10 Tempat Wisata di Pekalongan dengan Pemandangan Paling Indah


Reni  August 29, 2018  0 Comment

Jika berbicara tentang Tempat Wisata di Pekalongan, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah kota penghasil batik yang terkenal tidak saja di Indonesia, tetapi di luar negeri. Daya tarik Pekalongan ternyata tidak hanya batik, tetapi juga banyak tempat wisata di Pekalongan yang layak untuk Anda kunjungi. Ada berbagai wisata alam dengan pemandangan indah di sini, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pekalongan dengan pemandangan paling indah yang dapat menjadi referensi tujuan wisata Anda :

1. Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Pantai Pasir Kencana Pekalongan

triptrus.com

Pekalongan, yang merupakan salah satu daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan lautan, tentu memiliki banyak tempat wisata berupa pantai, salah satunya adalah pantai Pasir Kencana Pekalongan. Tempat wisata di Pekalongan yang satu ini memiliki jarak yang tidak jauh dari pusat kota.

Hanya sekitar 4,5 kilometer dari kota, Anda akan menemukan pantai Pasir Kencana ini dengan akses jalan yang cukup mudah. Untuk Anda yang mengunjungi Pekalongan dengan keluarga, pantai ini dapat menjadi pilihan tempat libur keluarga, karena fasilitas di pantai ini dilengkapi dengan playground untuk anak anak, beberapa koleksi satwa, wahana becak air, dan fasilitas pelengkap lain seperti rumah makan, mushola serta toilet.

Keindahan pantai Pasir Kencana pun dapat dinikmati dari berbagai sudut, mulai dari jembatan kanal hingga batu pembatas ombak yang ada di tepi pantai. Bila Anda berminat untuk membawa pulang beberapa ikan laut segar, Anda bisa mampir ke tempat pelelangan ikan yang terletak tidak jauh dari Pantai.

Baca juga :  10 Pantai Di Rembang yang Recommended dan Hits 2023 

review kuliner

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Pantai Depok Pekalongan

Pantai Depok Pekalongan

woysis.blogspot.com

Pantai lain yang menjadi tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah pantai Depok. Pantai ini terletak di desa Depok, Kecamatan Siwalan, Pekalongan. Bila Anda sedang penat dan butuh ketenangan, datang ke pantai Depok dapat menjadi penetralisir rasa penat Anda.

Pantai ini memiliki karakteristik pasir berwarna kehitaman dengan ombak pantai yang tenang. Selain itu bagi Anda yang membawa serta anak kecil, pantai Depok adalah salah satu pantai yang aman untuk membawa anak bermain di laut karena tipikal ombaknya yang tenang. Cobalah datang ke sini pada sore hari, dan Anda akan disuguhkan pemandangan senja yang indah dan tak terlupakan.

3. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan

twitter.com/didikpeyot

Selain wisata pantainya, Pekalongan juga memiliki beberapa tempat wisata berupa bukit hingga gunung. Salah satunya adalah bukit Pawuluhan. Bukit ini merupakan salah satu tempat wisata di Pekalongan yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi, apalagi bagi Anda yang gemar berburu indahnya golden sunrise.

Meskipun medan yang perlu Anda tempuh untuk sampai di bukit ini cukup sulit, tetapi semua akan terbayar dengan pemandangan mempesona yang akan Anda lihat saat sudah berada di atas bukit Pawuluhan ini.

Di sepanjang perjalanan menuju bukit Pawuluhan Anda juga akan disuguhi hamparan luas sawah di sisi kanan dan kiri dan banyak pepohonan rindang yang merupakan tempat tinggal kera liar. Mengunjungi bukit ini tentunya akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi Anda.

4. Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo

jelajahkarungrungan.blogspot.com

Bila masih kurang puas hanya menikmati golden sunrise di bukit Pawuluhan, Anda bisa melanjutkan pendakian menuju ke gunung Kendalisodo. Gunung yang memiliki ketinggian 1.695 MDPL ini terkenal cocok untuk digunakan latihan oleh para pendaki pemula.

