10 Ragam Pie Khas Inggris Yang Selalu Laris Manis


prita  January 1, 2022  0 Comment

Sudah bukan rahasia lagi jika masyarakat Inggris sangat menyukai pie. Pie adalah salah satu hidangan khas Inggris yang telah disantap sejak berabad-abad lalu dan sampai saat ini masih populer. Ternyata, di Inggris banyak sekali jenis pie yang lezat dan dibuat dari berbagai isian dan beberapa pie khas Inggris tersebut bahkan telah dikonsumsi ratusan tahun lalu. Tak heran jika di Inggris ada ajang penghargaan khusus untuk pie bernama British Pie Awards. Nah, kalau kamu akan berkunjung ke Negara Ratu Elizabeth tersebut, berikut ini adalah deretan pie yang wajib untuk kamu coba.

1. Shepherd’s Pie

Shepherd's Pie
bbc.co.uk

Pie khas Inggris yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Shepherd’s Pie. Pie ini adalah salah satu kuliner yang cukup populer di Inggris karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Shepherd’s Pie ini akan mengingatkan kita pada casserole, yang terdiri dari daging domba atau kambing yang dicincang, wortel, bawang, saus Worcestershire serta ragam bumbu seperti lada hitam, peterseli dan marjoram. Pie ini memang terluhat sederhana namun rasanya sangat nikmat. Tak heran jika sajian ini sangat terkenal sejak tahun 1870an.

Gotravelly

Nyobain Tteokbokki Enak Di For You Korean Street Toast And Coffee

Tebuci Jombang : Burger Bakar Dan Kebab Bakarnya Juara!

2. Pie and Mash

Pie and Mash
london.eater.com

Pie and Mash juga menjadi salah satu pie khas Inggris yang tak boleh dilewatkan. Sajian tradisional Inggris ini terdiri dari pai yang diisi dengan potongan daging sapi giling dan kentang tumbuk.

Meskipun saat ini pie dibuat dengan daging sapi cincang, namun di masa lalu pie ini diisi sengan belut dari Sungai Thames, lho. Pie and Mash ini memang memiliki isian yang cukup padat dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tak heran sampai saat ini pie and mash masih menjadi santapan para pekerja di London.

3. Mince Pie

Mince Pie
daringgourmet.com

Pie khas Inggris yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Mince Pie. Mince Pie ini merupakan salah satu camilan khas Natal yang harus selalu ada setiap tahunnya.

Pie ini terdiri dari pastry yang diberi isian buah-buahan dan rempah kering. Awalnya, Mince Pie ini mengandung bahan-bahan manis dan gurih, seperti daging giling, lemak babi dan keju. Bentuk asli pie ini persegi panjang sehingga masyarakat mengasosiasikan pie ini dengan palungan Yesus yang telah diletakkan. Tak heran jika Mince Pie ini menjadi salah satu makanan wajib saat Paskah dan Natal.

4. Pork Pie

Pork Pie
toppingspies.co.uk

Pork Pie atau Pie Babi merupakan salah satu pie khas Inggris yang cukup populer sejak tahun 1300an. Pie ini pertama kali dibuat di dapur Raja Richard menggunakan bahan-bahan daging babi yang kemudian dibumbui, lalu dicincang.

Sekarang, pie ini tak hanya bisa diisi dengan daging babi saja, lho. Sekarang kamu bahkan bisa menemukan pie ini dengan isian daging sapi dan daging ayam. Pie ini masih menjadi salah satu menu wajib untuk piknik, menu ulang tahun hingga makan malam. Pork Pie ini memang memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuatmu kenyang.

5. Steak and Ale Pie

Steak and Ale Pie
bbc.co.uk

Pie khas Inggris yang tak kalah nikmat untuk kamu coba adalah Steak and Ale Pie. Hidangan klasik Inggris ini merupakan makanan pokok pub yang terdiri dari pastry yang kemudian diisi dengan potongan daging sapi yang lembut, ragam sayuran seperti wortel, stok, ale, bumbu dan saus Worcestershire. Pie ini kemudian dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan.

