Pesona 6 Gunung Terpendek di Dunia, Tertarik Mengunjunginya?


Fida  December 2, 2023  0 Comment

Gunung dengan keindahan dan ketenangannya, sering kali dianggap sebagai puncak prestasi geografis. Namun, di antara puncak-puncak yang menjulang tinggi, ada gunung-gunung yang mungkin tidak begitu mencolok, yakni gunung-gunung terpendek di dunia. Meskipun ketinggian mereka mungkin kurang memukau, keunikan dan karakteristik mereka menawarkan perspektif yang menarik tentang keajaiban geografis. Berikut daftarnya.

6 Gunung Terpendek di Dunia :

1. Gunung Jingshan – Gunung Terpendek di Dunia

gunung jingshan
inews.id

China, sebagai tuan rumah bagi beberapa gunung tertinggi, juga menyimpan keunikan dengan memiliki gunung terpendek di dunia, yaitu Gunung Jingshan. Terletak di Provinsi Shandong, gunung ini diakui sebagai yang terpendek karena tingginya hanya mencapai 0,6 meter dengan panjang 1,24 meter dan lebar 0,7 meter. Meskipun secara fisik lebih mirip dengan batu daripada gunung, pada tahun 1958, penelitian menunjukkan bahwa tinggi sebenarnya hampir mencapai 50 meter, sebagian besar berada di bawah tanah. Kendati pendek, Gunung Jingshan tetap menjadi situs yang dilindungi di China dan menarik banyak wisatawan.

2. Gunung Wycheproof

gunung wycheproof
m.tribunnews.com

Australia, negara dengan lanskap alam yang begitu bervariasi, memiliki keunikan tersendiri dengan Gunung Wycheproof yang terletak di Wycheproof, Victoria. Meskipun ketinggian gunung ini hanya mencapai 42 meter di atas permukaan laut, keberadaannya memberikan daya tarik yang istimewa pada wilayah tersebut. Sejak tahun 1845, gunung ini telah menjadi tempat pemukiman bagi setidaknya 789 penduduk.

Selain ketinggian yang mencolok, Gunung Wycheproof juga menarik perhatian dengan warna uniknya, yaitu merah muda yang sedikit transparan. Warna khas ini memberikan karakteristik visual yang membedakan gunung ini dari yang lain, menciptakan pemandangan yang menarik dan memukau. Nama gunung ini, Wycheproof, berasal dari kandungan mineral yang ditemukan di dalamnya, yang dikenal sebagai Wycheproofite.

Baca juga :  10 Destinasi Islami Di Eropa Kaya Dengan Nilai Sejarah Juga Religi

Kehadiran Gunung Wycheproof bukan hanya sebagai elemen geografis yang mencolok, tetapi juga sebagai penanda sejarah bagi pemukiman di sekitarnya. Selama hampir dua abad, gunung ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat lokal, menyaksikan perubahan dan perkembangan dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan mineral yang unik dan karakteristik visual yang mencolok menjadikan Gunung Wycheproof sebagai daya tarik tidak hanya bagi penduduk lokal tetapi juga bagi para pengunjung yang tertarik dengan keajaiban alam yang eksotis dan sejarah yang terpatri di dalamnya.

3. Gunung Hirayama

Jepang, yang terkenal dengan keindahan alam dan kearifan budayanya, juga menyimpan cerita menarik tentang Gunung Hirayama, yang memegang predikat sebagai gunung terpendek di dunia. Terletak di samudera Pasifik, gunung ini menonjolkan ketinggian hanya sekitar 3 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu fenomena alam yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

Kisah Gunung Hirayama mencakup peristiwa dramatis ketika pada tahun 2011, bencana alam besar berupa tsunami melanda wilayah Tōhoku. Akibatnya, ketinggian gunung ini berkurang drastis, menjadikannya gunung terpendek di Jepang dan di dunia. Sebelumnya, gunung ini telah diubah ketinggiannya untuk dijadikan sebagai pos pemantau cuaca laut, menunjukkan bagaimana manusia seringkali berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Meski memiliki keunikannya, akses ke Gunung Hirayama tergolong sulit, mungkin karena lokasinya yang terletak di tengah samudera dan sejarah bencana alam yang melibatkan gunung ini. Kendati demikian, sulitnya akses tersebut tidak mengurangi keindahan dan daya tarik alaminya. Gunung Hirayama menjadi saksi bisu perubahan alam dan perjalanan waktu, menceritakan kisahnya yang unik kepada mereka yang memiliki keinginan dan ketekunan untuk mengeksplorasi pesona gunung terpendek ini, yang dalam kependekannya menyimpan kekayaan sejarah dan keindahan alam yang tak tergantikan.

Baca juga :  10 Benteng Peninggalan Belanda di Jawa Barat

4. Gunung Tianzhong – Gunung Terpendek di Dunia

Tiongkok, selain menjadi tuan rumah Gunung Jingshan, juga memiliki Gunung Tianzhong atau Gunung Tiantai di Provinsi Henan. Gunung berbentuk lingkaran ini memiliki puncak tertinggi setinggi 3,6 meter dengan total luas gunung mencapai 540 meter persegi. Keunikan gunung ini tidak hanya terletak pada ketinggiannya, tetapi juga karena menjadi sumber inspirasi bagi penyair terkenal Tiongkok, Liu Yuxi, pada era Dinasti Tang.

5. Gunung Tenpō – Gunung Terpendek di Dunia

Jepang, selain memiliki Gunung Hirayama, juga menjadi tempat bagi Gunung Tenpō, yang terkenal sebagai salah satu gunung terpendek di dunia. Dengan ketinggian setinggi 4,53 meter, gunung ini berlokasi di Minato-ku, Osaka. Meskipun beberapa pihak masih meragukan status alami gunung ini, keberadaannya tidak dapat diabaikan.

Gunung Tenpō muncul pada tahun 1831 selama penggalian Sungai Ajigawa untuk membuka akses kapal-kapal ke Osaka. Pada awalnya, ketinggian gunung ini mencapai 20 meter, namun sebagian dari elevasinya telah dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan. Sehingga, meskipun tidak mencapai ketinggian yang mencolok, kehadiran Gunung Tenpō tetap menarik perhatian sebagai contoh unik transformasi alam oleh intervensi manusia.

6. Gunung Hoge Blekker

Belgia juga memiliki kontribusi dalam daftar gunung terpendek di dunia, salah satunya adalah Gunung Hoge Blekker. Dengan ketinggian hanya 35 meter, gunung ini menjulang di sebuah pemukiman semi-perbukitan, mencapai puncaknya pada ketinggian 694 meter. Pemukiman ini telah dihuni oleh manusia selama berabad-abad, memberikan dimensi sejarah yang mendalam.

Keunikan Gunung Hoge Blekker terletak pada fungsinya sebagai mercusuar alami. Bersama dengan gunung-gunung di sekitarnya, gunung ini mampu memantulkan cahaya, memberikan panduan alami kepada para pelaut atau penduduk setempat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ketinggiannya terbatas, Gunung Hoge Blekker memiliki peran yang penting dalam lingkungan sekitarnya, memberikan ciri khas dan keindahan unik yang terus menarik minat pengamat alam dan pengunjung.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Cilacap Menjadi Incaran Para Wisatawan
source : https://www.youtube.com/@pojokkidul



Leave a Reply