Baca juga :  Air Terjun Sekumpul Surga Tersembunyi di Bali

Spot paling favorit bagi para pendaki adalah di puncak Hanoman. Di atas puncak gunung Kendalisodo ini, Anda akan disajikan pemandangan kota Pekalongan dari atas yang tentunya sangat menakjubkan. Bila Anda beruntung, saat mendaki di gunung ini Anda juga dapat melihat ritual adat yang dilakukan oleh penduduk setempat.

5. Wisata Hutan Mangrove Pekalongan

Wisata Hutan Mangrove Pekalongan

jatengprov.go.id

Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah wisata hutan mangrove Pekalongan. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang terbaru di Pekalongan. Wisata hutan mangrove ini terletak di kelurahan Kandang Panjang, Pekalongan Utara.

Fungsi utama tempat ini sebenarnya adalah tempat penanaman pohon bakau untuk mencegah terjadinya abrasi. Tetapi karena pemandangan di sekitar hutan mangrove yang indah dan asri, hutan mangrove ini menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang ramai dikunjungi para wisatawan.

6. Curug Bidadari Jolotigi

Curug Bidadari Jolotigi

muhnailulhuda.blogspot.com

Pekalongan menjadi salah satu kota tujuan wisata yang memiliki beragam tempat wisata dengan keindahannya masing masing. Tidak hanya pantai dan bukit hingga gunung, wisata alam Pekalongan juga terbilang lengkap dengan adanya sejumlah curug sebagai destinasi wisata selanjutnya. Salah satu curug yang terkenal sebagai tujuan wisata di Pekalongan adalah curug Bidadari Jolotigi.

Curug yang memiliki nama lain curug Batu Dinding Kolam Lima ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sekitar air terjun ada lima ceruk yang menyerupai kolam yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai tempat berenang atau mandi. Kolam kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda, dari yang dangkal hingga paling dalam.

7. Curug Bajing

Curug Bajing

kecubungaldara.blogspot.com

Curug lain di Pekalongan yang tak kalah indah adalah curug Bajing yang ada di desa Tlogopakis, kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Lokasi curug Bajing berada di pegunungan Petingkriyono yang terkenal asri dan hijau.

Baca juga :  10 Taman Terindah di Jepang

Pesona curug Bajing ini terletak pada air terjunnya yang bertingkat tingkat dengan aliran air yang bening dan tentu saja segar. Bila Anda berniat refreshing dan bermain air di sekitar air terjun, curug ini dapat menjadi tujuan wisata yang tepat bagi Anda.

8. Kebun Teh Pagaliran

Kebun Teh Pagaliran

yantobasna.blogspot.com

Bagi Anda yang mencari tempat wisata di Pekalongan dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, kebun teh Pagaliran dapat menjadi tujuan Anda. Kebun teh Pagaliran ini sebenarnya sudah masuk di wilayah Kabupaten Batang, tetapi letaknya masih cukup dekat dengan Pekalongan. Hawa yang sejuk dengan pemandangan kebun teh yang hijau dan tenang tentu akan membuat Anda malas untuk beranjak pulang.

9. Bukit Bintang Kutorojo

tempat wisata terdekat

imgtoon.com

Pekalongan juga dilengkapi dengan tempat wisata yang dapat Anda nikmati pada malam hari diantaranya adalah bukit bintang Kutorojo. Di tempat ini Anda dapat menikmati nuansa malam kota Pekalongan dengan kerlap kerlip lampu kota dan bintang yang berpendar di langit malam hari. Meskipun tempat ini belum banyak diketahui wisatawan, tidak ada salahnya Anda menjadikan tempat ini sebagai list tujuan wisata selanjutnya di Pekalongan.

10. Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong

lolongadventure.com

Apakah di antara Anda adalah penggemar durian? Desa wisata Lolong di Pekalongan ini terkenal sebagai surganya pecinta buah durian. Pastikan Anda mengunjungi tempat ini pada musim durian agar Anda dapat mengikuti festival durian yang ada di desa wisata Lolong dan berkesempatan menikmati durian sepuasnya.

Selain menjadi surga bagi penyuka durian, desa wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas outbond yang menarik seperti tubing, rafting, arung jeram hingga camping. Anda pun bisa menyewa homestay yang ada di sini untuk merasakan tenangnya menginap dengan suasana pedesaan.

Jadi, tempat wisata di Pekalongan manakah yang ingin Anda kunjungi?



Leave a Reply