Hobi Mendaki? Nih 8 Gunung di Papua Yang bisa Kamu Coba


Fida  September 1, 2022  0 Comment

Bagi kamu yang hobi mendaki, datang ke salah satu dari banyaknya pilihan gunung di Papua tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Ada banyak pilihan gunung dengan pemandangan eksotis dan sayang untuk kamu lewatkan. Menghabiskan waktu berlibur dengan mendaki beberapa gunung di Papua berikut ini tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

1. Gunung Puncak Jaya

gunung puncak jaya
tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Puncak Jaya bukan? Puncak Jaya merupakan salah satu gunung di Papua yang populer dan berhasil menarik perhatian wisatawan. Gunung yang satu ini juga dikenal sebagai gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki puncak mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. 

Karena memiliki puncak yang tergolong tinggi, tidak heran jika Puncak Jaya memiliki suhu udara yang dingin hingga dikenal bersalju. Puncak Jaya pertama kali berhasil ditaklukkan pada tahun 1962. Bagi kamu yang hobi mendaki, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mendaki salah satu puncak tertinggi di Indonesia yang satu ini. 

Gotravelly

Gunung Agung Visa Puregai, Bali

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

2. Gunung Puncak Trikora

gunung puncak trikora
ilmugeografi.com

Selain Gunung Puncak Jaya, kamu juga dapat mengunjungi gunung di Papua lainnya yang dikenal indah seperti Puncak Trikora. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 4751 meter di atas permukaan laut. Hal itu menjadikan Puncak Trikora dikenal sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia. 

Di tahun 1963, tepatnya pada jaman pemerintahan Belanda, Puncak Trikora dikenal dengan sebutannya yakni Wilhelminatop atau Puncak Wihelmina. Menurut para pendaki, jalur pendakian Gunung Puncak Trikora lebih sulit dilalui jika dibandingkan dengan jalur pendakian Jaya Wijaya. Para pendaki dapat memilih jalur pendakian melalui Taman Nasional Lorents atau melalui Jalur Wamena. Meskipun memiliki puncak yang cukup sulit untuk ditaklukkan, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pendaki untuk datang dan mendaki di Gunung Puncak Trikora.  

3. Gunung Puncak Mandala

gunung puncak mandala
trek-papua.com

Masih termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Puncak Mandala juga menjadi salah satu gunung di Papua yang bisa kamu taklukkan. Gunung yang satu ini sangat cocok didaki bagi siapapun yang hobi mendaki. Dengan ketinggian puncak mencapai 4.760 meter di atas permukaan laut, Gunung Puncak Mandala cukup berhasil menguji adrenalin para pendaki. 

Di masa Penjajahan Belanda, Gunung Puncak Mandala dikenal snegan sebutan Julianatop atau Puncak Juliana. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke kawasan Kabupaten Bintang, Papua. Salah satu hal yang menarik dari Gunung Puncak Mandala adalah adanya gletser salju. Meskipun saat ini gletser cukup berkurang akibat pemanasan global, tetapi hal itu tidak mengurangi keindahan Gunung Puncak Mandala. 

4. Pegunungan Foja 

pegunungan foja
kaskus.co.id

Jika ingin datang dan mendaki salah satu gunung di Papua, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke kawasan Pegunungan Foja. Kawasan pegunungan yang satu ini memiliki puncak dengan tinggi mencapai 2.193 meter di atas permukaan laut. Di kawasan pegunungan Foja, kamu juga dapat menjumpai adanya aliran Sungai Mamberamo. Sungai yang satu ini dikenal sebagai sungai yang memasok air bersih di kawasan Papua bagian utara.

Selain dapat mendaki dan menaklukkan puncaknya, kamu juga dapat mengunjungi adanya suakamargasatwa yang terletak di kawasan Pegunungan Foja. Saat berkunjung ke Papua, menghabiskan waktu di kawasan Pegunungan Foja tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

5. Pegunungan Arfak

pegunungan arfak
travel.kompas.com

Pegunungan Arfak dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu gunung di Papua. Kawasan yang satu ini terbilang cukup populer dan biasa dikunjungi oleh para pendaki. Puncak tertinggi dari Pegunungan Arfak disebut dengan Gunung Arfak yang memiliki ketinggian mencapai 2.940 meter di atas permukaan laut. 

Jika beruntung, kamu juga akan menjumpai adanya salju saat berada di Puncak Gunung Arfak. Selain menikmati keindahan alam berupa gunung dan hutan, kawasan ini juga memiliki danau yang tidak kalah indah dan menakjubkan. Saat ingin mengunjungi indahnya gunung di Papua, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke kawasan Pegunungan Arfak. 

6. Pegunungan Tamrau

Gunung di Papua
indonesiamandiri.web.id

Daftar gunung di Papua berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didaki adalah kawasan Pegunungan Tamrau. Pegunungan Tamrau juga biasa dikenal dengan sebutan Pegunungan Tambrauw atau Pegunungan Tamarau. Jika ingin mengunjungi pegunungan ini, kamu dapat menuju ke wilayah utara Semenanjung Kepala Burung, Provinsi Papua Barat. Pegunungan Tamrau berdekatan dengan Pegunungan Arfak dan dipisahkan oleh adanya Lembah Kebar. 

Kawasan Pegunungan Tamrau memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 2.501 meter di atas permukaan laut. Bagi kamu pecinta alam, indahnya kawasan pegunungan ini tentu akan membuatmu kagum. Mencoba sensasi mendaki dan bermalam dengan membangun tenda tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. 

7. Gunung Dafonsoro

gunung dafonsoro
jogja.tribunnews.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu gunung di Papua, kamu dapat menikmati indahnya Gunung Dafonsoro. Gunung yang satu ini juga dikenal dengan beberapa sebutan lain seperti Pegunungan Cycloop atau Pegunungan Robhong Holo. Kawasan gunung ini membentang hingga kurang lebih 36 kilometer di kawasan Papua. 

Gunung Dafonsoro memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 2.160 meter di atas permukaan laut. Yang menjadi daya datik dari Gunung Dafonsoro salah satunya adalah letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Di sisi selatan Gunung berbatasan langsung dengan Lembah Danau Sentani, di sebelah barat berbatasan dengan Teluk Tanahmerah, dan di sebelah timur berbatasan dengan Teluk Yos Sudarso. 

8. Ngga Pilimsit

ngga pilimsit
triptrus.com

Pernah mendengar sebutan Ngga Pilimsit? Ngga Pilimsit merupakan salah satu gunung di Papua yang menarik untuk kamu datangi. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. 

Selain dikenal dengan puncak tertinggi, gunung yang satu ini juga menyimpan banyak kekayaan alam. Kamu dapat mengunjungi gunung ini di kawasan Dogomo, Dumadama, Kabupaten Paniai, Papua. Puncak Ngga Pilimsit pertama kali ditaklukkan oleh pendaki asal Austria. Keindahan alam yang disuguhkan di gunung ini memang sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. 

Selain menarik di kalangan wisatawan lokal, gunung ini juga banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara. Meskipun menawarkan jalur pendakian yang cukup menantang untuk dilalui, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pendaki untuk menaklukkan puncak Ngga Pilimsit. Banyaknya flora dan fauna juga menjadi daya tarik tersendiri. Saat ingin datang dan mengunjungi indahnya gunung di Papua, tidak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu di gunung yang satu ini. 

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi gunung di Papua yang dikenal indah dan bisa kamu kunjungi. Setelah membaca artikel di atas, menurut kamu gunung manakah yang tampak paling indah dan menarik untuk dikunjungi?



Leave a Reply