10 Destinasi Hiking dan Trekking Dekat Jakarta


Reni  June 15, 2022  0 Comment

Hiking dan trekking dekat Jakarta merupakan dua jenis kegiatan luar ruangan yang baru-baru ini kembali populer di kalangan masyarakat Ibu Kota. Dengan bermodalkan peralatan outdoor, seperti boots, tas, dan baju yang memadai, anda sudah dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang asri. Selain itu, hiking dan trekking dapat menjadi kegiatan olahraga yang cukup unik.

Dalam artikel ini, kami telah merangkum sepuluh destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta. Dalam rangkuman ini, kami juga telah menyajikan informasi mengenai biaya, akses menuju lokasi, dan kelebihan dari masing-masing destinasi. Jadi, tanpa basa-basi lagi, ini dia 10 destinasi hiking dan trekking yang dapat anda temui di dekat Jakarta.

1. Curug Cibeureum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

curug cibeureum
nativeindonesia.com

Aktivitas outdoor seperti hiking dan trekking akan lebih menyenangkan lagi jika kita mendapat reward di akhir perjalanan kita. Jika, itu adalah ide trekking ideal untuk anda, anda dapat mencoba trekking dan hiking di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Curug Cibereum.

Air terjun yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini membutuhkan dua jam perjalanan bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak membutuhkan sekitar empat jam. Cukup dengan menyiapkan  biaya sekitar Rp 18.000 per orang, anda dan keluarga dapat menikmati pemandangan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang indah.

Gotravelly

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Prau Tidak Pernah Mengingkari Janjinya

2. Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

hutan pinus gunung pancar
travel.kompas.com

Gunung Pancar memang terkenal karena dua hal: pemandian air panas dan hutan pinus. Hutan pinus di Gunung Pancar adalah destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta yang cukup populer. Selain karena suasana sejuknya, hutan pinus juga memiliki aroma khas yang, katanya, dapat menetralisir racun di udara.

Jika anda mengendarai mobil pribadi dari Jakarta, anda cukup keluar dari tol Jagorawi di Sentul KM 37. Setelah itu, anda tinggal mengikuti jalan utama yang mengarah ke Jungle Land dan melewati jalan perkampungan. Dengan biaya Rp 10.000 per mobil dan Rp 5.000 per orang, anda sudah dapat menikmati indahnya alam Gunung Pancar.

3. Air Terjun Bidadari Sentul

air terjun bidadari sentul
investor.id

Setelah menjelajahi Hutan Pinus Gunung Pancar, anda mungkin ingin menjelajahi jalur trekking yang lebih jauh. Untungnya, anda dapat mengunjungi Air Terjun Bidadari yang dapat diakses dengan berjalan kaki selama tiga jam. Meskipun tergolong jauh, rasa lelah anda akan hilang setelah menikmati pemandangan  di jalur trekking yang indah.

Banyak fasilitas yang dapat anda coba, diantaranya wahana flying fox dan perahu tangan. Tiket masuk destinasi yang berada di Jl. Sentul Paradise Park ini dapat juga tergolong murah. Dengan Rp 25.000 sampai Rp 30.000, anda sudah dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 50 meter ini.

4. Gunung Bunder Bogor

gunung bunder
travel.kompas.com

Destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta selanjutnya adalah Gunung Bunder Bogor. Jika anda belum pernah mendengar destinasi ini sebelumnya, anda bukan satu-satunya. Gunung Bunder memang tidak sepopuler Puncak atau destinasi wisata populer lainnya. Namun, baru-baru ini Gunung Bunder mulai mendapat perhatian masyarakat pecinta outdoor.

Gunung yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak ini memiliki pepohonan yang rindang dan jalur trekking yang bersahabat. Cukup dengan satu setengah jam perjalanan dari Ibu Kota, anda sudah dapat menikmati udara yang sejuk dan keindahan beberapa air terjun di gunung ini.

5. Gunung Munara Bogor

gunung munara bogor
travel.detik.com

Jika hiking merupakan aktivitas terbaru bagi anda, Gunung Munara Bogor dapat menjadi destinasi hiking terbaik. Destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta ini hanya memiliki ketinggian 367 mdpl. Meskipun sangat pendek, gunung ini juga memiliki beberapa tanjakan dan turunan yang akan menguji fisik anda sebagai hiker pemula.