Steak and Ale Pie ini biasanya disajikan bersama dengan kentang dan kacang polong sebagai pendampingnya. Makanan ini juga terkenal memiliki cita rasa yang nikmat dan banyak disukai oleh wisatawan.

6. Banoffee Pie

Banoffee Pie
marketofchoice.com

Banoffee Pie merupakan makanan penutup Inggris yang cukup populer. Pie khas Inggris ini dibuat dari krim, pisang dan toppee di atas pastry atau dasar yang dibuat dari biskuit yang telah dihancurkan.

Disebut dengan banoffee karen pie ini dibuat dari banana dan toffee. Pie ini pertama kali ditemukan oleh Nigel Mackenzie dan Ian Dowding di restoran The Hungry Monk yang berada di East Sussex pada tahun 1970an. Sampai saat ini, hidangan ini sangat populer dan masih banyak dipesan.

7. Steak Pie

Steak Pie
bbc.co.uk

Mungkin nama steak pie ini terdengar cukup aneh, namun sajian ini merupakan salah satu makanan penutup tradisional Inggris yang cukup populer. Pie khas Inggris yang satu ini terdiri dari pastry yang diberi isian steak, saus dan berbagai sayuran yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Steak Pie ini pertama kali dibuat pada abad ke-18 dan saat itu dibuat dari puding beef steak yang kemudian dipadukan dengan suet. Sekarang, steak pie ini menjadi salah satu makanan yang cukup populer dan secara tradisional disajikan saat perayaan malam tahun baru di Skotlandia.

8. Pot Pie

Pot Pie
natashaskitchen.com

Pie khas Inggris yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah pot pie. Pot pie ini adalah sajian yang cukup populer di Inggris karena memiliki sejarah yang cukup panjang karena berkaitan dengan Kekaisaran Romawi.

Pot Pie ini selalu diberi isian berupa daging, seperti daging ayam, daging sapi, domba atau kalkun yang kemudian diberi ragam sayuran, seperti kentang, wortel dan kacang polong. Popularitas pot pie ini tak hanya di sekitar Inggris dan Britania Raya saja, namun juga hingga ke Amerika.

9. Melton Mowbray Pork Pie

Melton Mowbray Pork Pie
porkpie.co.uk

Sudah bukan rahasia lagi jika Melton Mowbray Pork Pie ini menjadi salah satu pie khas Inggris yang populer karena memiliki cita rasa yang nikmat. Pie ini juga menjadi pemenang British Pie Awards setiap tahunnya.

Sesuai dengan namanya, pie ini dibuat dari daging babi segar terbaik yang dicincang dan diberi bumbu garam juga merica. Saat dipanggang, isian daging akan berubah warna menjadi abu-abu dan memiliki cita rasa yang lezat.

10. Game Pie

Ragam Pie Khas Inggris
bbc.co.uk

Pie khas Inggris yang terakhir adalah Game Pie. Game pie ini juga menjadi salah satu sajian tradisional Inggris yang terdiri dari pastry yang diberi isian saus yang kaya kemudian dimasak seperti daging rusa dan daging kelinci.

Game pie ini populer pada abad ke-16 di Inggris dan saat itu dibuat dengan daging apapun yang bisa ditemukan, seperti daging burung merpati dan burung hitam. Sekarang, pie ini bisa dibuat dengan daging apapun dan bisa dibuat dengan mudah. Game pie ini biasanya dinikmati sebagai sajian musim gugur dan musim dingin.

Demikianlah daftar pie khas Inggris yang dibuat dengan beragam isian dan memiliki cita rasa yang nikmat juga unik. Kalau kamu akan berlibur ke Inggris, jangan lupa untuk mencicipinya ya. Pie mana nih yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply