumpul bersama keluarga atau kerabat. Selain itu, tempat wisata ini juga kamu bisa mengunjungi restoran dan café yang menyajikan sajian lokal yang nikmat.



Leave a Reply