Selain jalur hiking, Gunung Munara juga memiliki berbagai spot camping yang bagus. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari peradaban, dekat dengan Pasar Parung di daerah Rumpin. Untuk biaya masuk, anda cukup mengeluarkan biaya Rp 10.000 per kendaraan dan Rp 10.000 per orang saja.

6. Gunung Batu Jonggol

gunung batu jonggol
travel.detik.com

Bagi anda yang ingin mencoba destinasi trekking yang lebih menantang, Gunung Batu Jonggol adalah destinasi yang layak untuk didatangi. Gunung berketinggian 875 mdpl ini bukan merupakan tempat wisata yang populer lantaran lokasinya yang tidak dilalui jalur transportasi umum. 

Jalur trekking di gunung ini juga lumayan sulit dan berbahaya. Selain trekking, Gunung Batu Jonggol juga cocok untuk kegiatan outdoor lain, seperti camping dan wall climbing. Tiket masuk tempat wisata ini tergolong murah, Rp 15.000 untuk akses masuk dan Rp 5.000 untuk mendaki.

7. Bukit Alesano

Hiking dan Trekking Dekat Jakarta
sikidang.com

Bukit Alesano merupakan salah satu destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta yang populer di kalangan keluarga. Pasalnya, bukit yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor ini menawarkan pemandangan malam kota bogor yang indah.

Dari pusat Kota Bogor, anda dapat mengakses Bukit Alesano selama satu jam perjalanan. Selain trekking, kegiatan outdoor yang diunggulkan di destinasi wisata ini adalah camping. Untuk masuk, anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000 saja. Jika anda ingin camping, anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.

8. Curug Cibadak Loji Bogor

curug cibadak loji
kompasiana.com

Curug Cibadak Loji terletak di Kabupaten Bogor, tepatnya di kaki Gunung Salak. Jadi, pastinya anda akan merasakan sejuknya suasana pegunungan tersebut. Jika anda datang dari Kota Bogor, anda membutuhkan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam perjalanan untuk mencapai lokasi. Setelahnya, anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 20.000 per orang.

Untuk trekking, destinasi wisata ini tergolong cukup bersahabat. Jalur perjalanan menuju air terjun sudah dilapisi beton, sehingga cocok untuk trekking keluarga. Akan tetapi, kami anjurkan anda untuk membawa bekal sendiri, karena warung jarang ditemui selama perjalanan.

9. Curug Leuwi Hejo Bogor

curug leuwi hejo
travel.detik.com

Wisata alam di Bogor memang tidak ada habisnya. Salah satu spot hiking dan trekking dekat Jakarta yang sedang naik daun di Bogor adalah Curug Leuwi Hejo. Air terjun yang terletak di Babakan Madang, Sentul, Bogor ini memang terkenal akan keindahan tebing batu kapur dan warna kolam airnya yang biru.

Sebenarnya terdapat lima air terjun yang dapat anda kunjungi di kawasan wisata ini. Semuanya dapat anda akses dengan melakukan trekking selama lima sampai 15 menit saja. Untuk biaya masuk, anda cukup membayar Rp 15.000 untuk menikmati keindahan Green Canyon ala Bogor ini.

10. Curug Cibural dan Curug Kembar

curug ciburial
sentul.city

Spot hiking dan trekking dekat Jakarta ini cocok untuk anda yang kurang suka tempat wisata yang ramai pengunjung. Sebenarnya, Curug Cibural hanya air terjun tingkat pertama dari tiga air terjun di tempat wisata ini, yaitu Curug Hordeng dan Curug Kembar. Meskipun alirannya tidak terlalu tinggi, Curug Cibural masih mampu menghadirkan suasana asri yang nyaman.

Untuk mengakses air terjun ini, anda perlu melakukan trekking melalui jalan yang relatif menanjak. Begitu sampai, anda dapat berfoto-foto maupun mandi di kolam air yang tidak begitu dalam. Untuk menikmati Curug Cibural, anda hanya perlu membayar Rp 20.000 saja.

Itulah 10 destinasi hiking dan trekking dekat Jakarta yang dapat anda kunjungi. Jangan lupa persiapkan segala hal yang mungkin diperlukan selama trekking dan hiking. Jadi, selamat mencoba!



Leave a Reply