pritagizela | Traveler
Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia | Culture & Art
24 Mar 2020


Mengenal Batik dan Budaya Madura di Tresna Art
Tak hanya kaya akan wisata alamnya aja, Madura juga mempunyai budaya yang patut untuk kita ulik. Salah satu tempat untuk berwisata budaya di Madura adalah Tresna Art.

How to Get There

Udah bukan rahasia lagi kalo Madura terkenal dengan batiknya yang cantik. Batik di Madura memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan batik di kawasan lain. Batik Madura dikenal memiliki corak dan warna yang terang dan kuat. Gambarnya juga cukup dinamis. Nah, salah satu gallery batik Madura yang cukup terkenal dan sering dikunjungi adalah Tresna Art.

Tresna Art berlokasi di Jalan Kyai Haji Mohammad Kholil, XII 29, Bangkalan. Lokasinya masih ada di pusat kota guys dan ngga susah buat dicari. Meskipun berada di dalam gang kecil, tapi kalian akan dengan mudah menemukan gangnya soalnya punya ciri khas.

What to Do

 

Sebenernya ini bukan kali pertama aku dateng ke Tresna Art ini, beberapa tahun lalu aku juga sempet kesini meskipun ngga beli apa-apa sih. Nah, kebetulan kemaren lagi ada di Bangkalan, akhirnya aku sempetin buat mampir sekaligus menyapa pemiliknya, yaitu Ibu Supik. Selama berada disana Ibu Supik banyak bercerita soal bagaimana proses pembuatan Batik Madura yang cantik ini dan ternyata prosesnya ngga mudah.

tresna art maduraFoto bareng Ibu Supik, pemilik Tresna Art

Perlu ketelatenan dan waktu yang ngga sebentar untuk membuat Batik Madura ini. Semua kain batik yang dijual di Tresna Art ini ngga ada yang di print ataupun pake cap lho guys. Semuanya di kerjakan dengan tangan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Sesuai sih dengan hasilnya sangat indah dan sebanding dengan harganya guys.

Saat memasuki gallery batik ini kalian akan kagum dengan bentuk gallery nya yang sangat mungil namun terasa hangat. Di dalamnya terdapat berbagai jenis batik Madura yang dipamerkan. Sementara di depannya terdapat bangunan kecil semacam gazebo untuk tempat para pekerja membatik. Kedua bangunan ni dipisahkan oleh kolam ikan kecil yang indah.

tresna art maduraTempat membatik

tresna art maduraGalery tempat batik dipajang

Disini kami diperlihatkan berbagai jenis batik dari seluruh Madura. Menurut Ibu Supik, setiap batik di Madura memiliki corak yang berbeda-beda. Jadi batik Bangkalan, batik Sampang, batik Pamekasan dan batik Sumenep memiliki ciri khasnya masing-masing. Semua jenis batik itu bisa kalian temukan di Tresna Art ini dengan harga yang beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Beberapa koleksi batik Madura di Tresna Art

tresna art madura


tresna art madura
tresna art madura
tresna art madura

Tak hanya melihat batik, disini kalian juga bisa ikut kelas membatik secara gratis yang biasa dilakukan di hari Sabtu. Karena aku dateng ngga dihari Sabtu, jadi kelas membatiknya ngga dibuka guys.

Selain itu, di bagian belakang gallery Tresna Art, kalian bisa temukan Rumah Adat Madura. Sebelum menemukan rumah adat ini, kalian akan melewati sebuah lorong yang instagramable dan juga sebuah halaman kecil yang tak kalah cantik. Disini terdapat banyak pohon salak Bangkalan. Sayangnya saat itu belum musim, jadinya ngga bisa dipanen.

tresna art maduraLorong menuju rumah adat

tresna art madura
Kebun salak

Rumah Madura ini bentuknya khas banget. Ada dua bangunan khas Madura di halaman belakang ini, bangunan pertama difungsikan sebagai mushola yang bisa digunakan untuk pengunjung sholat dan yang satunya lagi adalah rumah Madura beserta perlengkapan kuno yang masih eksis hingga saat ini.

tresna art maduraMushola

tresna art madura
Rumah adat Madura

tresna art madura
Beberapa perabotan di dalam rumah adat

tresna art madura


Kalo kalian berkunjung di hari Minggu, biasanya di depan rumah adat Madura ini ada penjual Tajin Shobih (kuliner khas Madura) yang dibagikan kepada pengunjung secara gratis. Tak hanya itu, berkunjung ke Tresna Art ini kalian juga akan disuguhi welcome drink minuman khas Madura yaitu Wedang Poka’ dan Kopi khas Madura yang rasanya beda dengan kopi lainnya. Tak hanya itu, kalian juga bisa mencicipi pisang kukus yang rasanya manis.

tresna art madura

So guys, kalo kalian pengen hunting batik Madura sambil berwisata sekaligus belajar membatik, jangan lupa mampir ke Tresna Art ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Tresna Art buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.
  • Ngga perlu bayar tiket masuk untuk kesini.
  • Jangan lupa ajak teman atau keluarga kalian yang menyukai batik.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY